HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Perbedaan Domain Google Dengan Domain Biasa

Membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing dalam bersaing di zaman digital seperti sekarang ini,pastinya harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.Salah satu hal yang penting selain konten menarik yakni soal penggunaan domain.

Sedikit tidaknya pemakaian domain akan menjadi salah satu faktor mengapa pembaca memutuskan untuk berkunjung ke website kalian untuk mendapatkan sebuah informasi.Penggunaan domain yang gratis akan mengurangi tingkat keprofesionalan dari web kalian.Meski sudah membuat konten menarik,namun saat melihat domain web yang menggunakan domain gratis,maka hal yang terpikir oleh calon konsumen adalah perusahaan ini masih seperti perusahaan baru yang belum mempunyai dana untuk melakukan marketing melalui web.

Biasanya beberapa orang akan meragukan untuk membeli barang ataupun jasa melalui website yang masih memakai domain gratis dan cenderung berpikir 2x,karena banyak keraguan yang muncul mulai dari apakah ini website official dari brand tersebut ? apakah website ini aman untuk bertransaksi ? dan beberapa keraguan lainnya.Oleh karena itu,jika kalian ingin membuat sebuah website untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan domain yang berbayar.

Berikut ini Keuntungan yang diperoleh karena menggunakan domain berbayar :

  • Mengatur Top Level Domain

Dapat memilih ingin menggunakan top level domain yang bagaimana.Dapat menggunakan .com sebagai top level domain dari website kalian atau akhiran lainnya. Akhiran .com biasanya dipilih untuk website yang memiliki keperluan komersil.Semua ini bisa didapatkan dengan membeli sebuah domain bukannya menggunakan domain yang berbasis gratis.

  • Profesional

Selain keuntungan,dengan menggunakan domain berbayar terlihat lebih profesional.Hal ini juga didukung dengan kalian sangat memungkinkan untuk memiliki alamat email yang sama dengan nama domain kalian.Bukan lagi menggunakan akhiran @gmail. com, @yahoo. com ataupun @roketmail. com yang terlihat sangat personal dibandingkan profesional untuk menjalankan sebuah bisnis.

  • Bisa Memiliki Subdomain

Subdomain adalah part dari domain utama yang sengaja dibuat agar tidak mengganggu tampilan dari website utama.Misalnya website utama berisi produk dan subdomain berisikan blog mengenai pengetahuan yang berkaitan dengan produk.

Nah itulah tadi penjelasan di atas mengenai hal-hal yang menjadi beberapa keuntungan dari menggunakan domain berbayar.

Google Domain

Terkadang ada beberapa orang yang belum sadar bahwa beberapa produk digunakan merupakan aplikasi buatan Google.Google juga memiliki salah satu produk Andalan jika sudah membahas mengenai domain,yaitu Google Domains.Google Domains merupakan domain registration service yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2015.

Yang sudah kalian ketahui,Google merupakan perusahaan terkenal yang menjalankan bisnis di bidang jasa dan produk-produk internet.Cara yang mudah mengetahui beberapa aplikasi di internet merupakan milik Google adalah dengan melihat dari nama produknya.Biasanya nama depan produk akan disertai dengan nama Google terlebih dahulu. Seperti Google Maps,Googlanslate,Google Drive dan produk-produk lainnya.Ada beberapa produk yang tidak menggunakan nama Google di depannya seperti Gmail,Youtube, Chrome dan lainnya.

Berikut ini Keuntungan yang dapat kalian peroleh jika memilih mendaftarkannya melalui Google Domains dibandingkan dengan domain biasa.

  • Ada dua step verification yang akan dilakukan Google pada akun pengguna yang akan memperkuat keamanan akun.
  • Menjaga domain milik pengguna dari potensi serangan seperti spoofing DNS menggunakan DNSSEC gratis dan hanya dengan sekali klik.
  • Memungkinkan untuk berbagi domain dengan rekan kerja pengguna,jadi bisa bekerja sama dalam mengelolanya.
  • Adanya fitur Privacy protection untuk menghindari penyalahgunaan informasi pribadi pengguna.
  • Memberikan harga yang transparan dengan satu harga dan segala fitur-fitur menariknya.
  • Terintegrasi diseluruh produk Google hanya dengan satu akun.
  • Mengekspor DNS dengan cara men-download data DNS kalain ke format standar,seperti BIND atau YAML.
  • Akses mudah untuk add-on seperti Shopify,Squarespace,WIX,Bluehost dan Weebly.

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Google Domain,lalu apakah domain google gratis ? tentu tidak.Google Domain menyediakan harga domain google yang bervariasi untuk domain yang akan kalian pilih.

Berikut ini merupakan tutorial cara membeli domain google dan cara membayar domain google pada Google Domains yang dikutip dari Kinsta. com :

  • Ketik Domain yang Diinginkan 

Langkah awal masuk ke situs Google Domains,kemudian ketikkan alamat domain yang diinginkan pada box dan klik button get it atau juga bisa mentransfer domain yang telah kalian miliki sebelumnya,tetapi contoh disini adalah membuat alamat domain baru.Google akan menunjukkan, domain yang tersedia dan bisa dipilih serta menampilkan harga domain tersebut per tahunnya.Jika sudah menemukan domain yang menurut kalian sesuai dan kalian menginginkannya,kemudian Klik Icon Cart pada list domain pilihan kalian untuk melakukan proses lebih lanjut.

Untuk cara mengganti domain google yang sudah dipilih sebelumnya,kalian tetap bisa menggantinya selama belum melakukan check out dan membayarnya atau jika menginginkan top level domain mewakili negara tempat kalian berada,seperti Singapore dengan .sg,Indonesia dengan .id dan domain google setiap negara lainnya yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya,cukup dengan scroll down pilihan domain yang tersedia sampai menemukan domain yang dicari.

  • Check Out Dan Melakukan Pembayaran

Setelah memasukan domain pilihan kalian ke dalam cart,kemudian buka cart dan lakukan check out untuk memproses pembayaran.Ada 2 opsi yang akan muncul dan enable otomatis yang memang diatur default dari pihak Google.Kedua opsi tersebut yakni Privacy protection dan Auto-renew.Auto-renew menghindarkan kalian dari tidak sengaja lupa memperbarui domain dan akhirnya kehilangan domain kalian.Opsi ini terserah kalian ingin diaktifkan atau tidak,namun lebih baik jika fitur ini diaktifkan,agar kalian dapat menggunakan domain yang sama selama bertahun-tahun sambil mengembangkan brand kalian.

Untuk Privacy protection merupakan layanan 100% free untuk menjaga personal information tetap rahasia.Jadi biarkan saja fitur ini tetap enable. Saat kalian melakukan check out,kalian akan diminta mengisi informasi pribadi.Selama kalian mengaktifkan fitur privacy protection data pribadi kalian akan tetap aman.Lanjutkan langkah berikutnya dengan melakukan pembayaran,bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.Di beberapa negara ada juga yang bisa melakukan pembayaran melalui rekening bank,seperti AS,Inggris dan beberapa negara di Eropa.

Dengan mengaktifkan domain melalui Google Domains,bisa mendapatkan laporan mengenai perkembangan situs kalian ada mesin pencari Google.Seperti yang tadi sudah dijelaskan, dengan memilih Google Domains maka kalian akan terintegrasi dengan berbagai produk Google.Salah satunya yaitu Google Search Console , yang nantinya akan mengumpulkan data untuk aktivitas pada website kalian.

Dengan segala yang Google Domain sediakan untuk pengguna,maka pengguna bisa melakukan banyak hal dalam satu account.Perusahaan Google memang cukup powerfull dalam jasa-jasa produk yang terkait dengan internet.Hanya dengan satu akun,kalian sudah bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mendaftarkan domain,menerima laporan,menganalisis pemasaran dan masih banyak lagi kelebihan yang ditawarkan oleh Google.

Sekian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

6 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago