HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)

Bgi anda para pelaku bisnis digital pasti tidak asing dengan istialh SEO dan SEM, namun bagi anda yang baru dalam bisnis digital atau masih awam istilah ini mungkin masih asing bagi anda. Sebenarnya istilah ini sering digunakan secara bergantian dan tidak pernah dipakai secara bersamaan. Lalu apa perbedaan kedua istilah ini?

Apa itu SEO?

SEO ( Search Engine Optimization) merupakan strategi atau proses optimasi trhadap website agar peringkatnya tinggi pada meisn pencarian. Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk mendatangkan traffik yang banyak menuju website melalui posisi yang bagus di mesin pencarian. SEO menjadi salah satu cara utama jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung pada website dan bisa lebih banyak mendapatkan calon komsumen/pelanggan.

Secara umum ada dua jenis SEO, yaitu:

  • White SEO: Dilakukan dengan teknik-teknik yang memang diperbolehkan oleh google sehingga website pun bisa bertahan lama pada posisi teratas. Intinya white SEO dilakukan dengan cara-cara yang jujur.
  • Black SEO: Dilakukan dengan cara-cara yang terlarang yang melanggar TOS google. Menggunakan blackhat SEO hanya akan memperbesar kemungkinan website akan di suspend oleh google.

Apa itu SEM?

SEM (Search Engine Marketing) merupakan bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan peringkat website itu sendiri di halaman hasil pencarian pada mesin pencarian. Sebenarnya SEM hampir sama dengan SEO, yaitu bertujuan menampilkan website pada halaman pertama mesin pencarian namun cara yang berbeda dengan SEO. Bila SEO gratis, SEM berbayar. Salah satu media untuk melakukan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan google adwords, website anda akan berada pada halaman pertama google.

Pengguna SEM biasanya lebih identik dengan penawaran produk. Sangat jarang pengguna SEM yang mengiklankan konten (hanya tulisan). Biasanya yang beriklan di mesin pencarian merupakan toko-toko online yang memiliki produk untuk dijual.

kesimpulan

Inti dari penjelasan diatas menjelaskan perbedaan SEO dan SEM, dapat ditarik kesimpulan perbedaan keduanya. SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di mesin telusur. SEM lebih besar jangkauannya, dianggap sebagai pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas web lewat hasil mesin pencari organik dan juga lewat iklan. Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta taktik/ strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Fitri R

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

14 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

18 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

1 day ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago