HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Plugin WordPress Astra Tawarkan 100+ Template Gratis

Kenalan dengan Plugin Astra Starter Templates

Pertengahan Desember 2021, WPAstra selaku pengembang plugin Starter Templates mengumumkan adanya update besar-besaran pada pluginnya. Update tersebut diberi nama Starter Templates 3.0. Dilansir laman resmi, tim pengembang menyatakan bahwa update tersebut adalah bentuk komitmen mereka. Yaitu, untuk membantu jutaan orang untuk menciptakan website dengan menyediakan tools yang mudah digunakan.

Bagi yang belum familiar, Starter Templates adalah plugin berbentuk library. Library ini berisi ratusan jenis template website buatan desainer profesional, baik template single-page maupun untuk keseluruhan halaman web.

Cara kerjanya sangat simpel tinggal memilih template yang diinginkan, kemudian lakukan kustomisasi terhadap logo, warna, dan font. Setelahnya, Starter Template akan membangun tampilan website dalam sekejap.

Meski dikembangkan oleh Astra, Starter Templates juga kompatibel dengan Page Builder lain. Contohnya Elementor, Beaver Builder, atau Block Editor.

Apa yang Baru di Astra Starter Templates 3.0?

Starter Templates 3.0 menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan kehadiran beberapa fitur baru, seperti :

1. Interface Baru dengan 100+ Template Gratis

Tim pengembang mendesain ulang interface plugin Starter Templates dengan React. Hasilnya tidak mengecewakan, interface baru ini tampak modern, nyaman dipandang, tapi tetap mudah digunakan. Hal ini sesuai dengan tagline baru yang mereka usung, yakni “Hundreds of Templates, Millions of Possibilities”. Sehingga lebih mudah dalam memilih template website terbaik.

Cara paling mudah menemukan template adalah lewat kolom pencarian. Di sini, Starter Templates menambahkan fitur Live Search yang dapat menampilkan hasil pencarian selagi mengetik. Tidak hanya itu, Starter Templates menyediakan fitur filter dan sortir, guna memudahkan mencari template berdasarkan kategori tertentu. Misalnya template untuk toko online, template populer, atau template terbaru.

Seperti yang sedikit dijelaskan, template yang tersedia di sini merupakan hasil karya desainer profesional. Jadi tidak hanya cantik, semua template juga dirancang agar responsive di berbagai perangkat.

2. Tools Baru: Logo, Palet Warna, Tipografi

Selain template website, tim pengembang juga menambahkan fitur kustomisasi. Hal ini berguna agar tampilan website jadi lebih unik. Brandingnya pun tampak lebih jelas di mata pengunjung. Di sini bisa menambahkan logo, mengganti palet warna, sampai memilih font yang sesuai. Tujuannya agar mendapat preview tampilan website, sebelum semuanya dibangun dengan fitur Website Builder.

Dengan kata lain bisa mengetahui apakah logo, warna, dan font yang dipilih sudah cocok dengan template yang digunakan.

Berikut penjelasan singkat dari tools baru tersebut :

  • Menambah Logo Baru

Segera setelah menentukan template bisa langsung menambahkan logo website. Tak perlu pusing menentukan tata letak dan sebagainya, karena Starter Templates telah menyiapkannya. Di sini tinggal memilih file logo lalu tekan upload. Secara instan, preview dari logo tersebut akan muncul. Setelahnya tinggal menggeser slider untuk menyesuaikan ukuran logo dan lanjut ke opsi selanjutnya.

  • Memilih Palet Warna

Kustomisasi website tak lengkap rasanya tanpa memilih warna. Starter Templates menyajikan beberapa opsi palet warna menarik. Dan pastinya, palet yang tersedia dirancang agar sesuai dengan template. Preview palet warna yang dipilih juga akan muncul secara instan. Hal ini berguna untuk menghindarkan melakukan kesalahan dalam memilih kombinasi warna.

Sebab, seperti yang mungkin juga dirasakan, memilih warna yang tepat adalah salah satu tantangan terbesar ketika mendesain website. Salah pilih warna dapat menyebabkan website terlihat jelek di mata pengunjung.

  • Menentukan Tipografi

Layaknya warna, kesalahan tipografi juga bisa menyebabkan pengguna malas mampir ke website. Alasannya jelas, karena konten jadi sulit terbaca. Untungnya, Starter Templates punya opsi mengubah kombinasi font.

Jangan khawatir, fitur ini juga dilengkapi dengan preview instan untuk membantu memilih font yang tepat. Lagi-lagi, semuanya bertujuan untuk memudahkan mendesain website, dengan hasil akhir yang menawan.

3. Peningkatan Kecepatan Website Builder

Selain membawa fitur-fitur baru, WPAstra juga mengklaim adanya peningkatan performa di Starter Templates 3.0. Dengan Website Builder bisa mengimpor template beserta kustomisasinya lebih cepat. Selain lebih cepat, Website Builder juga terbilang stabil. Karena, fitur ini akan otomatis memberitahu apabila terjadi kendala ketika proses impor, beserta langkah-langkah memperbaikinya.

Bahkan, pengembang menjanjikan keberadaan Starter Templates 3.0 tidak akan memperlambat website. Sebab, plugin ini berjalan di sisi admin, sehingga tidak mempengaruhi kecepatan loading website secara keseluruhan.

Keuntungan Plugin Astra Starter Templates

Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan plugin astra starter template, yaitu :

  • Kustomisasi Penuh.
  • Sangat Ringan ( kurang dari 50KB dalam tampilan tepan ).
  • SEO Friendly.
  • Support with All Popular Page Builders.
  • Tersedia WooCommerce .
  • Responsive Design.
  • Tersedia RTL & Translation.
  • Update, dll.

Cara Pasang Tema dan Setup

1. Download

Download terlebih dahulu plugin dan masukkan nama dan email lalu klik download, selanjutnya akan mendapatkan satu buah file berformat (.zip)

Note : jika keberatan memasukkan nama dan email untuk download bisa alternatif lain.

2. Upload Tema

Pastikan sudah berada di Dasboard admin, pada bagian menu sidebar sebelah kiri, klik menu Tampilan lalu Tema.

3. Tambahkan Baru

Klik tombol Tambahkan Baru yang terdapat diatas halaman, lalu halaman baru akan muncul dan klik Unggah Tema, akan muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan klik Pilih File lalu cari file Tema yang sudah didownload tadi. jika sudah silahkan klik Pasang Sekarang. jika berhasil akan tampil seperti gambar kedua dibawah ini, silahkan klik Aktifkan untuk mengaktifkan Tema Astra.​

4. Install Plugin Astra Strarter Sites

Pada Dasboard admin, pada bagian menu sidebar sebelah kiri, klik menu Plugin lalu Tambah Baru. ketikan di kolom pencarian sebelah kanan dengan kata kunci Astra. selanjutnya akan muncul beberapa plugin terkait, temukan plugin Astra seperti pada gambar kedua dibawah ini, lalu klik Pasang Sekarang dan sekalian di Aktifkan.

5. Import Konten Demo

Selanjutnya pilih Tampilan » Astra Starter Sites dan selanjutnya akan dibawa kehalaman Page Builder, pilih Page Builder Elementor. selanjutnya akan dihadapkan dengan berbagai macam jenis tema yang menakjubkan, klik Gambar pada tema yang diinginkan. dalam contoh ini memilih BBG Restaurant setelah itu akan diarahkan ke halaman preview dari tema tersebut, Pertama pastikan sudah menceklist semua kebutuhan lalu klik Tombol Import Site​.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago