HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Dan Trik WordPress Terbaik 2022

Apabila kalian ingin benar-benar memanfaatkan potensi WordPress untuk situs web kalian,maka harus tetap mengetahui tips dan trik WordPress terbaru dan terbaik.Jika tidak,akan memungkinkan jika peringkat situs web,keramahan pengguna dan kepercayaannya mungkin akan terganggu.

WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat situs web atau blog kalian sendiri.Faktanya, WordPress menguasai lebih dari 43,0% dari semua situs web di Internet.Jadi lebih dari satu dari empat situs web yang kalian kunjungi kemungkinan besar didukung oleh WordPress.Pada tingkat yang sedikit lebih teknis, WordPress adalah sistem manajemen konten sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPLv2 yang berarti siapapun dapat menggunakan atau memodifikasi perangkat lunak WordPress secara gratis.

Dengan begitu banyak perubahan dan perkembangan di setiap tahunnya,WordPress memiliki daya tarik yang menjadi alasan untuk digunakan :

  • WordPress fleksibel.
  • WordPress dapat diperluas.
  • WordPress mudah diinstall.
  • Mudah menemukan bantuan.
  • WordPress gratis dan open source.

Tips Dan Trik WordPress Terbaik Tahun 2022

Apabila ingin situs WordPress milik kalian tetap berfungsi dengan lancar dan mengikuti perkembangan tren dengan baik,ada beberapa tips dan trik yang dapat dicoba,diantaranya :

  • Instal Plugin SEO

SEO (Search Engine Optimization) penting untuk kesuksesan setiap situs web.Situs kalian tidak akan mendapat skor yang baik dalam hasil pencarian jika kalian tidak menggunakan SEO.Memasang plugin SEO dapat membuat hidup lebih sederhana sekaligus meningkatkan keberhasilan situs web.

Plugin ini dapat mengevaluasi konten dan kata kuncI kalian serta menangani semua aspek teknis situs web kalian,seperti peta situs dan robots.txt.Cukup buka direktori plugin WordPress dan cari plugin SEO yang cocok untuk kalian.Salah satunya adalah Yoast SEO yang memiliki lebih dari 5 juta pemasangan aktif dan lebih dari 25.000 peringkat bintang lima.

  • Pilih Tema Ramah SEO

Salah satu fitur WordPress menarik yakni banyak tema situs web gratis dan berbayar berkualitas tinggi yang tersedia.Mungkin sulit untuk memilih dari banyak tema cantik dan praktis yang tersedia.

Namun,ada satu fitur pembeda yang harus dipertimbangkan saat mengevaluasi kemungkinan tema WordPress.Inilah yang dimaksud dengan keramahan SEO.Saat melihat-lihat tema WordPress,kalian akan melihat bahwa banyak dari mereka memiliki tag “ramah SEO” dan tema inilah yang harus dipilih.

  • Batasi Plugin

Plugin memberi situs web kalian lebih banyak fungsionalitas.Kalian memerlukan plugin untuk menambahkan fitur seperti formulir kontak,buletin dan obrolan langsung ke situs kalian kecuali tema kalian memilikinya.Namun,menambahkan terlalu banyak plugin dapat menyebabkan situs melambat dan berpotensi membahayakan keamanannya.Hanya instal plugin yang benar-benar dibutuhkan dan yang akan membantu pengguna dan situs web kalian.

Jangan tergoda untuk menginstal sebanyak mungkin karena kode tambahan yang ditambahkan plugin mungkin memperlambat waktu pemuatan situs kalian.Ada banyak pilihan dan tingkat kualitas yang bervariasi karena plugin dapat dibuat oleh siapa saja.Tinjauan resmi dilakukan untuk keamanan,tetapi tidak untuk kualitas.Karena itu,memeriksa ulasan pengguna merupakan ide yang baik.

  • Instal Google Analytics

Google Analytics merupakan alat untuk mengukur kinerja,mengumpulkan data dan memberikan informasi tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web kalian.Hasilnya,ini adalah alat yang berguna untuk menentukan kinerja situs web kalian.Plugin MonsterInsights menjadi opsi terbaik dan termudah untuk menginstal Google Analytics.Ada versi gratis dari Google Analytics dan MonsterInsights.MonsterInsights akan memandu kalian melalui prosedur penginstalan dan kalian akan memerlukan nomor pelacakan yang diterima saat membuat akun Google Analytics.

Memasang Google Analytics memungkinkan untuk memeriksa statistik langsung dari dashboard WordPress kalian,memungkinkan untuk melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs,berapa lama mereka tetap berada di sana dan banyak lagi.Semua data-data itu ada di ujung jari dengan Google Analytics.

  • Kompres Gambar

Mengkompresi gambar atau meminimalkan ukuran file,membuat situs memuat lebih cepat dan membebaskan ruang penyimpanan yang berharga.Kinerja situs web berada pada kecepatan situs yang cepat.Mempercepat kecepatan pemuatan situs kalian dapat memberikan vitalitas baru pada halaman yang sedang mati.Baik pengguna maupun mesin telusur menghargai situs yang memuat cepat.Solusinya,kalian harus selalu mengkompres foto dan video kalian.

Kraken.io, ImageResize dan Optimizilla merupakan beberapa contoh program online yang dapat membantu mengkompres gambar secara gratis.Yang harus dilakukan adalah mengirimkan foto yang ingin dikompres,lalu dapatkan versi yang dioptimalkan.Ini cepat dan sederhana sehingga tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun.

 

Memulai WordPress cukup sederhana menjadikannya solusi yang ramah pengguna dan hemat biaya untuk membangun situs web baru untuk kalian dan memberikan kemungkinan tak terbatas di ujung jari.Kalian dapat membuat situs yang menampilkan produk dan layanan dengan sempurna kepada calon pelanggan melalui konten khusus.

Dengan fungsionalitas yang selalu ditingkatkan di hampir seluruh plugin untuk hal dan apa saja,ditambah dengan tema yang memungkinkan membuat situs web baru menggunakan pembuat visual,jelas mengapa WordPress mendukung 14,7% dari 100 situs web teratas di dunia.Ini tidak sesulit yang dipikirkan beberapa orang,jadi jangan terintimidasi oleh fitur platform yang luar biasa ini.

Semoga artikel ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago