HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Podcast :Pengertian,Jenis Dan Cara Membuat Podcast Menarik

Kata Podcast,pasti terdengar di antara kalian sudah tidak asing lagi,ada hakikatnya,podcast tidak jauh berbeda dengan radio karena hanya menampilkan suara saja. Kendati demikian,antara podcast dan radio memiliki perbedaan.Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini,banyak sekali podcast–podcast yang bermunculan dengan beragam topik yang dibicarakan.Lalu sebenarnya apa sih podcast itu?Berikut akan menjelaskannya secara detail.

Pengertian Podcast

Merupakan berkas digital berupa audio yang mana pendengar diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut.Podcast ini adalah audio non-streaming,sehingga sangat berbeda dengan radio.Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita,ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang.

Sejarah Podcast

Podcast sudah ada sejak tahun 2005, tetapi memang baru sejak tahun 2007 mulai banyak digunakan dan momentumnya berkembang cepat sejak 2011 hingga sekarang.Podcast itu sebenarnya berasal dari kata iPod + Broadcasting,walaupun rekaman audio sebenarnya merupakan hal yang dari jaman dulu juga sudah ada, tetapi cara untuk mendapatkan audio podcast,cara berlangganan, cara mendownload dan mendengarkannya adalah sesuatu konsep yang diciptakan oleh Apple (saat mulai launch iPod lalu iPhone dll) sehingga jauh lebih mudah dan menyenangkan prosesnya bagi konsumen.Podcast sekarang bisa diakses dan digunakan dengan smartphone apapun, tidak harus iPhone atau iPod dari Apple.

Kelebihan Podcast

  • Tidak ada iklan yang berlebihan.
  • Ada fitur download episode otomatis.
  • Gratis.
  • Fleksibel.

Kekurangan Podcast

  • Hanya komunikasi satu arah,tidak bisa berinteraksi.
  • Banyak channel amatiran.
  • Tidak ada filter konten.
  • Harus punya bandwidth yang cukup untuk mendownload.
  • Butuh training dalam penggunaan.

Jenis Podcast

  • Solo-host Podcast

Jenis podcast ini memiliki satu penyiar atau host,penyampaiannya dapat dikemas dengan bercerita atau monolog. Podcast jenis ini cocok untuk menggiring opini atau menyampaikan berita kepada pendengar ke suatu topik.Solo-host podcast juga dapat dikatakan menjadi podcast yang paling mudah dibuat,kalian dapat membuat script terlebih dahulu, lalu merekam host.Pembahasan dapat terfokus dan tidak akan kemana-mana,karena host dapat membaca script saat merekam podcast.Namun, solo-host podcast harus berhati-hati,biasanya topik yang dihadirkan harus memiliki riset yang mumpuni.Selain itu, host juga harus memiliki kemampuan gaya membaca yang tidak membosankan.

  • Multi-host Podcast

Podcast ini dapat dibawakan oleh dua host atau lebih,biasanya jenis podcast ini jarang atau tidak pernah mengundang host tamu untuk berbicara di podcast.Beberapa host tetap,akan membicarakan sebuah topik.Kelebihannya,topik dapat dikemas dengan beberapa cara, seperti diskusi dan debat.Namun, kesuksesan Multi-host Podcast juga bergantung pada para host.Podcaster harus mencairkan suasana dan tetap terfokus pada pembahasan.

  • Interview Podcast

Podcast ini dibuat dengan cara host mewawancarai bintang tamu.Interview podcast terbilang mudah dilakukan,karena tidak membutuhkan persiapan yang terlalu banyak.Jika ingin membuat podcast ini,ada baiknya mengundang bintang tamu yang sesuai dengan tema. Selain itu,buatlah daftar pertanyaan menarik dan berikan arahan singkat sebelum perekaman dimulai.

Podcast jenis ini yang paling umum dilakukan.Ada beberapa hal yang membuat interview podcast digemari,yaitu :

  • Sangat memungkinkan mengikuti topik yang sedang hangat.
  • Bisa mengundang host tamu ahli sesuai dengan topik pembicaraan.
  • Kemungkinan podcast dapat banyak pendengar,karena baik topik yang sedang ramai ataupun penggemar dari host tamu yang menjadi pembicara.

Cara Membuat Podcast

Berikut cara membuat podcast dengan mudah  :

  • Menyiapkan Tempat : Jika kalian fokus dalam pembuatan podcast tidak ada salahnya menyiapkan tempat atau studio khusus.Kalian bisa mendesain studio podcast menjadi kedap suara agar saat recording podcast tidak ada noise (gangguan).
  • Menyiapkan Peralatan dan Kebutuhan Podcast : peralatan podcast seperti : Microphone, Audio recording, Software Editing,dan lainnya. Kalian bebas menentukan peralatan yang dibutuhkan,asalkan dapat menghasilkan podcast yang terbaik.
  • Menentukan Niche Podcast : menentukan niche podcast yang akan dibuat,pastikan saat memilih niche Podcast,kalian setidaknya harus memahami dan mengerti tentang Niche Podcast kalian agar mempermudah dalam proses pembuatan podcast.
  • Mulai Record Podcast : setelah semua disiapkan,sudah saatnya untuk mulai recording podcast kalian,kalian bisa memanfaatkan software recording seperti Audacity.Pastikan hasil recording podcast kalian dalam keadaan baik, Tidak ada noise berlebihan.
  • Mengedit Hasil Podcast : mengedit hasil recording berfungsi untuk mempertahankan volume yang konsisten,menambahkan intro dan outro,memperbaiki kesalahan dan menghilangkan celah udara kosong.Kalian bisa menggunakan Audacity,Adobe Audition atau GarageBand untuk mengedit hasil podcast.

Tips Membuat Podcast Menarik Dan Bagus

  • Merancang Format Khusus Podcast

Tidak ada yang menarik dari hasil Podcast kalian jika hanya memulai podcast dengan menyalakan mic dan melakukan recording,jika podcast kalian hanya seperti itu,Hal tersebut menjengkelkan bagi pendengar,jika kalian berencana membuat podcast menjadi beberapa episode,pertimbangkan untuk menetapkan harapan bagi pendengar dengan membuat dan memiliki format yang konsisten.

Saat menentukan format podcast pastikan kalian bisa tahu apa yang harus dilakukan saat melakukan Podcast.Misal : Kalian menentukan format sebagai berikut :

Intro > Mengenalkan Narasumber > Menanyakan Kesibukan Narasumber > Dst.

Misal : pada bagian menanyakan kesibukan narasumber,harus tahu pertanyaan seperti apa yang membuat percakapan antara kalian dan narasumber bisa terus berkembang dan menarik untuk didengarkan.Kalian harus pintar menempatkan diri untuk membuat obrolan bisa lebih berbobot dan luas.

  • Menguasai Materi Tentang Niche

Niche menjadi sangat penting untuk membuat Podcast bisa lebih baik. Ketika kalian menguasai materi Podcast,kalian bisa lebih mudah dalam mengembangkan konten podcast menjadi lebih menarik.

Misal : saat melakukan interview podcast,kalian bisa tahu pertanyaan apa saja yang bisa disampaikan pada narasumber,dengan begitu bisa memperluas obrolan dan membuat konten lebih menarik untuk didengar.

  • Mencari Informasi Tentang Narasumber

Menggali informasi narasumber yang kalian undang,sama halnya dengan penguasaan materi Podcast,menggali informasi narasumber berfungsi untuk memperluas obrolan podcast,Dengan cara ini,bisa tahu apa saja yang bisa kalian tanyakan pada narasumber dan bagaimana menyiasati beberapa hal untuk membuat obrolan menjadi semakin menarik.

  • Menyiapkan Semua Sebaik Mungkin

Saat membuat podcast bergaya wawancara,Cobalah untuk mengobrol terlebih dahulu dengan orang yang kalian undang sebelum mulai recording Podcast.Hal Ini akan membantu untuk bersantai dalam percakapan nantinya.Pastikan sebuah kebutuhan podcast telah disiapkan sebaik mungkin, Jangan sampai ketika acara podcast mulai terdapat masalah.Jangan lupa untuk bersikap santai dan bersenang-senang saat podcast mulai,yang perlu diketahui adalah host podcast yang baik terdengar santai karena mereka tidak bergegas ke pertanyaan berikutnya.

Aplikasi Podcast

Ada banyak sekali aplikasi podcast yang dapat digunakan,berikut beberapa di antaranya :

  • Anchor

Salah satu aplikasi podcast yang terdengar familiar di banyak kalangan,melalui Anchor selain bisa mendengar juga bisa membuat podcast.Membuat podcast di Anchor bahkan bisa menghasilkan uang.Kalian bisa download di Play Store atau AppStore.

  • Podbean

Aplikasi ini mungkin kalah populer dibanding aplikasi lainnya. Namun, Podbean adalah aplikasi podcast yang cukup mumpuni.Podbean menyajikan banyak koleksi podcast dan sudah dikategorikan dengan rapi,para pengguna dapat berlangganan podcast yang mereka suka.

  • Castbox

Aplikasi ini menyajikan lebih dari 1 juta koleksi podcast yang dikumpulkan dari berbagai macam sumber seperti iTunes dan lain-lain.Aplikasi ini meliputi dukungan untuk 70 bahasa,podcast untuk belajar bahasa dan lain-lain.Castbox dapat diunduh secara gratis tanpa adanya iklan.

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

9 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

12 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago