HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penasaran Apa Itu Referral Marketing? Yuk Simak Penjelasannya Di Sini!

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah referral marketing. Ini adalah strategi yang paling efektif karena memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak konsumen baru saat meluncurkan produk bisnis Anda. Namun apa sebenarnya referral marketing itu, dan apakah penting untuk kemajuan bisnis Anda?

Apa itu Referral Marketing?

Referral marketing adalah metode mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan baru, biasanya melalui rujukan dari mulut ke mulut. Ini adalah strategi komprehensif untuk membuat pelanggan bersemangat memberikan referensi jaringan ke perusahaan Anda.

Referral marketing dan Word of Mouth (WOM) mungkin tampak serupa, namun sebenarnya sangat berbeda. Perbedaan utama antara strategi pemasaran ini adalah referral marketing dengan metode pemasaran yang disengaja. Contoh sederhananya adalah ketika sebuah perusahaan dengan sengaja meluncurkan kampanye tertentu dan membagikan referral marketing agar pelanggan memberi tahu teman mereka tentang perusahaan tersebut.

Contoh Referral Marketing

1. Dropbox

Program referral marketing Dropbox adalah salah satu contoh paling terkenal. Seperti yang Anda ketahui, Dropbox adalah perusahaan penyimpanan online paling terkenal yang menjalankan campaign referral marketing dan menawarkan tambahan 500 MB gratis kepada mereka yang berhasil mereferensikan temannya.

Dalam contoh program referral marketing ini, pelanggan memperoleh lebih banyak ruang di akun Dropbox ketika mereka berhasil mengundang teman dan keluarga. Penawaran ini tentunya sangat menguntungkan baik bagi pengguna baru maupun lama. Ternyata dengan cara ini, Dropbox mampu meningkatkan pendaftaran hingga 60%.

2. Harry’s

Dalam postingan di blog Tim Ferriss, Jeff Raider, salah satu pendiri Harry perusahaan grooming, menjelaskan bagaimana dia menggunakan referral marketing untuk menghasilkan lebih dari 100.000 email dalam mempersiapkan peluncuran bisnisnya.

Untuk menerapkan referral marketing ini, Harry membuat situs mikro dua halaman yang menawarkan produk berbeda kepada calon pelanggan berdasarkan jumlah teman yang mereka miliki.

3. eJuices

eJuices adalah salah satu pengecer rokok elektrik online terbesar di dunia. Pendiri Billy Wilson mendirikan perusahaan tersebut setelah bertemu dengan mitra bisnisnya Paul Davey.

Perusahaan ini awalnya didirikan untuk menjual rokok elektrik di toko retail, namun memutuskan untuk mengalihkan bisnisnya ke online. Untuk lebih mengembangkan perusahaan, mereka akhirnya mencari channel marketing lain.

Hingga berpartisipasi dalam pameran dagang, menjual produk di toko, dan membuat situs web sendiri. Namun, pertumbuhan eksponensial yang nyata terjadi ketika mulai menggunakan strategi referral marketing.

4. Google-For-Work

Seperti yang Anda ketahui, Google sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, Anda bisa mencari berbagai informasi di Google. Jika perusahaan besar seperti Google ingin menggunakan program referral marketing untuk mempromosikan produknya, mereka juga membahas terlebih dahulu apakah program tersebut akan efektif di masa mendatang. Google For Work menawarkan program rujukan satu arah di mana perujuk menerima uang tunai $15 per rujukan.

5. ReadyTalk

ReadyTalk, penyedia layanan konferensi video dan audio, awalnya mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam program pemasaran advokat untuk terus mengelola pelanggan terbaiknya. Namun pada akhirnya, program referral marketing ini membantu ReadyTalk memenangkan penghargaan.

6. Tesla

Tesla, produsen mobil listrik terkenal, telah mengubah program referral selama bertahun-tahun untuk mencerminkan bagaimana basis pelanggannya terus bertambah dari waktu ke waktu. Awalnya, mereka menawarkan pelanggan seribu dolar untuk merujuk teman, namun hal itu berubah karena strategi tersebut membawa ide berbeda kepada pemilik Tesla.

Undang lebih banyak orang ke program referral marketing ini dan mereka yang memenuhi persyaratan akan memenangkan hadiah lebih besar seperti baterai eksklusif. Keuntungan yang lebih menguntungkan dari program ini adalah jika Anda berhasil mengundang 20 orang atau lebih, Anda berkesempatan mendapatkan Model X atau Model S secara gratis.

Manfaat program referral mencakup undangan ke pesta eksklusif dan kesempatan untuk membeli produk edisi khusus yang tidak tersedia untuk masyarakat umum. Program referral marketing Tesla mencerminkan seberapa banyak pengujian yang harus kita lakukan saat membuat kampanye untuk melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak.

7. PayPal

Program referral PayPal ini terinspirasi oleh kampanye Dropbox yang sukses di dunia nyata. PayPal menggunakan IM, blog, dan email untuk menyebarkan berita tentang campaign referral, yang mengalami peningkatan harian sebesar 7 hingga 10 persen di awal tahun 2000an.

PayPal akhirnya mulai membayar orang untuk mengundang teman. Dan sejak itu, banyak pengguna mulai berpartisipasi dalam program pemasaran rujukan ini, yang telah membantu Paypal mendapatkan basis pelanggan yang kuat dengan lebih dari ratusan juta anggota.

Jenis-Jenis Referral Marketing 

  1. One Way Incentives

Merupakan sistem yang memberikan reward atas setiap kegiatan promosi produk yang dilakukan. Reward ini dibayarkan kepada perujuk dan penerima referral.

  1. Two Way Incentives

Jenis referral marketing kedua adalah sistem yang memberikan reward kepada referrer dan referred pada saat yang bersamaan. Solusi sederhana sangat menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Milestone Reward

Jenis referral marketing ketiga menggunakan sistem yang mendorong referrer untuk membagikan rujukan mereka secara teratur. Tujuan dari penyampaian rekomendasi secara rutin adalah untuk mencapai tingkat aktivitas yang maksimal dan memenangkan hadiah.

  1. Leaderboard Reward

Tipe terakhir adalah Leaderboard Rewards yang memberikan reward berdasarkan peringkat. Sederhananya, referrer melakukan kegiatan rekomendasi hingga memperoleh akumulasi poin, dan akumulasi poin dihitung sebagai daftar peringkat. Jika referrer mencapai tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan, beberapa hadiah akan diberikan tergantung pada jumlah referred.

Apa Pentingnya Referral Marketing?

Bisnis akan mendapatkan referral seperti apapun caranya. Baik itu dari mulut ke mulut atau program dalam produk. Faktanya, referral marketing sangat penting bagi bisnis karena alasan berikut:

1. Memberikan Hasil yang Nyata

Salah satu alasan utama referral marketing efektif adalah karena memberikan hasil nyata bagi bisnis Anda adalah dengan memberikan hasil. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sandler Sales Institute, referral marketing berhasil memberikan hasil nyata bagi perusahaan Anda 80% saat seseorang diperkenalkan secara langsung kepada Anda.

2. Membangun Kepercayaan yang Inheren

Karena referral marketing membangun kepercayaan, referral marketing juga memiliki Return on Investment (ROI) yang lebih tinggi. Bagi banyak orang, salah satu hal pertama yang mereka pertimbangkan sebelum melakukan pembelian adalah apakah mereka dapat mempercayai orang atau perusahaan tersebut.

Jika seseorang yang dikenal dan dipercayai merekomendasikan sebuah perusahaan kepada mereka, tentu saja mereka merasa aman. Hal ini terutama berlaku di industri medis. Semula referral marketing merupakan rekomendasi yang hanya disampaikan dari mulut ke mulut, namun seiring kemajuan dunia teknologi, ternyata bisa juga dilakukan secara online, khususnya di media sosial.

3. Pemasaran Lebih Hemat Biaya

Seperti disebutkan di atas, referral marketing memiliki ROI yang tinggi. Dengan memanfaatkan referral marketing, Anda juga dapat menghemat anggaran pemasaran Anda secara keseluruhan.

Ketika seseorang merekomendasikan suatu perusahaan, pemberi rekomendasi telah melakukan upaya yang signifikan untuk memasarkan perusahaan tersebut. Dengan mendorong pelanggan untuk menggunakan rekomendasi yang mereka terima, Anda dapat terus membangun kepercayaan dan mengembangkan saluran pemasaran dengan biaya lebih rendah. Pada dasarnya, kunci referral marketing adalah menyediakan layanan atau produk yang bagus sehingga orang ingin memanfaatkan tawaran tersebut.

Apakah Siap Memanfaatkan Referral Marketing untuk Bisnis Anda?

Itulah penjelasan referral marketing. Referral marketing adalah praktik mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan baru melalui rekomendasi, biasanya diberikan dari mulut ke mulut. Metode ini memungkinkan Anda memanfaatkan peran pelanggan untuk merekomendasikan produk kepada konsumen baru. Anda juga perlu menyiapkan sistem reward, milestone reward, giveaway, dan juga email referral.

Seperti yang telah disebutkan, program ini sangat efektif dan dapat menarik pelanggan baru ke perusahaan Anda. Namun, jika Anda menjalankan bisnis, referral marketing saja sudah cukup untuk mengembangkan bisnis Anda.

Nah, untuk bisa menyusun strategi bisnis yang baik, sebenarnya Anda memerlukan beberapa cara lain. Cobalah membuat konten untuk program referral marketing Anda di media sosial. Selain itu, terus maksimalkan pemasaran bisnis Anda melalui berbagai channel lain seperti iklan media sosial, blogging, dan lainnya. Coba terapkan program referral marketing di bisnis Anda sendiri.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Apa itu Virtual Account? Ketahuilah Perbedaannya dengan Manual Transfer

Pada panduan kali ini kita akan membahas metode pembayaran. Dulu, kamu bisa membayar tagihan melalui…

8 mins ago

Pelajari Mengenai Afiliasi dari Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Apakah Anda ingin menjadi Affiliate? Atau Anda bingung apa artinya afiliasi? Jangan khawatir artikel ini…

55 mins ago

Begini Cara Membuat Giveaway yang Bisa Membantu Kamu Meningkatkan Penjualan

Kamu orang Indonesia, kan? Pasti kamu sudah familiar dengan perkataan Bung Karno berikut ini "Berikan…

21 hours ago

Begini Cara Cek Backlink Domain Untuk Pantau Perkembangan Website!

Cara Cek Backlink Termudah – Backlink kini menjadi cara tercanggih untuk meningkatkan SEO mesin pencari.…

1 day ago

25+ Template WordPress Gratis dan Terbaik

WordPress adalah platform CMS yang paling populer. Karena popularitasnya tersebut, template yang dibuat khusus untuk…

2 days ago

Begini Cara Install Laravel Di Ubuntu dengan Mudah Menggunakan Composer

Menginstal Laravel di Ubuntu mudah dilakukan menggunakan Composer. Composer adalah alat untuk mengelola dependensi PHP…

3 days ago