HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Burning CD/DVD Di Laptop Dan PC

Sebelumnya kita bahas sedikit mengenai apa itu Burning CD ?Berikut penjelasannya,

Burning data ke CD/DVD merupakan proses mentransfer sebuah data yang berada di PC desktop atau laptop melalui DVD drive ke CD/DVD kosong.Namun untuk CD atau DVD kosong,tidak bisa begitu saja dengan memindahkan data dari komputer ke dalam DVD tersebut seperti mencopy data ke dalam flash disk,memerlukan sebuah aplikasi untuk burning CD/DVD kosong tersebut agar data di komputer atau laptop bisa di transfer.

Aplikasi burning data ke DVD dan CD sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan sebuah data. Aplikasi ini membantu mencopy semua data yang kalian butuhkan ke dalam piringan DVD dan CD.Contoh yang paling sering kita membutuhkan aplikasi installer untuk alat IT seperti printer dan scanner maka kita bisa melakukan save data installer dengan cara burning melalui aplikasi yang bisa menyimpan data tersebut ke DVD dan CD.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi burning CD  yang bisa digunakan secara gratis dan sebagian lainnya ada yang berbayar.Berikut akan kita bahas satu per satu :

Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio merupakan alat yang digunakan untuk membakar CD, DVD dan Blu-Rays,kalian dapat menempatkan berbagai macam file pada cakram pilihan kalian atau membuat CD video atau musik yang lebih khusus.Ada beberapa embel-embel lainnya juga,mulai dari membuat gambar disk hingga membuat cadangan.Yang terbaik dari semuanya, yakni aplikasi ini gratis.

Kelebihan :

  • Bisa membakar ke format paling kontemporer.
  • Dapat membuat gambar disk.
  • Secara otomatis mengekstrak musik dari CD.

Kelemahan :

  • Antarmuka sedikit sempit.

 Nero

 

Nero merupakan perangkat lunak buatan Nero AG,Jerman yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk membakar data pada keping CD, DVD hingga Blue Ray.Program ini merupakan bagian penting pada paket utama Nero Multimedia Suite 10 Platinum HD.Nero,cukup populer di kalangan para pengguna windows.Nero tentunya akan menyuguhkan kemudahan bagi setiap penggunanya untuk melakukan burning CD.

 PowerISO

PowerISO merupakan sebuah alat pengolah file gambar CD / DVD / BD yang memungkinkan untuk membuka,mengekstrak,membakar,membuat,mengedit,mengompres,mengenkripsi,membagi dan mengonversi file ISO dan memasang file ISO dengan drive virtual internal dan dapat memproses hampir semua file gambar CD / DVD / BD termasuk file ISO dan BIN.PowerISO menyediakan solusi all-in-one,dapat melakukan semuanya dengan file ISO dan file gambar disk kalian.PowerISO memiliki tampilan yang mudah untuk dipelajari dan digunakan. Ada berbagai format yang bisa digunakan di berbagai OS komputer.

Kelebihan :
  • Membuat file bootable untuk instalasi Windows juga jarang menghasilkan error,Jikalaupun error mungkin dari filenya bukan dalam pembuatan.
  • Ada garansi 30 day money back kalau kalian tak puas dengan produknya,mungkin ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kekurangan :

  • Pengguna free version hanya bisa membuat file berukuran di bawah 300MB,di atas itu akan ada notifikasi error.
  • Untuk upgrade ke versi pro,mungkin akan sedikit menguras kantong.

 CDBurnerXP

CDBurnerXP merupakan aplikasi gratis untuk membakar CD dan DVD,termasuk Blu-Ray dan HD-DVD. Ini juga mencakup fitur untuk membakar dan membuat ISO,serta antarmuka multibahasa.Setiap orang,bahkan perusahaan, dapat menggunakannya secara gratis.

Aplikasi burning CD ini tidak hanya bisa digunakan pada Windows XP namun,bagi kalian pengguna PC dan Laptop berbasis Windows mulai dari 7 bahkan sampai Windows 10 pun bisa menggunakan aplikasi CDBurnerXP ini,yang tentunya memiliki fungsi untuk melakukan burning CD.CDBurnerXP memiliki berbagai fitur untuk burning CD.Mulai dari untuk burning file ISO ke CD,DVD,HD-DVD bahkan kalian bisa melakukan burning CD dengan file Blu-ray.

Star Burn

StarBurn merupakan aplikasi gratis yang memungkinkan pengguna untuk mengambil, membakar dan menguasai CD, DVD, Blu-Ray dan HD-DVD.Program ini mendukung semua jenis media penyimpanan optik (termasuk CD-R / RW, DVD-R / RW, DVD + R / RW, BD-R / RE, HD-DVD-R / RW dan DVD-RAM) dan berbagai perangkat keras pembakaran.Program ini sangat mudah dipasang dan digunakan yang berisi sejumlah wizard langkah demi langkah untuk pengguna baru. Karena itu,kalian tidak perlu membaca manual yang panjang,cukup melakukan ‘klik Berikutnya’ tradisional dan menyelesaikan semua tugas kalian.

Ultimate CD/DVD Burner

Ultimate CD / DVD Burner merupakan solusi burning CD dan DVD yang sangat mudah digunakan yang mengandalkan antarmuka intuitif dan sejumlah fitur.Selain fakta bahwa ini memungkinkan kalian membuat disk data,Ultimate CD / DVD Burner juga dilengkapi dengan fitur built-in untuk membangun atau membakar ISO, sementara juga menawarkan fitur khusus untuk menghapus disk yang dapat ditulis ulang.

Ultimate CD / DVD Burner memang bekerja dengan sangat baik dan meskipun antarmukanya bukan yang terbaik dalam kategori perangkat lunak khusus ini,aplikasi ini masih dapat memenuhi tujuannya dengan sangat cepat.Aplikasi ini berjalan dengan baik di semua versi Windows,dengan jejak minimum pada sumber daya perangkat keras sepanjang waktu.Secara keseluruhan,Ultimate CD / DVD Burner adalah perangkat lunak konversi yang bagus,menyediakan antarmuka sederhana yang ditujukan untuk pemula dan opsi lanjutan untuk pengguna yang lebih berpengalaman.

InfraRecorder

InfraRecorder merupakan program penulisan CD dan DVD open-source untuk Microsoft Windows.Pertama kali dimulai oleh Christian Kindahl di Google Summer of Code 2006, InfraRecorder menggunakan perpustakaan perangkat lunak cdrtools untuk melakukan burning yang sebenarnya.

Kegunaan InfraRecorder :

  • Mendukung penulisan ulang disk dan DVD lapisan ganda InfraRecorder dan dapat membakar disk dari file image ISO.Program ini sepenuhnya portabel di sistem operasi Windows.
  • Mulai versi 0.40, InfraRecorder menawarkan fitur mirip dengan kebanyakan perangkat lunak pembuat CD dan DVD, termasuk pembuatan dan pembakaran data dan gambar disk audio,kemampuan untuk bekerja dengan disk yang dapat ditulis ulang dan multisesi,dan kemampuan untuk mengekstrak citra WAV dan ISO file dari disk,juga dapat menggunakan encoder MP3 LAME untuk menyimpan track Audio CD.
  • InfraRecorder tersedia dalam versi yang akan berjalan pada Windows versi 64-bit.Namun,versi ini tidak menyertakan decoder Ogg Vorbis atau pustaka libsnd karena kesulitan kompilasi dengan MinGW pada platform Windows 64-bit.

Express Burn Free CD and DVD Burner

Express Burn Free CD and DVD Burner digunakan oleh siapapun maka tak heran jika Express Burn menjadi salah satu solusi cerdas bagi kalian yang sedang mencari aplikasi untuk melakukan burning CD.Pada aplikasinya,Express Burn punya 8 tipe untuk burning CD mulai dari audio CD sampai dengan data Blue-ray dan juga bisa memilih beberapa tipe media seperti : Audio, Video, Data, dan ISO. Bahkan, ada juga berbagai macam pilihan tipe lagi untuk setiap media yang kalian pilih.

Misal : memilih tipe media Audio,Maka,tiper tersebut juga bisa dipilih berdasarkan beberapa jenisnya seperti : CD, MP3 CD, dan MP3 DVD.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

9 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago