HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Keunggulan Domain .XYZ

Pengertian Domain .XYZ

XYZ adalah TLD yang diciptakan oleh Daniel Negari dan mulai tersedia untuk publik pada Juni  2014 lalu. Domain ini dibuat sebagai alternatif pengganti dari .COM. Sebab, ia beranggapan bahwa .COM itu adalah domain yang sudah terlanjur diasosiasikan dengan generasi zaman old saat internet pertama kali muncul.

Daniel merasa bahwa generasi muda dan inovatif zaman now haruslah memiliki domain pendek khasnya sendiri. Sehingga tidak selalu tergantung kepada domain .COM yang lebih mahal dan mulai penuh sesak.

Kenapa Harus Domain .XYZ?

Ketika ingin membuat website, hal pertama yang terlintas di kepala adalah nama domain unik yang diharapkan mampu memikat banyak pengguna. Dapat dipercaya bahwa domain .xyz adalah ekstensi yang akan menjadi domain .com generasi selanjutnya.

Potensi popularitas domain besutan Daniel Negari tersebut sudah terlihat mulai dari tahun pertama go publik. Hingga kemudian meledak setelah banyak digunakan oleh perusahaan top dunia.

Keunggulan Menggunakan Domain .XYZ

1. Murah Meriah

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menggunakan domain .XYZ. Bahkan, harga XYZ sendiri lebih murah delapan kali lipat dibandingkan domain .COM. Perhatikan gambar di bawah ini :

2. Pilih Nama Domain Sesuai Keinginan

Dibandingkan domain .COM atau .NET yang sudah dipakai entah berapa milyar website di seluruh dunia, XYZ ini masih berada di angka jutaan saja. Sehingga kemungkinan besar nama yang diinginkan masih tersedia.

3. SEO Friendly

Pada awal kemunculannya, domain xyz memang masih susah untuk terindeks di mesin pencari. Kendati demikian, dalam beberapa tahun terakhir kondisi ini sudah mengalami perubahan, dan sekarang .xyz sudah menjadi semakin SEO Friendly.

4. Mudah Diingat

Jika dibandingkan dengan ekstensi baru lainnya, domain xyz relatif lebih mudah diingat karena merupakan susunan tiga huruf terakhir dalam abjad.

Di era sekarang, istilah xyz juga semakin populer berkat pembagian generasi. yakni Generasi X untuk kelahiran tahun 1961-1980, Generasi Y kelahiran tahun 1981-1995, dan Generasi Z kelahiran tahun 1996-2010.

5. Fleksibel Untuk Website Apapun

Tidak hanya cocok digunakan untuk website teknologi, .xyz juga pas untuk mengakomodir kebutuhan website edukasi, bisnis, toko online, hingga kecantikan. Branding dari ekstensi domain .xyz juga tidak spesifik seperti .com yang diplot untuk komersial, .org untuk organisasi, .co.id untuk perusahaan resmi di Indonesia, dan lain sebagainya.

6. Bisa Dipakai Siapa Saja

Bahwa XYZ itu juga merupakan julukan dari tiga generasi usia. Mulai dari generasi X (1961-1980), generasi Y alias Millennials (1981-1995), hingga terakhir Generasi Z (1996-2010). Dengan kata lain, domain ini menyatukan tiga generasi sekaligus sehingga siapapun bisa memakainya.

Kekurangan Menggunakan Domain .XYZ

1. Nama Domain Masih Asing

Seperti yang diketahui, ekstensi .xyz relatif masih jarang ditemui. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga hampir di berbagai penjuru dunia. Alhasil, menggunakan domain ini memberikan tantangan tersendiri.

2. Hanya Murah di Tahun Pertama

Meski saat ini .xyz ditawarkan dengan harga murah (mulai dari Rp 11 ribu – Rp 75 ribu), pada kenyataannya ekstensi domain ini lumayan mahal ketika masuk perpanjangan tahun kedua. Jika dihitung dengan harga normal, biaya perpanjangan domain .xyz berkisar antara Rp 250 ribu – Rp 350 ribuan pertahun. Angka ini jauh lebih mahal dibandingkan biaya beli domain .com atau .id.

3. Belum Familiar dikalangan Masyarakat

Saat ini kebanyakan masyarakat lebih mengenal domain .com, .org, .net dan sebagainya dibandingkan dengan nama domain berakhiran XYZ. Domain yang merupakan tiga huruf terakhir alfabet ini masih sangat asing di telinga masyarakat saat ini.

4. Kurang Responsive

Menurut pengakuan Erdin Maulana di blognya, domain XYZ ini kurang responsive saat diakses melalui smartphone. Maksud kurang responsive adalah bahwa ketika klik suatu link di situs berdomain XYZ, maka pengguna tidak langsung ditujukan ke alamat yang diinginkan, melainkan dialihkan terlebih dahulu ke Google Search.

Contoh Website dengan Domain .XYZ

1. Abc.xyz

Beberapa tahun lalu Google mengumumkan sebuah perusahaan baru bernama Alphabet. Pada awal kemunculannya, perusahaan yang menaungi seluruh produk besutan Google tersebut menggunakan nama ekstensi .xyz sebagai website company profile.

Dari sini juga popularitas ekstensi .xyz semakin tinggi hingga semakin banyak di lirik oleh para blogger maupun webmaster.

2. Hooli.xyz

Hooli.xyz merupakan project milik Gavin Belson, salah satu pemeran dalam serial TV Silicon Valley. Bagi para pencinta teknologi, tentu tidak ada salahnya untuk meniru langkah Gavin Belson dalam menggunakan ekstensi .xyz.

3. Starship.xyz

Contoh website yang menggunakan .xyz berikutnya adalah Starship, sebuah perusahaan robot delivery buatan co-founder Skype yang berbasis di San Francisco, CA. Website ini cukup populer di kalangan pengembang karena desainnya yang clean, minimalis, serta unik. Cocok dengan value company yang notabene merupakan perusahaan teknologi.

4. Gen.xyz

Gen.xyz bisa dibilang sebagai wadah yang menyediakan berbagai informasi seputar domain xyz. Mulai dari berita, contoh website, hingga visi misi.

5. Playground.xyz

Desain mencolok dan playfull yang didominasi warna merah muda membuat website ini menarik untuk dijadikan contoh.

6. Ceo.xyz

Ceo.xyz merupakan nama domain yang dimiliki oleh Daniel Negari. Sosok penting yang mengembangkan domain XYZ mulai dari nol hingga digunakan jutaan orang. Saat ini domain ceo.xyz digunakan untuk alamat blog pribadi Daniel. Bisa mampir untuk membaca beberapa artikel hasil tulisannya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

15 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

22 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago