HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UKM di Indonesia

Bagi yang sedang menjalankan bisnis, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari pengetahuan dasar mengenai produk dan bisnis yang dijalankan. Model iklan dan promosi yang akan dilakukan bahkan menyiapkan sistem untuk pelayanan kepada konsumen. Untuk pelayanan kepada konsumen, bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Bagi pemilik bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang baru memulai bisnis dan belum memiliki banyak karyawan, mengurus bisnis secara sendiri bukan hal yang mudah. Akan tetapi dengan perencanaan yang matang dapat memulai bisnis UKM secara perlahan.

Untuk memulai sebuah bisnis UKM, beberapa hal yang harus persiapkan adalah Nama Bisnis yang jelas, detail produk yang dijual serta kontak yang mudah untuk dihubungi. Dapat mempersiapkan satu laptop atau smartphone khusus yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi dalam menjalankan bisnis.

Saat ini, pelanggan cenderung bertanya terlebih dahulu kepada penjual sebelum membeli produk atau menggunakan jasa. Biasanya pelanggan akan bertanya melalui aplikasi chatting dan menanyakan secara detail produk yang ingin dibeli. Pelanggan biasanya akan meminta informasi detail mengenai bisnis anda untuk dapat dibaca ulang dan difikirkan kembali sebelum melakukan transaksi.

Mengenal Tentang Aplikasi Chatting

Seiring perkembangan zaman, berbagai cara untuk berkomunikasi dapat dilakukan saat ini. Di Indonesia, Komunikasi secara digital khususnya teks dimulai dengan hadirnya pager pada awal tahun 1950an, kemudian dengan hadirnya telepon genggam, muncul fasilitas SMS (Short Message Service) pada tahun 1980an. Saat itu, penggunaan SMS masih dihitung dan dikenakan biaya perkarakter. Namun saat ini, penggunaan SMS dihitung dan dikenakan biaya sekali pengiriman.

Munculnya smartphone pada awal tahun 2000an, memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi chatting. Aplikasi chatting memudahkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara langsung. Biaya yang dikenakan pada aplikasi chatting terhubung dengan pembelian paket data yang dimiliki oleh pemilih smartphone.

Manfaat Aplikasi chatting

Penggunaan aplikasi chatting merupakan salah satu bentuk komunikasi yang cukup efektif dan efisien digunakan pada saat ini. Dimana mayoritas masyarakat pada umumnya sudah memiliki smartphone yang mumpuni. Adapun manfaat aplikasi chatting yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :

  • Komunikasi dapat dilakukan dengan mudah

Fitur chatting yang mengirim dan menerima pesan secara realtime, membuat komunikasi lebih mudah dan cepat. Pengguna bisa langsung mengirim pesan tanpa harus menunggu secara lama.

  • Dapat mengirim berbagai pesan

Tak hanya mengirimkan teks, didalam aplikasi chatting dapat mengirim suara, gambar dan video secara langsung. Sehingga bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak.

  • Dapat mengirimkan pesan secara unik

Saat ini aplikasi chatting sudah banyak yang menyematkan fitur stiker dan gif. Stiker yang dapat dimodifikasi dan gif dari potongan video-video yang lucu, dapat menjadi hiburan tersendiri ketika melakukan chatting.

Aplikasi Chatting untuk UKM di Indonesia

Berikut beberapa jenis aplikasi chatting untuk UKM yang dapat digunakan sebagai berikut :

1. Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi pesan instan yang dapat diakses menggunakan koneksi internet tanpa dikenakan biaya pesanan SMS. Sama seperti lainnya dengan menggunakan aplikasi ini bisa berbagi file tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, video, pesan suara, panggilan suara dan panggilan video. Aplikasi ini sudah sangat populer tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di Meksiko, Brasil dan negara tetangga kita Malaysia.

Untuk di Indonesia aplikasi chat ini sangat populer. Menurut data comScore, Whatsapp digunakan sekitar 35.8 juta pemilik smartphone di Tanah Air. Ini lah alasannya mengapa Whatsapp memiliki potensial untuk mengembangkan bisnis.

Dirilis pada tahun 2009, Whatsapp awalnya hanya hadir secara eksklusif di app store (khusus pengguna iOs). Namun seiring berjalannya waktu, kini WhatsApp juga hadir pada smartphone android. Selain itu, whatsapp sendiri memiliki dua jenis akun yang berbeda, yaitu :

  • Whatsapp Personal

Whatsapp Personal digunakan untuk chat pada umumnya saja. Fitur Whatsapp personal terbatas hanya untuk melakukan chatting, voice call serta video call.

  • Whatsapp Bisnis

Hadir pada tahun 2017, whatsapp bisnis menjadi salah satu pionir aplikasi yang dapat membantu untuk menjalankan sebuah bisnis. Fitur-fitur yang terdapat pada whatsapp bisnis adalah sebagai berikut :

    • Dapat menampilkan profil bisnis

Tidak hanya sekedar menampilkan nama, pada akun whatsapp bisnis dapat menampilkan informasi bisnis secara detail dan informati. Sehingga calon konsumen dapat mengenal bisnis apa yang sedang dijalankan.

    • Dapat menggunakan nomor telepon rumah atau kantor

Tidak hanya menggunakan nomor seluler, bagi yang memiliki nomor telepon rumah atau kantor, dapat menjadikan nomor tersebut sebagai nomor whatsapp bisnis.

    • Bisa membalas pesan secara otomatis

Dengan fitur balas pesan secara otomatis dapat menyetel kata kunci yang biasa digunakan dalam bisnis. Seperti : Harga, Price List, Jadwal, Cara Pesan, Ongkos Kirim dan masih banyak kata kunci yang dapat set sesuai jenis bisnis.

    • Centang hijau

Untuk menyakinkan nomor whatsapp bisnis yang anda gunakan adalah nomor yang resmi, whatsapp menyediakan fitur centang hijau sebagai bentuk verifikasi akun whatsapp bisnis.

    • Katalog produk

Fitur katalog memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi tanpa harus meminta katalog pada pemilik bisnis.

2. Telegram

Dirilis pada tahun 2013, Aplikasi Telegram menjadi salah satu aplikasi chat yang cukup ramai digunakan juga. Aplikasi chat yang satu ini menghadirkan fitur chat berbasis awan (Cloud Base). Berikut beberapa keunggulan aplikasi telegram yang dapat digunakan untuk chatting dan mendukung bisnis.

  • Fleksibel untuk dimodifikasi

Tidak perlu menunggu pembaharuan dari developer, dapat mengkostumisasi aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

  • Cloud Base Message

Bagi yang memiliki keterbatasan memori pada smartphone, maka Telegram adalah solusinya. Karena, file tidak tersimpan di smartphone kecuali mengunduhnya. Sehingga ini menjadi solusi bagi yang memiliki smartphone dengan memori yang terbatas.

  • Channel

Selain fitur chat personal dan grup, Telegram memiliki fitur channel. Dimana channel ini hanya menyediakan pesan satu jalur komunikasi saja. Channel hanya mengirim pesan kepada pengguna telegram yang mengikut channel.

3. Line

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada pertengahan tahun 2011 yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan Jepang NHL Corporation. Aplikasi chatting ini memungkinkan penggunaanya untuk berkirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirim gambar, video hingga panggilan video. LINE bahkan di klaim sebagai aplikasi chat terbaik dan terlaris di 42 negara.

Aplikasi ini menjadi primadona diberbagai kalangan remaja. Pasalnya, warnanya yang fun, stiker yang banyak dan memiliki fitur yang luas tak hanya sebagai aplikasi chat membuat Line cukup digemari oleh milinenial. Untuk aplikasi chat pada line, line juga menyediakan dua aplikasi yang berbeda. Line Personal dan Line @ untuk bisnis. Beberapa fitur unggulan dari line @ adalah sebagai berikut :

  • Dapat memiliki username Ekslusif

Setiap pengguna line @ pada dasarnya akan memiliki username dengan nama yang random. Tetapi, apabila ingin memiliki username ekslusif, dapat memilikinya dengan cara membayar.

  • Dapat membagikan kupon promosi

Line @ memungkinkan para pemilik bisnis untuk menyebarkan kupon promosi kepada pelanggannya. Cukup dengan mengikuti akun bisnis yang menggunakan line @, pelanggan akan mendapatkan pesan broadcast yang berisi kupon promosi. Kupon tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan potongan harga dengan cara berbelanja langsung di outlet dan diverifikasi oleh petugas yang ada di lokasi bisnis.

  • Membagikan informasi terkini lewat timeline

Fitur Timeline pada line memungkinkan untuk membagikan informasi terkini seputar bisnis. Mulai dari foto hingga video dapat dibagikan melalui timeline.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

46 mins ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

4 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago