HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Domain

Mengenal Tentang Sejarah, Fungsi, Kelebihan, dan Penggunaan Domain or.id

Menurut wikipedia, pengertian domain adalah sebuah nama unik yang diberikan dalam mengidentifikasi nama server komputer. Seperti contohnya adalah web server, email server, atau jaringan internet. Biasanya, domain tersebut disebut dengan link. Ketika menuju sebuah website, pasti ada tulisan di atas yang menggambarkan bahwa itu adalah alamat website atau link. Bukankan sangat mudah dalam mengidentifikasi sebuah domain.

Pada dasarnya, domain merupakan sebuah nama. Domain adalah sebuah nama unik untuk dan menjadi alamat dari sebuah website. Domain sendiri terdiri dari beberapa ekstensi, seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi.
Sedangkan dengan di Indonesia, rata-rata menggunakan ekstensi id. Bahkan dari ekstensi id sendiri mempunyai domain khusus untuk regional Indonesia. Misalnya adalah .id, .co.id, .web.id, .or.id, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih sangat banyak sekali domain yang bisa dipilih mulai dari ekstensi yang biasa atau ekstensi domain yang antimainstream. Terkhusus pada domain .or.id, adalah sebuah domain yang memang ditujukan oleh sebuah organisasi.

Sejarah Domain or.id

Domain or.id merupakan sebuah domain yang diambil dari kata or “organization” dan id merupakan sebuah identitas dari Indonesia. Kemudian domain tersebut hanya boleh digunakan oleh sebuah organisasi saja. Sehingga, pengguna dari domain ini kebanyakan adalah organisasi-organisasi tertentu yang menggunakan sejumlah situs untuk sebuah kepentingan dari organisasi tersebut.

Kemudian menurut sejarah domain dunia yang diungkap oleh Verisign pada tahun 1985, terdapat 6 nama domain di seluruh dunia. Lalu domain menjadi berkembang dan telah terdaftar lebih dari 265 nama domain. Dalam membangun sebuah website dengan tujuan sebagai sarana komunikasi atau yang lain, harus menggunakan domain sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, hal tersebut akan membuat website jauh lebih mudah ditemukan oleh pencari di internet. Sedangkan dengan penggunaan domain or.id, digunakan sebagai salah satu satu dari kebanyakan pembeda jenis website antar pembuat website.

Fungsi Domain or.id

Dengan adanya website organisasi, maka akan sangat membantu masyarakat dalam mencari informasi lebih dalam terkait dengan pencarian yang diinginkan. Kemudian organisasi yang bersangkutan, menyediakan banyak sekali informasi untuk para pencari.

Bahkan keberadaan website organisasi tersebut akan membantu sebuah organisasi di kemudian hari. Salah satu contohnya adalah bisa meminimalisir penggunaan sumber daya alam demi mempertahankan eksistensi dari organisasi terkait. Keunggulan Domain or.id adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sarana dalam berkomunikasi

Sebuah website organisasi dapat menjadi sarana berkomunikasi bagi yang ingin bekerjasama. Pasalnya, dengan mencantumkan informasi kontak yang jelas, orang-orang yang ingin bekerjasama dengan organisasi dapat dengan mudah menghubungi.

  • Berkaitan dengan ruang lingkup organisasi

Keberadaan website dengan domain or.id ini dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai organisasi yang dibuat.

  • Efisien dalam memanfaatkan jaringan

Ketika ingin menjalin kerjasama baru dapat memberi informasi mengenai keberadaan website. Sehingga calon klien dapat memeriksa website terlebih dahulu.

  • Kemudahan dalam operasi dan management

Website or.id juga dapat menjadi sarana dalam mempermudah manajemen dan operasional organisasi.

  • Membuka kerja sama baru

Dengan mencantumkan informasi cara bekerjasama, calon klien dapat mempertimbangkan organisasi lebih cepat.

  • Lebih efisien dalam waktu

Tidak ada batas dalam mengenal organisasi, cukup ketik domain website dan semua dapat terhubung lebih cepat.

  • Meningkatkan kredibilitas dari organisasi

Dengan adanya website organisasi, dapat menjadi pembuktian bahwa organisasi bukanlah organisasi yang tidak jelas asal-usulnya.

  • Mendatangkan konsumen jarak jauh

Terkadang, calon anggota organisasi, calon klien dari organisasi bisa datang darimana saja. Oleh karena itu website dapat menambah konsumen atau klien diluar daerah.

  • Sebagai kerangka atas perubahan budaya kerja

Website organisasi dapat menjadi rekam jejak perubahan budaya kerja dari masa-kemasa. Sehingga dapat melihat perkembangan organisasi setiap tahunnya.

  • Meningkatkan produktivitas kerja

Dokumentasikan semua hasil kerja organisasi secara digital dan tayangkan di website. Dengan begitu dapat dengan mudah memiliki dokumentasi kegiatan komunitas kapan saja dan dimana saja secara cepat.

Penggunaan Domain or.id

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwasanya domain or.id memang digunakan untuk sebuah organisasi. Memang kebanyakan orang salah dalam memahami ekstensi id. Sebab, di Indonesia banyak sekali domain yang menggunakan ekstensi id, salah satunya adalah or.id.

Kemudian terdapat beberapa jenis domain yang memang digunakan untuk organisasi selain or.id. Diantaranya adalah ac.id, co.id, net.id, go.id, mil.id, sch.id, dan masih banyak lagi. Bahkan penggunaan domain tersebut harus sesuai ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan. Syaratnya adalah :

  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan.
  • KTP Republik Indonesia.

Terutama bila pihak tersebut memang bertujuan untuk mendirikan PT (Perseroan Terbatas), CV atau firma.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

25 mins ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

4 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

24 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago