Manambahkan konten atau embed YouTube ke dalam situs WordPress yang Anda miliki, apakah bisa? Ya tentu saja bisa. Dengan adanya konten YouTube di dalam website Anda, akan menjadikan situs kita terlihat lebih profesional dan akan meningkatkan trafik pengunjung ke situs Anda karena terlihat lebih manarik.

Lalu bagimana cara menambahkan konten YouTube ke dalam situs Anda? Jika Anda belum mngetahui caranya mari bahas cara menambahkan konten YouTube dengan cara yang mudah.

YouTube menurut Wikipedia adalah sebuah situs web berbagi video yang di buat oleh 3 mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini aka memungkinkan pengguna mengunggah, menonton dan berbagi video.

Menggunakan konten YouTube memilik beberapa kemudahan karena selain hemat bandwith, YouTube juga diakses oleh milyaran orang sehingga akan menguntungkan untuk Anda.

Berikut adalah cara untuk menambahkan konten YouTube ke WordPress dengan cara yang mudah.

  1. Menggunakan Copy Paste URL

Cara ini adalah cara yang paling mudah karena Anda hanya perlu mengcopy URL yang ada di situs YouTube ke dalam WordPress Anda, maka secara otomatis akan mucul embed video di postingan milik Anda.

Berikut tahapan mengcopy paste URL

  • Anda harus membuka situs YouTube melalui YouTube.com, dan mencari video mana yang ingin Anda tambahkan ke WordPress Anda.

  • Membuka dashboard WordPress Anda dan pilih Post >> Add New Post

  • Paste link URL tersebut ke dalam post Anda dan akan muncul gambar seperti ini.

 

Untuk menambahkan konten seperti itu, sebenarnya tidak hanya YouTube saja karena WordPress sudah menyediakan cara otomatis uutk video lainnya seperti Twitter, Facebook, Vimeo, Dailymotion dan TED.

Menambahkan konten video YouTube kedalam situs memiliki kekurangan yaitu Anda tidak dapat mengatur ukuran video YouTube yang ditambahkan. Ukuran video tersebut akan disesuaikan dengan default dari WordPress.

 

  1. Menggunakan Shortcode

Menambahkan video kedalam WordPress kendalannya adalah Anda tidak bisa mengatur ukuran sesuai keinginan Anda karena sudah mengikuti default dari WordPress.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena WordPress juga memberikan solusi untuk Anda dapat mengatur embed video YouTube yaitu dengan menggunakan shortcode.

Anda dapat menggunakan shortcode dibawah ini :

Dengan menggunakan shortcode tersebut Anda dapat mengubah ukuran tinggi (height) dan lebar (width) sesuai dengan keinginan Anda.

Catatan penting jika Anda menggunakan shortcode ini, nilai yang Anda masukkan merupakan nilai dimensi maksimum, bukan dimensi video tersebut. Dan lagi nilai ini tidak bisa digunakan untuk memperbesar ukuran dimensi video maupun dapat bekerja dengan baik untuk memperkecilnya.

 

  1. Menggunakan <inframe>

Menggunakan <inframe> ini digunakan untuk Anda yang ingin melakukan kontrol lebih terhadap video yang ini Anda tampilkan.

Kode <inframe> bisa digunakan untuk fitur sharing YouTube. Caranya dengan memilih video yang ingin ditampilkan dan klik tombol Share dan pilih opsi Embed.

Jika sudah maka akan muncul popup yang berisi beberapa menu pengaturan seperti berikut ini :

  • Waktu untuk memulai video
  • Opsi untuk menampilkan video yang di suggested video setelah video selesai diputar
  • Opsi untuk menunjukan judul dan tombol kontrol pada video player.
  • Privacy-enhanced mode, dimana YouTube tidak akan menyimpan informasi mengenai pengunjung website kecuali pengunjung memutar video yang dipasang pada website tersebut.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin kode yang diawali dengan tag <inframe> dan menyalinnya pada laman WordPress.

Kode tersebut akan disesuaikan dengan pengaturan yang sudah Anda lakukan, jika Anda mengubah salah satu opsi yang ada, maka Anda harus menyalin ulang kode <inframe> yang Anda dapat.

 

Diatas adalah arikel mengenai cara menambahkan konten video YouTube kedalam WordPress. Dengan mengembed video YouTube akan lebih mudah untuk menarik trafik pengujung ke situs Anda. Semoga artikel ini menambah perpustakaan ilmu anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀