HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Fitur, Keunggulan, dan Cara Install Aplikasi Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman yang sering dianggap sebagai alternatif yang lebih pribadi untuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, dan SMS. aplikasi ini sendiri tersedia untuk mereka yang menggunakan Android, iPhone, dan iPad selain juga penggunaan untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk bergabung, hanya membutuhkan nomor telepon dan mendaftarkan diri secara gratis.

Pengalaman pengguna Signal sama seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan aplikasi obrolan populer lainnya. Ini adalah aplikasi perpesanan dengan fitur seperti pesan personal individu maupun grup dengan fitur-fitur seperti stiker, foto, transfer file, panggilan suara, dan bahkan panggilan video. Dapat melakukan obrolan grup dengan hingga 1000 orang dan panggilan grup dengan hingga delapan orang.

Dikembangkan oleh yayasan nirlaba dan didanai oleh donasi, membuat aplikasi Signal tidak dimiliki oleh perusahaan teknologi besar layaknya Facebook. Bahkan Signal tidak menghasilkan keuntungan, tidak mencoba mengumpulkan atau menambang data tentang pengguna atau menampilkan iklan kepada para penggunanya.

Apa Itu Aplikasi Signal?

Signal adalah layanan pesan terenkripsi terpusat lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger. Dengan menggunakan Internet untuk mengirim pesan satu-ke-satu dan grup, yang dapat mencakup file, catatan suara, gambar dan video selain juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video perorangan dan grup. Disamping versi Android secara opsional juga dapat berfungsi sebagai aplikasi SMS.

Aplikasi Signal menggunakan nomor telepon seluler standar sebagai pengenal dan mengamankan semua komunikasi ke pengguna Signal lain dengan enkripsi end-to-end. Termasuk mencakup mekanisme di mana pengguna dapat secara independen memverifikasi identitas kontak mereka dan integritas saluran data. Perangkat lunak Signal gratis dan bersumber terbuka (open-source) yang diterbitkan di bawah lisensi GPLv3, sedangkan kode server diterbitkan di bawah lisensi AGPLv3.

Umumnya aplikasi Android resmi menggunakan Layanan Google Play berpemilik (dipasang di sebagian besar perangkat Android) untuk fungsi seperti pemberitahuan push tetapi Signal juga memiliki aplikasi klien resmi untuk iOS dan aplikasi web di desktop. Signal Foundation nirlaba diluncurkan pada Februari 2018 dengan pendanaan awal $ 50 juta dari Brian Acton. Hingga pada Juni 2020 kemarin Signal telah memiliki lebih dari 32,4 juta total unduhan dan aplikasi ini memiliki sekitar 20 juta pengguna aktif bulanan per Desember 2020.

Fitur Aplikasi Signal

Kira-kira, apa sajakah yang bisa dilakukan dalam aplikasi ini? Dirangkum dari situs resmi Signal, ini dia daftarnya.

  • Bertukar pesan

Signal merupakan software untuk chatting. Oleh karena itu, tentu saja, fitur utamanya adalah bertukar pesan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah fitur pesan yang bisa hilang sendiri. Selain itu bisa mengatur tenggat waktu pesan dari dibaca hingga ia hilang. Pesan tersebut juga tidak bisa disimpan dengan tangkapan layar atau di-forward.

Selain itu, hal-hal yang bisa dilakukan di antaranya :

    • Delete for everyone.
    • Mark as unread.
    • Pin chat.
    • Emoji dan sticker.
    • Note to self, fitur chat diri sendiri untuk menulis catatan.
  • Telepon

Aplikasi Signal juga menawarkan fitur telepon. Glints sudah sempat menyinggung hal ini di atas. Dalam Signal, bisa melakukan telepone suara dan video. Ada juga pilihan telepon untuk grup.

  • Grup

Jika ingin memindah komunikasi kantor dari WhatsApp ke Signal tentu membutuhkan group chat. Tenang, Signal menawarkan ruang bertukar pesan. Ada juga beberapa fitur tambahan di dalam grup :

    • Membuat link atau qr code untuk bergabung.
    • Mention di dalam grup.

Keunggulan Aplikasi Signal

Pada dasarnya aplikasi ini memang tidak sebesar WhatsApp tetapi Signal datang dengan menawarkan keamanan seperti yang dilakukan Telegram. Berikut ini keunggulan dari yang ditawarkan aplikasi Signal :

  • Kebebasan berbagi dan berinteraksi

Bagikan teks, pesan suara, foto, video, GIF, dan file secara gratis. Signal menggunakan koneksi data ponsel sehingga dapat menghindari biaya SMS dan MMS.

  • Berbicara dengan bebas

Lakukan panggilan suara dan video sejernih kristal ke orang-orang yang tinggal di seberang kota, atau di seberang lautan, tanpa biaya jarak jauh.

  • Dapatkan perlindungan privacy

Tambahkan lapisan ekspresi baru ke percakapan  dengan stiker terenkripsi. Selain itu juga dapat membuat dan membagikan paket stiker sendiri.

  • Berkumpul dengan Grup

Obrolan grup memudahkan untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Semua dapat dilakukan dalam grup yang bisa diciptakan.

  • Bebas iklan dan pelacakan

Tidak ada iklan, tidak ada pemasar afiliasi, dan tidak ada pelacakan yang menyeramkan di Signal. Jadi fokuslah untuk berbagi momen penting dengan orang yang berarti.

  • Gratis

Signal adalah lembaga nonprofit independen yang tidak terikat dengan perusahaan teknologi besar mana pun dan juga tidak akan pernah bisa diakuisisi oleh salah satunya. Pengembangan didukung oleh hibah dan donasi dari orang-orang sehingga siapa saja bisa menggunakan aplikasi Signal.

Cara Install dan Menggunakan Aplikasi Signal

Layaknya aplikasi perpesanan lainnya, begitu juga Signal mudah untuk digunakan. Cukup unduh aplikasi Signal resmi dari Apple App Store untuk iPhone dan iPad atau Google Play untuk Android. Ikuti proses penyiapan untuk memberi Signal nomor telepon dan akses ke kontak meski akses kontak bersifat opsional, tetapi Signal dirancang untuk bekerja paling baik dengan cara ini. Kemudian dapat memulai percakapan dari dalam aplikasi maka apabila ada seseorang di kontak dan nomor telepon orang itu dikaitkan dengan akun Signal, akan melihat bahwa dapat menghubungi mereka di Signal.

Jika ingin mulai berbicara dengan seseorang di Signal minta saja mereka untuk mengunduhnya dan mendaftar dan bahkan akan mendapatkan pemberitahuan saat seseorang yang dikenal mendaftar ke Signal. Selain itu juga dapat mengunduh aplikasi desktop Signal untuk Windows, Mac, atau Linux dari situs web Signal Foundation yang akan menyinkronkan pesan dari aplikasi Signal di ponsel ke komputer  walau cara ini opsional. Meskipun Signal memiliki antarmuka yang sangat familiar seperti aplikasi perpesanan liannya, namun Signal sangat berbeda di balik layar. Percakapan di Signal dienkripsi dari ujung ke ujung atau end-to-end, yang berarti bahkan pemilik Signal tidak dapat memantaunya. Hanya orang-orang dalam percakapan yang dapat melihatnya. Signal juga sepenuhnya open-source dan kode sumber untuk aplikasi klien proyek dan perangkat lunak server tersedia di GitHub.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

10 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago