HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Harbolnas : Pengertian, Manfaat, dan Cara Bergabungnya

Selama beberapa tahun terakhir, online shopping menjadi cara berbelanja yang diminati masyarakat. Tren pertumbuhan transaksi belanja online pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tentunya, transaksi pun makin meningkat pada waktu-waktu tertentu seperti Harbolnas.

Istilah ini sudah marak bergaung sejak beberapa tahun terakhir, sebelum marak di Indonesia Harbolnas sudah ada di sejumlah negara lainnya. Negara tersebut seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, dan Jepang, namun istilah itu dikenal dengan sebutan Cyber Monday. Istilah ini beradaptasi dan terinspirasi dari perayaan Black Friday yang ada di Amerika Serikat, di perayaan Black Friday toko-toko memberi potongan harga besar-besaran sehingga pengunjung antusias dan tertarik untuk datang ke toko dan mengantri untuk membelinya.

Ada istilah lain selain Cyber Monday dan Black Friday, di China ada Single Day 11.11. Harbolnas di Indonesia dimulai sejak 12.12.12, yaitu di tanggal 12 desember tahun 2012. Pertama kali tercetus dari para e-commerce yang tergabung dalam sebuah Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA), dengan e-commerce yang bergabung seperti Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma, dan Berrybenka. Ide ini mulai dicetus oleh e-commerce Lazada yang ingin mengkampanyekan pesta belanja secara online kepada masyarakat, ide itu kemudian berkembang hampir ke seluruh perusahaan ritel e-commerce untuk bergabung dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Hingga saat ini Harbolnas tak lagi se sakral sebelumnya, yang hanya ada pada tanggal 12 desember saja. Bahkan ada beberapa e-commerce yang mengadakan harbolnas di tanggal cantik setiap bulannya, entah itu 3.3, 11.11, dan sebagainya. Tak hanya perusahaan ritel saja yang mengadakan pesta Harbolnas, bahkan saat ini ada banyak industri yang bergerak secara online maupun offline mengadakan pesta ini dengan menawarkan beragam promo fantastis saat Harbolnas tiba.

Pengertian Harbolnas

Harbolnas adalah kependekan dari hari belanja online nasional, promo ini pertama kali dimulai sejak tahun 2012. Cetusan ide dari Lazada yang ingin mengkampanyekan belanja online kepada masyarakat secara luas, hingga diikuti oleh banyak e-commerce lainnya. Dahulunya promo ini hanya terjadi pada bulan desember di tanggal 12, belakangan semakin berkembangnya e-commerce lain sehingga ada yang mengadakan Harbolnas di tanggal 9 bulan september. Semakin berkembang justru Harbolnas tidak lagi diadakan sesakral sebelumnya yang hanya ada satu tahun sekali, beberapa e-commerce justru mengadakan di setiap bulannya yang ada tanggal cantik yang terdiri dari angka tanggal dan bulannya sama.

Promo besar-besaran pada Harbolnas ternyata memiliki banyak manfaat, yang bisa didapatkan dari berbelanja saat Harbolnas tiba, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tidak Mengantri

Antrian panjang tentu sangat membosankan, belum lagi jika ada saja pelaku yang menerobos antrian atau justru barang yang ingin dibeli sudah kehabisan stoknya. Permasalahan itu bisa dikurangi dengan penggunaan sistem belanja secara online, hanya perlu mengunduh aplikasi dari e-commerce yang dituju. Saat mereka mengadakan pesta Harbolnas, tentu hanya perlu mengklik barang-barang yang dibutuhkan dan memilih metode pembayaran. Hampir semua e-commerce pasti memiliki aplikasi yang bisa mudah diakses, tanpa harus repot mengantri di toko secara langsung.

  • Barang Diantar Ke Rumah

Produk yang sudah dibeli umumnya bisa langsung dikirimkan ke rumah, hal ini tentu memudahkan untuk langsung mendapatkan barang yang dibeli di depan pintu rumah.

  • Metode Pembayaran Beragam

Ada banyak metode pembayaran yang biasanya ditawarkan oleh e-commerce di Indonesia, mulai dari transaksi menggunakan kartu kredit, debit, poin hingga penawaran Cost of Delivery (COD) transaksi yang memungkinkan untuk pembayarannya saat barang sudah berada di depan pintu.

  • Diskon Ekstra

Perayaan Harbolnas umumnya menawarkan berbagai promo menarik, banyak diskon yang ditawarkan dengan jumlah persennya yang beragam pula. Selain itu ada juga program dengan promo gratis ongkir sepuasnya dengan sejumlah minimal belanja.

Tips Belanja di Harbolnas

Jika ingin ikut berbelanja saat Harbolnas perlu tips khusus. Pasalnya, jutaan orang juga siap berpartisipasi. Agar tidak menyesal kehabisan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Daftar Newsletter

Hal yang terpenting kamu lakukan sebelum memulai adalah pastikan tidak ketinggalan informasi promonya, cobalah untuk berlangganan newsletter setiap bisnis online dimana nantinya akan mendapatkan informasi langsung dari bisnis online terkait promo yang sedang berlangsung.

  • Membuat daftar belanjaan

Hal ini penting, dikarenakan sesuaikan kebutuhan belanja dengan apa yang menjadi kebutuhan saat ini. Kita sadar di Harbolnas kita akan mendapatkan banyak sekali penawaran diskon dan yang pastinya sangat menggoda untuk bisa kita beli, namun jangan sampai hal itu membuat kita menjadi diluar kendali dan pastikan kebutuhan terpenuhi terlebih dahulu.

  • Mengetahui Platform yang Cocok

Beberapa Bisnis online mempunyai website dan aplikasi, harus memilih beberapa platform prioritas untuk mempermudah dalam melakukan transaksi nantinya. Kembali lagi ke Poin no 1 dimana, Jika jarang membuka e-mail terutama membaca newsletter, mungkin mengunduh mobile apps adalah pilihan yang tepat karena kita akan mendapatkan banyak notifikasi terutama promo saat Harbolnas.

  • Bookmark halaman khusus Harbolnas e-commerce

Biasanya setiap bisnis online (E-Commerce) mempunyai halaman tersendiri untuk promo besar mereka, perlu melakukan bookmark untuk mempermudah mengakses halaman promo Harbolnas tersebut.

  • Koneksi internet yang cepat

Pastikan mempunyai koneksi internet yang cepat dikarenakan koneksi ini nantinya akan membantu untuk bisa mendapatkan promo dengan cepat terutama bagi promo yang berbatas waktu sehingga di waktu yang bersamaan akan rebutan dengan ribuan hingga jutaan pengunjung lain yang ingin mendapatkan promo besar dari suatu produk.

  • Berburu kode kupon dari website perbandingan harga

Biasanya ada beberapa website yang mempunyai fitur untuk menampilkan perbandingan harga, bisa memanfaatkan website ini untuk menganalisa to the point mengenai harga produk yang ingin dibeli.

  • Selalu cek rating dan review toko yang bersangkutan

Hal ini juga sangat penting berhubungan toko yang mempunyai rating tinggi tentunya akan membuat pelanggan percaya dengan layanan yang ditawarkan. Jangan sampai tertipu dengan promo sehingga yang ada akan kecewa karena mendapatkan produk yang tidak sesuai.

  • Pilih Jasa Pengiriman Paling Murah Supaya Hemat

Pada hari Harbolnas beberapa jasa pengiriman juga menawarkan promosi, bagi yang berada di kota yang jauh tentunya biaya ongkir menjadi masalah besar juga, pastikan juga mendapatkan promo ongkir untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Ketahui Kebijakan Pengembalian Barang

Hal ini sangat penting jika produk yang didapatkan tidak sesuai sehingga bisa melakukan Pengembalian Barang yang sudah beli sebelumnya.

  • Ketahui customer service

Customer service bisnis online yang siap siaga membantu akan membuat pelanggan akan merasa puas, Salah satunya juga di idcloudhost siap membantu mengarahkan saat promo Harbolnas berlangsung.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago