HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Home Design Terbaik

1. Planner 5D

Sesuai namanya, aplikasi ini didesain untuk membuat konsep rumah langsung tidak hanya ada di PC, bisa juga memakai Planner 5D di Android dan juga iPhone. Aplikasi home design 2D dan 3D ini mudah digunakan bahkan tanpa skill spesial pun.

Bisa membuat ruangan impian dengan menggunakan banyak pilihan item interior dan eksterior dari katalog. Selain itu juga bebas mengatur kombinasi warna, ukuran dan tekstur. Tampilan desain ruangan bisa menggunakan mode 2D, 3D atau Virtual Reality Mode.

Kelebihan Planner 5D :

  • Visualisasi kualitas HD.
  • 2D / 3D desain modelling.
  • Tampilan sederhana dan mudah digunakan.
  • 4000+ katalog item yang bisa diedit.
  • Dukungan komunitas online yang kuat.
  • Multiplatform (mac, windows, iphone, android dan web).
Detail Planner 5D – Kreator Desain Interior & Rumah
Developer Planner 5D
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 116MB
Download 10.000.000+
Rating 4.1/5 (Google Play)

2. Sweet Home 3D

Sesuai namanya, Sweet Home 3D adalah aplikasi untuk membuat desain rumah dalam bentuk tiga dimensi.

Jika ingin yang sepenuhnya gratis, ada pula Sweet Home 3D yang merupakan aplikasi open-source yang berasal dari pengembang SourceForge.net. Selain opsi pengeditan langsung tanpa install aplikasi via browser PC juga bisa mengunduh versi gratisnya yang bisa digunakan pada Windows, MacOS dan Linux.

Sweet Home 3D versi gratis ini menyediakan sekitar 100 buah furnitur dan 26 tekstur yang bisa digunakan untuk mendesain rumah impian.

Aplikasi desain rumah Windows ini juga menyediakan versi berbayar dengan furnitur dan tekstur lebih lengkap seharga Rp 195 ribuan saja.

Kelebihan Sweet Home 3D :

  • Gratis dan ringan.
  • Multiplatform alias bisa di install di Mac, Solaris, Linux dan Windows.
  • Bisa menggambar dinding baik lurus dan lengkung dengan dimensi yang tepat menggunakan keyboard dan mouse.
  • Insert pintu dan jendela di dinding yang dibuat.
  • Tambah furniture yang lengkap.
  • Ganti warna, ukuran, tekstur, ketebalan dan orientasi furniture, dinding, lantai dan langit-langit rumah.
  • Annotasi rancangan, memberikan detail keterangan dari obyek desain.
  • Export ke PDF, PNG, OBJ, SVG dan MOV.
Spesifikasi Minimal Sweet Home 3D Free
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
Processor Intel or AMD dual-core processor @2.0 GHz
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 200MB

3. Houzz

Jika memang langsung mau konsep tanpa perlu mendesain, ada juga Houzz yang memberikan database foto desain interior yang bisa dijadikan inspirasi.

Aplikasi desain rumah PC online maupun HP ini menyediakan berbagai macam inspirasi menarik dan fitur untuk terhubung dengan jasa konsultasi rumah dan toko furnitur. Houzz juga menyediakan fitur untuk melihat furnitur yang bisa langsung diletakkan di ruangan, yang mana bisa kamu foto dan simpan ke galeri.

Dengan berbagai pilihan template tersebut, tentunya penggunaan Houzz bakal lebih mudah. Semudah menggunakan aplikasi pembuat logo Android cukup memilih dan edit seperlunya.

Detail Houzz – Home Design & Remodel
Developer Houzz
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 144MB
Download 10.000.000+
Rating 4.6/5 (Google Play)

4. Homestyler

Aplikasi desain rumah 3D berikutnya ada Homestyler yang cocok digunakan jika merasa bingung masalah interior dan sekalian hendak membeli perabotan rumah.

Soalnya Homestyler akan membantu memvisualisasikan ruangan dan meletakkan produk furnitur yang diingin letakkan di ruangan. Homestyler menerapkan desain dengan model 3D lengkap dengan teknologi yang ditenagai dengan augmented reality (AR).

Detail Homestyler – Interior Design & Decorating Ideas
Developer Homestyler – 3D Home Decorating Anywhere
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 65MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 3.9/5 (Google Play)

5. Kitchen Planner 3D

Sesuai dengan namanya, Kitchen Planner 3D merupakan aplikasi desain rumah untuk pemula yang secara khusus dapat digunakan untuk mendesain dapur.

Dengan visualisasi 3 dimensi bisa dengan mudah meletakkan peralatan dapur, kabinet, pintu, jendela dan memilih warna tembok. Kitchen Planner 3D juga memungkinkan untuk menyimpan dan membuka proyek, serta mengekspor gambar langsung ke galeri secara gratis.

Detail Kitchen Planner 3D
Developer Andrey Ovchinnikov
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 24MB
Download 1.000.000+
Rating 4.0/5 (Google Play)

6. Floor Plan Creator

Sebenarnya, Floor Plan Creator lebih menyasar kepada para pengguna yang lebih expert dan membutuhkan aplikasi dengan tools yang lebih lengkap. Floor Plan Creator akan membantu merancang rumah dengan melakukan modifikasi dari tampak atas alias membuat denah rumah dengan ukuran yang presisi dan akurat.

Salah satu keunggulan dari Floor Plan Creator adalah adanya fitur 3D Tour Mode untuk menjelajah sekeliling rumah yang sudah didesain.

Detail Floor Plan Creator
Developer Marcin Lewandowski
OS Minimal 4.1 ke atas
Ukuran 5.8 MB
Download 10.000.000+
Rating 4.2/5 (Google Play)

7. Design Home

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Design Home merupakan sebuah game yang menawarkan kemudahan untuk dalam mendekor berbagai ruangan di rumah. Karena berupa game desain rumah, kamu bisa menemukan berbagai katalog furnitur dari berbagai brand. Bisa mendekorasi dan mendesain rumah sesuai keinginan.

Meski hanya sebuah game bisa merancang rumah impian di Design Home untuk kemudian diterapkan pada interior rumah yang sesungguhnya.

Detail Design Home
Developer Crowdstar Inc
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 106MB
Download 50.000.000+
Rating 4.2/5 (Google Play)

8. Magicplan

Untuk tingkat profesional, ada aplikasi yang lebih canggih, yakni magicplan. Aplikasi ini bisa memindai ruangan dan mengubahnya menjadi denah secara otomatis.

Jika kamu berencana merenovasi rumah bisa menggunakan magicplan untuk mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran ruangan yang akan direnovasi. Bisa menggabungkan seluruh ruangan menjadi satu rumah, mengubahnya ke format PDF, SVG dan XLS, serta melihat versi 3D dari hasil sketsa yang sudah dibuat.

Detail magicplan
Developer Sensopia Inc
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 99MB
Download 5.000.000+
Rating 4.4/5 (Google Play)

9. DreamPlan

Aplikasi desain rumah PC offline bernama DreamPlan yang bisa kamu gunakan apabila jarang terhubung ke jaringan internet.

Antarmuka yang ditawarkan DreamPlan agak terkesan jadul. Namun hal ini sudah lebih dari cukup untuk mendesain rumah kecil atau proyek sederhana untuk pemula. Saat pertama kali menggunakan DreamPlan, aplikasi ini akan memberikan sejumlah template yang bisa dijadikan contoh untuk mulai mendesain rumah.

Spesifikasi Minimal DreamPlan Home Designer
OS Windows 7/8/8.1/10 (64-bit)
Processor Intel or AMD dual-core processor @2.0 GHz
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 100MB

10. SketchUp

Kemudian ada SketchUp Free yang merupakan software desain rumah online yang dimiliki oleh Google dan saat ini dikembangkan oleh Trimble Inc.

Layaknya Adobe Photoshop yang dikenal sebagai plikasi desain grafis terbaik, SkecthUp juga terkenal di kalangan para arsitek, baik pemula maupun profesional. Pada versi gratis akan diberikan editor yang hanya bisa diakses secara online dengan beberapa fitur yang dibatasi. Biarpun sebenarnya lebih dari cukup untuk para pemula.

Untuk lebih profesional, ada pula SketchUp Make dan SketchUp Pro yang bisa didapatkan dengan berlangganan, lengkap dengan aplikasi desktop yang bisa di download.

Spesifikasi Minimal SketchUp Free
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
Processor Intel or AMD dual-core processor @2.0+ GHz
Memory 8GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Other Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome with Stable internet connection

11. Roomstyler 3D Home Planner

Jika malas install aplikasi, ada juga situs desain rumah lainnya yang bisa kamu gunakan mirip SketchUp Free. Salah satunya adalah Roomstyler 3D Home Planner.

Situs yang bisa diakses gratis ini memberikan pilihan ornamen yang sangat lengkap, mulai dari pilihan lantai, jendela, pintu, tempat tidur, lemari, hingga jam weker.

Aplikasi ini bisa membuat desain secara 2D maupun 3D. Mirip seperti pada game simulasi kehidupan, The Sims saat mendesain rumahnya. Selain itu juga bisa menyimpan alias export desain yang telah dibuat dengan melakukan pendaftaran terlebih dulu.

Spesifikasi Minimal Roomstyler 3D Home Planner
OS Windows 8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
Processor Intel or AMD dual-core processor @1.0+ GHz
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Other Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome with Stable internet connection

12. HomeByMe

HomeByMe yang direkomendasikan wajib dicoba dengan mengakses situsnya dan melakukan editing secara online. Semua fitur yang ada di dalamnya bisa kamu akses secara gratis dengan database yang lumayan lengkap dibanding dengan para kompetitornya.

Selain menawarkan sudut pandang 2D dan 3D, ada juga sudut pandang orang yang membuat seakan berada di dalam rumah hasil desain yang dibuat.

Spesifikasi Minimal HomeByMe
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
Processor Intel or AMD dual-core processor @2.0 GHz
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Other Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome with Stable internet connection

13. Home Design 3D

Merancang desain rumah pastinya akan lebih seru jika bisa melihat visualisasinya secara nyata. Buat yang menginginkan hal tersebut bisa coba pakai aplikasi Home Design 3D.

Aplikasi buatan developer Anuman ini bisa ditemukan baik itu di Play Store, App Store, maupun perangkat PC. Home Design 3D juga tersedia dalam versi gratis, tapi  akan menemukan lebih banyak fitur di versi berbayar.

Bukan hanya menentukan rancangan eksterior rumah impian saja, bisa mendesain dan mendekorasi bagian interior rumah dengan lebih dari 1.500 jenis furniture yang disediakan.

Detail Home Design 3D
Developer Anuman
OS Minimal Android 4.1 ke atas / iOS 11.4 ke atas
Ukuran 247MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 3.6/5 (Google Play)

4.3/5 (App Store)

14. Home Outside

Home Outside adalah salah satu pilihannya yang bisa digunakan di perangkat iPhone, iPad dan Mac. Menawarkan sejumlah fitur lengkap untuk program desain tipe CAD yang sangat teknis, aplikasi ini menyediakan lebih dari 700 elemen untuk menciptakan visualisasi nyata dari rancangan rumah.

Ada juga fitur-fitur lainnya seperti Layers untuk mengelola desain, Sketch untuk membuat sektsa, Rulers untuk memandu membuat semua ukuran yang diinginkan, Map Tool untuk plotting properti, dll.

Namun, aplikasi satu ini sayangnya berbayar walaupun sebenarnya harga yang dibanderol tergolong murah yaitu 2.99 dollar atau sekitar Rp 43 ribuan.

Detail Home Outside
Developer Home Outside, Inc.
OS Minimal iOS 9.0 ke atas
Ukuran 921MB
Rating 3.6/5 (App Store)

15. Artlantis

Aplikasi Artlantis yang merupakan software render grafik 3D tercepat yang dikembangkan untuk arsitek dan desainer dalam menciptakan resolusi tinggri 3D rendering secara cepat dan mudah.

Aplikasi yang hanya tersedia untuk perangkat PC ini memungkinkan untuk menciptakan desain rumah yang terlihat lebih hidup dan nyata seperti para profesional. Meskipun sebenarnya aplikasi ini berbayar, tapi bisa menikmatinya secara gratis selama 30 hari masa percobaan.

Spesifikasi Minimal Artlantis
OS Windows 7/8.1/10, Mac OS X 10.8.5 (64 bits)
Processor Intel i3 4Core 2GHz
Memory 8GB
Graphics 1GB VRAM
Other OpenGL, Display: 1280 x 800 pixels, internet access
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

8 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

14 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago