HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Rekomendasi Aplikasi Keyboard Android Terbaik

Sebagai salah satu perangkat canggih yang menggunakan tekonologi touch-screen atau layar sentuh, android menavigasi semua perintah didalamnya melalui sentuhan jari. Salah satunya adalah ketika ingin mengetik sebuah teks.

Salah satu fitur penting yang sering dilihat saat mengoperasikan android yakni keyboard. Untuk mengetik pesan, chatting, email, dan lain sebagainya tentu kita membutuhkan peranan darinya.

Maka dari itu, aplikasi keyboard virtual menjadi pilihan yang tepat dalam merubah interface keyboard android menjadi lebih menarik. Kebetulan, disini Hosteko telah menyediakan 12 pilihan aplikasi keyboard android terbaik yang paling ringan dengan pilihan tema yang keren-keren.

1. Gboard

Jika mencari aplikasi keyboard yang sepenuhnya gratis, aplikasi Gboard mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Gboard adalah aplikasi keyboard resmi keluaran Google. Muncul dengan banyak fitur dasar seperti auto-correction, multi-bahasa, dan berbagai fitur kustomisasi.

Yang lebih menarik, aplikasi ini built-in bersama dengan Google Search. Itu berarti kita bisa melakukan pencarian tanpa meninggalkan keyboard. Ada juga pencarian GIF, voice typing, dan Google Translate. Aplikasi ini adalah keyboard yang hebat sekaligus juga pintas. Bagian yang terbaik adalah ia tersedia secara gratis tanpa pembelian dalam aplikasi.

Fitur Aplikasi Gboard

  • Gboard memiliki fitur pencarian emoji untuk membantu menemukan emoji lebih cepat, pencarian GIF, dan mengetik multibahasa agar dapat beralih dari bahasa yang satu ke yang lain dengan cepat.
  • Terdapat fitur mengetik melalui suara, jadi tinggal ucapkan, keyboard akan mengetik secara otomatis.
  • Terintegrasi dengan Google, jadi cukup tekan ikon G dalam keyboard untuk menemukan berbagai Toko dan restoran terdekat, Ramalan cuaca, artikel berita dan lainnya.
  • Google Translate – Translate saat mengetik di keyboard.

2. Fleksy

Fleksy semakin populer di kalangan Android. Dengan tagline ‘keyboard yang paling mudah disesuaikan, aplikasinya memungkinkan menggunakan keyboard dalam tiga ukuran berbeda, hadir dengan 40 tema, dan memberi kemampuan untuk membuat desain tema sendiri. Hebatnya, aplikasi ini tersedia sepenuhnya secara gratis.

Terlebih lagi, Fleksy memiliki fungsi prediksi yang fantastis dan koreksi otomatis yang kuat dengan mempertimbangkan tidak hanya huruf yang ditekan, namun pola yang disentuh. Selain itu, pengguna juga bisa mengekspresikan dirinya melalui GIF, emotikon, dan emoji. Sama seperti aplikasi keyboard umumnya, Fleksy juga memiliki fitur auto-correct untuk membantu pengetikkan agar lebih cepat.

Fitur Aplikasi Fleksy

  • Swiping dan gesture support, kemampuan untuk menghubungkan akun email dan media sosial untuk membantu Fleksy lebih memahami gaya mengetik.
  • Fitur pelacakan yang dapat melacak perjalanan dari amatir ke profesional. Di dukung pula dengan layanan mode satu tangan.

3. TouchPal

TouchPal adalah ‘keyboard emoji’ yang juga bisa menjadi keyboard biasa. Dimana dalam aplikasi ini ada lebih dari 800 emoji. Selain itu juga didukung dengan prediksi dan autocorrect, dan mendukung lebih dari 100 bahasa. Selain itu, dukungan layanan dasar keyboard pada umumnya pasti anda temukan disini.

Fitur Aplikasi TouchPal

  • Ada lebih dari 1000 Tema /wallpaper keyboard gratis
  • Ada Ribuan Emoji, stiker, Kamus, GIF, Emoticon & bahasa yang bisa digunakan.

4. SwiftKey

Tidak ada yang menyangkal bahwa aplikasi SwiftKey merupakan aplikasi keyboard terbaik untuk android dan juga sangat familiar. Hampir semua pengguna android tahu aplikasi keyboard yang satu ini. Tapi juga tidak masalah jika baru mengetahuinya.

Keyboard Android bernama SwiftKey sebenarnya baru dibuat ulang oleh perusahaan pembuat dengan perubahan hampir menyeluruh. SwiftKey memiliki pilihan berbagai tema bawaan yang dapat diaplikasikan ke keyboard, dan jika ingin lebih banyak tema dapat membelinya satu per satu atau dalam satu paket.

Dapat memilih untuk mengaktifkan nomor baris yang terpisah di bagian atas keyboard, atau mengintegrasikan nomor ke baris atas huruf. SwiftKey juga merupakan pilihan yang baik jika kita ingin menginstall sejumlah bahasa berbeda.

Daya tarik SwiftKey ada pada tingkat keakurasiannya dalam memprediksi. Dimana akan terus meningkat seiring masa penggunaan. Memang, SwiftKey bukanlah pilihan paling menarik dalam daftar pilihan Keyboard Android terbaik di list ini, tetapi ia sudah ada sejak lama dan bisa di andalkan. Termasuk soal banyaknya pilihan yang disediakan.

Fitur Aplikasi SwiftKey

  • Aplikasi Swiftkey dilengkapi dengan prediksi yang didukung oleh A.I.
  • Memiliki fitur koreksi otomatis yang sangat baik dimana aplikasi selalu mempelajari slang, julukan, dan frasa yang biasa digunakan. Di dukung pula dengan lebih dari 150 bahasa.
  • Keyboard di dukung dengan lebih dari 80 warna, desain, dan tema.
  • Keyboard emoji – mempelajari dan memprediksi emotikon favorit.

5. Swype

Aplikasi Keyboard android terbaik yang terakhir dalam daftar ini yang tersedia secara gratis untuk android adalah Swype. Secara umum, apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelumnya dalam daftar tulisan ini. Misalnya layanan seperti autocorrect dan prediksi, sinkronisasi perangkat, tema, dan beberapa kontrol isyarat lainnya.

Fitur Aplikasi Swype

  • Dukungan Dwibahasa – Swype bisa memasukkan kata-kata dari dua bahasa sekaligus! Kata-kata dari Swype otomatis akan menyesuaikan dengan dwibahasa yang kita pilih.
  • Prediksi Kata Berikutnya tersedia dengan sangat cerdas, seakan-akan Swype bisa membaca apa yang kita pikirkan.

6. Chrooma Gif

Chrooma Gif adalah salah satu aplikasi keyboard yang kurang dikenal dalam daftar ini tapi pasti salah satu yang paling sesuai. Sayangnya harus membayar per item untuk tiap fitur diinginkan atau memilih satu kali beli dengan $ 2,49 untuk menggunakan semua fitur. Jika memilih untuk membayar semua fitur, harus masuk dengan akun Google.

Jika semua keybord rata-rata kelebihannya ada pada kemampuannya untuk memprediksi kata yang dimasukkan. Ada yang mampu membenahi kata yang dimasukkan, ada pula yang mampu memprediksi kata apa selanjutnya.

Kelebihan Chrooma terletak pada kemampuannya untuk dioperasikan menggunakan mode satu tangan. Jadi tetap bisa mengetik meski hanya dengan satu tangan. Terlebih, mode satu tangan juga dilengkapi dengan tampilan yang menarik.

Fitur Aplikasi Chrooma Gif

  • Pencarian GIF, Dengan Chrooma Keyboard, kita akan memiliki tab GIF untuk mencari dan mengirim semua GIF yang kita inginkan! GIF Chrooma didukung oleh hampir semua aplikasi.
  • Dukungan Emoji, Keyboard Chrooma mendukung saran emojis otomatis dan membantu memberi emo yang paling banyak digunakan.
  • Navbar Otomatis, Chrooma Keyboard secara otomatis mengubah warna navbar sesuai dengan aplikasi yang digunakan
  • Mengetik multilanguage, Dengan Keyboard Chrooma bisa mengetik dalam berbagai bahasa secara bersamaan tanpa harus mengganti keyboard setiap saat.
  • One Hand Mode dan Split Layout dan Mode malam, dimana Keyboard Chrooma dapat mengubah secara otomatis nada warna saat cahaya rendah terdeteksi.

7. Minuum

Minuum sedikit berbeda jika dibandingkan dengan semua aplikasi keyboard dalam list ini. Bekerja dengan cara memprediksi berdasarkan kata sambung yang telah dimasukkan. Caranya dengan hanya menampilkan daftar karakter ‘qwerty’ menjadi hanya satu baris karakter. Jika biasanya tiga baris. Prediksi Minuum akan benar-benar terasa cerdas karena tidak harus selalu menekan karakter secara tepat untuk menghasilkan kata-kata yang tepat.

Tentu bisa menggunakan Minuum tidak hanya pada mode non-minimized (mode satu baris). Selain itu juga bisa menggunakan mode seperti tampilan keyboard biasa. Pada kedua mode tersebut, akan ada emoji berbeda yang ditawarkan. Hanya cukup beralih dari satu mode ke mode yang lain dengan sangat mudah.

Memang, tawaran menggunakan keyboard dengan mode satu baris terkesan tidak biasa dan sulit. Tetapi lama-kelamaan akan terbiasa. Lagi pula jika sulit untuk menggunakanya bisa beralih ke mode biasa. Hebatnya Minuum di dukung dengan banyak bahasa dan mampu berubah ke banyak tema sepanjang hari secara otomatis.

Sayangnya, Minuum tidak bisa kita nikmati selamanya secara gratis. Untuk 30 hari pertama bisa mencoba versi trialnya secara gratis. Lebih dari waktu itu, jika ingin mengunakanNya lebih lanjut harus membayar $2.99. Meski demikian bisa buktikan manfaatnya selama 30 hari untuk memutuskan lanjut menggunakan atau tidak.

Fitur Aplikasi Minuum

  • Fast Sloppy Typing, membantu meningkatkan tingkat presisi berkat koreksi otomatis yang sangat cerdas yang dipelajari saat mengetik.
  • Pengaturan Alphabet Yang Berbeda- ada pilihan layout keyboard seperti “QWERTZ,” “AZERTY,” “A-Z.”
  • Prediksi Kata, Mempercepat mengetik melalui saran dari mesin prediksi yang belajar dari daftar kata, dan pola penggunaan bahasa.
  • Smart Emoji- Gesek kata prediksi yang tersisa untuk menemukan saran Smart Emoji.
  • Voip Typing yang berguna untuk masukkan teks handsfree melalui Google Voice Typing
  • Real Multitasking dan mendukung banyak pilihan bahasa, sayangnya bahasa Indonesia belum tersedia.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago