HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Remote Komputer Terbaik 2022

Pastinya kalian pernah memonitor komputer klien di sebuah tempat yang jauh? Atau kalian ingin memonitor kinerja sistem di tempat yang banyak ? Mungkin,kalian bisa mencoba aplikasi remote komputer.Aplikasi ini menggunakan jaringan ekstranet. Kegunaan ekstranet sangat dibutuhkan dalam pengaplikasian teknologi remote ini,khususnya bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang.Aplikasi remote desktop/remote access software/remote control software adalah aplikasi yang digunakan untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh.Dengan aplikasi ini,kalian bisa mengambil alih kendali komputer lain yang terhubung menggunakan mouse dan keyboard yang ada di komputer di hadapan kalian.

Secara umum,untuk mengakses komputer yang berada jauh dari tempat kalian sekarang,maka harus menginstal aplikasi yang disebut host di komputer yang akan dikendalikan.Setelah itu dilakukan,komputer atau perangkat lain dengan hak akses yang valid atau sebutannya klien dapat terhubung ke host dan mengendalikannya.

Meski kelihatannya teknis banget,kalian tidak akan kesusahan dalam menggunakan aplikasi remote komputer.Apalagi,aplikasi remote komputer gratis di bawah ini hanya memerlukan beberapa klik untuk memulai dan tidak perlu pengetahuan komputer khusus.

Berikut ini daftar rekomendasi aplikasi Remote Komputer Terbaik 2022 :

TeamViewer

TeamViewer merupakan aplikasi remote yan bisa diandalkan.Karena banyak fitur yang bisa digunakan pada aplikasi ini.Pengguna tidak akan kesulitan saat menginstal dan menggunakan TeamViewer karena tidak perlu mengubah konfigurasi router atau firewall yang digunakan pada jaringan internet.Aplikasi TeamViewer mendukung video,panggilan suara,chatting,transfer file,wake-on-LAN (WOL) dan bahkan bisa melakukan reboot PC secara remote dan kemudian terkoneksi kembali secara otomatis.

Dari sisi host atau komputer yang ingin dikendalikan,OS yang terinstal bisa Windows,Mac atau Linux.Ada tiga pilihan installer yang bisa dipilih.Versi full dengan installer untuk versi lengkapnya,versi portable atau disebut TeamViewer QuickSupport jika kalian ingin melakukan remote hanya sekali atau jika ada kondisi tidak memungkinkan menginstal TeamViewer pada komputer host atau TeamViewer Host untuk kalian yang akan melakukan remote pada komputer host secara berkelanjutan.

Dari sisi klien,aplikasi TeamViewer memiliki sejumlah pilihan untuk terhubung ke komputer yang ingin dikendalikan.Ada aplikasi yang dapat diinstal ataupun versi portable-nya untuk komputer ber-OS Windows,Mac dan Linux, juga ada aplikasi mobilenya untuk smartphone iOS,BlackBerry,Android dan Windows Phone.

Remote Utilities

Remote Utilities menghubungkan dua komputer dengan apa yang disebut oleh mereka sebagai “Internet ID“. Dengan aplikasi ini,kalian dapat mengontrol hingga 10 komputer.

Dari sisi host,instal bagian dari Remote Utilities yang disebut host pada komputer ber-OS Windows.Kalian juga dapat memilih untuk menjalankan Agent yang menyediakan dukungan secara kilat tanpa harus menginstal apapun,bahkan kalian dapat menjalankannya dari flash disk.Komputer host nantinya akan diberikan sebuah Internet ID yang digunakan klien untuk berkomunikasi ke komputer tersebut.

Dari sisi klien,instal bagian dari Remote Utilities yang disebut Viewer yang berfungsi untuk terhubung ke komputer Host atau Agent.Viewer dapat didownload secara terpisah atau dikombinasikan dengan Host.Kalian juga dapat mendownload versi portable-nya jika lebih suka untuk tidak menginstal apapun.

Kelebihan aplikasi Renote Utilities yakni tidak perlu melakukan perubahan pengaturan router seperti port forwarding.Sebagai klien,kalian cukup memasukkan nomor Internet ID dan password.Aplikasi kliennya juga bisa didownload di smartphone iOS dan Android.Jika kalian menggunakan smartphone Android,pastikan kalian sudah melakukan cara mengaktifkan Play Store.

Fitur-fitur yang didukung Remote Utilities,yakni :

  • remote terminal atau Command Prompt.
  • remote file launcher.
  • remote task manager.
  • transfer file.
  • wake-on-LAN (WOL).
  • text chat.
  • remote registry access.
  • system information manager.
  • remote webcam viewing.
  • print dari jarak jauh.
  • multi monitor.

Kekurangan dari aplikasi Remote Utilities adalah konfigurasi yang membingungkan pada komputer host,karena banyaknya pilihan yang berbeda.

UltraVNC

Aplikasi UltraVNC hampir sama dengan Remote Utilities,di mana server dan viewer diinstal pada kedua PC dan viewer sendiri digunakan untuk mengontrol server.Kelebihan UltraVNC diantaranya adalah dukungan transfer file,chat,share clipboard dan dapat melakukan boot dan terhubung ke server pada saat Safe Mode.

Dari sisi host,bisa memilih ingin menginstal Server,Viewer atau keduanya.Kalian harus menginstal Server pada komputer yang ingin dikendalikan.Kalian dapat menginstal Server UltraVNC sebagai service pada sistem sehingga komunikasi bisa selalu berjalan.Dari sisi klien,maka harus menginstal Viewer pada saat setup installer.Lalu,setelah kalian mengkonfigurasi port forwarding di router,kalian dapat mengakses server UltraVNC dari mana saja dengan koneksi internet,baik melalui perangkat mobile yang mendukung koneksi VNC,komputer yang terinstal Viewer atau melalui browser.Yang penting,kalian memasukkan alamat IP Server (Host) agar bisa terkoneksi.

Windows Remote Desktop

Windows Remote Desktop merupakan aplikasi remote desktop yang terintegrasi dengan OS Windows alias sudah terinstal secara default ketika kalian melakukan cara instal Windows.Jadi,kalian tidak perlu download apa-apa jika menggunakan aplikasi ini.

Dari sisi host,untuk mengaktifkan koneksi ke komputer,maka harus membuka pengaturan “System Properties”kemudian mengaktifkan pengaturan “Allow remote connections”,kalian juga harus mengatur port forwarding pada router agar komputer lain dari luar jaringan bisa terhubung dengan komputer host.Jangan lupa untuk mengatur fungsi firewall agar komunikasi tidak terganggu.Sementara itu dari sisi klien,komputer lain yang ingin terhubung ke komputer host hanya perlu membuka software Remote Desktop Connection dan memasukkan alamat IP dari host tersebut.Setelah terhubung,kalian bisa melakukan transfer file,print ke printer lokal,mendengarkan audio dari PC remote serta transfer clipboard konten.

RemotePC

Aplikasi RemotePC merupakan aplikasi remote komputer sederhana yang tersedia secara gratis.Bedanya dengan aplikasi remote lainnya,aplikasi RemotePC hanya memperbolehkan satu koneksi remote.

Dari sisi host,download dan instal aplikasi RemotePC pada komputer yang akan diakses dari jauh.Aplikasi RemotePC bisa diinstal pada komputer ber-OS Windows dan Mac.Lalu bagikan Access ID dan Key dengan komputer lain.Cara lainnya,kalian dapat membuat account dengan RemotePC,lalu login pada komputer host untuk menambahkan komputer ke akun kalian untuk kemudahan akses nantinya.

Untuk dari sisi klien,ada 2 cara untuk mengakses host RemotePC dari komputer yang berbeda.Pertama,dengan aplikasi RemotePC yang terinstal di komputer kalian.Masukkan Access ID dan Key dari komputer host untuk terhubung.Kedua,dengan aplikasi RemotePC di smartphone iOS atau Android.

Dengan aplikasi RemotePC,maka kalian dapat menerima suara dari remote PC,merekam apa yang dilakukan sebagai file video,mengakses beberapa monitor,mentransfer file dan teks chat.Beberapa fitur tidak tersedia jika host dan klien memiliki sistem operasi komputer yang berbeda.

Ammyy Admin

Ammyy Admin merupakan aplikasi remote desktop yang portable dan pengaturannya sangat sederhana.Aplikasi ini bekerja dengan menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui ID yang disediakan oleh aplikasi.

Dari sisi host,cukup menjalankan aplikasi Ammyy Admin pada komputer yang ingin diakses.Kalian tidak perlu menginstal aplikasi ini kok,cukup dijalankan saja.Dari menu yang disebut Ammyy,kalian dapat memilih Service dan menginstal Service Ammyy Admin.Sehingga kalian dapat mengakses komputer lain tanpa harus menjalankan programnya secara manual.

Dari sisi klien,kalian cukup perlu menjalankan aplikasi portablenya dan memasukkan ID dari komputer host.Setelah terhubung, kalian bisa melakukan hal-hal seperti menggunakan clipboard pada komputer host,voice chat serta mentransfer file dari dan ke komputer host.

AeroAdmin

AeroAdmin merupakan aplikasi remote desktop termudah yang bisa kalian coba.Karena hampir ada tidak pengaturan yang diperlukan serta semuanya dilakukan secara cepat dan langsung to the point untuk digunakan sebagai support dadakan.Aplikasi AeroAdmin benar-benar gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial,namun AeroAdmin tidak ada fitur chatting. AeroAdmin dapat diinstal pada Windows 10,8,7 dan XP,baik tipe 32-bit dan 64-bit.

Dari sisi host,AeroAdmin hanya perlu menjalankan program portablenya dan berbagi alamat IP kalian atau share ID dengan komputer lain.

Dari sisi klien,kalian hanya perlu menjalankan program AeroAdmin yang sama dan masukkan ID atau alamat IP yang dibagikan oleh host.Kalian dapat memilih mode “View Only” atau “Remote Control” sebelum menghubungkan komputer kalian dengan komputer host lalu klik “Connect” untuk memulai remote.

Sekian artikel kami kali ini seputar aplikasi remote komputer.Semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

8 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago