HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Menyembunyikan Judul Postingan Blog Di WordPress

WordPress secara default akan menampilkan judul pada setiap halaman blog. Padahal mungkin tidak membutuhkannya di halaman tertentu, misalnya homepage. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan judul blog?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan empat cara menghilangkan judul blog. Bisa memilih mana pun yang sesuai dengan kebutuhan.

Alasan Perlu Menyembunyikan Judul Blog

Tidak setiap halaman di website membutuhkan judul tertampil. Walaupun judul selalu diharapkan ada di setiap postingan website, tetapi adanya judul halaman kadang merusak estetika. Kadang kurang pas saja.

Misalnya, memiliki judul “Home” di halaman beranda adalah hal yang sangat tidak perlu. Begitu juga dengan halaman “About” atau “Services”. Pada umumnya, halaman seperti itu sudah dapat menerangkan siapa dirinya, tanpa harus menjelaskannya dengan judul.

Namun, menyembunyikan judul dari halaman atau postingan tidak semudah menghapus gambar atau paragraf dalam teks. Judul, tidak bisa tidak memang memiliki dampak pada SEO, dan terkait cara mesin pencari membaca struktur halaman. Sebelum menyembunyikan semua judul postingan, ada beberapa hal yang harus pertimbangkan :

  • Pertimbangan SEO

Mesin pencari, seperti Google, menggunakan bot yang disebut dengan crawler yang mengunjungi website dan mengindeks halaman yang ada di dalamnya. Ketika mengindeks website, crawler akan membaca elemen, seperti judul, teks halaman, dan struktur halaman untuk mencari tahu tentang apa halaman tersebut.

Proses ini membantu mesin pencari menampilkan halaman yang relevan kepada orang-orang yang mencari kata kunci tertentu. Dan website yang menerapkan praktik SEO dengan baik akan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Judul halaman ditentukan oleh tag judul HTML, atau jika tidak ada, menggunakan H1. Jika semua elemen ini tidak ada, mesin pencari hanya akan mengambil judul pertama yang ditemukan secara acak dan menjadikannya judul. Ini bisa jadi sangat buruk bagi mesin pencari. Hal ini bisa memberikan dampak yang negative pada SEO.

  • Perbedaan Tag Judul dengan Heading H1

Baik tag judul dan heading H1, sama-sama mempengaruhi cara mesin pencari memahami konten yang ada di website. Dan keduanya cukup identik, sebenarnya. Lantas, apa yang membedakan?

Tag judul adalah elemen <title> HTML. Ini adalah bagian dari kode yang menjadi dasar dari website dan umumnya tidak terlihat oleh manusia. Hanya peramban yang bisa membacanya.

Di sisi lain, heading H1 dapat terlihat langsung oleh pengunjung. Tajuk digunakan untuk menyusun bagian dan memecah konten, sehingga mudah dibaca. Dan H1 berperan sebagai judul untuk memperkenalkan konten. Sebagian besar tema WordPress sudah mengambil judul postingan halaman dan memasukkan judul H1 serta mengatur title tag di belakangn layar.

Mesin pencari akan memprioritaskan tag <title>HTML daripada H1. Jika tidak ada title tag, maka akan digunakan H1 sebagai gantinya. Tidak banyak memang bedanya, tetapi cukup penting untuk diketahui.

Cara Menyembunyikan Judul di Postingan

Ada empat cara menyembunyikan judul blog yang bisa dicoba, yaitu :

1. Cara Menyembunyikan Judul Postingan Blog dengan Mengosongkan Judul

Sebenarnya, WordPress memberi izin publish postingan dan halaman tanpa sebuah judul. Jadi, inilah cara menyembunyikan judul blog yang paling mudah.

Untuk postingan baru  bisa mengosongkan bagian judul pada block Add Title. Sedangkan untuk postingan atau halaman yang sudah dipublish bisa mengedit dan menghapus judul postingan atau halaman tersebut, lalu klik Update.

Tenang saja, website tidak akan error. Sebab, menghapus judul blog yang sudah dipublish tidak mempengaruhi permalink yang digunakan.

Yang perlu diperhatikan, untuk postingan atau halaman baru, tambahkan permalink sendiri. Sebab, WordPress hanya akan membuat permalink otomatis berdasarkan judul.

Cara menghilangkan judul blog yang pertama ini memang sangat mudah, tapi sebenarnya tidak disarankan.

Alasannya, metode ini akan menyulitkan mengelola post dan halaman. Semua post atau halaman tanpa judul akan ditampilkan sebagai (no title). Jadi bingung saat akan mengedit halaman tertentu.

2. Cara Menghilangkan Judul Blog di Postingan Menggunakan Plugin

Menyembunyikan judul postingan blog juga bisa dilakukan dengan menggunakan plugin. Salah satu yang bisa dicoba adalah Title Remover. Berikut ini merupakan beberapa langkahnya, yaitu :

  • Masuk ke halaman admin WordPress dan akses menu Plugins » Add New.
  • Carilah plugin Title Remover, lalu install dan lakukan aktivasi plugin.
  • Fitur Hide Title terdapat di bagian kanan bawah halaman editing. Beri tanda ceklis pada menu Hide the title for this item untuk menyembunyikan judul blog.
  • Saat di publish judul blog post/page akan disembunyikan. Cara menghilangkan judul blog ini berlaku untuk post baru maupun ketika melakukan edit post.

Selain itu juga bisa melakukan preview terlebih dahulu sebelum mempublishnya.

3. Cara Menghilangkan Judul Melalui Page Builder (Elementor)

Jika menggunakan page builder seperti Elementor, menyembunyikan judul blog bisa lebih cepat dilakukan tanpa menginstall plugin tambahan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Edit halaman atau postingan menggunakan Elementor.
  • Klik icon settings yang terletak di bagian pojok kiri bawah halaman.
  • Di tab General Settings, pindahkan toggle Hide Title menjadi YES untuk menyembunyikan judul blog.
  • Klik Update untuk menyimpan pengaturan yang baru.

Silakan cek perubahan yang sudah dilakukan pada halaman atau postingan di website. Langkah menghilangkan blog ini juga bisa digunakan ketika membuat postingan baru.

4. Cara Menghilangkan Judul Menggunakan CSS

Jika dengan ketiga cara mudah di atas masih belum berhasil bisa mencoba cara yang cukup teknis dengan melakukan kustomisasi CSS. Berikut merupakan langkah-langkahnya :

  • Akses sebuah halaman atau postingan di website. Kemudian, klik kanan pada judul dan pilih Inspect.
  • Judul tersebut akan otomatis terpilih dan menampilkan class CSS untuk judul. Di contoh ini, nama class-nya adalah entry-title.

Nama CSS class pada setiap tema WordPress bisa saja berbeda, ada yang menggunakan nama post-title, page-title, dll.

  • Jika nama CSS class untuk judul sudah dipastikan, masuklah ke halaman dashboard admin WordPress dan pilih menu  Appearance » Customize. Lalu, pilih Additional CSS.
  • Di panel Additional CSS ini bisa pilih untuk menambahkan kode sebagai berikut :
    • Menghapus semua judul halaman dan post di WordPress.
.entry-title{
 display:none;
 }
    • Menghapus semua judul halaman di WordPress.
.page .entry-title{
 display:none;
 }
    • Menghapus semua judul postingan di WordPress.
.post .entry-title{
 display:none;
 }
    • Menghapus judul postingan secara spesifik.
.postid-1 .entry-title{
 display:none;
 }

Gantilah nomor postid nya sesuai dengan id postingan yang akan diubah. Bisa melihat id-nya di bagian bawah halaman ketika kursor diarahkan ke judul postingan.

    • Menghapus judul halaman secara spesifik.
.page-id-1 .entry-title{
 display:none;
 }
  • Jika kode CSS sudah ditambahkan, klik tombol Publish untuk menyimpan perubahan.

 

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago