HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi CMS Yang Digunakan Untuk Forum Diskusi

Di artikel kali ini,kita akan membahas mengenai CMS yang direkomendasikan untuk forum diskusi.

Jika ingin membuat sebuah forum,kalian harus tahu bahwa menjalankan sebuah forum membutuhkan banyak usaha.Ini adalah salah satu alasan mengapa orang-orang lebih senang menggunakan Facebook groups.Tetapi,dengan forum,kalian isa memiliki kontrol penuh atas konten,desain dan struktur websitenya sendiri.Sebuah forum bisa menjadi jawaban tepat jika ingin membangun sebuah komunitas

Apa Itu Forum Diskusi ?

Sebuah forum diskusi atau mungkin dikenal dengan istilah internet forum atau message board,bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan mengundang pembaca blog dari berbagai penjuru dunia.Apapun bisnis yang kalian tawarkan,baik itu produk,layanan atau konten yang benar-benar hebat,forum dapat menawarkan sejumlah besar keuntungan.Tidak hanya untuk kalian,,namun juga kepada pengguna situs web kalian.

Berikut akan kita berikan daftar rekomendasi CMS untuk Forum Diskusi :

Vanilla Forums

Merupakan CMS gratis yang bisa digunakan untuk membuat forum,CMS yang satu ini juga menggunakan PHP.

Vanilla Forums memiliki 2 paket :

  • Open source gratis dimana kalian bisa setup dan mengelola forum.
  • Merupakan sebuah forum dengan hosting cloud yang dikelola oleh tim.

Dua opsi itu bisa dipilih selama kalian menggunakan software forum ini.Pilihan pertama memberi kalian kebebasan untuk mengelola forum sesuai kemauan dan kebutuhan.Pilihan kedua membantu kalian agar tidak ribet dengan pekerjaan admin dan membiarkan para expert yang bekerja.Tentu kalian harus membayar untuk pilihan yang kedua.CMS yang satu ini memiliki komunitas developer siap dan membantu jika kalian menemukan masalah pada kode open source-nya. Selain itu,Google selalu siap untuk memberikan kalian solusi jika terkena masalah.Walau CMS ini gratis,bukan berarti memiliki kualitas buruk,kalian dapat menemukan banyak forum-forum besar menggunakan CMS Vanilla.

Vanilla menawarkan banyak pilihan kustomisasi.Kalian mendapat kontrol penuh atas desain keseluruhan forum,profil user dan permissions untuk user dan moderator.Sebenarnya fitur ini membuat Vanilla mirip dengan vBulletin,tetapi gratis.Vanilla juga memiliki fitur dimana kalian bisa mengkustomisasi lencana untuk user kalian.Selain itu,bisa membuat support Q&A dan membuat mobile forum untuk pengguna smartphone.Vanilla forum juga lebih mudah untuk dipelajari dibanding vBulletin.Ini menjadikan Vanilla sebagai salah satu pilihan yang tepat jika kalian ingin mencoba bermain dengan PHP.

vBulletin

Merupakan sebuah perangkat lunak untuk membuat forum yang sudah ada sejak lama.Kebanyakan forum yang sudah besar dan terkenal dibuat dengan menggunakan vBulletin.CMS forum satu ini pertama kali dirilis pada Tahun 1999 dan terkenal sebagai salah satu solusi web forum PHP.Saat ini,vBulletin sudah sampai pada vBulletin versi 5 dengan fitur kustomisasi beragam.Setiap forum vBulletin memiliki built-in SEO dan fitur-fitur keamanan lengkap.vBulletin juga menyediakan berbagai pilihan tema kustom bermacam-macam.Setiap forum yang dibangun dengan vBulletin sudah dioptimasi agar menjadi mobile friendly.

Jika menggunakan vBulletin,kalian memiliki kontrol penuh atas banyak hal termasuk user dan moderator permissions,jumlah sub-forums,metadata,avatar pengguna,emoji kustom dan masih banyak lagi.Yang perlu diperhatikan vBulletin bukanlah CMS forum yang mudah digunakan,bahkan WordPress bisa dibilang lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan jika dibandingkan dengan vBulletin.Tetapi,tidak perlu khawatir karena vBulletin dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis kalian.Memilih CMS untuk forum juga harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.Tetapi vBulletin dijamin termasuk salah satu CMS forum terbaik berdasarkan fitur-fitur yang mereka berikan dan pengalamannya.Jika tidak yakin ingin menggunakan vBulletin karena takut susah dipelajari atau dianggap terlalu mahal, masih ada alternative lain.

  Discourse

Discourse merupakan salah satu opsi non-PHP karena CMS ini dibangun di atas Ruby on Rails,yang mana CMS ini merupakan salah satu CMS open source yang dibuat oleh Jeff Atwood,orang yang membuat Stack Overflow.Banyak forum besar menggunakan Discourse karena bisa dianggap sebagai sebuah platform komunikasi dibanding CMS untuk komunitas besar.Contoh : komunitas developer Twitter menggunakan Discourse karena Discourse lebih mudah digunakan dibanding CMS forum lain.

Discourse juga menawarkan kustomisasi plugin integrase untuk Slack,Google Analytics dan WordPress. Discourse tidak bekerja seperti CMS forum pada umumnya.Discourse tidak memiliki alternative sub-forum. Homepage-nya akan menampilkan semua threads baru secara default.Ini akan membuat homepage kalian  terasa penuh.Bisa dibilang,Discourse tidak seorganisir CMS forum lain,tetapi jika kalian menginginkan sistem CMS yang mudah digunakan,Discourse bisa menjadi pilihan yang tepat.

Xenforo

XenForo dibuat berdasarkan vBulletin original sehingga ada banyak ide-ide seperti nested comments, breadcrumbs, dan balasan Ajax dinamis.Pada akhir tahun 2000-an, beberapa pendiri original vBulletin keluar dan membangun forum baru. Forum tersebut menjadi XenForo.Kalian mungkin pernah melihat forum-forum yang menggunakan XenForo karena penggunanya bisa dibilang banyak sejak CMS ini dirilis.

XenForo merupakan pilihan yang sangat solid.CMS ini didukung oleh komunitas siap membantu kapan saja. XenForo hadir dengan panel admin sangat bersih sehingga merupakan salah satu forum yang mudah dikelola.Namun Xenforo tidak memiliki banyak add-ons atau templates.

MyBB

Merupakan CMS untuk membuat forum yang sudah cukup lama ada,pertama kali dirilis pada Tahun 2002,CMS ini sudah berjalan secara konsisten.Di dalam admin panelnya,kalian mendapat kontrol penuh atas theme forum,fungsi-fungsinya,calendar,polling, profil,private message,chat, dan lainnya.

MyBB mendukung beberapa bahasa sehingga bisa menjadi pilihan tepat jika ingin membuat website international.Sayang platform myBB kurang mendapat support mobile.Di zaman sekarang ini,dimana banyak orang menggunakan smartphone untuk browsing Internet,ini bisa merugikan dibanding menguntungkan.Mungkin fitur-fitur MyBB terdengar terbatas,namun jika hanya membutuhkan platform komunitas yang simple dan gratis,myBB patut untuk dicoba.

bbPress

WordPress merupakan CMS website paling banyak digunakan.Banyak pengguna WordPress yang ingin membuat forum di CMS WordPress. Tetapi pasti sadar bahwa WordPress adalah sebuah platform blogging.Bagaimana cara menambahkan forum di website WordPress kalian?

Gunakan plugin bbPress

Menggunakan lisensi open source yang sama dengan WordPress sehingga bisa mendownload dan langsung menggunakannya tanpa membayar.Plugin ini dibuat khusus agar langsung digunakan secara bersamaan di dashboard WordPress kalian sehingga bisa langsung mengelola website dan forumnya di satu tempat yang sama.Meski bbPress sebuah plugin,kalian tidak perlu khawatir,karena bbPress bekerja seperti forum biasa dan user bisa sign up,membuat profile,membuat threads dan semua hal yang biasa dilakukan di forum.

Jika kalian ingin melihat seperti apa forum yang dibuat dengan bbPress,kalian bisa langung mengakses forum bbPress sendiri.Sama seperti WordPress,bbPress memiliki komunitas besar.Namun plugin-nya sendiri bisa dibilang sudah simple dan kalian secara langsung mendapatkan support.Jadi jika kalian ingin menggabungkan forum dengan website WordPress kalian menjadi satu, bbPress menjadi pilihan yang tepat.

IPS Forums

IPS Forums sebelumnya dikenal dengan nama Invision Power Board.CMS ini pertama kali dibuat di Tahun 2002,IPS Forums sering dianggap sebagai rival dari vBulletin.CMS yang digunakan untuk membuat forum ini,masih terus berjalan dengan fitur sama,namun CMS ini di re-write di Tahun 2012 untuk membuat paket Invision Power Service atau IPS,termasuk di dalamnya adalah modul blog kustom, sebuah modul konten, modul e-commerce, dan modul galeri gambar.Ini membuat IPS Forums sebagai CMS bisa dibilang lebih dari sekedar komunitas forum,tetapi fitur forumnya salah satu yang paling advanced dan itu menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang tetap menggunakan IPS.

Salah satu perbedaan IPS dan vBulletin : kalian hanya perlu membayar 1x dengan lisensi seumur hidup untuk menggunakan vBulletin dan mendapatkan semua update dan support.Namun Jika kalian menggunakan IPS forums dikenakan biaya perpanjangan setiap 6 bulan untuk terus mendapatkan dukungan dan update pada platform.Namun jika ingin membangun keseluruhan portal web maka IPS mungkin sepadan dengan harganya. Ini memiliki biaya dimuka yang lebih kecil dan jika berencana untuk mendapatkan banyak dari situs web IPS kalian,maka biaya tahunan dapat digulirkan ke biaya overhead.

phpBB

Merupakan salah satu platform CMS banyak digunakan.CMS forum yang satu ini juga open-source dan menawarkan user experience berkualitas tinggi walau gratis.Serta merupakan salah satu CMS forum  paling simple untuk digunakan dan bisa menjalakannya dengan mudah.Kalian hanya dengan perlu mendownload phBB dari website resmi milik mereka,menginstall phpBB di server PHP atau MySQL, dan mulai membuat board diskusi.

Sama dengan CMS open source pada umumnya,phpBB memiliki komunitas support besar,kalian juga tidak perlu khawatir,karena phpBB sudah dioptimasi untuk mobile.Selain itu,Jika kalian bisa menemukan extension atau theme yang ingin digunakan,kalian tinggal mendownload dan menjalankannya di forum  kalian. Platform forum yang satu ini juga mendukung 50+ Bahasa sehingga kalian bisa menggunakan Bahasa local jika dibutuhkan.

sekian artikel kali ini,semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

20 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

1 day ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago