HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Situs Belajar Javascript untuk Pemula, Tingkat Menengah, dan Tingkat Lanjut

Programming menjadi bidang yang diminati banyak orang, terutama kaum milenial. Saat ini, berbagai perusahaan dan pemilik bisnis semakin menyadari pentingnya memiliki website profesional dan aplikasi mereka sendiri. Oleh karena itu, kebutuhan akan programmer profesional pun semakin meningkat.

Saat ini, kita semua sangat diuntungkan dari hidup di dunia teknologi dimana kita dapat belajar dari banyak sumber, seperti tutorial gratis, situs kursus gratis, dan buku gratis yang tersebar di internet. Sumber-sumber tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun sehingga memudahkan proses pembelajaran.

Pernahkah kamu berpikir untuk belajar coding? Salah satu bahasa yang paling populer dan banyak penggemarnya adalah Javascript. Tertarik belajar Javascript? Jika kamu tertarik belajar Javascript, Hosteko punya beberapa rekomendasi situs belajar Javascript lengkap yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, langsung saja, simak sampai akhir ya!

Rekomendasi Situs Belajar Javascript Online

Untuk mempelajari Javascript, kamu dapat membuka dan menggunakan beberapa website dan kursus gratis. Hosteko akan merekomendasikan situs belajar Javascript lengkap yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan tingkatannya, mulai dari belajar Javascript untuk pengguna pemula, menengah, dan lanjutan.

Situs Belajar Javascript Pemula

1. Introduction to Javascript dari Codecademy

Codecademy adalah startup yang berfokus pada pengajaran pemrograman dengan gaya pembelajaran yang lebih baik dan interaktif. Codecademy adalah situs terbaik jika kamu ingin mempelajari JavaScript dari awal. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna yang mengikuti kursus ini lebih dari 2 juta orang.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Codecademy yaitu:

  • Memiliki konten yang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini dikarenakan, Codecademy membagi konten menjadi segmen-segmen pendek sehingga kamu dapat fokus pada materi yang ada.
  • Memiliki fitur interactive code editor dan console pada browser yang bisa digunakan untuk mempraktikkan langsung materi yang diberikan.
  • Memiliki gamification, di mana kamu akan memperoleh lencana setiap kali menyelesaikan suatu bagian kursus sehingga membuat kamu semakin tertantang.

2. Free Javascript Tutorial dari Udemy

Udemy adalah platform pembelajaran dengan beragam kategori, mulai dari desain, pemasaran, hingga kursus pemrograman. Salah satu keunggulannya adalah membantu pengajar untuk berbagi ilmu dan membuat materi yang dapat dipublikasikan secara online setelah lolos pemeriksaan kualitas.

Keunggulan lain dari Udemy, yaitu:

  • Memiliki banyak kode promo yang dapat digunakan untuk membeli kelas online.
  • Memungkinkan pengajar dan siswa untuk berinteraksi secara langsung meskipun secara online.
  • Kursus dapat diakses sepanjang waktu.
  • Memiliki interactive code sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

3. Javascript Guide dari Freecodecamp.org

Freecodecamp.org adalah situs komunitas yang mengagumkan karena dapat membantu kamu belajar coding, membuat proyek, dan bahkan mendapatkan pekerjaan sebagai developer secara gratis. Situs ini memiliki banyak koleksi materi, seperti Javascript, pemrograman front-end, algoritma, dan masih banyak lagi.

Keunggulan yang dimiliki situs ini adalah memiliki grup Facebook yang besar sehingga kamu bisa melakukan tanya jawab jika mempunyai masalah dan berbagi pengalaman belajar. Selain itu, freecodecamp.org juga memiliki akun YouTube dengan ratusan video kursus gratis tentang berbagai topik.

4. Programming Foundations with Javascript dari Coursera

Coursera adalah situs pembelajaran yang tidak hanya membahas JavaScript, tetapi juga banyak topik lainnya, seperti HTML, CSS, dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan pembelajaran gratis, kamu juga mendapatkan sertifikat gratis yang bisa dimanfaatkan.

Beberapa manfaat setelah menyelesaikan kursus dengan Coursera, yaitu kamu dapat membuat  web interaktif menggunakan perintah JavaScript, berpikir kritis saat memecahkan masalah pemrograman, dan bahkan mendapatkan sertifikat gratis.

5. Kursus Javascript Pluralsight

Pluralsight adalah website yang bisa dimanfaatkan untuk belajar tentang banyak teknologi, seperti pengembangan website, mobile, dan desktop. Website ini memiliki beberapa materi tentang berbagai bahasa pemrograman dan framework, seperti React Js, JavaScript, Java, dan Angular. Jika kamu ingin belajar JavaScript untuk pemula, kamu dapat mencoba website ini secara gratis selama 10 hari.

6. W3School

W3School menawarkan berbagai topik bahasan, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan masih banyak lagi. W3School memiliki ribuan contoh kode yang bisa langsung kamu jalankan dan lihat hasilnya. W3School juga populer di kalangan banyak orang karena memuat penjelasan yang mudah dipahami dan komprehensif.

7. JavaScript tutorials dari Mozilla Ceveloper Network

Berbeda dengan Codecademy dan Udemy yang memberikan materi secara interaktif, MDC berfokus pada dokumentasi yang membahas Javascript secara detail dan teori yang disajikan hanya diberikan dalam bentuk tertulis. Meskipun begitu, MDC adalah situs dokumentasi yang lengkap dan cocok bagi kamu yang ingin secara serius menguji sendiri apa yang telah kamu pelajari.

8. Khan Academy

Khan Academy adalah organisasi yang menawarkan kursus pembelajaran Javascript gratis untuk pemula. Tidak hanya untuk mempelajari JavaScript saja, tetapi juga mempelajari banyak materi, seperti matematika, seni, ekonomi, keuangan, dan masih banyak lagi.

Dengan tutorial belajar JavaScript secara lengkap akan membantu kamu mempelajari DOM dan juga membuat animasi dan efek yang bisa kamu terapkan pada halaman website agar terlihat lebih menarik.

Situs Belajar Javascript Tingkat Menengah

1. CoderByte

CoderByte adalah situs dengan tantangan yang cocok untuk orang-orang dengan pengetahuan JavaScript tingkat menengah. Situs ini menawarkan lebih dari 200 tantangan yang mencakup lebih dari 10 bahasa pemrograman.

Dengan adanya editor online memungkinkan kamu memasukkan solusi yang sesuai menurut pandangan kamu sendiri. Website ini juga menyediakan solusi resmi untuk meningkatkan akurasi.

Tantangan yang terdapat dalam CoderByte sangat ideal untuk persiapan wawancara kerja atau kursus pemrograman singkat yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemrograman kamu.

2. Bootcamp Prep Online

Fullstack Academy memiliki 40 konten yang membahas dasar-dasar JavaScript yang dilengkapi dengan berbagai tantangan tingkat kesulitan kelas menengah yang bisa kamu selesaikan. Selain itu, juga dilengkapi dengan tutorial dari instruktur yang bisa kamu manfaatkan. Jika kamu mencari tutorial Javascript lebih detail, maka kamu harus berkomitmen untuk mengikuti Fullstack Academy.

3. Eloquent Javascript dari Marjin Haverbeke

Eloquent Javascript bukanlah tutorial bergaya situs web, melainkan tutorial bergaya buku tentang JavaScript. Pembahasannya mencakup sintaksis Javascript, fungsionalitas, loop, dan array, dan yang tidak kalah penting adalah struktur data yang digunakan, seperti angka, boolean, dan string.

Pada bab berikutnya, kamu akan mempelajari Javascript tingkat menengah yang menjelaskan berbagai metode, seperti POST, GET, PUT, DELETE, yang digunakan untuk meminta data, mengubah data, mengirim dan menghapus data. Selain itu, terdapat juga pembahasan lebih lanjut mengenai Node.JS dan teknologi backend dan server lainnya.

Situs Belajar Javascript Tingkat Lanjut

1. Udemy

Tidak hanya membantu pemula untuk mempelajari Javascript. Ternyata Udemy juga menawarkan kursus online tingkat lanjut meskipun kamu harus mengeluarkan uang dan tidak gratis. Dengan materi belajar yang lengkap dan pembelajaran yang interaktif memudahkan kamu dalam belajar.

2. Egghead.io

Sebuah website pembelajaran dengan slogan “Life’s too short for any of those other resources on the internet—just watch these videos”. Website ini menyediakan berbagai jenis video pembelajaran Javascript tingkat lanjut untuk meningkatkan keterampilan yang kamu miliki. Kamu dapat mengakses beberapa video secara gratis atau berlangganan video yang lebih komprehensif.

3. Video dari Douglas Crockford

Saat menjadi karyawan di Yahoo, Douglas Crockford membuat seri pembelajaran Javascript lengkap tentang cara membuat website, menerapkan JavaScript, dan meningkatkan popularitas website.

Nah, itulah rekomendasi situs belajar Javascript online yang bisa kamu manfaatkan!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago