HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Software Akuntansi Gratis 2023

Memulai untuk membangun bisnis bisa menjadi tantangan. Diperlukan strategi, perencanaan, modal, dan alat yang tepat untuk memastikan bisnis berjalan dengan semestinya. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk bisnis rintisan adalah menggunakan software akuntansi gratis.

Proses pembukuan yang baik harus ada di hari pertama saat mendirikan bisnis. Biasanya, bisnis baru belum memiliki banyak karyawan yang menghandle proses pembukuan karena keterbatasan waktu atau modal.

Itulah sebabnya penting untuk memiliki software akuntansi gratis untuk memastikan memiliki sistem yang bisa mengelola proses akuntansi dan pembukuan lebih mudah dan praktis.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan saat menggunakan software akuntansi dalam pengelolaan pembukuan usaha :

1. Mengotomatisasi proses

Saat ini, otomatisasi adalah segalanya. Dan dengan software akuntansi, dapat mengotomatisasi banyak proses dan berhenti membuang-buang waktu untuk tugas-tugas manual.

Berikut adalah beberapa proses yang dapat diotomatisasi dengan software akuntansi gratis :

  • Faktur
  • Pembayaran kartu kredit
  • Pengingat pembayaran
  • Mengimpor data

2. Menghasilkan laporan keuangan yang lebih baik

Dalam hal mengelola pembukuan bisnis, memerlukan cara mudah untuk membuat dan menarik laporan keuangan. Di sinilah software akuntansi dapat berguna.

Software akuntansi membuatnya mudah untuk mengumpulkan laporan keuangan dan informasi untuk bisnis. Perlu melihat piutang? Ada laporan untuk itu. Ingin melihat saldo percobaan akun? Ada laporan untuk itu juga.

Menyusun informasi untuk spreadsheet dengan tangan dapat menghabiskan waktu berjam-jam dari hari. Dengan software akuntansi, mendapatkan laporan yang dibutuhkan dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik.

3. Merampingkan penghitungan pajak

Waktu penghitungan pajak bisa cukup membuat stres. Pekerjaan tambahan, seperti menyusun laporan data keuangan, dapat membuatnya semakin membebani. Untuk membantu merampingkan pengajuan pajak, gunakan perangkat lunak akuntansi.

Software akuntansi memungkinkan menyimpan tanda terima, faktur, dan laporan pendapatan dalam satu platform-menjadikannya penyelamat untuk musim pajak.

Alih-alih berebut mengumpulkan semuanya untuk pengajuan pajak, dapat dengan mudah mengaksesnya di satu tempat dengan perangkat lunak akuntansi.

4. Mengatur catatan

Mimpi buruk bagi sebagian pemilik bisnis adalah pembukuan yang tidak rapi. Untuk membantu menjaga pembukuan akuntansi tetap bagus dan rapi, gunakan software akuntansi, meskipun itu gratis.

Software akuntansi memudahkan untuk mengatur akun, tanda terima, faktur, dan catatan lainnya. Dengan begitu, tidak perlu berebut untuk menemukan informasi atau stres tentang catatan yang tidak akurat.

5. Membantu menghemat waktu dan uang

Sebagai pemilik bisnis, tidak ada yang lebih berharga daripada waktu dan uang. Inilah yang membantu menjaga pintu bisnis tetap terbuka. Dengan software akuntansi bisa mendapatkan kembali lebih banyak waktu dalam hari dan memangkas biaya.

Software akuntansi memungkinkan merampingkan proses akuntansi untuk menghemat waktu. Fitur-fitur seperti pengingat pembayaran faktur dan kemampuan menerima pembayaran kartu kredit dapat mengotomatiskan tugas-tugas dan mengembalikan lebih banyak waktu ke dalam hari.

Dan tergantung pada software akuntansi yang dipilih, dapat memotong biaya yang terkait dengan akuntansi dan membuang solusi perangkat lunak yang mahal.

6. Mengurangi kesalahan

Mari kita pikirkan: kesalahan akan selalu terjadi, terutama ketika berurusan dengan banyak angka dan beberapa aturan akuntansi yang membingungkan. Untungnya, software akuntansi dapat membantu bisnis mengurangi kesalahan .

Beberapa kesalahan akuntansi yang umum termasuk :

  • Membuat kesalahan transposisi (misalnya, menulis 52, bukan 25).
  • Membalikkan entri (misalnya, kredit bukannya debit).
  • Membuat kesalahan kelalaian.
  • Tidak merekonsiliasi pembukuan.

Dengan software akuntansi dapat menghindari kesalahan dalam pembukuan. Dan oleh karena itu, jagalah pembukuan tetap akurat dan teratur.

Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik

1. Software Akuntansi Gratis: Wave

Wave Accounting adalah salah satu opsi yang lebih teruji dan andal yang tercantum di sini. Ini adalah program yang mudah diakses dan intuitif yang tidak memerlukan banyak pelatihan untuk memahaminya.

Seluruh rangkaian fitur akuntansinya tersedia secara gratis termasuk pelacakan pendapatan dan pengeluaran tanpa batas, kemampuan untuk menjalankan banyak bisnis dari satu akun, dan koneksi bank dan kartu kredit tanpa batas.

Sebagian besar masalah saat menggunakan Wave cukup merepotkan. Salah satunya, Wave tidak mengizinkan pengguna untuk melacak hutang piutang. Wave juga tidak memiliki aplikasi seluler yang komprehensif untuk fitur-fitur akuntansinya.

Namun, program ini adalah salah satu aplikasi akuntansi gratis yang lebih kuat dan lebih kuat yang tersedia, dan cukup skalabel untuk mengakomodasi semua orang mulai dari kontraktor independen hingga pemilik tunggal hingga pemilik usaha kecil.

Fitur utama Wave accounting

  • Pengaturan dan antarmuka yang mudah diakses
  • Koneksi bank dan kartu kredit tanpa batas
  • Pelacakan pendapatan dan pengeluaran tanpa batas
  • Laporan akuntansi yang dapat diekspor

Kelemahan utama Wave Accounting

  • Tidak dapat melacak hutang dagang
  • Tidak ada aplikasi seluler yang komprehensif

2. Software Akuntansi Gratis: ZipBooks

ZipBooks adalah software keuangan berbasis web dengan serangkaian fitur akuntansi yang solid. Perusahaan ini menawarkan paket gratis yang disebut ZipBooks Starter, sebuah opsi yang mencakup fungsionalitas pembukuan dasar, bersama dengan pelaporan laba, rugi, dan neraca.

ZipBooks Starter juga mencakup faktur tertentu dan basis terkait penawaran ditambah kemampuan untuk menerima pembayaran melalui kartu kredit atau PayPal. Ini adalah solusi yang kuat dan mudah digunakan, tetapi paket gratisnya sangat gratis.

Fitur-fitur program yang bisa diakses dengan paket gratis dibatasi sampai-sampai mungkin akan mudah untuk dilampaui.

Hanya bisa menautkan satu rekening bank dan melihat laporan dasar dengan opsi starternya. Jika kebutuhan melampaui itu perlu meningkatkan ke salah satu paket premiumnya.

Dan meskipun paket-paket tingkat atas tersebut harganya cukup terjangkau, jelas bukan seperti yang dicari oleh seseorang yang menginginkan paket gratis. Sekali lagi, solusinya sendiri sudah cukup baik, tetapi jika menginginkan program gratis yang akan tetap gratis saat meningkatkan skala bisnis, harus mencari di tempat lain.

Fitur Utama ZipBooks

  • Faktur Tidak Terbatas
  • Kemampuan untuk mengelola vendor dan pelanggan tanpa batas
  • Menerima pembayaran digital melalui Square dan Paypal

Kekurangan Utama ZipBooks

  • Hanya memungkinkan untuk menghubungkan satu rekening bank
  • Hanya memungkinkan melihat laporan dasar

3. Software akuntansi gratis: GnuCash

GnuCash adalah solusi akuntansi open-source gratis yang dapat diunduh untuk Linux, Windows, dan Mac OS X. GnuCash menawarkan sumber daya akuntansi double-entry, register bergaya buku cek, transaksi terjadwal, dan pelaporan visual yang dapat disesuaikan.

Penyiapan awal GnuCash dan antarmuka yang tampak agak ketinggalan zaman mungkin membuat banyak pengguna potensial tidak tertarik.

Tetapi jika bersedia untuk bertahan dalam instalasi yang rumit dan tidak membutuhkan solusi akuntansi untuk menjadi sangat cantik akan mendapatkan aplikasi solid yang mencakup banyak basis secara gratis.

Meskipun demikian, aplikasi ini bukan solusi jangka panjang untuk bisnis yang mengantisipasi banyak pertumbuhan. Aplikasi ini lebih cocok untuk pemilik tunggal yang membutuhkan program untuk membantu mereka menjalani hari-hari mereka. Jika cocok dengan tagihan itu, periksa GnuCash.

Fitur Utama GnuCash

  • Fitur double-entry memastikan keseimbangan pembukuan
  • Alat manajemen anggaran dapat membantu merencanakan strategi keuangan
  • Bekerja pada berbagai sistem operasi
  • Dapat menangani tanggal dan mata uang internasional

Kelemahan Utama GnuCash

  • Instalasi kurang mudah daripada kebanyakan platform lain
  • Antarmuka tidak terlalu mudah diakses atau menarik secara visual
  • Tidak ada dukungan pelanggan

4. Software Akuntansi Gratis: CloudBooks

CloudBooks adalah solusi akuntansi dan faktur gratis yang dirancang untuk mengakomodasi bisnis kecil dan pekerja lepas.

Program ini memiliki basis pengguna lebih dari 2 juta pelanggan dan memiliki serangkaian kemampuan yang mencakup antara lain pembuatan faktur, pelacakan waktu, pelaporan, dan kebutuhan pembayaran.

Platform ini merupakan solusi manajemen faktur, di atas segalanya dan itu bisa menjadi keuntungan atau kekurangan tersendiri, tergantung pada apa yang dibutuhkan.

Meskipun CloudBooks memiliki fitur-fitur yang melampaui fungsionalitas itu, pembuatan faktur tampaknya menjadi nilai jual utamanya, artinya tidak sepenuhnya dilengkapi dengan fungsionalitas akuntansi seperti program lain yang tercantum di sini.

Jika mencari perangkat lunak pembuatan dan manajemen faktur yang luar biasa, sebaiknya memeriksa Cloudbooks. Jika memerlukan solusi khusus akuntansi yang lebih tangguh, mungkin ingin mencari di tempat lain.

Fitur Utama CloudBooks

  • Memungkinkan untuk pengguna tak terbatas
  • Fitur dukungan email
  • Menawarkan penyimpanan data cloud gratis
  • Paket yang ditingkatkan harganya cukup terjangkau

Kelemahan Utama CloudBooks

  • Hanya memungkinkan menagih satu klien
  • Batasan jumlah faktur hanya lima
  • Tidak memiliki dukungan telepon atau obrolan

5. Software akuntansi gratis: Sunrise

Sunrise adalah salah satu aplikasi pembukuan terkemuka yang tersedia untuk bisnis kecil. Pengguna dapat memanfaatkan program ini untuk dengan mudah mencari dan mengkategorikan pengeluaran bisnis, mengirim faktur yang disesuaikan, dan menerima pembayaran berulang.

Aplikasi ini menawarkan paket self service gratis yang menyediakan bisnis dengan serangkaian fitur yang layak dan fleksibilitas yang cukup besar dalam hal pembukuan, memungkinkan faktur dan transaksi yang tidak terbatas.

Sunrise membedakan dirinya dari solusi pembukuan lainnya dengan layanan pembukuannya yang berdedikasi, tetapi layanan tersebut memiliki harga premium yang lumayan.

Seperti yang disebutkan, paket gratisnya adalah layanan mandiri yang berfungsi untuk bisnis kecil tetapi mungkin tidak berkelanjutan saat bisnis berkembang.

Pada akhirnya, Sunrise adalah software akuntansi yang mudah dan efektif dengan paket gratis yang bisa memenuhi kebutuhan beberapa bisnis kecil. Jika memerlukan solusi pembukuan yang relatif jangka pendek dengan biaya peningkatan yang masuk akal, paket gratis Sunrise layak untuk dicoba.

Fitur Utama Sunrise

  • Memungkinkan mengelola pendapatan dan pengeluaran
  • Memungkinkan mengirim faktur tak terbatas
  • Memungkinkan menghasilkan laporan keuntungan dan kerugian

Kelemahan Utama Sunrise

  • Rangkaian fiturnya cukup terbatas, relatif terhadap paket berbayarnya
  • Tidak memiliki integrasi pembayaran
  • Tidak ada wawasan atau peringatan arus kas
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

18 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

22 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago