HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Software Payroll Gratis

IBM Systems Journal mengungkapkan bahwa menggunakan software gratis dan sistem berbayar kira-kira setara dalam hal keamanan dan keandalan. Ini berarti jika memilih software payroll gratis daripada yang berbayar tidak harus mengorbankan kualitas, terutama jika adalah pemilik bisnis baru.

Penggajian, salah satu proses inti dari setiap bisnis, sangat mahal. Oleh karena itu, software payroll gratis bisa menjadi solusi bagi seseorang ketika baru memulai bisnis. Pada saat genting ini perlu mengandalkan opsi yang lebih terjangkau sehingga dapat fokus untuk mendapatkan keuntungan untuk membantu bisnis tumbuh.

Mengapa Menggunakan Sistem Payroll yang Modern itu Penting?

Menurut penelitian Hackett Group 2020, organisasi dengan proses payroll modern memiliki biaya per slip gaji 50% lebih rendah daripada organisasi yang masih menggunakan sistem penggajian manual.

Studi 2020 lainnya, kali ini dari Deloitte, menggarisbawahi penerimaan yang semakin meningkat di antara industri untuk mengembangkan strategi penggajian global di tengah gempuran pandemi COVID-19 dan pergeseran yang semakin cepat menuju transformasi digital global.

Untuk tujuan ini, 88% responden industri mengatakan bahwa mereka memiliki strategi penggajian global atau memiliki rencana untuk mengembangkan strategi. Hal ini sangat kontras dengan angka 44% dalam studi serupa tahun 2018.

Tema-tema dari kedua studi tersebut menyoroti tantangan yang dihadapi departemen penggajian saat ini. Namun, dalam banyak kasus, mengatasi proses yang tidak efisien yang masih ada hanya melibatkan penyelesaian keterbatasan teknologi yang menyebabkan inefisiensi skala luas ini.

Bisnis-bisnis yang menemukan hubungan ini sudah memanfaatkan platform robotika dan otomatisasi modern, AI, otomatisasi dan wawasan kognitif, keterlibatan kognitif, dan solusi keterlibatan.

Saat memilih software payroll, akan lebih baik jika berinvestasi dengan memilih solusi yang berbasis cloud. Ini adalah ketika memperhitungkan fakta bahwa bisnis dengan software akuntansi berbasis cloud memiliki pelanggan lima kali lebih banyak daripada sistem konvensional.

Rekomendasi Software Payroll Gratis

1. Software payroll gratis: Gajihub

Gajihub adalah software payroll, HRIS, dan absensi yang terintegrasi dalam satu platfotm buatan Indonesia dan sudah dipercaya oleh banyak pemilik bisnis.

Gajihub dirancang untuk memenuhi kebutuhan HR semua jenis dan skala bisnis di Indonesia. Mereka menyediakan fitur gratis selamanya untuk bisnis skala UMKM dan juga paket berbayar berdasarkan jumlah karyawan.

Tidak hanya akan mendapatkan solusi pengelolaan payroll yang lebih mudah untuk bisnis, namun juga akan mendapatkan solusi absensi mobile untuk karyawan, terintegrasi dengan proses akuntansi modern, penghitungan pajak penghasilan otomatis, dan masih banyak lagi.

Fitur utama Gajihub

Berikut ini merupakan beberapa fitur utama dari Gajihub :

  • Sistem payroll terintegrasi

Gajihub memiliki sistem pengelolaan payroll terintegrasi dengan berbagai modul dalam software seperti pencatatan kehadiran, manajemen cuti, data karyawan, dan masih banyak lagi.

  • Memiiki aplikasi ESS yang bisa diunduh melalui smartphone

Gajihub memiliki aplikasi ESS atau employement self service sebagai tools untuk pencatatan kehadiran secara mobile, pengajuan cuti, penerimaan slip gaji secara real time. Dengan adanya fitur ini, karyawan akan lebih mudah dalam mengelola keperluan absensi dan hal lain yang berkaitan dengan proses HR sehingga meningkatkan produktivitas dan loyalitas mereka.

  • Terintegrasi dengan sistem akuntansi

Tidak banyak software payroll dan absensi yang memiliki fitur terintegrasi dengan sistem akuntansi. Namun dengan menggunakan Gajihub akan mendapatkan solusi akuntansi modern dari software akuntansi terbaik, Kledo.

  • Analisis data yang mudah

Setiap data karyawan, HRIS, dan data payroll bisa diakses dan analisa dengan lebih mudah melalui dashboard Gajihub yang dinamis, intiuitif, dan mudah dimengerti oleh para pemula sekalipun.

  • Sesuai aturan di Indonesia

Karena buatan Indonesia, Gajihub sangat cocok bagi yang memiliki bisnis yang beroperasi di Indonesia. Hal ini karena Gajihub telah dikembangkan sesuai aturan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia, termasuk dalam penghitungan tunjangan karyawan dan pajak penghasilan.

2. Software payroll gratis: SumoPayroll

SumoPayroll adalah solusi manajemen penggajian dan SDM berbasis cloud. Solusi ini dimaksudkan untuk merampingkan dan menyederhanakan penghitungan penggajian dengan sesedikit mungkin klik, dengan dukungan untuk manajemen kehadiran dan informasi karyawan, evaluasi kinerja, dan tugas-tugas akuntansi lainnya yang terkait dengan SDM.

Software ini mendukung model penggajian standar berdasarkan tarif yang berlaku dan kebijakan internal, tetapi juga dapat membuat model penggajian kustom sendiri dengan mempertimbangkan persyaratan khusus perusahaan.

Selain itu, karyawan dapat mengakses ESS untuk mengajukan permintaan administratif, di mana manajer dapat melihat, menyetujui, dan memodifikasinya sesuai kebutuhan-semuanya secara online, tanpa meluncurkan aplikasi lain.

SumoPayroll adalah solusi penggajian yang ramah untuk startup. Bisa menikmati paket yang sepenuhnya gratis untuk perusahaan dengan hingga 10 karyawan. Paket ini memiliki semua fitur perangkat lunak dan tidak memiliki batasan atau kedaluwarsa.

Fitur utama SumoPayroll

Berikut ini merupakan beberapa fitur utama dari SumoPayroll :

  • Informasi karyawan terpusat

SumoPayroll mengkonsolidasikan semua informasi karyawan dalam satu platform, di mana manajer dan karyawan sendiri dapat mengakses data mereka. Kehadiran, jam kerja yang dapat ditagih, dan laporan kinerja disertakan, antara lain, agar mudah dilihat.

  • Perhitungan penggajian khusus

SumoPayroll mendukung model penggajian standar yang sesuai dengan undang-undang perpajakan dan kebijakan internal yang ada. Namun dapat membuat model penggajian yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan spesifik perusahaan.

  • Adanya Ess

File kertas adalah solusi kune. Setiap karyawan dapat mengakses ESSi untuk meminta cuti, laporan pajak, perubahan alamat, dan fungsi administratif lainnya.

3. Software payroll gratis: Capshare

Capshare, meskipun bukan software payroll dalam arti kata konvensional, yang memungkinkan para tim HR untuk mengelola dan menganalisis pendapatan dari ekuitas dan saham. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan baru karena mereka dapat mempekerjakan karyawan menggunakan kompensasi ekuitas.

Capshare memberikan karyawan dan manajer tersebut cara untuk mengkonsolidasikan semua data mengenai ekuitas mereka dan melihatnya dalam satu platform sederhana.

Diklasifikasikan dengan benar sebagai software cap table management, Capshare memungkinkan pengguna untuk melihat data yang mereka butuhkan tentang kesehatan saham mereka.

Manajer bisa menetapkan izin dan tingkatan akses spesifik kepada karyawan. Capshare juga memungkinkan perusahaan menerbitkan saham, mempercepat perhitungan, membiarkan pemegang saham berinteraksi satu sama lain, dan mematuhi setiap dan semua peraturan ekuitas.

Capshare memiliki paket yang sepenuhnya gratis. Ini sangat menarik bagi para pemula, karena perangkat lunak ini menawarkan fitur-fitur dasar gratis hingga 20 pemegang saham.

Fitur utama Capshare

Berikut ini merupakan beberapa fitur utama dari Capshare :

  • Manajemen pemegang saham yang mudah

Berikan nilai kepada pemegang saham dengan mengelola cap table, ekuitas, pajak dan dokumen peraturan, sertifikat, dan pengacara-semuanya otomatis dan tanpa serangkaian spreadsheet yang berbelit-belit.

  • Tumbuh bersama

Capshare dibangun untuk menyesuaikan dan beradaptasi dengan kebutuhan, apakah sebuah startup atau konglomerat multinasional. Dapat meningkatkan ke paket Capshare yang lebih premium untuk fitur tambahan.

  • Penyimpanan catatan yang disederhanakan

Capshare dapat menarik catatan dan dokumen untuk setiap saham yang dimiliki karyawan dengan membuat portal untuk masing-masing karyawan. Jika seorang investor meminta tabel saham terbaru, bisa membuatkan tabel saham terbaru untuk mereka-dengan jenis akses yang tepat.

4. Software payroll gratis: Microkeeper

Microkeeper adalah software payroll dengan kemampuan pelacakan waktu terintegrasi yang dapat memenuhi persyaratan industri apa pun. Software ini dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan pasar Australia, meskipun juga dibangun untuk mengakomodasi kebijakan negara dan wilayah lain.

Sebagai solusi penggajian all-in-one yang menggabungkan kemampuan akuntansi dengan perangkat lunak pelacakan waktu, karyawan dapat masuk dan keluar dengan mudah dan membiarkan perangkat lunak menghitung jam dan pekerjaan mereka yang dapat ditagih.

Sementara itu, administrator dapat melihat kinerja tenaga kerja mereka dan menyetujui cuti dan permintaan lainnya. Microkeeper menyederhanakan lembar waktu dan prosedur penggajian dengan secara otomatis menghasilkan laporan pembayaran berdasarkan jam kerja yang diberikan, waktu istirahat, tunjangan, waktu berlebih, ketidakhadiran, dan cuti.

Microkeeper memiliki paket gratis untuk satu pengguna. Ini berisi sebagian besar fitur paket Standar dan fitur penggunaan tak terbatas.

Fitur utama Microkeeper

Berikut ini merupakan beberapa fitur utama dari Microkeeper :

  • Solusi terintegrasi

Microkeeper mengintegrasikan penggajian dengan timesheet, menyatukan seluruh pengalaman SDM, sehingga tidak perlu memigrasi data ke dan dari perangkat lunak yang terpisah atau menggunakan perangkat lunak SDM yang terpisah.

  • Informasi yang terkonsolidasi

Keuntungan dari perangkat lunak yang dihosting cloud adalah bahwa setiap pengguna, baik karyawan atau pemberi kerja, dapat melacak informasi terkait penggajian di mana pun mereka membutuhkannya. Dapat memantau absen, absensi, dan mengkonfirmasi kehadiran-semuanya dalam satu platform.

  • Mematuhi hukum dan peraturan Australia

Jika industri berbasis di Australia, beruntung dengan Microkeeper karena mendukung kebijakan pajak Australia. Jika tidak, Microkeeper juga dapat disesuaikan untuk mematuhi peraturan di wilayah lain atau kebijakan internal perusahaan.

5. Software payroll gratis: NolaPro

NolaPro adalah platform penggajian yang sangat dapat disesuaikan yang dapat menyederhanakan prosedur pembayaran langsung di cloud.

NolaPro didesain sedemikian rupa sehingga dapat tumbuh seiring dengan kebutuhan perusahaan yang menggunakannya. Selain aman, NolaPro juga transparan bagi semua penggunanya, baik seorang karyawan atau manajer.

Keuntungan utama NolaPro adalah hampir segala sesuatu tentangnya bisa dipersonalisasi. Dengan lebih dari seratus add-on, ditambah banyak sekali integrasi, bisa menjalankan perangkat lunak ini sesuai dengan cara menjalankan bisnis.

Jika memerlukan lebih banyak fungsi atau kontrol yang hanya masuk akal untuk bisnis dan yang tidak didukung oleh perangkat lunak, dapat meminta vendor untuk menyesuaikan salinan.

NolaPro memiliki paket starter gratis yang disebut Desktop, yang gratis untuk satu pengguna. Paket ini berisi semua fitur penggajian yang dibutuhkan bisnis pemula, bahkan dukungan untuk berbagai bahasa.

Fitur utama NolaPro

Berikut ini merupakan beberapa fitur utama dari NolaPro :

  • Solusi yang dapat disesuaikan

NolaPro dapat dikustomisasi hingga ke detail-detailnya. NolaPro mendukung lebih dari seratus add-on dan integrasi dan bahkan dapat dimodifikasi untuk mendukung fungsi-fungsi untuk kebutuhan spesifik perusahaan.

  • Open source

Dapat meningkatkan skala solusi penggajian ke tingkat kustomisasi yang lebih tinggi dengan mengutak-atik kode sumbernya.

  • Aman di cloud

NolaPro melindungi data keuangan dan akun dengan berbagai metode keamanan. Selain itu, NolaPro mencadangkan data dengan banyak redundansi, memastikan mendapatkan data yang aman dan terkini kapan pun membutuhkannya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago