HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Tools Social Media Monitoring Terbaik 2021

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Tools Social Media Monitoring,diawal kita akan bahas dahulu mengenai apa itu Social Media Monitoring.

Pengertian Social Media Monitoring

Merupakan suatu metode analisis untuk mengumpulkan informasi dari pengguna.Aktivitas yang dilakukan untuk mencegah muncul hal-hal negatif mengenai opini pengguna terhadap suatu brand.Contohnya,sebuah brand biasanya mengumpulkan berbagai macam respon atau opini dengan menarik data dari sosial media.kemudian data tersebut diolah menjadi informasi yang lebih akurat untuk menjalankan campaign,menentukan tindakan atau melakukan branding yang lebih tepat sasaran.

Social media monitoring dapat menghasilkan beberapa analisa,masing-masing terdiri dari :

  • Brand Sentiment

Analisa dilakukan dengan memberikan laporan secara komprehensif (menyeluruh) mengenai gambaran suatu produk di mata konsumen,di mana gambaran tersebut dapat menjadi positif atau negatif,jangkauan untuk analisa brand sentiment mencakup social media yang dikelola oleh merek dan media internet lainnya akan termonitor baik dengan Social Media Monitoring.

  • Share of Voice

Saat ini jumlah pengguna memanglah sangat banyak,social media monitoring mampu untuk melihat seberapa besar merek atau produk kalian diiperbincangkan.Share of voice sangat penting bagi kepentingan industri,terlihat sebagai analisa pengguna  terhadap produk apakah tinggi atau sebaliknya dan sebagai bentuk pencegahan jika bahan pembicaraan di social media bersentimen negatif.Lalu,dalam share of voice memiliki kemampuan untuk menghitung Key Performance Indicator (KPI). Fitur itu berfungsi untuk melihat jumlah pembicaraan ketika kalian melakukan kampanye di internet.

  • Competitor Analysis

Social Media Monitoring mampu menganalisa pesaing yang bergerak di bidang sama dengan yang kalian lakukan.Hal yang bisa dilihat dari competitor analysis yakni,mulai dari melihat persepsi konsumen mengenai produk pesaing,bintang iklan, hingga melihat event offline dan iklan televisi.Selain itu,juga bisa melihat campaign iklan yang mereka buat apakah memiliki respon baik atau buruk secara real time.Dalam hal ini competitor bisa dijadikan senjata untuk melakukan marketing intelligence terhadap kompetitor bisnis kalian.

  • Consumer Response and Insight

Social media monitoring mampu digunakan untuk memahami konsumen terhadap produk kalian.Seperti melihat mereka suka atau tidak dengan produk yang dipasarkan dan bahkan social media monitoring mampu melihat respon terhadap iklan televisi secara real time,karena tidak jarang,banyak warganet sering membicarakan mengenai sebuah iklan televisi bahkan respon yang diungkapkan bersifat jujur dan apa adanya.Respon tersebut biasanya mengenai konsep iklan bahkan hingga bintang iklan tersebut menjadi bahan pembicaraan apakah tepat atau tidak bintang iklan tersebut terhadap produk yang diiklankan. Sehingga hal ini penting dilakukan analisa untuk mendorong efektivitas iklan terhadap produk yang akan diiklankan.

Berikut ini merupakan daftar rekomendasi tools social media monitoring 2021 :

Brandwatch Consumer Research

Brandwatch merupakan aplikasi layanan mandiri atau perangkat lunak sebagai layanan yang mengarsipkan data media sosial untuk memberikan informasi kepada perusahaan dan sarana untuk melacak segmen tertentu guna menganalisis kehadiran online merek kalian.Alat ini mencakup blog,situs berita,forum,video,ulasan,gambar dan jejaring sosial,termasuk Twitter, Facebook,Instagram dan Reddit.Pengguna dapat mencari data dengan menggunakan Pencarian teks dan gambar dan menggunakan charting,kategorisasi,analisis sentimen dan fitur lain untuk memberikan informasi dan analisis lebih lanjut. Brandwatch memiliki akses ke lebih dari 80 juta sumber.Dengan kemampuan mengolah data dari kurang lebih 90 juta situs ini,maka Brandwatch Consumer Research tentu sangat powerful untuk melakukan brand monitoring secara digital.

Talkwalker

Merupakan solusi platform mendengarkan sosial yang komprehensif dengan penekanan pada analitik media sosial.Talkwalker melayani kebutuhan pasar usaha kecil hingga menengah (UKM) serta pelanggan perusahaan yang lebih besar.Talkwalker menempatkan analitik konten online,media sosial,cetak,TV dan radio sesuai keinginan manajer.Talkwalker juga memantau liputan global media secara real-time dalam 187 bahasa.Itu telah membangun pengikut sebagai alat untuk digunakan ketika ingin melacak reputasi merek dalam berbagai cara.Talkwalker mengklaim mampu melakukan monitoring brand hingga lebih dari 10 sumber.Kecanggihan tersebut tentu didukung dengan adanya teknologi image recognition yang membantu platform untuk mengidentifikasi postingan gambar yang berhubungan dengan brand meskipun tidak di mention.Dengan berbagai fitur tersebut,tidak heran jika Talkwalker menjadi salah satu tools media monitoring populer yang banyak digunakan.

Hootsuite

Merupakan platform manajemen media sosial yang dibuat oleh Ryan Holmes di tahun 2008.Antarmuka pengguna sistem berbentuk dasbor dan mendukung integrasi jaringan sosial untuk Twitter Facebook,Instagram,Linkedln dan Youtube.Hootsuite memiliki hampir 1.000 anggota staf di 13 lokasi, termasuk Toronto,Bukares dan Mexico City.Perusahaan ini memiliki lebih dari 16 juta pengguna di lebih dari 175 negara.Hootsuite tentu sudah tidak asing lagi di kalangan blogger maupun praktisi digital marketing. Platform ini mampu menawarkan fitur-fitur handal sangat bermanfaat untuk proses optimasi campaign maupun monitoring brand di media sosial.Kalian bisa mendapatkan Hootsuite secara gratis meskipun fiturnya terbatas. Caranya cukup dengan menyiapkan akun email aktif untuk melakukan pendaftaran. Jika sudah berhasil mendaftar,kalian langsung bisa menautkan akun untuk memantau berbagai aktivitas di media sosial,seperti Facebook,Twitter,LinkedIn,WordPress,dan lainnya.

Brand24

Merupakan platform social media monitoring terjangkau untuk digunakan oleh agency maupun bisnis pribadi.Dengan menggunakan tools ini,kalian akan mendapatkan kemudahan dalam menanggapi setiap orang yang menyebut brand kalian di sosial media.Tidak hanya itu,Brand24 juga menawarkan service monitoring di blog,forum dan berbagai website publik lain. Sehingga kalian lebih leluasa dalam memantau brand awareness serta reputasi di dunia maya.Brand24 bisa didapatkan dengan sistem langganan mulai dari USD 49 perbulan.Fitur salah satunya Brand24,yakni,pemantauan media jauh lebih mudah diterapkan dan dapat memberikan wawasan yang bisa ditindaklanjuti ke dalam strategi bisnis.Berkat pemantauan media online,maka akan melindungi reputasi merek kalian,mengukur dan meningkatkan kesadaran merek,mengukur hasil kampanye pemasaran dan meningkatkan layanan pelanggan,hanyalah beberapa di antaranya.

Brand24 juga merupakan platform analisa media sosial kuat,alat ini melacak kata kunci di berbagai platform media sosial, termasuk Facebook,Instagram,Twitter,TikTok,YouTube dan Twitch,berdasarkan penyebutan tersebut,Brand24 menghitung jangkauan media sosial,pangsa suara dan memantau kinerja tagar.

Awario

Memberikan fitur yang cukup bermanfaat untuk para praktisi SEO.Pasalnya,pengguna bisa mendapatkan data profesional seputar brand mention di website yang tidak memiliki link,sehingga bisa kalian maksimalkan sebagai content amplification. Bahkan,Awario juga memiliki fitur untuk mengetahui ketika konten kalian diplagiasi oleh brand lain.Namun,yang tidak kalah penting dari Awario adalah kemampuannya dalam proses monitoring brand sendiri, brand kompetitor atau bahkan topik yang dirasa relevan dengan perusahaan.

Sprout Social

Merupakan manajemen tools yang digunakan untuk bisnis dan menawarkan fitur single stream inbox yaitu fitur yang akan memastikan kalian tidak akan ketinggalan pesan di sosial media.Seperti halnya fitur untuk penjadwalan posting di Facebook, Twitter dan Linkedin, Sprout Social pun menawarkan fitur tersebut.Platform ini juga memiliki alat pemantau dan analisa yang dapat membantu mendapatkan gambaran metrik yang penting.Sprout Social sangat recommended untuk melakukan monitoring media sosial karena fiturnya yang mudah digunakan.Platform ini juga memiliki dukungan analitik internal sehingga bisa dijadikan sebagai data untuk mendongkrak engagement.Jika kalian sedang mencari tools social media monitoring untuk bisnis atau brand,Sprout Social sangat cocok untuk mengakomodir berbagai kebutuhan mulai dari level UMKM hingga enterprise.

Google Alerts

Merupakan layanan pemberitahuan surel (email) yang akan mengirim pemberitahuan tentang halaman web dan berita terbaru sesuai pilihan mereka.Pemberitahuan tersebut dikirim lewat surel atau umpan web (web feed). Saat ini ada 6 tipe layanan Alerts yaitu:News,Web,Blog,Comprehensive,Video dan Group.Google Alerts menjadi platform yang sangat direkomendasikan untuk melakukan monitoring brand di search engine.Dengan dukungan infrastruktur serta fitur handal,kalian akan mendapatkan service berupa notifikasi ketika brand kalian dibicarakan oleh website tertentu.Selain bisa digunakan untuk memantau perkembangan brand,Google Alerts juga bisa dipakai untuk monitoring brand kompetitor serta berbagai topik lain yang masih relevan dengan perusahaan.

HubSpot

HubSpot sebagai tools yang menyediakan akses ke berbagai jaringan sosial network,HubSpot bisa menjadi salah satu platform terbaik untuk mengelola digital marketing dan brand monitoring.Kalian bisa menggunakan HubSpot untuk mengatur email masuk dari pelanggan,lead hingga mengintegrasikan berbagai campaign dalam satu wadah agar semakin selaras di semua channel media sosial.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

37 mins ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago