HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Website Pendidikan Untuk Belajar Di Rumah

Seiring dengan kemajuan teknologi dan internet,para pelajar memiliki opsi tambahan jika ingin mendapatkan materi pelajaran tambahan. Selain melalui tatap muka (offline). Pelajar kini bisa melakukan bimbel,les private dan belajar secara online melalui smartphone dan laptopnya.Apalagi pada musim pandemi covid-19 ini,kebanyakan pembelajaran dilakukan secara online.

Pelajar dapat membuka situs web pendidikan di laptop atau mengunduh aplikasi pendidikan melalui smartphonenya.Pengguna bisa mendaftar untuk mengikuti kursus dan bimbel secara online.Nantinya pengguna bisa melakukan pembayaran melalui beberapa cara baik melalui transfer bank maupun yang lainnya.

Situs Website yang menyediakan kegiatan bimbel online dan pendidikan sendiri kini sudah banyak. Dimana pada situs pendidikan tersebut pengguna bisa mendapatkan materi baik berupa artikel maupun video tatap muka dengan pengajar profesional secara online. Sebelum kami menjelaskan daftar website pendidikan terbaik, pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu website pendidikan.

Pengertian Website Pendidikan

Website Pendidikan merupakan situs web online yang menjadi media informasi dan bisa digunakan oleh pihak terkait yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti siswa, guru, mahasiswa, dosen dan termasuk lembaga terkait seperti sekolah, universitas,lembaga bimbingan belajar, hingga pemerintah (kemendikbud).

Pada setiap website pendidikan sudah tersedia beberapa fitur yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti Materi Pembelajaran,Daftar Siswa,News,Daftar Pengajar,Profil Penyelenggara Pendidikan (Sekolah,Lembaga Bimbel,Universitas), Video Pembalajaran, Bimbingan Online dan lainnya.

Berikut ini Situs Web Pendidikan Terbaik Untuk Belajar di Rumah Secara Online

Zenius.neT

Situs Zenius Education menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang di sajikan baik secara online melalui situs zenius.net maupun secara offline melalui media kepingan CD dan DVD.Zenius.net yakni situs yang di kembangkan dan dimiliki oleh perusahaan pendidikan berbasis teknologi asal Indonesia bernama Pt. Zenius Education.

Fitur dan Paket Layanan Situs Zenius.net :

  • Zenius Ultima : Fitur membantu dalam mempersiapkan diri menghadapi UTBK secara intensif di bimbel online zenius. Baik berupa Tryout UTBK, Video Pembahasan,Live Class UTBK dan lainnya.
  • Zenius Optima : Fitur ini membuat pengguna terbantu dalam mempersiapkan Ujian Sekolah (PTS & PAS) bersama tutor terbaik berupa live class dan video pembahasan soal UTBK.
  • Zenius Aktiva Sekolah : Fitur ini membuat pengguna belajar dengan super seru di manapun dan kapanpun. Seperti mengerjakan latihan soal dari bank soal sepuasnya, bebas nonton +90.000 video konsep kelas 1-12,mendapatkan jawaban yang sulit di zenbot,try out ujian sekolah, flashcard bab dan lainnya.
  • Zenius Aktiva UTBK. Fitur ini bisa di gunakan pengguna untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK dengan fitur yang hampir sama dengan Zenius Aktiva Sekolah. Namun bedanya soal dan materi yang di berikan khusus Soal UTBK sehingga pengguna bisa menjawab dengan baik saat melaksanakan UTBK nantinya.

Situs Zenius Education telah digunakan oleh ratusan ribu alumni yang tersebar di berbagai pergurua tinggi negeri terbaik di Indonesia seperti UI,ITB dan UGM,sehingga layanan dari situs ini tentu layak untuk referensi sebagai situs pendidikan terbaik di Indonesia.

Ruangguru.com

Ruangguru merupakan situs pendidikan yang membuat pengguna menggunakannya untuk mendapatkan bimbingan belajar online.Mulai dari latihan soal,les privat,video belajar,tryout dan lainnya.Semuanya dapat di akses melalui handphone.Ruangguru.com merupakan situs yang di miliki oleh perusahaan bernama PT.Ruang Raya Indonesia yang didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Isman Usman pada 1 April 2014.

Fitur dan Layanan Ruang Guru :

  • Ruang Belajar : Fitur untuk bisa belajar di mana saja dan kapan saja dengan ratusan ribu latihan soal,puluhan ribu video beranimasi  dan rangkuman berinfografis yang disiapkan dan diajarkan oleh Master Teacher Terbaik.
  • Sosial Learning : Fitur yang berinteraksi dan berdiskusi dengan pengguna lainnya mengenai pelajaran di sekolah melalui aplikasi.
  • Ruangles : Fitur ini membuat pengguna dapat meningkatkan kemampuan dengan belajar privat bersama guru terbaik di bidangnya pilihan Ruangguru.Adapun harga paket yang di tawarkan bermacam-macam.
  • Brain Academy : Fitur ini pengguna bisa mendapatkan variasi bimbel antara bimbel online dan bimbel tatap muka langsung (offline).
  • Smart Recommendation : Fitur ini pengguna di deteksi secara otomatis oleh aplikasi mengenai kelemahannya dan aplikasi akan merekomendasikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Ruanglesonline : Fitur yang membantu berkonsultasi dengan tutor terbaik via live chat pada aplikasi, yang membantu membahas dan menjawab semua pertanyaan dalam hitungan menit.
  • Ruangbelajar Dekstop : Fitur yang membuat pengguna dapat mengakses fitur di situs ruang guru melalui perangkat komputernya.
  • Ruangkelas : Layanan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar antara guru dan murid secara daring (online)
  • Ruanguji : Fitur ini digunakan untuk tes sejauh mana kemampuan pengguna sebelum mengikuti ujian.Seperti melakukan tryout online gratis dan langsung melihat hasilnya.
  • Roboguru : Fitur ini merupakan sistem kecerdasan buatan yang di miliki oleh Ruangguru yang membantu pengguna menjawab soal-soal sulit seperti Soal Ujian Nasional dan SBMPTN.

Dengan ratusan ribu materi pelajaran dan di dukung lebih dari 300 ribu tenaga pengajar profesional di ruang guru tentunya situs ini layak menjadi situs pendidikan dan bimbingan belajar terbaik di Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih 22 juta pengguna.

Quipper.com

Quipper merupakan perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran daring (online). Perusahaan ini didirikan oleh fumihiro yamaguchi di London pada tahun 2010.Pada awalnya layanan utama perusahaan ini yakni Learning Managemen System (LMS),lalu layanan terus berkembang dengan menyediakan fasilitas bimbingan belajar, tutor online hingga info masuk perguruan tinggi.

Fitur & Produk Layanan Quipper  :

  • Materi Reguler : Fitur membuat pengguna bisa mengakses materi pelajaran SMA sesuai dengan kurikulum nasional 2006,2013, & 2013 revisi,Seperti materi pelajaran Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Biologi,Fisika,Matematika,Kimia, Ekonomi,Geografi,Sejarah,Sosiologi dan lainnya.
  • Catatan Belajar Terlengkap : Fitur ini bisa mengulas materi dengan cepat dan ringkas,sehingga mampu menguasai materi secara efisien.
  • Fitur Pencarian : Fitur ini mencari materi yang di butuhkan dengan cara mengetikannya di kolom pencarian dan hasilnya bisa berupa materi artikel maupun video.Dimana materi dalam bentuk video bisa di unduh dan nantinya ditonton secara offline.
  • SUPER Teacher : Fitur yang membuat kalian di bimbing oleh SUPER Teacher lulusan Universitas Terbaik di Indonesia dan memiliki pengalaman mengajar di sekolah dan lembaga bimbel ternama.
  • Masterclass : Fitur ini untuk berdiskusi secara langsung dengan tutor Quipper seperti bertanya mengenai materi yang belum di pahami maupun PR dan tugas sekolah.Selain itu ada Coach yang siap membantu pengguna apabila mengalami permasalahan belajar hingga  menentukan rencana masuk universitas.
  • Siap Hadapi Ujian : Fitur yang digunakan bagi pengguna yang sedang mempersiapkan diri untuk UTBK.Dimana Quipper telah menyediakan materi intensip UTBK & tahun-tahun sebelumnya.Selain itu pengguna bisa mengikuti tryout online yang di sediakan Quipper untuk menguji kemampuan pengguna.

Perusahaan Quipper telah memiliki kantor cabang di empat negara yaitu Jepang,Indonesia,Filipina dan Meksiko. Dengan di lengkapi dengan lebih 60 ribu soal, 400 ribu Guru dan 6 juta siswa terdaftar tentunya Quipper layak di sebut sebagai website pendidikan terbaik.

Kelaskita.com

Kelaskita merupakan platform edukasi kreatif berbasis digital yang menghadirkan metode pembelajaran yang unik,fleksibel, praktis dan menyenangkan.Dengan variasi konten pendidikan formal dan non formal yang di sajikan lewat perspektif kreatif. Merupakan situs layanan edukasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama oleh PT. Kelaskita Edukasi Indonesia.

Fitur dan Layanan Kelaskita. com :

  • Akalkita : Fitur yang dapat mempelajari materi tentang keahlian yang mencakup berbagai bidang ilmu seperti teknik informasi,animasi,personal branding,konsep kreatif hingga publik speaking.
  • Sehatkita : Fitur yang dapat membuat pengguna mendapatkan informasi dan materi mengenai kesehatan fisik dan mental. Seperti kelas psikologi,olahraga,lingkungan,parenting dan lainnya.
  • Karyakita : Fitur ini maka pengguna bisa belajar untuk berkarya dengan berbagai macam topik seperti menggambar,film, story telling,arsitektur,budaya,sejarah dan lainnya.
  • Hobikita : Fitur yang bisa belajar mengenai ketertarikan hobi seperti bermain game.aktifitas outdoor,berkebun,bermain musik,makeup,otomotif dan lainnya.
  • Usahakita : Fitur yang membuat pengguna bisa mempelajari tips dan trik dalam membuka usaha,meliputi berbagai kelas bisnis dan keuangan.
  • Ceritakita : Fitur yang dapat membaca berbagai artikel edukatif dan cerita inspiratif dari berbagai tokoh pilihan.

Kelaskita memiliki topic belajar variatif, menarik dengan video kelas berkualitas tinggi yang bisa di akses pengguna kapanpun dan dimanapun. Dengan dukungan tenaga pengajar profesional dan harga paket yang terjangkau tentunya sangat memanjakan pengguna.

Dan salah satu kelebihan dari layanan kelaskita. com merupakan pengguna akan mendapatkan e-certificate bila telah menyelesaikan paket yang di gunakan sehingga mampu menambah kelengkapan CV saat akan melamar kerja.

Inibudi.org

.Inibudi. org merupakan inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi pendidikan berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu,situs ini juga melibatkan partisipasi masyarakat Indonesia dalam program #GuruBerbudi,#TemanBelajar dan #DukungBelajar.Situs Inibudi .org di dirikan pada tahun 2013 oleh najeela shihab yang merupakan kakak dari pembawa berita terkenal bernama najwa shihab

Pada website inibudi. org,pengguna dapat melakukan beberapa hal.Seperti menonton video materi pelajaran secara gratis, menjadi narasumber,menjadi relawan sahabat IniBudi dan berkontribusi untuk kegiatan pendidikan.

Rumah Belajar Kemendikbud.go.id

Website pendidikan bernama rumah belajar kemendikbud merupakan portal pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Yang mana konten pembelajaran yang disediakan di situs ini berbasis gambar,audio,animasi dan video yang di sajikan secara interaktif.

Fitur Rumah Belajar Kemendikbud.go id  :

  • Sumber Belajar : Fitur ini membuat pengguna mendapatkan materi pelajaran berdasarkan kurikulum nasional.Materi pelajaran di sajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar,video,animasi,simulasi, permainan dan evaluasi.
  • Kelas Maya : Fitur ini merupakan sebuah LMS (Learning Management System) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual (online) antara guru dengan murid.
  • Bank Soal : Fitur yang menyediakan kumpulan soal dan materi evaluasi syang di kelompokan berdasarkan topik ajaran dengan berbagai akses soal latihan,ulangan dan ujian.
  • Laboratorium Maya : Fitur ini membuat pengguna dapat melakukan simulasi praktikum laboratorium yang di sajikan secara interaktif dan menarik. Yang didukung dengan lembar kerja siswa dan teori praktikum
  • Website pendidikan rumah kemendikbud tentu dapat menjadi referensi terbaik bagi para siswa untuk belajar di rumah karena materi yang di ajarkan di rilis oleh pemerintah dan sesuai dengan kurikulum nasional. Melalui wesite ini juga guru dan para siswa bisa berinteraksi mengenai materi pelajaran.Dimana di situs ini sudah lebih 273 ribu guru yang terdaftar dengan lebih dari 666 ribu siswa yang menggunakan layanan ini.

Wikipedia.org

Pasti sudah banyak pengguna yang mengetahui tentang Website ini.Wikipedia merupakan proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka yang di jalankan oleh Wikimedia Foundation,sebuah organisasi nirlaba berbasis di Amerika Serikat.

Mengakses situs wikipedia,pengguna dapat mencari artikel apapun termasuk mata pelajaran di sekolah yang sedang di dalami,dengan cara mengetikan kata kunci pada kolom menu search di situs wikipedia.Situs Wikipedia sering juga menjadi rujukan para akademisi dan sering tampil di halaman pertama google saat para akademisi mengetikan kata kunci di mesin pencari google.

SlideShare.net

Merupakan situs web  yang memiliki layanan hosting untuk konten akademisi dan profesional.Seperti dokumen, presentasi, infografis dan video.Situs ini di dirikan oleh Rashmi Sinha pada 4 Oktober 2006.

Menggunakan situs slideshare. net,maka pengguna dapat membaca materi pelajaran di sekolah dengan cara mengetikan kata kunci di kolom search slideshare. net.Adapun format dokumen yang di dukung situs ini yakni format PowerPoint (ppt),Word,PDF dan OpenDocument.

Selain membaca dokumen yang di cari dalam bentuk slide,pengguna juga dapat ikut berkontribusi di situs SlideShare dengan cara mengunggah dokumen yang sudah di buat ke dalam situs sehingga dokumen milik kalian bisa di baca oleh orang lain.

Itulah penjelasan dari kami mengenai website pendidikan beserta contoh website pendidikan terbaik yang dapat digunakan pengguna untuk belajar di rumah secara online.Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

4 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago