HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Rekomendasi WordPress Theme Detector

Pengertian WordPress Theme Detector

WordPress theme detector adalah tool yang dapat memberikan informasi tentang tema yang digunakan di situs WordPress. Biasanya informasi detail akan memuat nama tema, pengarang, versi dan deskripsi tema.

Beberapa detektor tema juga dapat memberikan tautan ke tema yang terdeteksi. Oleh sebab itu, apabila tertarik memilih tema untuk penggunaan sendiri cukup mengakses link, unduh, lalu langsung menginstall tema. Tool ini akan bermanfaat bagi semua user WordPress, terutama bagi para pemula. Ini mungkin membantu untuk memahami tema apa yang dianggap baik.

Karenanya dapat menggunakan tool-tool ini sebagai inspirasi untuk memberikan tampilan baru yang menarik pada situs (atau sekadar memberikan informasi seputar tema).

Cara Mendeteksi Tema WordPress Secara Manual

Sebenarnya dapat mendeteksi tema WordPress tanpa menggunakan detektor tema. Berikut langkah-langkah untuk mencapainya :

  • Kunjungi website WordPress.
  • Klik kanan di mana saja di halaman web itu, lalu pilih View page source. Atau dapat menekan CTRL+U untuk membuka sumber halaman.
  • Tekan CTRL+F dan ketik “wp-content / themes“. Kemudian akan melihat nama tema tepat di sebelahnya.

  • Selain itu juga dapat mengklik link dan kemudian akan menunjukkan detail tema.

Menggunakan metode manual mungkin cepat. Namun terkadang tidak dapat memberikan informasi mendetail yang dibutuhkan karena setiap situs WordPress memiliki opsi keamanan yang unik. Oleh karena itu, Jika mencari lebih banyak informasi, menggunakan detektor tema akan memberikan hasil yang lebih baik.

WordPress Theme Detector Terbaik

Ada beberapa tool WordPress theme detector yang dapat digunakan. Berikut telah mengumpulkan beberapa WordPress theme detector terbaik di luar sana dan semuanya gratis.

Berikut adalah daftar WordPress theme detector yang populer berdasarkan popularitas, yaitu :

1. WordPress Theme Detector

WP Theme Detector adalah tool hebat yang dapat memberikan beragam informasi mengenai tema. Yang harus dilakukan hanyalah memasukkan URL situs web dan tool tersebut akan menampilkan semua data yang tersedia.

Dapat menemukan deskripsi tema, plugin, penulis, bahkan bahkan popularitas tema tersebut. Selain itu juga dapat memeriksa apakah tema tersebut dapat di download.

Selain itu, WordPress Theme Detector adalah tool yang hebat dengan fitur-fitur canggih, serta dilengkapi dengan antarmuka yang tampak bagus. WordPress Theme Detector juga memberi beberapa informasi tambahan yang dapat digunakan untuk menemukan referensi yang lebih luas dengan top rank search-nya mengenai tema dan plugin.

2. ScanWP

Tools gratis dan terkenal adalah ScanWP. Selain memberi informasi dasar tentang tema, itu juga akan memberi tahu penyedia hosting apa yang digunakan situs tersebut. Bergantung pada temanya, ScanWP juga dapat menunjukkan harga tema.

Selain itu tool ini juga menyediakan beberapa daftar tentang tema, plugin dan pembuat halaman yang paling banyak di pindai.

3. What Theme (CodeinWP)

Tidak seperti wp detector sebelumnya, tool ini hanya berfokus pada penyediaan informasi tentang tema. Jadi tidak akan menemukan informasi tambahan tentang situs web tersebut.

WordPress theme detector ini akan lebih menarik bagi orang-orang yang membutuhkan fakta langsung tentang tema yang ditunjuk, karena ini adalah tool sederhana dengan fungsi yang jelas.

4. What WordPress Theme Is That

Detektor tema ini dapat mendeteksi parent maupun child theme. Selanjutnya, ini memberikan informasi rinci tentang tema tersebut. Jika situs web terdeteksi dengan baik, itu akan memberi tautan ke tema dan beranda penulis.

Informasi yang diberikan cukup lengkap, karena juga mencantumkan semua plugin yang digunakan oleh situs web

Terlebih lagi, tool ini juga akan memberi beberapa rekomendasi dari penyedia tema dan halaman plugin WordPress teratas.

5. WPSniffer

Di antara semua WordPress theme detector yang tercantum di sini, tool ini adalah satu-satunya yang bukan aplikasi web. Pada dasarnya, WPSniffer adalah ekstensi chrome yang dibuat oleh PenguinWP. Karena tools ini hanya sebuah ekstensi, ini hanya mendeteksi judul dan beranda tema.

Meskipun informasi yang diberikan terbatas, namun memiliki keuntungan dalam hal kenyamanan, karena tidak perlu mengetik URL untuk mengetahui temanya. Cukup buka situs WordPress, klik ikon ekstensi dan akan mendapatkan apa yang diinginkan.

6. IsItWP

Sesuai dengan namanya, tool ini umumnya digunakan untuk memeriksa apakah sebuah situs web menggunakan WordPress atau tidak. Untungnya, tool ini juga memberikan informasi berharga lainnya sebagai WordPress theme detector.

Tools ini dapat memberikan deskripsi dan ketersediaan tema. Tools ini juga menunjukkan plugin apa yang digunakan pada situs web tersebut.

Detektor Tema Terbaik

Setiap WordPress theme detector tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada kali ini akan melakukan pengujian untuk semua tool yang terdaftar untuk mendeteksi tema dari beberapa situs WordPress populer. Situs yang terdaftar sebagian besar menggunakan tema khusus, sedangkan Techcrunch menggunakan tema yang banyak dimodifikasi. Berikut adalah hasilnya :

Faktor PembedaTheme DetectorScanWPCodeinWPWhat WP Theme is ThatWPSnifferIsItWP
Techcrunch.comYaYaTidakTidakYaTidak
Usainbolt.comYaYaYaYaYaYa
Etsy BlogYaYaYaTidakYaYa

Dari perbandingan ini bisa di lihat bahwa WordPress Theme Detector, ScanWP dan WPSniffer dapat mendeteksi tema khusus. Adapun What Theme dan IsItWP – tool-tool ini dapat mendeteksi tema khusus biasa tetapi tidak pandai menemukan tema yang sangat dimodifikasi.

Terakhir, satu-satunya tool yang tidak dapat mendeteksi dua situs adalah What WordPress Theme is That. Pengujian menunjukkan bahwa tool ini hanya berfungsi dengan baik untuk menemukan tema WordPress yang populer.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

5 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

7 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago