HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Jenis Font Yang Sering Digunakan Para Profesional Dalam Desain Grafis

Seorang desainer grafis selalu membutuhkan font guna merampungkan pekerjaannya,baik itu pembuatan pamflet atau brosur, kartu undangan,hingga logo dan header dokumen perusahaan.

Bagi yang belum tahu apa itu font ? Font merupakan desain suatu huruf dan angka.Kini,dengan mudah menemukan beragam tipe font diinternet.Ada ratusan tipe font yang dapat diunduh dan digunakan dalam desain.Setiap,font memiliki fungsinya sendiri,seperti font times new roman yang memberikan kesan formal dalam karya tulis atau comic sans yang membawa makna ceria dalam buku cerita anak.

Berikut ini kita mengetahui ulasan lengkap tentang font dalam dunia desain :

7 Jenis Font Keren Yang Sering Desainer Grafis Gunakan

Untuk mencari referensi jenis font keren atau jenis font yang nyaman digunakan untuk mempercantik desain.Berikut ini,kita telah menyiapkan rekomendasi font yang dapat digunakan untuk mempercantik desain :

  • Typewriter

Font ini menghasilkan tampilan huruf yang mirip seperti mesin ketik zaman dahulu.Font ini cocok digunakan jikakalian mengusung tema desain nostalgia.

  • Serif

Font yang sering digunakan dalam desain penting sebab memberikan kesan yang serius dan profesional.Jadi,gunakanlah font serif untuk kebutuhan desain penting kalian seperti membuat desain merek,dokumen cetak perusahaan dan logo perusahaan.

  • Trajan

Font ini sering muncul dalam desain poster film hollywood.Trajan sering digunakan untuk mendesain bagian headline text dan logo.Trajan sendiri merupakan font turunan dari old serif.

  • Frutiger

Font ini biasanya digunakan untuk desain yang berfungsi sebagai media publikasi kepada publik.Contohnya desain infografis, signboard,marketing tools bisnis.

  • Bickham Script Pro

Font ini ini biasanya digunakan untuk kebutuhan surat atau pamflet undangan resmi dan formal serta teks dekoratif.

  • Moonface Script

Font ini cocok untuk mendesain baju kaos olahraga.Sebab,moonface script memiliki desain yang khas mencirikan bidang olahraga serta stadium.

  • Merno Script

Font ini berbentuk tulisan tangan yang elegan,sehingga cocok untuk dipakai mempercantik desain logo dan heading suatu pamflet atau undangan.

Langkah-Langkah Mencari Jenis Font Di Gambar

Pasti kalian pernah melihat font menarik yang digunakan dalam sebuah gambar.Kalian ingin menggunakan font yang sama untuk desain namun tidak tahu nama font tersebut.

Kalian tidak perlu kebingungan lagi.Sebab kini,sudah ada cara mencari jenis font dari suatu gambar dengan alat bantu tertentu.Apa sajakah alat tersebut? Berikut penjelasannya :

Font Squirrel

Situs ini mirip dengan what the font.Untuk melacak jenis suatu font dari sebuah desain,cukup mengunggah foto font tersebut kepada situs font squirrel.Setelah foto berhasil terunggah.Klik tulisan “matchrate it”.Tunggu sejenak,lalu situs akan mengeluarkan sejumlah hasil pencarian terkait font yang mirip dengan yang difoto.

Kalian dapat mendownload font yang menurut kalian persis seperti dalam gambar yang diunggah.Kini kalian memiliki font baru untuk digunakan dalam desain.

Web Myfonts. com

Menggunakan website myfonts.com yang menyediakan fitur khusus pendeteksi font yang digunakan oleh sebuah gambar yang bernama what the font.Dengan fitur what the font,kalian dapat dengan bebas melacak jenis font yang digunakan oleh suatu desain.

Cara mendeteksi font what the font juga mudah.Cukup mengunggah foto font yang ingin dilacak,kemudian ketikkan huruf atau angka yang terdapat dalam gambar ke mesin pencari.Lalu tinggal tunggu mesin memberikan hasil pencarian tipe font yang digunakan dalam gambar.

Identifont

Menggunakan identifont,kalian akan melacak tipe font menggunakan serangkaian pertanyaan.Mesin akan memberikan serangkaian pertanyaan terkait font yang ingin dicari.Dengan menjawab pertanyaan itu,diharapkan kalian akan menemukan nama font yang menjadi pertanyaan.Pertanyaan seperti apa yang akan ditanyai ? Biasanya pengguna akan ditanyai kemiripan bentuk font yang diketahui dengan font sugesti atau nama pihak pembuat font.Jadi,jelas diperlukan sedikit pengetahuan terkait font yang ingin dilacak jika kalian ingin menggunakan identifont.

Photoshop

Aplikasi khusus pengeditan foto ini memang memiliki segudang manfaat.Salah satunya yakni mendeteksi font yang digunakan dalam suatu gambar.Cara mendeteksi font diphotoshop sangat mudah.Pertama,kalian harus membuka aplikasi photoshop pada perangkat komputer atau PC.Selanjutnya,buka file foto desain yang hendak dilacak fontnya.Lalu,gunakan fitur “type” dan pilih “match font”.Photoshop kemudian memberikan sugesti nama font yang digunakan dalam desain tersebut.Agar pencarian menjadi mudah dan akurat,kalian dapat menggunakan fitur Crop untuk memangkas area diluar font target.

FontFaceNinja

Sistem kerja FontFaceNinja cukup berbeda dibandingkan web atau aplikasi yang lainnya.FontFaceNinja bekerja dengan melacak setiap jenis font yang digunakan oleh website yang kalian telusuri.Alhasil,referensi font kalian akan semakin kaya. Namun sayang,situs ini tidak dapat digunakan untuk melacak font yang dipakai oleh suatu desain atau gambar seperti alat pendeteksi lainnya.Apabila kalian tetap ingin menggunakan FontFaceNinja untuk menambah referensi font,caranya juga mudah.Cukup mengunduh dan pasang plugin FrontFaceNinja untuk dipasang pada browser pencari.

Cara Memperindah Jenis Font Pada Android

Mengubah dan memodifikasi font merupakan salah satu kelebihan dari pengguna android.Daripada bosan dengan jenis font untuk android yang itu-itu saja,Berikut ini aplikasi untuk memperindah jenis font di android :

HiFont

HiFont mirip seperti iFont.HiFont menyediakan ratusan font gratis siap pakai untuk memperindah tampilan font pada ponsel kalian.Tidak hanya sebatas font,HiFont juga menyediakan beragam emoticon gratis dan lucu untuk mewarnai fitur chatting.Segera upgrade font dan emoticon pada android kalian dengan HiFont.Kalian dapat mendownload aplikasi HiFont di google playstore.

iFont

Aplikasi iFont merupakan pengganti jenis font untuk android.iFont banyak digunakan oleh masyarakat sebab menyediakan ratusan font lucu dan keren yang cocok untuk mempercantik tampilan smartphone kalian.Selain itu,dapat mengatur ukuran font sesuka hati.Aplikasi iFont juga dapat diunduh secara gratis.Kalian dapat mengunduhnya di Google playstore

Stylish Fonts

Aplikasi dengan motif untuk memberikan tampilan bergaya ke Teks dengan Font,Gaya Teks & Simbol. Aplikasi ini memberikan kemungkinan tak terbatas untuk menghasilkan gaya teks dan Nama Panggilan yang berbeda.Aplikasi Stylish Fonts diklaim bisa mengganti font android kalian dengan cepat dan mudah.Terdapat banyak font stylish dalam aplikasi ini yang juga dapat dicoba diterapkan pada smartphone.

Namun,aplikasi Stylish Font memiliki koleksi tipe font yang terbatas yakni sebanyak 50 font saja.Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan font koleksi milik aplikasi lainnya.Jika kalian penasaran,kalian dapat mengunduhnya di Google playstore.

FancyKey Keyboard

Aplikasi rekomendasi terakhir untuk font android yakni FancyKey keyboard.Aplikasi yang menghadirkan lebih dari 70 tipe font yang bisa diterapkan pada smartphone kalian.Aplikasi ini juga bisa mengganti ukuran dan warna font sesuai keinginan hati.Selain itu,aplikasi FancyKey keyboard turut menyediakan beragam stiker,emoji dan GIF gratis yang dapat digunakan untuk chatting.Untuk dapat menggunakan aplikasi ini kalian dapat mengunduhnya di Google playstore.

Nah,itulah artikel pembahasan tentang font yang dapat digunakan untuk mempercantik desain buatan kalian.Semoga rekomendasi font serta tips cara mencari jenis font diatas,dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago