Font mungkin tidak bisa lepas dari seni tipografi itu sendiri, karena selain memakai font yang menarik atau unik, font tersebut juga harus semenarik mungkin. Oleh karena itu memerlukan seni dari sebuah penggunaan tipografi. Jadi mengenal seni tipografi secara singkat sebelum melihat website penyedia jasa download font lebih lanjut.

Tipografi adalah seni dan teknik mengatur jenis untuk membuat bahasa tertulis dapat dibaca, dibaca, dan menarik ketika ditampilkan. Susunan dan jenis ini melibatkan pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang garis, spasi-baris (depan), dan spasi-huruf (pelacakan), dan menyesuaikan ruang antara pasangan huruf. Istilah tipografi juga diterapkan pada gaya, pengaturan, dan tampilan huruf, angka, dan simbol yang dibuat oleh proses.

Desain jenis adalah seni yang terkait erat, kadang dianggap bagian dari tipografi meski sebagian besar pembuat tipografi tidak mendesain tipografi, dan beberapa desainer tipografi tidak menganggap dirinya seorang tipografi typographer pula. Tipografi digunakan sebagai perangkat dekoratif, yang tidak terkait dengan komunikasi informasi.

Menggunakan font yang unik dapat memberikan kesan yang lebih baik untuk tulisan kamu. Apalagi untuk membuat poster ataupun sebuah kartu ucapan. Jika mengandalkan font default yang ada di dalam aplikasi dari Microsoft atau Adobe, maka font yang bisa digunakan sangat terbatas.

Berikut rekomendasi situs download font gratis terlengkap berikut ini :

1. 1001FreeFonts

Walau namanya 1001 Free Fonts, tapi website ini memiliki koleksi sekitar 29.000 jenis font yang bisa didownload gratis. Semua font ini dibagi menjadi beberapa kategori untuk memudahkan pencarian.

Selain itu, kamu bisa menemukan jenis font yang diinginkan berdasarkan dengan tipe seperti poster, headline, hingga 3D sekalipun.

2. Fontstruct

Fontstruct adalah website penyedia font maker, yang digunakan gratis untuk membuat font dengan mudah. Desainer pengguna Fontstruct kemudian membagikan font hasil desain mereka di website Fontstruct.

Fontstruct adalah tempat berkumpulnya pembuat dan pengguna font. Pengguna bisa belajar mendesain font, berbagi info soal font, dan tentu saja berbagi font hasil kreasi sendiri.

3.Font Space

 

Font Space dapat  digunakan sebagai poster sekolah atau acara anak muda. Di situs ini dapat menemukan sejumlah font modern dengan gaya yang sangat menarik dan kekinian.

Website ini memiliki lebih dari 50 ribu jenis font dan lebih dari dua ribu desainer yang selalu aktif memberikan jenis font baru.

4. Urban Fonts

Urban Font menyediakan jenis font yang modern dengan beragam kategori. Website ini juga menyediakan lebih dari 8 ribu font yang dapat di download secara gratis. Fitur preview di UrbanFonts dilengkapi dengan background berwarna, sehingga pengguna bisa melihat desain font lebih jelas sebelum didownload

Tidak sampai di situ, Urban Fonts juga menyediakan font berkualitas dalam segmen Premium Fonts. Sayangnya, font jenis ini harus beli jika ingin menggunakannya.

5. Dafont

 

Dafont merupakan salah satu website terbaik penyedia font gratis karena punya banyak koleksi font, dan interface laman website sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan jenis font yang diinginkan. Dafont yang juga menyediakan beragam font dengan ciri khas masing-masing. Berbeda dengan website lainnya, dafont memiliki total lebih dari 42 ribu font. Fitur preview juga mudah digunakan, dan proses download cepat.

6. Font Squirrel

Website ini juga menyediakan ribuan font unik untuk di download yang dibagi menjadi beberapa kategori. Font Squirrel ini sangat cocok untuk kamu yang mencari font untuk tulisan yang simpel, serta ada informasi lengkap perangkat apa saja yang cocok dengan font tersebut.

7. Fawnt

 

 

Fawnt menyediakan koleksi lebih dari 9.300 font gratis dengan kualitas bervariasi, dari yang sangat bagus sampai yang tidak cukup bagus.

Font bisa dicari berdasarkan kategori jenis, popularitas, atau yang terbaru. Setiap font juga bisa di-preview, dan tersedia fitur custom text di laman preview untuk membantu memilih font.

8. Font Meme

Dinamakan Font Meme, bukan berarti website ini menyediakan jenis tulisan untuk sebuah gambar lucu alias meme.

Font Meme menyediakan berbagai jenis font unik dengan beragam kategori mulai dari kartun hingga 3D. Saat memilih sebuah jenis font, website ini memberikan sejumlah pilihan bentuk seperti bold, italic, light, dan lainnya.

9. Abstract Fonts

Abstract fonts memiliki lebih dari 13.800 jenis font yang di-upload dan di-share oleh desainer dari seluruh dunia. Font di Abstract fonts umumnya digunakan untuk penggunaan pribadi maupun komersil. Klik font yang diinginkan untuk melihat preview, detail, dan character map font. Semua proses preview, detail, hingga download bisa dilihat di satu laman.

Tidak wajib register jadi member di Abstract fonts untuk bisa download font. Tapi ada keuntungan yang bisa didapat kalau jadi member, yaitu bisa download 100 font sekaligus dalam satu zip file. Untuk jadi member Abbstract Fonts tidak berbayar.

10. FontZone

FontZone punya lebih dari 50.000 koleksi font gratis, yang dibagi menjadi puluhan kategori. Seperti kategori 3D, architecture, shadow, standar, handwriting, sampai kategori logo.

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari font: berdasarkan kategori abjad, kategori jenis, popularitas, atau dengan cara memasukkan keyword tertentu di kotak search.

Cara Install Font di PC

1. Download sebuah font di sebuah website kumpulan font

2. bukalah folder tempat menyimpan file font yang sudah di download

3. Jika file yang di download dalam bentuk ZIP atau RAR, Extract terlebih dahulu file font agar mudah dalam menginstall.

4. Buka folder yang sudah di extract tadi, kemudian cari file font biasanya dengan format extention *.ttf. Install font dengan cara double klik pada file *.ttf kemudian klik Install. Maka secara otomatis, font akan terinstall di komputer

 

0 Shares