HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa Itu TeamViewer ? Serta Mengetahui Fungsinya

Bagi sebagian orang keberadaan software ini tidak terlalu asing karena memang sudah cukup banyak digunakan hingga saat ini.Meski sudah banyak bermunculan software-software baru dengan fungsi yang tidak jauh berbeda namun keberadaan Teamviewer masih belum tergantikan.

Pengertian TeamViewer

Merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk penggunaan pribadi atau penggunaan non-komersial.Dengan TeamViewer kalian dapat mengakses PC dari jarak jauh melalui jaringan seperti Internet.

TeamViewer juga dimungkinkan untuk mengakses komputer kalian dari komputer lain.Sangat mudah untuk memasukkan kata sandi TeamViewer di komputer kita dan menghubungkannya ke komputer lain yang sedang kita gunakan.

Dengan kata lain, jika seseorang yang menggunakan TeamViewer dan memiliki akses internet memiliki mitra dari komputer lain yang menggunakan TeamViewer yang sama dan juga memiliki akses internet,orang pertama dapat menjalankan komputer dari orang kedua atau sesering Remote control.

Ada 3 jenis TeamViewer yang tersedia yakni versi Installer,versi portabel dan versi web dasar.

Fungsi Dari TeamViewer

Teamviewer memang digunakan untuk kepentingan kelompok atau lebih dari satu orang.Ada 3 fungsi umum menggunakan software ini.Untuk penjelasan dari masing–masing fungsi dapat kalian simak dibawah ini :

  • Remote Control

Fungsi ini membuat pengguna komputer memegang kendali komputer lain dan tentunya masing-masing harus sudah mengaktifkan Teamviewernya.Biasanya fungsi ini diperlukan ketika dalam satu perusahaan atau instansi salah satu anggota memerlukan bantuan pihak lain namun dengan jarak cukup jauh.Dengan Teamviewer masalah ini dapat lebih cepat teratasi tanpa harus repot melakukan perjalanan ke komputer yang bermasalah.

Namun ada syarat utama yang dipenuhi yakni ID dan password dari komputer yang dituju harus diketahui oleh pihak yang akan melakukan remote control. Anda bisa menginfokan dengan menggunakan handphone atau perangkat lain agar proses remote dapat segera dilakukan. ID dan password ini akan berubah setiap kali komputer kalian diaktifkan Teamviewernya oleh karena itu tiap kali ada masalah maka harus dilakukan pemberitahuan ulang.

  • Media Transfer File Atau Berkas

Hampir sama dengan penggunaan Remote Control yakni kalian harus mengetahui ID dan password dari komputer yang dituju sehingga dapat membuat koneksi.Setelah koneksi dilakukan,maka transfer file dengan format apapun dapat dilakukan.

Caranya sangat simple hanya drag dan drop saja,lokasi atau destinasi file juga dapat diatur sendiri.Fungsi ini biasanya diperlukan untuk menunjang fungsi remote control yang sebelumnya,karena bisa saja pihak remote memerlukan adanya file di komputer yang dituju terlebih dahulu.

  • Meeting

Fungsi ini sebagai media meeting atau pertemuan yang dapat melibatkan orang banyak.Meeting merupakan suatu kegiatan rutin yang biasanya dilakukan oleh pihak karyawan bersama manajemen untuk membicarakan permasalahan serta penyelesaiannya.Namun karena kesibukan dalam suatu pekerjaan kegiatan ]]eje meeting menjadi hal yang dikesampingkan.

Dengan menggunakan Teamviewer,meeting tetap dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan komputer masing-masing. Terdapat fitur untuk mengundang kurang lebih 20 pengguna Teamviewer lain.Caranya hampir sama,kalian sebagai pihak server hanya perlu membagikan ID pertemuan ke semua anggotanya dan koneksi untuk meeting bisa segera dijalankan.

Fitur Yang Terdapat Pada TeamViewer

Adapun fitur utama yang ada pada Teamviewer yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan remote komputer yaitu sebagai berikut :

  • Remote Support

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menggunakan komputer yang dituju secara remote. Ini bisa dimanfaatkan untuk penggunaan komputer secara jarak jauh. Entah itu untuk mengedit Video,membaca dokumen,membuat dokumen,browsing, chatting, dan segala yang bisa kita lakukan saat kita menggunakan komputer.Namun bedanya kita tidak berada didepan komputer tersebut.

  • Presentation

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk presentasi jarak jauh.Apapun yang kita lakukan pada komputer kita,maka orang yang terhubung dengan kita bisa melihat apa yang kita lakukan.

  • File transfer

Dapat mencopy file yang kita butuhkan dari komputer yang berada di rumah ke komputer remote atau sebaliknya.

  • VPN

VPN (Virtual Private Network) yaitu suatu istilah yang ada dalam dunia jaringan komputer yang merupakan jalur pribadi yang saling terhubung antar komputer.Meski bernama jalur pribadi,tetapi tetap menggunakan media jaringan komputer yang umum seperti Internet.

Syarat Menggunakan TeamViewer

Berikut ini syarat-syarat menggunakan TeamViewer yaitu :

  • Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama).
  • Koneksi internet sudah tersambung.
  • Masukan ID dan password PC yang akan diremote. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri,tergantung kebutuhan.

Cara Menggunakan Teamviewer

Dengan Menggunakan Teamviewer,kedua PC yang akan dihubungkan harus memiliki versi yang sama dari perangkat lunak Teamviewer.

Berikut penjelasan singkat tentang cara menggunakan teamviewer :

  • Buka Teamviewer pada kedua PC dan tunggu ID dan kata sandi ditampilkan.
  • Sambungkan ke Internet jika ingin melakukan kontrol jarak jauh melalui internet.
  • Pilih jenis koneksi yang ingin kalian jalankan (dukungan jarak jauh,presentasi atau transfer file).
  • Masukkan ID komputer dan kata sandi sebagai remote dan klik “Sambungkan ke mitra”.

Tampilan utama TeamViewer,jika sudah tampil (Ready to connect (sec    ure connection)) maka siap melakukan koneksi ke PC lain, Lalu masukan ID PC klien jika koneksi berhasil maka akan muncul kotak “Password”,isi password Teamviewer PC yang akan kalian remote.Jika berhasil maka akan tampil desktop PC yang diremote.
Apabila ingin melakukan File Transfer,maka pilih “File Transfer” pada bagian pilihan yang terlihat dibawah kotak ID, kemudian klik “Connect to partner”.

Jika ingin menggunakan password dan ID yang tetap maka,tempatkan kursor mouse pada bagian kotak password,kemudian akan tampil seperti gambar diatas,pilih “Set user definied password” kemudian masukan password yang diinginkan.

Manfaat Dan Risiko Teamviewer

Aplikasi ini menurut Lyng punya manfaat dan resikonya.Sebenarnya,aplikasi TeamViewer sangat berguna bagi orang-orang yang memang membutuhkannya,misalnya pelajar dan mahasiswa.Mereka bisa bertukar pikiran atau mendapat pelajaran dari jarak jauh dari guru atau dosen mereka.TeamViewer bisa digunakan di delapan sistem operasi, yaitu Windows, Mac, Linux, Chrome OS, Android, iOS, Windows App, dan BlackBerry.

Risikonya jelas karena semua    PC dipantau oleh orang lain.Sangat bagus untuk mengaktifkan dan menjalankan PC kita meskipun tidak di depan PC atau untuk kondisi yang baik pada remote control dari mereka.Ini mungkin merepotkan bagi sebagian orang karena privasi pada akhirnya terganggu.

Nah itulah tentang TeamViewer,sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago