HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penyebab Dan Cara Mengatasi ISP Indihome Lemot

Ciri WiFi IndiHome Lemot

Sebelum masuk ke bagian cara mengatasi IndiHome lambat perlu mengetahui terlebih dahulu ciri gangguan yang terjadi pada koneksi internet IndiHome. Gangguan semacam ini bisa terjadi sewaktu-waktu karena satu dan lain hal, bahkan terhadap layanan internet dari ISP sekelas IndiHome sekalipun.

Mengidentifikasi ciri ini juga penting untuk membuat menjadi lebih mengerti mengenai parameter koneksi internet normal dan yang sedang mengalami gangguan bedanya seperti apa.

Berikut ini merupakan ciri WiFi indihome lambat, yaitu :

1. Tidak bisa tersambung ke internet

Bukan cuma bikin koneksi internet IndiHome tiba-tiba lambat, gangguan juga bisa menyebabkan perangkat yang digunakan tidak bisa tersambung ke internet sama sekali. Gangguan semacam ini terkadang memang bisa terjadi dan penyebabnya pun bisa berbeda-beda dan tentunya cara penanganannya pun berbeda.

Ketika merasa semua perangkat IndiHome telah terpasang dengan semestinya dan tagihan IndiHome sudah dibayar ketika hal seperti ini terjadi, bisa dipastikan sedang ada gangguan jaringan.

2. Koneksi yang lebih lambat dari biasanya

Ketika mengunduh suatu file dari situs tertentu dan melihat bandwidth download yang lebih rendah dari biasanya, belum tentu itu terjadi karena gangguan. Karena untuk mengukur kecepatan koneksi internet, kecepatan download tidak bisa digunakan sebagai indikator akurat. Sebab bisa saja situs tersebut membatasi kecepatan download para penggunanya.

Untuk memastikan bahwa koneksi internet IndiHome lambat, gunakan situs tes kecepatan koneksi internet seperti Speedtest dan situs-situs lainnya.

Ketika melihat bahwa kecepatan yang ditunjukkan oleh situs tersebut lebih lambat dari biasanya, barulah data ini bisa menjadi patokan bahwa sedang terjadi gangguan saat itu.

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Berikut ini cara-cara yang bisa dipakai untuk mengatasi IndiHome lambat, yaitu :

1. Restart router yang digunakan

Router merupakan salah satu perangkat yang sering kali menjadi penyebab kenapa IndiHome lambat. Perangkat yang bertanggung jawab sebagai perantara perangkat yang digunakan dengan internet ini, terkadang mengalami error setelah digunakan beberapa lama yang bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Proses restart biasanya akan membantu dalam menghilangkan error yang terjadi pada router yang digunakan dan sering kali bisa menjadi jalan keluar bagi koneksi internet IndiHome lambat.

2. Batasi jumlah pengguna

Selain karena terjadi error pada perangkat yang digunakan, penyebab WiFi IndiHome lambat juga bisa terjadi karena terlalu banyak perangkat yang terhubung.

Jika kecepatan internet IndiHome hanya 10Mbps/s dan terdapat lebih dari 5 perangkat yang tersambung kecepatan yang diterima oleh tiap perangkat pun akan menjadi sangat kecil. Terlebih lagi, jika salah satu perangkat melakukan proses download, koneksi pada perangkat lain bisa berkurang secara drastis.

Untuk melihat jumlah pengguna yang aktif caranya masuk ke menu admin, masukkan password router dan lihat seberapa banyak perangkat yang terhubung. Jika memang terlalu banyak, batasi jumlah pengguna agar internet kembali lancar.

3. Hapus cache pada browser

Internet IndiHome lambat ketika digunakan untuk browsing bisa jadi Browser yang digunakan menyimpan terlalu banyak cache. Cache bisa menyebabkan koneksi internet yang digunakan menjadi lambat karena cache berisi data dari kegiatan browsing yang dilakukan sebelumnya.

Terlalu banyak menyimpan cache bisa membebani kerja internet browser, juga menjadi penyebab IndiHome lambat. Hapus cache pada Browser yang digunakan untuk mempercepat koneksi internet pada saat mengakses internet melalui browser yang digunakan.

4. Gunakan repeater

Misalnya rumah cukup luas dan hanya memiliki 1 modem, pastinya tidak semua area mendapatkan sinyal WiFi yang kencang. Selain mengganti lokasi penempatan router, juga bisa menggunakan repeater untuk memperluas jangkauan. Makin bagus jangkauan, makin stabil dan kencang juga internet di rumah.

Repeater sendiri berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali. Membeli repeater bisa jadi salah satu solusi yang efektif untuk IndiHome lambat.

5. Upgrade kecepatan yang digunakan

Koneksi internet yang terasa lambat ini mungkin terjadi karena memang pola penggunaan internet membutuhkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Pilih paket IndiHome yang lebih sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan kecepatan internet sekaligus menghindari isu-isu lambat seperti ini.

Penyebab WiFi IndiHome Lemot

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab koneksi internet IndiHome tiba-tiba lambat, yaitu :

1. FUP sudah melebihi batas

Meskipun internet yang digunakan dilabeli sebagai internet unlimited, kebijakan Fair Usage Policy atau yang lebih dikenal sebagai FUP masih diterapkan. Jika penggunaan internet sudah melebihi batas FUP IndiHome maka kecepatan internet yang digunakan akan secara otomatis dikurangi.

Cara mempercepat IndiHome yang lambat pada kasus ini hanya mungkin dilakukan dengan meng-upgrade paket yang digunakan.

2. Perangkat rusak atau error

Faktor yang sering kali luput dari perhatian kenapa WiFi IndiHome lambat adalah kerusakan pada perangkat yang digunakan. Kerusakan atau error pada router, WiFi yang dipasang dan kabel optic yang digunakan bisa membuat jaringan internet terganggu dan lebih lambat dari biasanya.

Pastikan bahwa setiap perangkat yang digunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari turunnya kecepatan internet yang digunakan.

3. Sedang dalam perbaikan atau terjadi gangguan jaringan

Faktor yang ini tidak bisa diakali dengan cara apapun dan hanya bisa menunggu sampai masalah internet IndiHome lambat hilang dengan sendirinya. Untuk memastikan layanan yang diberikannya selalu dalam kondisi yang terbaik, terkadang proses maintenace dilakukan oleh pihak IndiHome dan hal ini bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Selain itu, gangguan jaringan juga bisa saja terjadi karena satu dan lain hal yang membuat internet WiFi IndiHome tiba-tiba lambat.

Memahami Pemakaian Bandwidth ISP Indihome

Sebagai raksasa telekomunikasi Indonesia yang mendominasi lebih dari 70% pasaran koneksi Internet nasional saat ini, sayangnya Telkom tidak mengimbanginya dengan benar. Dengan hanya memiliki port berkapasitas 40 Gbps di OpenIXP dan 2 x 10 Gbps di IIX, jelas akan selalu ada permasalahan yang timbul. Berikut ini gambaran besar pemakaian bandwidth Indihome selaku ISP terbesar Indonesia, yaitu :

1. Telkom Port at OpenIXP (40 Gbps)

Apabila mengikuti grafik MRTG (Monitoring Router Traffic Grapher) yang tercatat di Internet Exchange OpenIXP, terlihat jelas bahwa pemakaian port Telkom sebenarnya sudah mencapai kapasitas 40 Gbps sepanjang hari, kecuali antara jam 10 malam hingga 6 pagi.

2. Telkom Port #1 at IIX (10 Gbps)

Selanjutnya adalah pencatatan grafik MRTG di IIX yang memperlihatkan bahwa pemakaian port 1 (10 Gbps) sudah mencapai kapasitas 10 Gbps sepanjang hari di peak hours, yakni antara jam 8 pagi hingga 10 malam.

3. Telkom Port #2 at IIX (10 Gbps)

Kemudian data yang diambil grafik MRTG untuk port 2 (backup) Telkom di IIX. Link backup Telkom di IIX sepertinya jarang dipakai, yang menampilkan pemakaian yang terlihat masih rendah sekali tanpa ada penjelasan dan alasan yang valid.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

8 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

12 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago