Kembali lagi dengan artikel ini yang akan membahas tentang cara migrasi dari Wix ke WordPress. Jika kemarin membahas tentang cara yang manual sekarang akan dibahas  cara yang lebih cepat yaitu cara otomatis. Bagiamana caranya dan menggunakan apa? Jawabanya yaitu dengan menggunakan plugin CMS2CMS.

Mengapa menggunakan CMS2CMS? Karena dengan menggunakan plugin tersebut  akan membuat migrasi dari Wix ke WordPress menjadi otomatis.  Plugin ini merupakan plugin premium yang dapat melakukan segala sesuatu, bahkan sesuatu yang kecil untuk Anda. Durasi waktu yang dibutuhkan plugin ini sekitar 20 menit. Terdengar menarik bukan? Mari kita simak bagaimana caranya.

Berikut langkah yang harus diikuti oleh Anda untuk menggunakan CMS2CMS.

  1. Menginstall Plugin

Pertama Anda harus masuk ke dashboard WordPress dan membuka Plugins > Add New. Kemudian dikolom pencarian Anda ketik CMS2CMS: Automated Wix to WordPress. Dan klik Install Now  kemudian pilih Activate.

 

  1. Membuat Akun

Untuk membuat akun Anda buka plugin melalui  Plugins > Wix to WordPress. Kemudian buat akun Anda.

 

  1. Menghubungkan Situs Wix

Langkah selanjutnya, Anda membuat koneksi ke website Wix.

Caranya dengan memasukkan URL website Wix Anda dan klik Verify Connection.  Sebelum Anda benar-benar mau migrasi pastikan dengan benar dan cermat bahawa URL Anda itu benar.

 

  1. Menjalankan Proses Migrasi

Cara menjalankan migrasi yaitu dengan mengatur pengaturan migrasi. Pilih konten yang akan Anda pindahkan.

Jika Anda ingin menggukan biaya tambahan, maka akan diberikan pengaturan seperti Migrasi Metadata, Trasnfer Gambar, dan Setup Redirect 301.

Setelah itu klik Start Free Demo Migration, maka Anda akan mendapatkan laporan yang menampilkan error migrasi jika ada. Selanjutnya Anda akan diperlihatkan daftar harga. Anda dapat menambahkan fitur migrasi atau membeli jaminan migrasi apabila muncul error selama proses. Jika Anda sudah selesai selanjutnya klik Compete Migration. Migrasi akan di proses setelah Anda melakukan pembayaran.

 

Langkah selanjutnya adalah menempatkan Wix ke migrasi WordPress .

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengonlinekan sitrus anda, yaitu dnegan cara berikut:

  1. Membuat Menu WordPress

Anda masuk ke halaman dashboard WordPress dan buka Appearance > Menus kemudian beri nama pada menu dan klik Create Menu. Selanjutnya klik menu Add to Menu disebelah kiri. Jika sudah selesai klik Save Menu.

Untuk meletakan menu di situr, klik Manage Locations. Jika ingin menampilkan menu di atas halaman situs, maka sebaiknya beri label Main Menu atau Header Menu pada menu opsi.

  1. Mengalihkan Situs Wix ke WordPress

Mengalihkan situs Wix ke situs baru WordPress, jika ada pengunjung yang datang maka akan diarahkan ke situs yang baru.

Jika sitas Wix Anda dibuat subdomain, Anda tidak dapat mengaktifkan fitur redirect. Yang lain juga  jika Anda menggunakan plugin CMS2CMS dan membali fitur pengalihan tambahan, maka proses pengalihan akan dilakukan secara otomatis.

Hal pertama yang dilakukan unutk melakukan pengalihan yaitu dengan menyalin kode di bawah ini ke pilihan text editor.

Pada bagian pertama string, “#!about/ghit6” merupakan URL Wix lama Anda sedangkan bagian kedia string, ‘/about/’ adalah URL baru di halaman WordPress Anda. Ubah bagian string untuk setiap URL pada situs Wix yang ingin dipindahkan.

Selanjutnya menyimpan file redirect.js dan mengupload ke direktori /js/ yang ada di server.

Mengedit file  functions.php agar dapat dijalankan. Kemudian buka file  functions.php dan tambahkan kode dibawah ini. Simpan dan upload file  functions.php terbaru dan pengalihan akan berhasil tersimpan.

  1. Mengatur Yoast SEO

Mengatur Yoas SEO digunakan jika Anda menggunakan tools Wix yang terintegrasi dengan SEO. WordPress menawarkan banya pilihan plugin SEO terbaik, salah satunya yaitu Yoast SEO yang berguna untuk mengoptimalkan semua postingan dan halaman dnegan mentargetkan kata kunci tertentu.

Plugin ini dilengkapi dengan informasi terkait SEO seperti beberaoa hal yang harus ditambah maupun di kurangi,

Caranya yaitu melalui Plugins > Add New dan cari Yoast SEO. Setelah di install Anda hanya perlu mengikuti panduan yang diberikan.

  1. Mengecek Kembali Media dan Konten yang Sudah ada

Yang terakhir sebelum Anda mengonlinekan situs, untuk memastikan Anda harus mengecek terlebih dahulu semua media dan konten karena dimungkinkan ada kesalahan format ataupun error link pada saat proses transfer.

Cermati dengan betul-betul agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebelum Anda publish. Hal tesebut akan membantu Anda mendeteksi error dan memastikan bahwa format dan tampilan baik.

 

Diatas adalah artikel mengenai cara migrasi dari Wix ke WordPress dengan menggunakan CMS2CMS atau secara otomatis. Namun pada dasarnya migrasi dengan menggunakan cara manual ataupun cara otomatis sama-sama sulit. Semua tergantung denga pilihan Anda lagi ingin menggunakan  cara yang mana.

Cara migrasi Wix ke WordPress membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar tidak terjadi hal yang kurang enak. Namun, Anda akan menikmati setelah situs Anda pindah ke WordPress, karena Anda memiliki kemampuan unutk mengontrol penuh dan mengelola situs Anda dan menjamin keberhasilan situs Anda.

Terimakasih. Semoga Bermanfaat 😀