HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Reminder? Pentingkah untuk kehidupan sehari-hari?

Semua orang pasti punya jadwal kegiataan yang harus mereka lakukan. Tidak bisa dipungkuri, seberapa baik dan hebatnya kita dalam membuat daftar kegiatan, tetap saja kita pasti masih merasa kesulitan untuk mengingatnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi semua orang untuk memiliki Reminder.

Apa itu Reminder?

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kata reminder. Penggunaannya pun sudah cukup populer, baik secara lisan maupun tulis. Reminder atau pengingat jadwal adalah sebuah pengingat yang dapat digunakan oleh setiap orang dalam mengingatkan hal-hal penting yang harus mereka lakukan. Biasanya kata ini digunakan ketika seseorang tidak ingin melupakan suatu hal, seperti jadwal meeting, janji, rutinitas, dan lain sebagainya. Jadi, reminder bisa berlaku untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Menurut David Allen, reminder atau pengingat jadwal adalah sebuah pengingat yang berhasil untuk mengubah tumpukan kertas atau layanan web menjadi sebuah sistem pengingat yang kuat, dan dapat kita sebut sebagai “Sistem Terpercaya”.
Selain reminder, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan kata Self Reminder. Pasalnya, kata-kata ini juga sering digunakan dalam obrolan sehari-hari. Self Reminder adalah sebuah pengingat otomatis yang ada pada diri setiap individu. Dengan kata lain, self reminder adalah pengingat bagi diri sendiri.
Dengan self reminder, seseorang bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi dan tak jatuh ke jurang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Karena self reminder artinya pengingat diri, maka istilah ini juga dijadikan sebagai alat untuk instropeksi diri dengan merenungkan kembali sesuatu yang telah berlalu.
Manfaat yang bisa didapatkan dari Self Reminder antara lain, seperti:
  • Menjadikan pribadi yang lebih hati-hati dalam bertindak maupun berucap.
  • Membuat dan membantu kita dalam mengambil keputusan terbaik karena dengan self reminder kita akan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang.
  • Membantu menenangkan diri dari perasaaan panik dan gelisah saat menghadapi sesuatu.
  • Memotivasi diri untuk mencapai keinginan, harapan, dan cita-cita.
  • Mampu menjadi alat pengontrol diri, terutama saat emosi.
  • Menjadikan kita pribadi yang lebih bisa menerima dan mencintai diri sendiri, apapun itu kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Sehingga kita tidak lagi membandingkan diri dengan orang lain.
Meskipun setiap individu pasti memiliki self reminder. Namun, reminder akan sangat berfungsi di dalam kehidupan kita, terutama ketika tanpa disadari kita lupa membawa daftar to-do-list atau daftar-daftar penting lainnya.
Kabar baiknya, ada cara untuk memastikan kita dapat mengingat hal-hal yang sangat penting tersebut. Bagaimana caranya? Seiring dengan berjalannya waktu, reminder yang kita buat setiap kali berusaha mengingat sesuatu akan membantu kita untuk membentuk sebuah kebiasaan baru yang jauh lebih baik lagi.
Inilah alasan mengapa reminder atau pengingat jadwal menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena reminder akan membantu kita dalam membentuk kebiasaan baru yang teliti dan menjadi seorang yang rinci. Dengan kata lain, reminder menjauhkan kita dari sikap ceroboh atau clumsy.
Sebelum kita lari ke pembahasan mengenai reminder yang dapat membantu kita dalam membentuk sebuah kebiasaan baru. Sebelumnya, Apa si Kebiasaan itu? Kebiasaan adalah suatu tindakan yang selalu dilakukan secara otomatis tanpa memikirkannya terlebih dahulu sebab langkah-langkah dari tindakan tersebut sudah ada di luar kepala.
Untungnya, segala kebiasaan yang kita lakukan setiap hari menandakan bahwa kita telah memiliki serangkaian kebiasaan produktivitas yang telah dibangun dan berlangsung dari kecil. Namun, masalahnya tidak semua kebiasaan yang kita lakukan adalah kebiasaan baik, pasti ada juga beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan.
Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baru yang lebih baik. Namun, jika kita berusaha menerapkan kebiasaan baru itu secara berulang-ulang dan konsisten dalam waktu lama, maka kebiasaan baru yang lebih baik tersebut akan menjadi suatu kebiasaan yang lebih produktif dan lebih positif.
Sama halnya ketika kita membuat reminder. Dengan menggunakan reminder atau pengingat jadwal secara rutin, maka secara otomatis kita akan menjadi seorang yang teratur dan teliti, bahkan tanpa kehadiran reminder sekalipun.
Selain itu, Reminder juga dapat menjadi pemicu yang baik untuk menjauhkan kita dari sikap ceroboh. Maksud dari pemicu adalah sesuatu yang membuat dan mendorong kita untuk melakukan suatu hal. Misalnya, ketika kita harus membawa bekal ke sekolah. Supaya kita tidak lupa, biasanya kita akan meletakkannya di sampaing tas sekolah kita. Sehingga kita memiliki sebuah reminder sebagai pemicu yang mengingatkan kita untuk membawa bekal ke sekolah.
Reminder juga dapat menjadi pemicu yang membawa kita pada kesuksesan dengan terhindar dari sikap yang ceroboh itu. Intinya, segala hal yang menarik perhatian kita dan mengingatkan kita untuk melakukan sesuatu adalah sebuah pemicu yang sangat baik. Inti lainnya, reminder atau pengingat  jadwal benar-benar sangat bermanfaat untuk kedisiplinan hidup kita.

Bagaimana cara membuat reminder yang benar-benar berfungsi bagi kita?

Segala perangkat lunak yang terkoneksi dengan internet, seperti komputer, laptop, maupun handphone dapat memungkinkan kita untuk membuat reminder. Misalnya, perangkat lunak desktop, seperti Outlook akan menampilkan reminder pada layar desktop.
Reminder atau pengingat jadwal bukan hanya dapat membantu kita dalam membangun kebiasaan baru yang lebih baik, namun juga dapat membantu kita dalam mengingat hal-hal yang sangat penting. Kita bisa mengatur semua reminder atau pengingat jadwal ke dalam perangkat lunak yang kita gunakan. Sehingga, tidak ada satupun jadwal kegiatan atau hal lain yang terlupakan.
Itulah secuil penjelasan mengenai reminder, self reminder, dan cara membuat reminder yang baik untuk kehidupan kita. Semoga setelah membaca artikel ini, teman-teman dapat membangun kebisaan baru yang lebih baik lagi dan pastinya supaya hidup menjadi lebih teratur dan lebih disiplin lagi.
5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago