HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Keren Banget! Pakai Remote Server Bisa Kelola Server Kapanpun dan Dimanapun

Pernahkah kamu harus melakukan remote server di tengah suatu aktivitas? Misalnya kamu adalah seorang sysadmin yang sedang berlibur. Tugas utama seorang sysadmin adalah memastikan bahwa server dalam keadaan terkendali.

Namun, ketika kamu sedang bersantai, tiba-tiba server down. Alhasil, kamu harus segera diperbaikinya. Inilah yang disebut remote server. Kamu dapat dengan bebas mengakses server kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun.

Apa itu Remote Server?

Remote server adalah kegiatan mengakses server atau komputer lain dari jarak jauh untuk tujuan tertentu. Misalnya kamu ingin membantu teman yang kesulitan menginstal perangkat lunak.

Karena tempat tinggal kamu dengan temanmu berjauhan, satu-satunya cara untuk membantunya adalah melalui remote server. Dengan begitu, kamu dapat dengan bebas mengoperasikan komputer teman kamu.

Remote server biasanya dijalankan oleh system administrator (sysadmin) yang bertanggung jawab atas stabilitas server dan mencegah server down. Mengapa begitu? Sebab server yang down bisa terjadi kapan saja sehingga sysadmin akan sering keluar masuk untuk memonitoring server.

Cara Kerja Remote Server

Remote server bekerja seolah-olah kamu ingin masuk ke dalam aplikasi tertentu. Misalnya, jika kamu ingin masuk ke akun Gmail, kamu harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Hal ini berlaku juga untuk remote server.

Jika kamu ingin melakukan remote atau mengontrol komputer orang lain dari jarak jauh, kamu memerlukan izin terlebih dahulu. Setelah kamu mendapat izin, kamu dapat menggunakan komputer orang lain dari jarak jauh.

Namun, tidak semua remote server memiliki bentuk otorisasi yang sama. Ini karena otorisasi server jarak jauh biasanya dilakukan melalui aplikasi. Bentuk autentikasi pada aplikasi remote server bisa berupa nomor ID dan lainnya. Situasinya akan berbeda jika kamu ingin melakukan remote ke VPS atau Cloud VPS, kamu bisa menggunakan akses SSH.

Aplikasi Remote Server

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kamu ingin mengakses komputer dari jarak jauh, kamu dapat menggunakan perantara aplikasi. Nah, berkut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan remote antar komputer, diantaranya:

1. Team Viewer

Team Viewer adalah aplikasi remote server antar komputer. Team Viewer memungkinkan kamu berinteraksi dengan komputer lain, mentransfer file, dan menginstal perangkat lunak. Team Viewer banyak digunakan karena kemudahannya, yaitu kemudahan dalam instalasi, konfigurasi dari jarak jauh, dan bisa diakses melalui PC dan mobile.

2. Remote PC

Selain Team Viewer, Remote PC juga merupakan aplikasi remote server antar komputer. Dari segi fungsionalitas, Remote PC hampir sama dengan Team Viewer. Perbedaannya hanya terletak pada fitur di masing-masing aplikasi.

Remote PC memiliki fitur multi-access yang memungkinkan kamu mengundang pengguna lain untuk mengakses komputer menggunakan alamat email. Selain itu, Remote PC juga memiliki fitur chat teks dan suara sehingga kamu dapat berkolaborasi dengan orang lain dari jarak jauh secara real-time.

3. Remote Utilities

Seperti aplikasi lainnya, Remote Utilities juga berfungsi untuk melakukan remote server dari jarak jauh. Pada aplikasi sebelumnya hanya mengharuskan host (asal) dan client (tujuan) memiliki aplikasi yang sama.

Misalnya, jika kamu ingin menggunakan Team Viewer untuk mengakses komputer teman dari jarak jauh, teman kamu harus menginstal Team Viewer di komputernya. Tidak seperti Remote Utilities, host dan client menggunakan aplikasi yang berbeda. Untuk host, kamu harus menginstal Remote Utilities versi host. Sementara itu, teman kamu selaku client perlu menginstal Remote Utilities versi client.

4. Windows Remote Desktop

Windows Remote Desktop cocok untuk pengguna Windows. Karena Windows sudah memiliki Windows Remote Desktop yang dapat mendukung aktivitas remote server. Tidak hanya mudah digunakan, Windows Remote Desktop juga menyediakan fitur chat dan video call agar dapat berkomunikasi dengan orang lain.

5. Unified Remote Server

Unified Remote Server dapat digunakan sebagai remote server antar komputer pada sistem operasi yang berbeda, seperti Mac, Windows, dan Linux. Mirip dengan Team Viewer, aplikasi Unified Remote Server memungkinkan kamu melakukan remote server melalui perangkat mobile.

Nah, itulah apa yang dimaksud dengan remote server. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

23 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago