HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Solaris : Pengertian,Fungsi,Kelebihan Kekurangan

Di era serba teknologi seperti sekarang ini,berbagai program aplikasi canggih telah diciptakan untuk menangani berbagai permasalahan kehidupan.Program aplikasi yang digunakan untuk membantu berbagai kehidupan manusia akan menjadikan banyak hal yang dikerjakan dalam waktu singkat.Adanya berbagai teknologi pendukung bisa memberikan dukungan penggunaan program aplikasi dalam platform apapun,dengan berjalannya program aplikasi sesuai yang diharapkan akan menjadikan suatu terobosan terbaru dalam pengembangan berbagai aplikasi.

Berbagai macam program aplikasi bisa dijalankan pada sistem operasi apapun dan platform apapun program aplikasi bisa menjalankan berbagai fungsinya.Dengan berbagai platform yang bisa mendukung berjalannya suatu program aplikasi akan menambah kemudahan pengguna dalam mengakses aplikasi tersebut.Adanya berbagai fitur yang bisa digunakan pengguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya.Ada berbagai macam sistem operasi yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat elektronik,Salah satunya yang akan kita bahas berikut ini.

Pengertian Solaris

Merupakan sistem operasi keluarga Unix pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992 dan ditujukan untuk keperluan peladen maupun komputasi awan.Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang memenuhi Spesifikasi UNIX Tunggal. Arti nama Solaris berasal dari bahasa Yunani yang artinya matahari,yang sebelumnya dikenal sebagai Sun Solaris.

Pemasangan Solaris dibedakan dari beberapa kelompok perangkat lunak yang dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna,ragam pilihan yang ada mulai dari Reduced Network Support hingga versi yang lengkap Entire plus OEM.Beberapa perangkat lunak tambahan lain seperti Apache HTTP Server,MySQL dan lainnya dapat dipasang baik melalui perangkat lunak yang disertakan oleh Sun ataupun melalui penyedia perangkat lunak eksternal seperti sunfreeware,OpenCSW dan Blastwave.

Sumber kode Solaris dengan beberapa pengecualian sudah dirilis dalam lisensi CDDL (Comon Development and DIstribution License) melalui proyek Open Solaris. CCDL adalah lisensi yang disetujui oleh OSI.Lisensi ini disetujui oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas,sebagai lisensi bebas tetapi tidak kompatibel dengan lisensi publik umum GNU.

Perkembangan Solaris

Di Tahun 1987, AT & Tdan Sun Microsysytems mengumumkan bahwa mereka bekerjasama dalam sebuah proyek untuk menggabungkan berbagai sistem Unix dan Mirip Unix yang populer di pasaran saat itu, yaitu BSD,Unix system V dan Microsoft Xenix,hasilnya terbentuk : Unix System V Release 4(SVR4).

Pada Tanggal 4 September 1991,Sun mengumumkan bahwa mereka akan menggantikan SunOS 4 yang berbasis BSD ke SVR4.Sistem ini awalnya diidentifikasikan sebagai SunOS 5,namun Sun lalu mengganti nama menjadi Solaris 2, karena Solaris 1 dinamakan sebagai rilis mikro SunOS 4.1.x.Versi minor SunOS yang dirilis oleh Sun disertakan dalam penamaan Solaris;misalnya Solaris 2.4 yang merupakan Sun OS 5.4.Namun setelah versi Solaris 2.6,Sun menghilangkan angka 2 di depan kodifikasi versinya,sehingga rilis SunOS 5.7 dinamai sebagai Solaris 7 dan rilis SunOS 5.10 sebagai Solaris 10.

Pada bulan Juni 2005 Sun Microsystem merilis sebagian besar kode sumber dari basis sistem Solaris di bawah lisensi CDDL dan mendirikan proyek sumber terbuka OpenSolaris.Dengan proyek ini,Sun ingin membangun komunitas pengguna dan para pengembang di sekitar proyeknya.Pada tahun 2010, Oracle menghentikan dan tidak melanjutkan lagi pengembangan OpenSolaris.Kemudian,beberapa pengembang membuat turunannya dan menghasilkan basis sistem Illumos.

Fungsi Solaris

Oracle solaris atau sistem operasi solaris mempunyai fungsi yang sangat signifikan yakni digunakan untuk sistem operasi yang bisa dijalankan diberbagai arsitektur perangkat keras yang ada.Dengan adanya berbagai versi perangkat keras yang membutuhkan adanya sistem operasi untuk menjalankan aktifitasnya,oracle solaris hadir untuk mengatasi hal tersebut.Oracle solaris memiliki fungsi untuk digunakan sebagai sistem operasi yang bisa dijalankan pada perangkat keras berspesifikasi X64 bit, X86 bit dan SPARC.

Arsitektur pendukung Solaris

Solaris menggunakan basis kode sumber yang sama untuk platform SPARC,IA-32 dan x86.Solaris mempunyai reputasi cukup baik untuk multiprocessing simetris yang mendukung sejumlah besar CPU yang berjalan secara paralel.Solaris juga mendukung prosesor berbasis x86 sejak Solaris 2.1 dan versi berikutnya.Solaris 10 mendukung aplikasi 64-bit x86.memungkinkan Sun untuk memanfaatkan pangsa pasar yang ada atas ketersediaan komoditas prosesor berbasis 64-bit berbasis arsitektur x86-64.Solaris secara internal telah melakukan banyak hal dalam memasarkan Solaris untuk dapat digunakan secara luas baik pada penggunaan Desktop atau workstation dan pada mesin peladen,baik itu berbasis AMD Opteron ataupun Intel Xeon pada mesin-mesin berbasis x86 yang diproduksi oleh perusahaan seperti Dell,Hewlett-Packard dan IBM.Pada tahun 2009,mereka dan lainnya membawakan Solaris pada produknya seperti :

  • Dell Inc. akan menetapkan,menguji dan mengoptimalkan Solaris dan OpenSolaris pada rak dan bilah peladen mereka dan menawarkan sistem operasi tersebut sebagai salah satu dari beberapa pilihan dalam menu semua perangkat lunak Dell.
  • IBM mendistribusikan Solaris dan Solaris langganan berbasis x86 di IBM System X server dan BladeCenter server.IBM berhenti mendukung Solaris pada x64 kit.
  • Intel mendistribusikan dan menyediakan dukungan peranti lunak Solaris pada server blade Proliant dan sistem.
  • Fujitsu-Siemens
  • HP telah bersertifikasi dan menjual Oracle Solaris,Oracle Enterprise Linux dan Oracle VM masing-masing pada platform x86-nya.

Solaris 2.5.1 mendukung platform PowerPC tetapi platform tersebut telah dibatalkan sebelum Solaris 2.6 dirilis.Solaris untuk Intel Itanium diumumkan pada tahun 1997 namun tidak pernah muncul di pasar.Pada tanggal 28 November 2007, IBM, Sun dan Sine Nomune Associate menampilkan pratinjau dari OpenSolaris untuk IBM System Z Mainframe di bawah Z/VM yang biasa disebut Sirius.Pada 17 Oktober 2008,purwarupa yang dirilis oleh Sirius telah ada dan pada 19 November 2008 IBM mengautorisasi penggunaan Sirius pada prosesor Sistem Z. Solaris juga mendukung Antarmuka Biner dari Linux,yang memungkinkan Solaris menjalankan binary Linux pada sistem x86. Fitur tersebut biasa disebut Solaris Containers for Linux Application atau SCLA.

Kelebihan Solaris

  • Bebas didistribusikan : bersifat open-source,sistem operasi oracle solaris memiliki sifat yang mudah didistribusikan,maka banyak orang yang menggunakan sistem operasi oracle solaris pada masa kejayaan sistem operasi oracle solaris.
  • Sistem restore mirip dengan restore windows : Salah satu kelebihan yang terdapat pada oracle solaris yakni sistem restore yang dimiliki hampir sama dengan sistem restore yang ada di sistem operasi windows,dengan adanya berbagai persamaan sistem,akan lebih mudah dimengerti oleh pengguna ketika mereka melakukan restore.
  • Virtualisasi dalam berbagai bentuk : dengan adanya virtualiasasi yang dimiliki oleh orace solaris lebih memudahkan untuk digunakan.
  • Skalabilitas oracle solaris sangat tinggi spesifikasi  : dengan adanya hal ini akan menguntungkan pengguna karena dapat menggunakan sistem operasi oracle solaris dengan maksimal.
  • Memiliki sistem file cukup stabil : dilengkapi berbagai fitur menarik,sistem operasi oracle solaris bisa dijadikan salah satu sistem operasi yang bisa diandalkan karena memiliki sistem file yang cukup stabil.

Kekurangan Solaris

  • Versi berbayar sangat mahal : sistem operasi oracle solaris dikembangkan dengan berbagai macam versi,ada versi yang dikembangkan namun tidak open-source, melainkan berbayar dan harga untuk sistem operasi oracle solaris sangat mahal.
  • Izin yang diberikan kepada para pejabat masih kurang.
    Meski dilengkapi dengan fitur yang cukup,sistem operasi oracle solaris masih belum memiliki hak akses lebih untuk digunakan secara bebas oleh para pejabat.
  • Driver pada Hardware masih kurang baik.Meski memiliki fungsi dan fitur .ang menarik dan cukup standar,sistem operasi oracle solaris masih memiliki spesifikasi driver hardware yang kurang baik secara keseluruhan.

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

4/5 - (16 votes)
feni

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago