HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

SoloLearn: Kelebihan dan Cara Download

Kelebihan SoloLearn

Berikut merupakan kelebihan dari SoloLearn, yaitu :

1. Banyak Bahasa Pemrograman yang Tersedia

Aplikasi ini support beragam bahasa pemograman. Aplikasi lainnya biasanya hanya menyediakan satu bahasa pemograman saja. Bisa belajar bahasa pemograman yang populer hingga bahasa pemograman yang tidak terlalu populer juga ada. Total bahasa pemograman yang disediakan berjumlah 23.

Dengan adanya support bahasa pemograman yang banyak, membuat para pengguna sololearn bisa belajar dengan puas. Jadi para programmer tidak perlu menggunakan aplikasi lainnya bila ingin belajar bahasa pemograman yang berbeda. Hanya satu aplikasi belajar, bisa memilih belajar bahasa pemograman yang paling diminati.

Bahasa pemograman yang ada di aplikasi ini adalah HTML, Kotlin, C++, Java, Phyton 4, ECMAScript 6, AngularJS, Machine Learning, Data Sctructures serta Git. Aplikasi ini juga menyediakan bahasa pemograman JavaScript, CSS, SQL, Swift 4, PHP, Phyton NumPy, Design Patterns, Algorithms, Regular Expressions dan Data Structure.

2. Kemudahan dalam Memahami Materi

Mempelajari coding terkesan rumit dan membingungkan. Bisa dibayangkan bila penjelasan yang dipakai juga menggunakan kalimat yang rumit. Tentu akan lebih sulit lagi untuk memahami. Namun tidak perlu khawatir bila menggunakan aplikasi ini. Disusun oleh tim yang handal, pembelajaran serta materi sudah disusun secara terstruktur sehingga mudah dipahami karena dipelajari dengan bertahap.

Materi pembelajaran akan diberikan secara bertahap. Jika sudah menguasai dasar-dasarnya, barulah akan diberi akses untuk mempelajari materi yang lebih sulit, dan seterusnya. Materi yang disampaikan berupa tampilan contoh dan kuis atau soal untuk setiap materi yang sedang dibahas.

3. Bisa Berdiskusi dalam Forum

Adanya forum diskusi akan membantu untuk berinteraksi dengan programmer lain dan bisa saling sharing, baik mengenai pengalaman maupun menanyakan solusi dari permasalahan coding.

Ketika membuat akun di aplikasi belajar coding ini akan diminta untuk mendaftarkan akun Gmail maupun Facebook. Akun tersebut dapat meninjau beragam aktivitas di dashboard. Tidak hanya itu saja, jadi bisa menemukan teman dan melakukan diskusi di forum yang ada. Jadi mendaftarkan Facebook serta Gmail ada kegunaannya.

Adanya forum diskusi tentu bermanfaat bagi setiap programmer. Dapat meningkatkan kemampuan coding melalui sharing ilmu bersama programmer lainnya. Manfaatkan forum diskusi yang sudah disediakan untuk saling berbagi ilmu. Selain itu juga bisa menambahkan teman dan ikut berdiskusi dalam forum yang ada. Hal ini tentunya bisa memudahkan proses belajar karena ada wadah untuk berbagi hasil pembelajaran atau sekadar tanya jawab dengan pelajar lainnya untuk menambah ilmu.

4. Terdapat Fitur yang Menarik

Fitur menarik ini bernama Challenge. Fitur Challenge bisa digunakan bagi setiap pengguna aplikasi untuk saling belajar. Jadi fitur Challenge akan menyediakan kuis bagi para programmer yang sedang berada dalam kondisi online.

Dengan fitur yang satu ini bisa menantang pelajar atau programmer lainnya yang juga sedang online untuk sama-sama menjawab soal atau pun kuis yang diberikan. Jika menang maka akan mendapat poin yang bisa menambah level. Jika kalah maka berlaku sebaliknya, level bisa saja turun karena kehilangan poin terus-menerus.

5. Memperoleh Sertifikat Resmi

Sertifikat yang dikeluarkan termasuk bisa diakui sama seperti tempat pengajar coding lainnya. Namun tentu untuk memperoleh sertifikat ini ada syarat yang harus dipenuhi. Harus mampu menyelesaikan pelatihan dengan mengikuti tiap tahapan dengan baik hingga lulus.

Sertifikat dari pelatihan bisa digunakan sebagai bukti akan kemampuan coding yang sudah mumpuni sesuai yang dilatih. Sertifikat kemudian diberikan dalam bentuk soft copy. Untuk menggunakannya, bisa mengunduh maupun mencetaknya menjadi bentuk hard copy. Sertifikat ini bisa menjadi pelengkap CV untuk keperluan melamar pekerjaan atau bisa juga disimpan sendiri.

Fitur SoloLearn

Berikut ini merupakan fitur dari SoloLearn, yaitu :

1. Activity Feed

Setelah masuk, secara default akan berada pada halaman Activity Feed. Pada halaman ini dapat melihat XP level akun, challenge dan aktivitas terbaru dari SoloLearn. Dapat mengusap layar ke kiri atau ke kanan untuk berganti halaman.

2. Learn

Pada halaman learn dapat memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari. Saat ini terdapat 12 bahasa pemrograman yang dapat dipilih. Jika sudah memilih bahasa apa yang ingin dipelajari, maka akan ditampilkan urutan materi yang dapat dipelajari berbentuk seperti diagram alir yang dimulai dari atas ke bawah. Pemberian materi dimulai dari konsep-konsep dasar yang penting dan mudah untuk diikuti sehingga tidak terlalu sulit untuk dipelajari sendiri.

Jika klik bab yang ingin dipelajari akan mendapatkan beberapa sub bab yang berisi beberapa materi yang diikuti dengan pertanyaan untuk menguji seberapa jauh pemahaman terhadap materi yang sudah disampaikan. Selain itu terdapat halaman komentar yang dapat memudahkan bila mendapatkan kesulitan. Setiap akhir dari bab, akan selalu terdapat kuis yang berguna untuk mengevaluasi pemahaman pada keseluruhan bab.

3. Play

Selain fitur Learn di atas, terdapat juga fitur Play. Pada fitur ini dapat menantang pengguna lain untuk menyelesaikan challenge dari SoloLearn lalu mendapatkan XP sebagai hadiah. XP dapat digunakan untuk menaikkan level.

4. Code Playground

Pada fitur ini dapat membuat kode sendiri dengan bahasa pemrograman yang disukai. Selain itu juga dapat mengeksplorasi kode buatan orang lain yang tentunya dapat menambah pengetahuan.

5. Q&A Discussions

Pada fitur ini dapat menemukan jawaban. Dapat bertanya atau mencari pertanyaan yang sama dengan masalah yang dihadapi, mirip dengan Stack Overflow.

Kursus SoloLearn

Pada aplikasi ini dapat memilih beberapa kurus/tutorial sebagai fokus belajar di antara 13 kursus yang disediakan, antara lain :

  • C++ Tutorial, tutorial bahasa pemrograman ini merupakan yang terfavorit di Sololearn, dengan 5 juta lebih orang memilih untuk mempelajarinya.
  • Python 3 Tutorial. Python merupakan bahasa pemrograman yang sedang trend dan menurut saya cukup “powerfull”, karena banyak di implementasikan pada pengolahan data, kecerdasan buatan, dll.
  • Java Tutorial.
  • JavaScript Tutorial.
  • C# Tutorial.
  • PHP Tutorial.
  • Swift 4 Fundamentals.
  • Ruby Tutorial.
  • jQuery Tutorial.
  • C Tutorial.
  • HTML Fundamentals.
  • CSS Fundamentals.
  • SQL Fundamentals.

Cara Menggunakan SoloLearn

  • Download dan install aplikasi SoloLearn dari Google Play Store.
  • Jika sudah terinstall buka aplikasi tersebut.

  • Sign in menggunakan akun gmail yang dimiliki.
  • Jika sudah berhasil tunggu beberapa saat, lalu pilih tombol navigasi learn yang ada di bawah samping kiri.

  • Pilih salah satu bahasa pemrograman yang akan dipelajari, contohnya JavaScript. Klik Overview.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

10 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

12 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

1 day ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

2 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago