HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa Itu Sparkol Videoscribe?

Perkembangan teknologi informasi memang sudah banyak berkembang pesat.Tidak hanya alat teknologi saja yang dihasilkan,namun juga sudah banyak software-software yang diciptakan,salah satunya yakni software Sparkol Videoscribe.Aplikasi ini sarana paling tepat dan akurat karena dapat digunakan sebagai pengantar pembelajaran,serta sangat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik,Berikut akan kita jelaskan tentang Sparkol videoscribe,mulai dari pengertian,kelebihan-kekurangan dan masih banyak lainnya.

Apa Itu Sparkol Videoscribe ?

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah video dengan animasi tulis tangan.Didalam aplikasi ini,ada banyak animasi keren dan unik,sehingga akan membuat peserta didik lebih suka dan terhibur dalam kegiatan belajar mengajar.Tidak hanya itu,software ini juga dapat digunakan sebagai sarana promosi,presentasi,bisnis online dan kegiatan lainnya.Dengan adanya software ini,kalian akan mudah dalam menyampaikan pesan,karena tidak perlu menyajikan sesuatu yang panjang.

Sparkol VideoScribe bukan perangkat lunak gratis(free),kalian dapat mencoba program ini selama 7 hari tanpa biaya dan tanpa memberikan kartu kredit,tetapi opsi ekspor kalian akan terbatas pada Youtube, Facebook,Powerpoint dan setiap video akan memiliki watermark.Jika kalian memutuskan untuk membeli perangkat lunak Sparkol VideoScribe,kalian dapat membayar $ 168 untuk akses satu tahun atau membayar $ 35 sebulan dan mengakhiri atau melanjutkan kontrak kalian kapan pun.

Sejarah Perkembangan Sparkol VideoScribe

Sparkol VideoScribe awal diluncurkan yakni di Inggris pada Tahun 2012 oleh perusahaan aplikasi Sparkol.Lalu di Tahun 2013 aplikasi Sparkol VideoScribe sudah memiliki banyak pengguna hingga melebih 100.000 orang. Dan terus bertambah setiap tahunnya. VideoScribe dibuat dengan Adobe Flash yang menghasilkan Video dengan Quicktime.File video pada Sparkol Videoscribe dapat unggah melalui video Flash,Video Quicktime atau gambar (JPEG atau PNG).

Pada Bulan April 2013, anak-anak sekolah Amerika menggunakan Sparkol VideoScribe membuat pesan untuk Barack Obama.Kanselir Inggris George Osborne meriwayatkan seorang juru tulis untuk menjelaskan putaran pengeluaran di situs web pemerintah Inggris pada Bulan Juni 2013.Di Bulan berikutnya,VideoScribe direkomendasikan di situs web BBC News.Aplikasi Sparkol VideoScribe iPad memenangkan Aplikasi Mobile/Tablet B2B Terbaik di MOMA Awards Tahun 2013 setelah dinominasikan dalam tiga kategori. Mashable telah menggunakan Sparkol VideoScribe untuk membuat beberapa video whiteboard untuk situs web mereka.

Manfaat Menggunakan Sparkol Videoscribe

Manfaat dari Sparkol VideoScribe yakni :

  • Membantu membuat video animasi dengan sedikit atau tanpa pengalaman.
  • Gaya whiteboard semakin populer dan relevan.
  • Pustaka persediaan suara dan gambar berarti tidak perlu membuat konten sendiri dari awal.
  • Dapat mengekspor dalam beberapa format berbeda ke berbagai platform.

Fitur-Fitur Sparkol Videoscribe

Aplikasi Sparkol VideoScribe memang unik,karena kemampuannya untuk mendukung semua fungsi yang diharapkan tanpa mengorbankan antarmuka pengguna atau kurva pembelajaran.pertama kali membuka program, Anda akan terkejut dengan betapa sederhananya aplikasi ini, dan salah mengira apliaksi ini akan memiliki aplikasi yang sangat terbatas.Sebaliknya,kalian akan menemukan bahwa ia dapat melakukan hampir semua yang Anda harapkan dari perangkat lunak animasi profesional.Juga, perlu diingat bahwa penggunaan Versi Mac dan Versi PC mungkin terlihat atau berfungsi sedikit berbeda, seperti halnya dengan banyak program lintas platform.

  • Memasukkan Teks

Teks diperlukan untuk proyek pada semua skala.Ini dapat digunakan untuk judul,peluru,catatan,detail gambar dan banyak lagi.Ini meningkatkan kualitas video dan membuatnya lebih menarik.VideoScribe menyediakan hampir setiap font yang kalian lihat di Microsoft Word untuk menulis teks kalian.Satu-satunya downside yakni bahwa hanya font dasar yang sudah diinstal,jadi memilih font lain akan memaksa kalian untuk menunggu sekitar satu menit saat unduhan.

  • Memasukkan Media

Tidak dapat membuat animasi tanpa gambar untuk dianimasikan dan Sparkol VideoScribe menyediakan pustaka gambar stok yang cukup komprehensif untuk bekerja dengannya.Kategori berkisar dari “panah” hingga “cuaca”.Ada 2 jenis gambar yang tersedia : gratis(free) dan berbayar.Gambar gratis digunakan hanya dengan memiliki salinan perangkat lunak sedangkan gambar berbayar harus dibeli secara individual dan tidak termasuk dalam harga program. Ini ditandai dengan pita merah dalam pencarian.Setelah memilih gambar untuk digunakan,kalian dapat mengkliknya untuk memasukkan ke dalam proyek video kalian.Dapat pula menentukan bagaimana gambar kalian digambar di layar,mengedit beberapa detail visual seperti : ukuran sudut atau kuas dan menentukan berapa lama gambar itu tetap terlihat.

  • Scene Animation dan Timeline

Setiap bagian konten,dari gambar ke teks,direpresentasikan sebagai satu blok pada timeline.Kalian dapat menarik dan melepas ini untuk menyusunnya kembali.Urutan yang ditampilkan dalam garis waktu menentukan apa yang digambar terlebih dahulu.Mengklik pada blok mana pun akan memperluas rinciannya dan memungkinkan kalian untuk membuka editor,menyesuaikan waktu layar atau memutar video dari titik itu.Ini juga memberi tahu kalian pada stempel waktu apa konten tertentu muncul dan menghilang.Klik bagian terakhir dari konten akan memberi tahu kalian berapa lama seluruh video.

Fungsi Audio Dan Sulih Suara Sparkol VideoScribe

Sparkol VideoScribe memiliki salah satu perpustakaan musik bebas royalti paling luas dari aplikasi apa pun.Ada lebih dari 200 klip dengan panjang berbeda-beda dan titik-titik kecil berwarna pada setiap klip mewakili kisaran dari satu biru untuk “tenang” hingga empat titik gelap untuk “berat”.

Ekspor Dan Membagikan Video Di Sparkol VideoScribe

Ketika kalian telah selesai mengedit video.Sparkol VideoScribe memiliki banyak opsi untuk mengekspor dan berbagi.Pengguna gratis hanya akan dapat mengakses opsi berbagi Youtube,Facebook,PowerPoint dan video akan ditandai dengan logo VideoScribe.Pengguna berbayar dapat mengekspor dalam beberapa format file video,ke situs web dan platform yang disebutkan sebelumnya tanpa tanda air.

Cara Menggunakan Sparkol Videoscribe

Selanjutnya kita akan menjelaskan langkah-langkah cara mengoperasikan atau menggunakan Sparkol Videosribe tersebut :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi sparked videoscribe.
  • Lakukan login dengan email kalian dan pastikan email aktif,kemudian klik start scribing yang terletak disebelah kiri bawah.
  • Setelah berhasil masuk,akan muncul bagan kerja awal dari lembar kerja aktif sparkol videoscribe.Kemudian,untuk menghilangkan tulisan yang ada pada lembar kerja tersebut,cukup lakukan klik secara sembarang,maka tulisan itu akan hilang dengan sendirinya.
  • Didalam sparkol videoscribe terdapat beberapa menu,dimana masing-masing dari menu tersebut memiliki fungsi tersendiri,pertama,ada menu yang mirip dengan gambar pensil yang terletak di pojok kiri atas,didalam menu tersebut berisi sub menu didalamnya antara lain Favotite,Computer,Library, Dropbox, dan web URL.Menu bergambar pensil ini digunakan untuk menambahkan gambar yang sudah ada di komputer kalian untuk dimasukan kedalam project kalian.
  • Lalu disebelah menu bergambar pensil,terdapat menu yang menyerupai huruf T besar.Menu tersebut digunakan untuk menginput kata atau teks yang ingin kita masukan atau bisa dibilang itu adalah lembar kerja dari sparkol itu sendiri.
  • Terdapat menu yang menyerupai gambar nada.Menu tersebut digunakan untuk memasukan musik yang ingin digunakan.Namun perlu diketahui bahwa sparkol videoscribe juga memiliki musik original yang cukup mumpuni untuk kalian gunakan didalam project.
  • Selain itu ada juga menu recorder,dimana menu tersebut digunakan untuk menginput rekaman atau musik suara rekaman untuk dimasukan ke dalam project yang akan dibuat.
  • Terakhir ada Menu Setting.Didalam menu ini terdapat fitur-fitur yang cukup mendukung untuk kerja kita.Jadi,fungsi dari menu ini,untuk mengganti animasi tangan bergerak dan juga paper atau lembar kerja kita.
  • Apabila ingin menyimpan sebuah video yang telah dibuat,cukup lakukan klik Creat and Share this Video pada bagian kanan atas jendela kerja sparkol videoscribe.Selesai.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

 

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

14 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

16 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago