HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Produk Google Paling Bermanfaat dan Populer

1. Android

Android merupakan sistem operasi paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Android sangat identik dengan smartphone, karena kebanyakan smartphone sekarang menggunakan android sebagai sistem operasinya. Android adalah salah satu sistem operasi open source. Dengan sistem operasi terbuka inilah banyak developer (pengembang apikasi) membuat aplikasi dalam bentuk apa saja dengan catatan mengandung unsur ponografi, kekerasan, SARA dan malware atau virus.

Sepanjang tahun 2012 android menguasai sistem operasi, pengiriman sebanyak 497.100.000.000 (empat ratus sembilan puluh tujuh milyar seratus juta) dan pangsa pasar dunia 68,8% bandingkan dengan iOS 18,8%, BlackBerry 4,5%, Symbian 3,3%, Windows Phone 2,5%, terakhir, sistem operasi lainnya 2,1%.

2. Blogger

Blogger merupakan salah satu tempat membuat blog gratis terbaik dan paling banyak di pakai oleh hampir semua orang di seluruh dunia, alasannya blog yang di buat di blogger lebih bersahabat dengan mesin pencari, terutama google yang merupakan raja pencarian, selain itu blogger atau blogspot, juga lebih seo, mudah di aplikasikan, dan masih banyak lagi kelebihan dan keunikan lainnya. Blogger dulunya dimiliki oleh pyra lab, namun sekarang sudah berpindah tangan menjadi milik google tepatnya tahun 2002. Walaupun bersifat gratis blogspot mampu bersaing dengan blog berbayar karena fitur yang di berikan sangat banyak. Jadi, bisa di bilang blogger itu gratis tapi mempunyai kualitas premium.

3. Youtube

Zaman sekarang ini siapa yang tidak mengenal youtube boleh di katakan hampir semua orang tau dan mengenalnya paling tidak mendengar namanya saja orang sudah tau kalau youtube itu tempat nonton, upload, berbagi dan download video gratis. Walaupun demikian masih banyak yang tidak mengetahui kalau tempat (Youtube) ini dulunya di buat dan di bangun oleh mantan pegawai paypal kalau tidak salah pada tahun 2005. Kemudian pada bulan November 2006 youtube berpindah tangan menjadi anak perusahaan google. Yang berlokasi di San Bruno, California.

Untuk menunjang performa pemutaran video dan memberikan kenyaman bagi penonton (user) youtube menggunakan teknologi Adobe Flash video dan HTML 5. Untuk jenis video, youtube mendukung dua jenis konten yaitu video buatan pengguna dan video amatir.

Video buatan pengguna, contoh klip film, klip TV dan video musik. Video amatir, seperti video blog, video asli pendek dan video pendidikan.

Kelebihan youtube

  1. Gratis, semua orang bisa membuat akun youtube secara gratis.
  2. Video yang di upload di youtube dapat muncul di google search dengan mudah dan mampu bersaing dengan artikel (Web/Blog).
  3. Lebih familiar (banyak digunakan orang).
  4. Bersahabat dengan mesin pencari google.
  5. Dapat menjadi ladang uang.
  6. Aman, khususnya bagi pengguna di bawah umur karena youtube akan mengunci video yang berisi konten ofensif (+18, pembunuhan dll)  dan baru bisa ditonton setelah melalui proses verifikasi  umur terlebih dahulu (18 tahun atau lebih) dll.

4. Gmail

Gmail merupakan salah satu produk unggulan google yang menjadi primadona khususnya bagi pengguna internet. Yang satu ini merupakan syarat penting dan syarat utama untuk mendaftar dan memiliki berbagai product gratis google lainnya. Tanpa gmail maka jangan pernah berharap bisa membuat akun/product google. Jika anda ingin memiliki atau membuat akun google terlebih dahulu silahkan anda buat akun gmail (Google Mail).

Fungsi gmail

Salah satu media yang memungkinkan berkirim surat secara elektronik atau online kepada siapapun di berbagai penjuru dunia secara gratis. Bukan hanya gratis, cepat, kapasitas yang besar, mudah di gunakan, tapi gmail juga menyediakan satu  fitur unggulan lainnya yang tidak bisa ditemukan di platform email gratis lainnya.

Satu fitur gmail yang tidak bisa ditemukan di platform email gratis lainnya adalah “google terjemah”. Fitur satu ini sangat membantu dan bermanfaat jika suka berkirim surat dengan orang yang berbeda bahasa, tidak perlu membuka google translate untuk membaca email yang di terima tapi cukup melakukan setting di dashboard gmail maka semua pesan akan otomatis di terjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti.

5. Adsense

Google adsense merupakan fitur yang sangat menarik karena memberikan solusi bagi pengguna internet untuk meraih dollar melalui iklan yang disediakan google yang bisa dipasang didalam website maupun blog. Telah banyak orang yang sudah memanfaatkannya sebagai usaha utama atau sampingan selain mengelola website.

6. Google Webmaster Tool

Google webmaster tool merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat bagi webmaster (pemilik situs) untuk mengoptimalkan situs yang di kelola atau melakukan optimasi mesin pencari. Dengan tool ini bisa mengetahui, mengoptimalkan dan menjaga kesehatan situs, kata kunci yang populer, jumlah artikel yang terindex google, backlink dan lainnya.  Pokoknya sayang sekali jika sebagai pemilik blog tidak memanfaatkan salah satu tool gratis ini.

7. Google Analitycs

Google analytics merupakan salah satu fitur gratis dari google yang wajib dimiliki setiap blogger. Berfungsi membantu pemiliki situs atau web mengamati kinerja situs yang di kelola. Banyak sekali fitur yang bermanfaat yang bisa didapatkan dengan produk. Google analytics memberikan informasi yang sangat rinci. Hal ini terjadi karena Google Analytics menelusuri dan memberikan informasi pengunjung berdasarkan halaman perujuk, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan PPC, email marketing dan tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Sehingga pengguna (pemilik situs/webblog) dapat dengan mudah mengetahui jenis iklan atau kata kunci apa yang paling banyak di baca dan menghasilkan traffik. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kinerja situs yang dikelola.

8. Google + atau Google Plus

Google+ atau Google Plus merupakan salah satu situs media sosial cukup populer dan keren yang di kendalikan oleh google. Yang di buat untuk menyaingi facebook , mulai beroperasi pada 28 Juni 2011.

Selain berfungsi sebagai jaringan sosial sebagaimana facebook, google plus memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dalam mendongkrak kepopuleran suatu web sehingga banyak sekali blogger menggunakan situs ini.

9. Google Chrome

Sebuah web browser yang dengan keunggulannya sebagai browser tercepat ini diperkenalkan tahun 2008. Chrome bersaing ketat dengan pendahulunya seperti Mozilla Firefox dan Internet Explorer maupun Opera.

Chrome kini menjadi salah satu pilihan browser utama bagi pengguna internet diseluruh dunia, pasalnya selain kecepatannya, juga memiliki banyak fitur yang bisa diterapkan pada browser ini. Selain itu, chrome kini jadi alternatif utama dalam mobile browser terutama bagi pengguna android.

10. Penelusuran Google (Search Engine Google)

Sejak kemunculan google search sudah menarik banyak perhatian pengguna internet di dunia. Hingga akhirnya mampu mengalahkan search engine lain seperti yahoo dan bing (pencarian dari microsoft). Google Search pada awalnya merupakan tulang punggung perusahaan raksasa ini yang dimulai dari garasi dengan kerja keras dan usaha yang membuahkan hasil hingga memperkenalkan produk dan fitur baru yang juga menarik banyak perhatian pengguna internet seperti gmail dan lainnya.

Google Search terus mengalami perubahan demi kenyamanan penggunanya dalam mencari data dan informasi baik berupa artikel maupun gambar dengan cepat dan beragam referensi. Jika dibandingkan dengan search engine lainnya memang saat ini google search yang terbaik dengan kualitas data serta keragaman informasi yang cepat dan banyak.

11. Google Drive

Sama halnya seperti Ziddu, mediafire atau 4share dan situs top lainnya, Google drive merupakan salah satu penyedia fasilitas penyimpanan gratis secara online yang di berikan oleh google. Layanan penyimpanan online gratis ini mulai dikenalkan kepada umum 24 April 2012. Dapat menyimpan file dalam bentuk apapun disini, seperti video, photo, script, dan lainnya. Tidak perlu takut cepat penuh karena kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan lumayan besar yaitu 15 GB dan dapat di tingkatkan menjadi lebih besar dengan melakukan pembelian.

Google drive juga memiliki fitur unggulan yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop (Desktop Sync Clients) dan yang terpenting sekarang google drive sudah terhubung dengan banyak aplikasi pihak ketiga. Sehingga pengunannya lebih maksimal.

12. Google Play

Google play merupakan salah satu tempat favorit bagi orang yang suka download aplikasi, game, atau lainnya secara gratis dan berbayar. Produk atau layanan google ini dapat di akses melalui berbagai media seperti android (google play store), Web, dan google TV yang mulai di publikasikan kepada khalayak umum Maret 2012.

13. Google Terjemah

Google terjemah atau google translate merupakan salah satu bukti kalau google benar ingin memberikan pelayanan terbaik untuk semua orang. Hal ini menunjukkan kalau google mengetahui tidak semua orang memiliki kemampuan atau pemahaman dalam mengunakan bahasa asing. Sesuai dengan namanya Layanan gratis satu ini dapat digunakan untuk menerjemahkan kata asing (bahasa asing) yang tidak atau belum dimengerti. Bukan hanya mampu menerjemahkan satu dua atau kata google terjemahan bisa juga di gunakan untuk menerjemahkan dokumen ke berbagai bahasa negara yang di inginkan.

14. Google Trends

Google Trends, sangat penting bagi SEO para webmaster, pemilik website dan blogger. Kehadiran Google Trends memberikan informasi penting seputar artikel dan berita paling populer di setiap negara yang menjadi patokan bagi sebagian banyak blogger, jurnalis.

15. Google AdWords

Google adwords adalah tempat yang bisa menempelkan iklan produk yang dimiliki untuk disebarluaskan ke seluruh pengguna internet di dunia. Lebih terkenal dan tentu memberikan keuntungan lebih saat orang melihat produk kemudian membelinya. Setiap orang boleh beriklan di google melalui google adwords dengan membayar beberapa dollar sesuai dengan keinginan.

16. Google Earth

Aplikasi google earth menjadi salah satu yang terbaik dalam melihat kondisi bumi diseluruh negara. Bahkan saat ini google earth dapat menampilkan dunia bawah laut. seperti hal nya Google map. Google menyebutnya Geotagging yakni cara menghubungkan informasi ke lokasi dunia nyata.

Google Earth memberikan pengguna pilihan, dari melihat citra satelit dari planet ke peta overlay, tiga dimensi dan fitur medan cityscapes.

Google Earth juga memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi untuk menghubungkan informasi ke lokasi tertentu di dunia. Pengguna dapat memilih untuk melihat informasi geotag mulai dari laporan berita umum dengan data yang disesuaikan. Google Earth memungkinkan untuk menggambarkan berita dengan cara yang baru. Sebagai contoh, sebuah kantor berita bisa menggambarkan cerita tentang kebakaran hutan dengan memplot daerah kerusakan pada Google Earth.

17. Google Map

Google Map diperkenalkan pada tahun 2005, dan pada tahun 2008 google memberikan fitur yang menarik yakni orang dapat mencari suatu daerah atau tempat bahkan gang menuju suatu rumah hanya dengan google map, terlebih google map mampu menunjukkan jalan mana saja yang dapat dilalui menuju tempat yang diinginkan.

Tidak hanya itu, google map mampu menujukan lokasi dimana orang berada sehingga dengan mudah mengetahui tempat. Aplikasi google map telah merajai aplikasi dalam melihat dunia secara mudah. Bisa melihat bagian dari dunia di berbagai negara dengan cukup menakjubkan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

13 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago