HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Yuk Gunakan Strategi Marketing Giveaway untuk Menarik Pelanggan!

Anda orang Indonesia, bukan? Anda tahu apa yang dikatakan Bung Karno seperti berikut, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Ini sama hal dengan kalimat berikut ini “Berikan pelanggan 1000 produk, niscaya akan terjadi banyak penjualan. Berikan pelanggan 1 giveaway, niscaya akan kau guncangkan penjualan”. Hal ini tidak berlebihan, karena strategi giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif.

Pemberian giveaway merupakan tren yang terus memberikan dampak positif. Bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan dengan giveaway? Bagaimana ini bisa terjadi? Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini pernah terlintas di benak Anda. Jawaban atas pertanyaan ini dapat ditemukan pada artikel berikut. Simak terus ya!

Giveaway adalah

Hallo para marketer! Apakah kalian sering melihat giveaway di timeline media sosial kalian? Atau kalian salah satu pengguna internet yang tidak mau ketinggalan setiap ada giveaway yang diadakan?Nah, dengan ini boleh juga diterapkan pada strategi marketing pada bisnismmu!

Jangan anggap remeh metode pemasaran ini. Menurut Easypromos’ survey, 92,6% pemasar telah merencanakan atau membuat giveaway di media sosial. Strategi yang paling umum adalah dengan mengadakan giveaway di Facebook atau Instagram. 45,5% merek merencanakan dan membuat giveaway di dua channel ini.

Giveaway adalah salah satu metode strategi pemasaran digital. Pada dasarnya giveaway adalah suatu kegiatan pemberian hadiah dengan syarat tertentu. Tentunya syarat dan ketentuan yang ditawarkan memiliki tujuan dan sasaran yang dapat menguntungkan perusahaan atau bisnis.

Bagaimana dan mengapa banyak perusahaan mengadakan giveaway? Ini karena efektif dalam memperoleh prospek. Metode giveaway menggabungkan marketing dan psikologi. Cara ini menyasar aspek psikologis manusia yaitu afeksi. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang lebih bersedia membeli atau membeli suatu produk jika memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih emosional.

Tujuan Giveaway

Mengapa giveaway dapat meningkatkan penjualan? Tujuan dari strategi ini adalah untuk memicu positif marketing funnel, sehingga tentu saja hal ini juga berdampak pada peningkatan penjualan. Menurut konsep AIDA, hadiah membawa lebih banyak arahan ke platform pemasaran Anda.

Misalnya, jika Anda mengarahkan giveaway ke landing page, jumlah prospek yang sampai di sana akan meningkat secara signifikan. Apalagi jika keuntungan dari giveaway tersebut adalah produk yang akan dijual, pasti itu adalah produk yang Anda inginkan. Ini luar biasa. Anda dapat menyaring calon pelanggan yang sudah mengenal produk Anda, tertarik sekaligus menginginkan.

Bukankah tujuan giveaway ini bagus? Anda hanya perlu membuat mereka mengambil tindakan. Jika mereka adalah pemenang giveaway, Anda berkesempatan mengizinkan mereka membeli produk yang diterima sebelumnya secara gratis. Jika mereka tidak termasuk pemenang, Anda dapat menawarkan penawaran khusus lainnya.

Ingat, ini adalah calon pelanggan yang jelas-jelas menginginkan produk Anda. Tujuan lainnya adalah meningkatkan keterlibatan media sosial jika persyaratan layanan Anda mengizinkan. Misalnya, wajib like, follow, dan lainnya

Contoh Giveaway

Berbagai bentuk giveaway biasa digunakan oleh perusahaan yang berbeda. Apa saja contoh giveaway-nya? Dibawah ini ada beberapa contoh giveaway, silahkan dijadikan referensi.

Social Media Giveaway

Ini adalah giveaway yang paling banyak digunakan saat ini melalui Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dll. Contoh manfaat ini antara lain like, share, and comment giveaway. Seluruh peserta wajib like, comment, dan share sesuai ketentuan yang ditentukan. Setelah itu, hasil akhir akan diumumkan pada akhir periode.

Contoh giveaway selanjutnya adalah Tag Friends. Dalam contoh ini, Anda dapat menggunakan pendekatan serupa dengan manfaat sebelumnya. Postingan giveaway meminta pengguna untuk menandai teman di komentar dan mengikuti dua akun Instagram berbeda untuk memenuhi persyaratan.

Website Giveaway

Anda mungkin dapat mempromosikan giveaway Anda melalui media sosial, namun situs web Anda menjadi tuan rumah giveaway tersebut. Ada banyak elemen gamifikasi yang dapat Anda gunakan di situs web Anda. Misalnya, Anda dapat membuat fitur roda ajaib atau mengharuskan peserta mengisi formulir tertentu.

Email Giveaway

Ini bisa menjadi kelanjutan dari website giveaway. Setelah peserta memasukkan alamat emailnya di formulir, Anda dapat menjalankan giveaway yang mengirimkan ke alamat email masing-masing peserta.

Jenis Giveaway

Secara umum, ada dua jenis giveaway, yakni self giveaway dan sponsored giveaway. Nah, perbedaan kedua jenis giveaway tersebut adalah:

Self Giveaway

Merupakan jenis giveaway yang diselenggarakan langsung oleh perusahaan itu sendiri untuk mempresentasikan produknya. Self giveaway merupakan format yang sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki anggaran khusus dan tim pemasaran yang kuat untuk menjalankan giveaway. Keuntungan dari hadiah giveaway jenis ini adalah fokus pada tujuan perusahaan.

Sponsored giveaway adalah giveaway yang disponsori oleh suatu perusahaan atau sponsor lainnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh startup dan perusahaan yang belum memiliki tim pemasaran. Penyelenggara giveaway akan meminta pembayaran untuk kegiatan ini.

Penyelenggara menyatukan beberapa perusahaan yang tertarik dengan sponsored giveaway dan membuat giveaway sesuai dengan tujuan masing-masing peserta giveaway. Giveaway jenis ini juga bisa diartikan sebagai giveaway kolaboratif yang diselenggarakan oleh dua perusahaan atau lebih tanpa menggunakan jasa penyelenggara.

Channel Giveaway

Suka atau tidak suka, digital marketing kini menjadi pilihan terpenting dalam penerapan strategi pemasaran. Tak perlu dikatakan lagi, metodologi giveaway secara alami berfokus pada digital marketing, terutama melalui saluran media sosial. Seperti disebutkan sebelumnya, 45,5% merek merencanakan dan membuat hadiah di Instagram dan Facebook.

Selain itu, membuat giveaway di website perusahaan juga merupakan hal yang positif. Hal ini juga dapat memengaruhi pembelian Anda atas produk lain yang ditawarkan di situs. Beberapa channel giveaway yang tersedia adalah:

  • Instagram
  • Tiktok
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Landing page

Cara Membuat Giveaway

Setelah Anda mengetahui pengertian, contoh, dan channel giveaway, yuk kita simak bagaimana cara membuat giveaway. Petunjuk tentang cara membuat giveaway disediakan di bawah ini.

Menentukan Tujuan

Langkah pertama dalam membuat giveaway adalah menentukan tujuan giveaway. Seperti dijelaskan di atas, tujuan giveaway adalah untuk memicu atribut dalam funnel marketing. Misalnya:

  • Meningkatkan leads yang masuk ke landing page
  • Meningkatkan interaksi media sosial
  • Menerima email calon pelanggan

Rencanakan giveaway

Cara membuat giveaway selanjutnya adalah memilih tujuan untuk giveaway, kamu siap untuk merencanakannya.

Tentukan Hadiah

Hadiah giveaway harus berkaitan dengan perusahaan atau merek Anda. Jangan membagikan iPad hanya untuk menarik lebih banyak peserta. Anda tidak akan mendapatkan peserta berkualitas tinggi yang benar-benar menguntungkan bisnis Anda. Anda ingin memilih hadiah yang memiliki nilai cukup untuk menjamin tingkat partisipasi tertentu. Semakin tinggi nilai hadiahnya, semakin banyak pula pesertanya.

Menetapkan Syarat dan Ketentuan

Anda juga perlu memutuskan bagaimana pengguna akan berpartisipasi dalam giveaway. Peserta mungkin diminta untuk menyukai postingan Anda, @menyebut satu atau beberapa pengguna lain dalam komentar, memposting dengan hashtag, atau mengunjungi situs web bisnis Anda.

Persyaratan kelayakan dapat berupa salah satu atau kombinasi dari kriteria ini. Yang terpenting adalah memudahkan pengguna untuk berpartisipasi.

Jadwalkan Giveaway

Untuk mempermudah perencanaan giveaway Anda, jadwalkan dengan jelas kapan memulai, mempromosikan, dan mengakhiri giveaway Anda.

Tentukan Hashtag Kampanye yang Menonjol

Hashtag kampanye (#namakampanye) sangat penting untuk mempromosikan giveaway Anda, menemukan konten untuk dibagikan sebagai entri giveaway, dan melacak keberhasilan dan analisis. Pilih hashtag yang relevan dengan kampanye, topik, produk atau layanan, atau perusahaan Anda.

Hashtag kampanye harus spesifik untuk kampanye individual ini. Selain itu, pastikan tidak ada orang lain yang menggunakannya.

Cara Mengumumkan Pemenang

Anda juga perlu memutuskan bagaimana pemenang akan dipilih dan bagaimana mereka akan diberitahu. Apakah Anda akan menggunakan alat generator acak? Atau akankah Anda menilai mereka? Apakah Anda akan mengirim email kepada pemenang atau mengirimkannya melalui DM Instagram? Atau Anda ingin menggunakan cara lain?

Setelah Anda memberi tahu pemenang, Anda dapat memposting secara publik di Instagram. Kami menyarankan untuk memberi tahu pemenang secara pribadi sebelum mengumumkannya secara publik di Instagram.

Memulai Giveaway

Cara membuat giveaway selanjutnya adalah dengan memulainya. Anda dapat berkomunikasi dengan gambar yang menarik. Dengan begitu, saat orang menelusuri feed Instagram mereka, mereka tidak melihatnya hanya sebagai foto biasa. Silakan pilih gambar yang sesuai dengan tema dan konten kampanye Anda. Sertakan persyaratan layanan Anda dalam deskripsi postingan Anda.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar giveaway tidak dimaksudkan untuk menjadi viral, namun memiliki hasil yang langsung dan signifikan. Giveaway pertama Anda mungkin hanya memiliki beberapa peserta. Jika audiens Anda tidak terbiasa dengan giveaway yang Anda selenggarakan, mereka mungkin ragu untuk berpartisipasi. Pengulangan dan konsistensi saat merencanakan giveaway akan membantu membangun momentum.

Evaluasi

Lacak hasil setiap giveaway untuk mengukur partisipasi, pertumbuhan pengikut, klik ke situs web Anda, dan metrik lainnya.

Pertama, Anda dapat membandingkan data untuk setiap giveaway untuk menentukan jenis hadiah, waktu, konten, dan jenis entri apa yang akan memberikan hasil terbaik untuk bisnis Anda berdasarkan tujuan Anda. Nah, itu tadi rangkaian cara mudah membuat giveaway!

Tingkatkan Penjualan dengan Membuat Giveaway!

Beginilah cara giveaway dapat meningkatkan penjualan. Giveaway adalah salah satu metode strategi digital marketing. Pada dasarnya giveaway adalah suatu kegiatan pemberian hadiah dengan syarat tertentu.

Mengapa memberi hadiah meningkatkan penjualan? Karena tujuan dari strategi ini adalah untuk memicu spositif marketing funnel, hal ini tentu saja mempengaruhi peningkatan penjualan juga. Kini saatnya meluncurkan manfaat pertama Anda atau terus mengoptimalkan manfaat yang Anda luncurkan.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Berbagai Macam Jenis Web Server Hanya Di Sini

Pernahkah anda mendengar istilah web server? Siapapun yang mengetahui tentang server dan website pasti mengetahui…

2 hours ago

Ingin Install Nginx di CentOS? Yuk Simak Panduan Lengkap Ini

Apakah Anda sering bingung bagaimana cara menjalankan website di cloud VPS? Cloud VPS dan hosting…

3 hours ago

Simak Apa Saja Perbedaan Nginx Dengan Web Server LiteSpeed

Nginx merupakan web server yang pertama kali dikembangkan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002. Seiring…

4 hours ago

Mbps vs. MBps: Arti dan Perbedaannya untuk Pengguna Internet

Anda mungkin sering menemukan istilah Mbps saat menggunakan Internet. Mbps biasanya merupakan satuan yang digunakan…

22 hours ago

Penasaran Dengan Nginx? Yuk Simak Artikel Berikut!

Dengan adanya koneksi internet biasanya terjadi proses komunikasi atau transfer data antara client dan server.…

1 day ago

Memahami Kabel Straight: Komponen Penting dalam Jaringan Komputer

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang kabel cross atau crossover cable, maka pada…

1 day ago