HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tentang Brand Equity Dan Mengapa Brand Equity Penting Untuk Sebuah Brand ?

Pengertian Brand Equity

Brand equity adalah kekuatan dari suatu merek.Dengan merek yang kuat sebuah perusahaan bisa mengelola aset-aset mereka dengan baik,meningkatkan arus kas,meluaskan pangsa pasar,menentukan harga premium,membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan,menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif.Menurut persektif konsumen,ekuitas merek adalah sebuah tanggapan dari konsumen terhadap suatu produk.

Lantas,mengapa ekuitas merek atau brand equity dianggap sebagai aset penting ? Hal ini dikarenakan brand equity dapat membantu dalam meningkatkan loyalitas dan nilai pelanggan bagi perusahaan.Dengan kata lain,semakin brand equity yang kita miliki kuat,maka merek produk kita juga akan semakin kuat.

Keuntungan Brand Equity

Pengaruh brand equity kepada keputusan pembeli mempunyai keuntungan tersendiri bagi perusahaan,menguntungkan jika laba yang didapat selalu meningkat dan brand equity yang kuat bisa memberikan kepuasaan lebih.

Berikut ini merupakan kelebihan yang didapat di antaranya :

  • Loyalitas : Konsumen bisa menjadi pelanggan setia,karena kepercayaan dan bahkan bisa merekomendasikan kepada siapa saja yang ditemuinya untuk memilih perusahaan.
  • Kemungkinan untuk menaikan harga yang lebih dari standar bisa saja dilakukan perusahan yang telah mempunyai nama brand equity.Kenaikan harga ini bisa berdampak sangat baik pada laba yang diperoleh.
  • Memberi kredibilitas kepada siapapun yang telah bersedia memakai merek tersebut.
  • Hasil yang didapat akan lebih tinggi,maksimal dan memuaskan konsumen maupun perusahaan.
  • Deferensasi bisa menyeimbangi para pesaing yang lebih tinggi.
  • Memiliki tingkat kefokusan matang dan konsisten.
  • Menciptakan rasa toleransi kepada setiap konsumen terkait kekeliruan produk atau perusahaan,mengenai loyalty yang lebih tinggi terkait merek.
  • Menghadirkan kinerja berkualitas yang bersedia bertahan.
  • Menarik pelanggan untuk setia pada merek tersebut.

Cara Memperkuat Brand Equity

Kalian harus tahu ada 4 dimensi brand equity,pengetahuan tentang dimensi ekuitas merek ini penting agar kalian memahami mana cara yang tepat untuk memperkuat brand dan mana tidak berimbas signifikan.4 dimensi tersebut : pengetahuan terhadap brand,kualitas pada brand,asosiasi dan kesetiaan brand.Dimensi pertama sampai ketiga menentukan seberapa kuat brand kalian merangsang pelanggan untuk membeli produk.Jika tiga dimensi tersebut berhasil lakukan,maka dimensi keempat seolah menjadi bonus.

4 dimensi ekuitas merek tersebut merupakan basic dari cara menaikkan kekuatan merek.Jadi bagaimana implementasinya ?

  • Variasi Dalam Aktivitas Marketing

Dalam sebuah seminarnya,Prof. Kevin menekankan pentingnya melakukan beberapa jenis marketing,mulai dari konvensional sampai yang modern menggunakan media sosial.Satu hal yang perlu diingat bahwa dalam melakukan marketing,harus memastikan ada value yang bisa didapatkan oleh pelanggan jika membeli produk yang kalian tawarkan.Jadi, marketing bukan hanya digunakan agar semakin banyak orang tahu, tapi semakin banyak orang tertarik.

  • Membangun Networking

Memperkuat brand tidak selalu dilakukan dengan cara marketing,tapi juga networking.Artinya,harus berinteraksi dengan orang banyak tanpa ada niat untuk menawarkan produk.Karena secara tidak langsung jika kalian melakukan interaksi,akan semakin banyak orang tahu tentang kalian dan bisnis kalian.

  • Membuat Event

Cara yang paling tepat untuk menguatkan brand yakni kalian bisa membuat event yang membuat banyak orang tertarik untuk datang.Pada saat itulah,masyarakat akan sadar dengan brand yang kalian bawa.

Tahapan Brand Equity

Brand equity yakni hasil dari pengalaman pelanggan dengan brand.Oleh karena itu,dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk mencapai ekuitas brand yang positif.

Dilansir dari Shopify,tahapan-tahapan perusahaan untuk mencapai ekuitas brand,sebagai berikut :

  • Kesadaran

Brand awareness atau kesadaran :Bbrand mengenalkan dirinya kepada target pasar.Caranya pun beragam,mulai dari iklan,acara,hingga pameran.

  • Pengakuan

Brand recognition atau pengakuan  : Berarti pelanggan mulai akrab dan mengakui kehadiran brand tersebut.Pelanggan akan mengenali brand setiap melihatnya di toko atau internet.

  • Percobaan

Setelah pelanggan menyadari dan mengakui kehadiran brand tersebut,pelanggan mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

  • Preferensi

Tahap penentuan bagi sebuah brand yakni preferensi.Jika pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik dari brand tersebut,mereka akan lebih memilihnya daripada brand yang lain.Namun jika tidak,mereka bisa beralih pada brand kompetitor.

  • Loyalitas

Tahap terakhir dari brand equity yakni brand loyalty.Setelah pelanggan mendapatkan serangkaian pengalaman brand yang baik, mereka akan terus memilih brand tersebut.Mereka tidak akan berpaling kepada brand kompetitor.Selain itu,pelanggan juga akan merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain.

Contoh Brand Equity

Beberapa contoh produk yang telah mencapai brand equity adalah perusahaan yang pada awalnya telah menerapkan strategi -strategi dagang yang tidak monoton.Mencoba berbagai pola promosi yang bisa menarik hati para konsumen dan menentukan harga yang pas dengan distribusi yang akan dikeluarkan.

Adapun beberapa contoh produk yang sudah mencapai brand equity yakni :

  • Brand Equity Teh Botol Sosro

Guna mencapai brand equity,Teh Botol Sosro bermula dari produksi merek teh melati oleh keluarga Pak Sosrodjojo,Teh Botol Sosro sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara di luar Indonesia,hingga saat ini Teh Botol Sosro telah berkembang menjadi sedemikian rupa yang akrab sekali dengan para konsumen hingga tidak kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah mempunyai nama besar.

  • Brand Equity Samsung

Samsung merupakan sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Samsung Town,Seoul,Korea Selatan.Perusahaan ini memiliki sejumlah anak usaha yang mayoritas berbisnis dengan merek Samsung dan perusahaan ini merupakan chaebol terbesar di Korea Selatan.Banyak keluaran gadgets yang lebih canggih dan lebih booming dari pada Samsung.Namun karena telah memiliki brand equity,Samsung menjadi salah satu merek yang banyak diambil para konsumen.Meski banyak merek lain yang lebih berkualitas namun untuk mendapatkan sebuah brand equity perlu proses yang panjang.

  • Brand Equity Sampoerna

Sampoerna merupakan perusahaan rokok terbesar pertama di Indonesia.Kantor pusatnya berada di Surabaya.Beberapa merek rokok terkenal dari Sampoerna adalah Dji Sam Soe dan A Mild.Dji Sam Soe adalah merek lama yang telah bertahan sejak masa awal perusahaan tersebut.Selain itu,perusahaan ini juga terkenal karena iklannya yang kreatif di media massa.Nilai asset dari pembelian sampoerna ini lebih rendah dari pembelian.Brand equity dari sampoerna ini telah membuahkan hasil dari semula hanya 1 miliar kini mencapai 4 miliar.

  • Brand Equity Apple

Merupakan perusahaan teknologi multinasional berpusat di California yang merancang,mengembangkan dan menjual barang elektronik konsumen,perangkat lunak komputer dan layanan daring.Banyak keluaran gadgets yang lebih canggih dan lebih booming dari pada apple.Namun karena apple telah memiliki branding equity,apple menjadi salah satu merek yang banyak diambil para konsumen.walau banyak merek lain yang lebih berkualitas namun untuk mendapatkan sebuah branding equity perlu proses yang panjang.

  • Brand Equity Google

Google merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang khusus pada jasa dan produk Internet.Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian,komputasi web,perangkat lunak dan periklanan daring.Google membuktikan bahwa dengan memiliki brand equity,sangat mungkin untuk menyalip kesuksesan kompetitor yang lebih dulu muncul.Tentunya, hal tersebut disponsori oleh kualitas dan fitur menarik Google,Seperti  : relevansi pencarian,kecepatan menjelajah,serta tersedianya berbagai produk multi-fungsi (Gmail, Google Docs,Google classroom dan lainnya).Sekarang Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari di dunia.

  • Brand Equity Starbucks

Starbucks merupakan sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Washington.Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia.Meskipun lebih mahal,banyak pelanggan tetap lebih memilih Starbucks.Mereka menilai bahwa Starbucks memiliki nilai lebih daripada brand kopi lainnya,ini berhasil tercapai karena Starbucks menjalankan strategi branding yang lebih unggul daripada kompetitornya.

  • Hansaplast

Hansaplast contoh brand equity yang terbentuk dari kekuatan brand awareness, brand image, dan brand trust yang kokoh.Hansaplast ini merek untuk berbagai macam plester produksi Beiersdorf.Merek Hansaplast digunakan untuk pemasaran di Eropa dan Asia.Pada awalnya Hansaplast bernama Handyplast.Hansaplast rutin mengembangkan varian produknya sehingga tetap relevan dengan kebutuhan customer.Brand awareness mereka juga terawat.Hansaplast sering mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat. Acara olahraga, sosial, dan banyak lagi.

Tolak Ukur Kekuatan Brand Equity

Tolok ukur yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui seberapa kuat brand itu cukup mudah.Jika terjadi keberagaman respon,maka kalian patut bergembira.Itu artinya brand pruduk kalian menawarkan hal yang berbeda dibandingkan dengan brand lain.Jika belum ada respon dari masyarakat,maka harus semakin keras lagi melakukan cara untuk menaikkan kekuatan merek.

Semoga artikel ini bisa menjelaskan betapa pentingnya membangun sebuah brand equity agar bisnis apapun yang dijalankan semakin dikenal,semakin dipercaya orang banyak dan semakin berkembang 🙂 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

7 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

13 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago