HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Micrososft Azure

Aplikasi dan platform cloud computing kini telah tumbuh sangat pesat.Merevolusi bagaimana bisnis bekerja dan menciptakan aliran pendapatan baru.Setelah dinilai sebagai cloud service yang fleksibel dan serbaguna,Microsoft Azure kini adalah opsi utama perusahaan untuk keperluan analisis mereka,aplikasi satu ini juga mampu menampung ribuan file dan menjadi senjata perusahaan untuk keamanan data mereka.

Seperti apa saja definisi dari aplikasi yang diprediksi akan menjadi masa depan dari cloud service tersebut?Berikut akan kita bahas.

Pengertian Micrososft Azure

Microsoft Azure merupakan platform cloud yang banyak dipilih di level perusahaan dan digunakan oleh 95 persen perusahaan Fortune 500 atau bisa diartikan sebagai rangkaian layanan cloud computing yang terus berkembang untuk membantu organisasi menghadapi tantangan bisnis.Dalam Microsoft Azure kita di bebaskan untuk membangun,mengelola dan menyebarkan perangkat lunak pada jaringan global yang masif menggunakan Tools Favorite dan Frameworks.Microsoft Azure menyediakan software as a service (SaaS),Platform as a service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS) dan mendukung banyak bahasa pemrograman, tools dan Framework yang berbeda, termasuk perangkat lunak dan perangkat lunak pihak ketiga khusus dan Microsoft.

Ada 3 buah komponen dari teknologi Windows Azure,diantaranya :

  • Compute : Bagian dari teknologi Windows Azure yang berguna dalam proses komputasi,baik secara foreground ataupun background job (berjalan di belakang layar).Compute tools dari Windows Azure diantaranya : web role,worker role dan virtual role.
  • Storage : Bagian dari teknologi Windows Azure yang berguna dalam proses penyimpanan data,terdapat 2 jenis storage dalam Windows Azure,pertama yakni Azure Storage,berguna untuk penyimpanan data berbentuk table,cloud dan blob.Sementara itu,bentuk storage lain adalah SQL Azure yang merupakan versi SQL Server yang berjalan di cloud.
  • Fabric : Bagian yang berguna sebagai otak dari teknologi ini,proses ini diatur oleh Windows Azure Fabric Controller yang berguna dalam proses scheduling,resource allocation dan management.

Windows Azure bersandar pada teknologi REST (Representational State Transfer) sehingga proses komunikasi antar aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakan protokol HTTP.

Ada 2 buah key properties yang membuat Microsott Azure unggul dibanding kompetitornya :

  • Resource Elasticity

Dapat melakukan penyesuaian resource yang dibutuhkan secara real time oleh suatu aplikasi yang berjalan,contoh : suatu aplikasi hanya tinggi traffic nya pada waktu-waktu tertentu (misalnya aplikasi pemilu),maka tentu kebutuhan resource hanya tinggi pada saat tertentu saja.Oleh karena itu,dapat melakukan setting resource dengan menggunakan resource rendah saat jumlah akses rendah dan meningkatkan kapasitas resource apabila sedang mencapai peak time.

  • Geo-aware

Berjalan di atas data center Microsoft yang tersebar luas di seluruh dunia.Saat pengembangan aplikasi cloud,pengembang dapat memilih data center yang terdekat dengan mereka sehingga tingkat konektifitas menjadi lebih tinggi.contoh : apabila membuat suatu aplikasi pemilu di daerah eropa,maka sebaiknya resource-resoure yang digunakan (database dan lain-lain) berada di daerah eropa.Hal ini telah diimplementasikan pada teknologi Windows Azure.

Fitur Microsoft Azure

Berikut adalah beberapa fitur dari Microsoft Azure yaitu :

  • Meningkatkan Backup dan Disaster Recovery

Menawarkan fleksibilitas,pemulihan situs tingkat lanjut dan integrasi bawaan.Sifat Microsoft Azure berbasis cloud membuatnya sangat fleksibel,memungkinkan untuk mencadangkan data milik kita dalam hampir semua bahasa permograman,sistem operasi atau lokasi apa pun.Azure juga memungkinkan untuk mengatur jadwal backup setiap hari,mingguan,bulanan atau pada jadwal apa pun yang kita inginkan.Di sisi lain,fitur pemulihan situs Microsoft Azure dapat meningkatkan sistem pencadangan tape kita dengan menyediakan replikasi di luar lokasi dan retensi data selama beberapa dekade dengan biaya pemeliharaan dan operasional di lokasi yang minimum.Mcirosoft Azure juga menyimpan 3 cadangan data di 3 lokasi berbeda di data center,ditambah 3 cadangan lain di remote data center.

  • Pengembangan Serta Hosting Aplikasi Web dan Mobile

Ideal untuk mengembangkan,menghosting dan mengelola aplikasi web dan seluler,menjadikannya otonom dan adaptif melalui fitur seperti manajemen patch otomatis,AutoScale dan integrasi untuk aplikasi lokal.Manajemen patch otomatis pada mesin virtual membebaskan waktu yang dihabiskan untuk mengelola infrastruktur serta memungkinkan untuk fokus pada peningkatan fitur inti aplikasi milik.Sementara itu, AutoScale,fitur yang terintegrasi ke dalam Azure Web Apps,secara otomatis menyesuaikan ambang batas sumber daya yang dimiliki berdasarkan lalu lintas pengguna,menghemat uang kita di luar jam sibuk.Microsoft Azure menautkan aplikasi web milik kita ke aplikasi lokal yang memungkinkan para stakeholder mengakses sumber daya dalam firewall kita.

  • Terintegrasi Active Directory

Dapat berintegrasi dengan active directory milik kita,melengkapi kemampuan akses dan identitas yang ada.Proses ini memberi DNS untuk meningkatkan keamanan,jangkauan di seluruh dunia dan manajemen terpusat.Salah satu hal yang membuat Azure unik yakni kemampuan untuk memperluas jangkauan lingkungan Active Directory milik kita secara global sambil mempertahankan kontrol langsung.Tidak ada platform cloud lain yang dapat memperluas jangkauan pengontrol domain dan mengonsolidasikan manajemen Active Directory.

Dan jika kita memiliki beberapa situs atau menggunakan aplikasi cloud seperti Office 365,integrasi Azure dengan Active Directory memberi kita tools terpusat untuk mengelola dan memelihara akses ke rangkaian tools milik kita.

Pengaplikasian Micrososft Azure

Solusi yang dapat dibangun perusahaan di Microsoft Azure,meliputi :

  • Infrastructure as a Service (IaaS).
  • Platform as a Service (PaaS).
  • Software as a Service (SaaS).

Microsoft Azure merupakan platform cloud yang cepat,fleksibel dan penting bagi perusahaan yaitu platform cloud yang terjangkau.

Di bawah ini beberapa contoh solusi Microsoft Azure yang bisa digunakan :

  • Pengembangan Aplikasi : Pengguna dapat membuat hampir semua aplikasi web di Azure.
  • Hosting Aplikasi : Setelah pengembangan,kemudian dapat menghosting aplikasi di Azure.
  • Software Testing : Pengguna dapat menguji aplikasi di Azure.
  • Pembuatan Virtual Machine : Menambahkan mesin virtual ke infrastruktur TI menggunakan Azure.
  • Virtual Hard Drives : Perluas armada mesin virtual dengan hard drive virtual (atau penyimpanan berbasis cloud).
  • Integrasi dan Sinkronisasi : Azure memungkinkan mengintegrasikan aplikasi berbasis cloud dengan infrastruktur TI yang ada.
  • Kecerdasan Bisnis :Azure merupakan alat kecerdasan bisnis canggih yang memungkinkan menangkap dan menyimpan metrik penting untuk mengukur aktivitas aplikasi.

Solusi ini tersedia di platform cloud lainnya,termasuk Amazon Web Services (AWS).Namun,Azure memiliki beberapa fitur unik yang membuat pelatihan arsitektur Azure atau sertifikasi Azure menjadi bermanfaat.

Kelebihan Microsoft Azure

Keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan Microsoft Azure seperti berikut :

  • Platform Praktis Dan Kuat

Pengembang kalian tidak perlu belajar perkakas atau platform baru untuk memanfaatkan keunggulan dari kekuatan awan.Dengan Microsoft Azure,dapat memindahkan aplikasi yang sudah ada ke awan dan pengembang kalian dapat membuat aplikasi dan layanan baru menggunakan teknologi yang sudah mereka ketahui dan percaya.

  • Fleksibilitas

Dapat mengerjakan beberapa hal secara serempak.Karena itu,Microsoft Azure memberi ketangkasan untuk memanfatkan bermacam aplikasi perkakas pengembangan,manajemen layanan otomatis dan pusat data global untuk merespon lebih cepat terhadap kebutuhan konsumen.Saatnya fokus pada pembeda yang membuat kalian kompetitif dan raih pasar baru.

  • Kebebasan Memilih

Kini Departemen TI kalian adalah pengambil keputusan.Microsoft Azure membuat mereka dapat mengatur,mengimplementasi dan menyimpan data,sementara kalian fokus pada tantangan bisnis dan kebutuhan konsumen.

  • Penyederhanaan Pendekatan

Pengembang kalian sudah menguasai banyak bahasa,sehingga tak perlu lagi mempelajari bahasa baru. Dengan Microsoft Azure,mereka dapat menciptakan dan mengatur aplikasi dan layanan menggunakan bahasa yang sudah mereka kuasai seperti.Net,java,PHP dan Ruby.

  • Solusi Yang Diandalkan

Kalian adalah pihak yang dapat diandalkan.Begitu pula komputasi awan dari Microsoft.Dengan kinerja 99,9%+ dan dukungan 24/7,kalian tidak akan pernah kehabisan kekuatan awan.

Kekurangan Microsoft Azure

  • Membutuhkan Manajemen

Membutuhkan manajemen khusus dengan alat seperti penambalan dan pemantauan server.Ini berbeda dari platform SaaS karena mereka bergantung pada pengguna akhir untuk mengkonsumsi informasi.Kalian juga akan membutuhkan sumber daya manusia untuk secara fisik memonitor pusat data berbasis cloud dan memastikan bahwa semua hal berjalan lancar.

  • Kecepatan

Memulai akun cloud adalah tugas yang cukup mudah,dengan mengingat kemudahan akses.Namun,dalam kasus Microsoft Azure,54 wilayah melayani 140 negara berbeda di dunia.Jika tinggal di negara yang jauh dari wilayah pusat data,maka akan melihat kelambatan dalam kecepatan, yang dapat mengganggu beberapa perusahaan.

  • Butuh Keahlian Platform

Microsoft Azure membutuhkan keahlian untuk mengoperasikan sehingga semua bagian yang diperlukan fungsional.Penyediaan layanan cloud yang berlebihan adalah salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh administrator bisnis.Kesalahan sederhana bahkan tidak mudah diidentifikasi di cloud,sehingga menelan biaya ribuan dolar per tahun untuk bisnis.

Mengupload File Ke Microsoft Azure Dengan File Basis Web

  • Harus sign in dengan akun microsoft kita,jika sudah mempunyai akun microsoft sign in jikalau belum,silahkan untuk sign up.

  • selanjutnya,akan masuk ke halaman portal microsoft azure untuk mengupload file web kita.

  • Lalu,klik new dan klik web & mobile dan pilih web app.

  • Selanjutnya mengisi dan apps name,harus unik tidak boleh sama dengan web yang sudah ada.

  • jika ingin menambahkan App service atau lokasi kita : jika baru mengisi maka create new,jika ingin lokasi sama dengan lokasi yang kita buat sebelumnya,klik lokasi yang sudah ada.

  • Setelah diisi,klik create dan tunggu Microsoft azure memprosesnya jika berhasil akan ada notifikasi sudah berhasil,jika sudah succes step,selanjutnya yakni mengupload file milik kita,lalu klik deployment credentials,lalu isi form yang ada di deployment crudential jika yang di inputkan betul maka akan succes jika ada yang salah maka akan gagal.

  • Lalu upload file kita dari dekstop dan jika sudah di upload maka akan muncul tampilan web yang kita upload di url yang dibuat di Microsoft azure.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago