HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Thumbnail: Definisi, Fungsi, dan Pentingnya dalam Konten Digital

Thumbnail merupakan bagian penting yang digunakan ketika mengupload video, blog, atau konten tertentu. Tujuannya untuk menggugah minat penonton untuk menonton video yang diupload. Jadi, dapat disimpulkan bahwa thumbnail bisa diartikan sebagai sampul buku.

Aplikasi yang memiliki berbagai fitur thumbnail mempunyai banyak manfaat, seperti mengurangi proses load file, proses baca file lebih cepat, tingkatkan kinerja perangkat keras, dan banyak lagi. Namun, ada juga beberapa kelemahan dalam menggunakan thumbnail. Ingin tahu lebih banyak tentang istilah thumbnail ini? Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan berikut ini sampai bawah.

Thumbnail, itu Apa?

Apa itu thumbnail? Sederhananya, thumbnail merupakan representasi kecil dari gambar yang lebih besar. Namun, masyarakat umum sering mengenal thumbnail sebagai pratinjau yang biasa disertakan dalam vlog atau gambar tertentu.

Sebenarnya penggunaan thumbnail sudah ada sejak tahun 1980an. Saat itu, thumbnail berfungsi sebagai gambar pratinjau dan sering kali menyertakan link ke gambar aslinya. Saat pengguna mengklik, versi gambar yang lebih besar akan terbuka.

Kini Anda juga dapat memahami thumbnail di YouTube. Dalam hal ini pembuat video YouTube menggunakan thumbnail untuk menarik audiens agar menonton video yang diunggah. Selain itu, ukuran thumbnail bervariasi tergantung pada tujuan penggunaannya, sehingga thumbnail yang digunakan untuk mewakili beberapa gambar besar, seperti pada perangkat lunak manajemen dokumen, mungkin sangat kecil karena fokus utamanya adalah menampilkan gambar.

Fungsi Thumbnail

Seperti disebutkan sebelumnya, thumbnail memainkan peran penting pada perangkat, seperti menampilkan pratinjau gambar digital. Supaya lebih jelas, berikut beberapa fitur thumbnail yang dapat dinikmati pengguna:

1. Mengurangi proses load file

Fungsi utama dari thumbnail ini adalah untuk mempersingkat dan mempercepat proses loading. Pasalnya, gambar yang ditampilkan di galeri biasanya hanya berupa preview berukuran kecil. Oleh karena itu, penggunaan thumbnail akan mempercepat proses pemuatan file, yang biasanya sangat memakan waktu.

2. Mempercepat keterbacaan file

Sama seperti poin sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan thumbnail untuk membuat file supaya lebih mudah dibaca. Artinya, jika Anda memiliki ribuan file media seperti foto dan video. Data thumbnail dapat membantu Anda mengakses file lebih cepat dan memudahkan untuk membacanya nanti.

3. Memudahkan kinerja hardware

Fungsi thumbnail lainnya adalah untuk meningkatkan kinerja perangkat keras. Perangkat keras adalah komponen fisik yang diperlukan agar perangkat komputer dapat berfungsi dengan baik, seperti layar monitor, motherboard, mouse, atau komponen lain yang digunakan untuk mengoperasikan perangkat tersebut. Seperti yang telah disebutkan, proses load file menjadi lebih singkat dan file dibaca lebih cepat, sehingga kinerja perangkat keras tidak perlu terlalu berat.

Jenis-jenis Thumbnail

Thumbnail tersedia dalam beberapa jenis, dan jenis ini biasanya dapat dikenali berdasarkan tujuannya. Ada yang memakai thumbnail di YouTube, Google, dan perangkat Android. Untuk informasi lebih lanjut, lihat berbagai jenis thumbnail:

  • Video thumbnail. Pada jenis ini, thumbnail adalah gambar tunggal atau serangkaian gambar pendek dari video tersebut. Thumbnail jenis ini biasanya digunakan sebagai gambar diam untuk menampilkan suatu video di website atau media sosial.
  • YouTube thumbnail. Gambar mini YouTube adalah versi lebih kecil dari gambar mini video YouTube. Thumbnail ini mewakili konten video dari saluran YouTube dan hasil pencarian. YouTube juga memungkinkan pengguna untuk membuat thumbnail video khusus.
  • Blog thumbnail. Thumbnail yang dipakai dalam postingan blog dan artikel biasanya jauh lebih kecil dari gambar aslinya. Thumbnail ini membantu pembaca mengidentifikasi topik artikel.

Apakah Thumbnail Penting?

Seiring dengan perkembangan teknologi, video telah menjadi bentuk konten paling populer. Konsumsinya mencapai hampir 65% dari seluruh trafik internet, gambar mini menjadi lebih penting dari yang sebelumnya. Dengan memahami nilai yang ada dalam gambar ini dan memakainya secara efektif dapat memikat pemirsa, meningkatkan rasio klik tayang, dan berdampak pada meningkatnya keterlibatan dan penayangan video. Jadi, jika ada pertanyaan terkait apakah thumbnail penting? Jawabannya tentu, Ya.

Apakah Aman Menghapus File Thumbnail di Android?

Thumbnail memang berperan penting di perangkat Anda, tetapi apakah itu juga aman untuk Android? Perlu diketahui bahwa file data thumbnail yang dipisahkan dari folder tertentu biasanya memakan banyak ruang disk. Nah, jika ruang penyimpanan Anda terbatas, memiliki file thumbnail ini sebenarnya bisa berbahaya bagi perangkat Anda, karena akan menyebabkan lag, buy, dll. Jadi, jika memori perangkat Anda tidak terlalu besar, sebaiknya hapus folder thumbnail tersebut.

Kesimpulan

Pada dasarnya thumbnail merupakan representasi kecil dari gambar yang lebih besar. Secara umum istilah thumbnail lebih dikenal sebagai gambar preview yang disertakan dalam suatu video atau gambar tertentu.

Sebenarnya menggunakan thumbnail bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda, antara lain: Mengurangi proses pemuatan file, membaca file lebih cepat, meningkatkan kinerja perangkat keras untuk sumber daya file gambar, dan banyak lagi. Meski thumbnail memiliki banyak manfaat, namun pengguna Android dengan memori terbatas tetap perlu berhati-hati. Pasalnya thumbnail memakan banyak ruang penyimpanan dan dapat menimbulkan berbagai masalah pada smartphone Android, seperti: Contoh: keterlambatan, kesalahan, dll.

Nah, sampai sini anda pasti sudah paham apa itu thumbnail. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda!

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

18 hours ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

19 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

20 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

20 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

2 days ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

2 days ago