HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tipe Template Email Marketing yang Umum Digunakan

Email marketing menjadi salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan oleh pebisnis sejak lama, dan masih relevan hingga sekarang. Untuk memudahkan operasionalnya, ada beberapa tipe template email marketing yang dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Jika seseorang yang bergerak di bidang pemasaran ataupun pemilik bisnis yang tertarik untuk menggunakan email marketing sebagai cara untuk mempromosikan produk dan layanan, maka harus simak artikel ini hingga selesai.

Jenis Template Email Marketing untuk Bisnis

Sudah tahu kan apa itu template email marketing dan mengapa harus menggunakannya? Jadi, sekarang bisa mulai mencari beberapa rekomendasi template email marketing yang tepat dengan bisnis serta tujuan yang ingin dicapai.

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang bisa dijalankan dalam jangka panjang terlebih jika sudah tahu kalau ada banyak keunggulan email marketing yang akan semakin menguntungkan bagi bisnis atau brand.

Apabila sedang mencari template yang cocok untuk kebutuhan email marketing, coba pertimbangkan beberapa rekomendasi berikut :

1. Tidio Email Marketing

Jika ingin menggunakan tool yang powerful, Tidio bisa menjadi pilihan tepat. Template email marketing satu ini menjadi salah satu pilihan para pemilik toko online karena menawarkan layanan pelanggan berupa live chat, chatbots, dan email marketing. Dimana para pengguna bisa menghubungkan semuanya agar bisa memberikan hasil yang lebih.

Tidio menawarkan lebih dari 250 template email marketing, diantaranya :

  • Newsletter.
  • Welcome email.
  • Email diskon.
  • Newsletter natal.
  • Black friday email.

Saat menggunakan template dari Tidio, bisa mengkostumisasi template sesuai keinginan. Tidio juga menawarkan drag-n-drop template email builder dan editor yang intuitif. Semua template yang disediakan sangat responsif sehingga bisa ditampilkan dengan baik di semua perangkat.

Bila diperlukan juga bisa menambahkan opsi personalisasi. Misalnya, bisa menyapa pelanggan dengan nama awal mereka. Properti kontak akan digunakan untuk membuat konten email marketing yang dinamis.

2. Omnisend

Tool email marketing yang bisa digunakan dalam membuat template adalah Omnisend. Mereka bahkan menawarkan versi gratis yang memungkinkan mengakses template email marketing gratis yang lebih dari cukup untuk membantu bisnis kecil hingga menengah.

Template email marketing satu ini memang dibuat untuk menghemat waktu dan bisa di kustomisasikan agar bisa mendapatkan sales. Menawarkan user interface(UI) drag-n-drop untuk email dengan beberapa fitur menarik seperti landing pages dan pop-up yang akan membantu meningkatkan customer base.

Selain menggunakan template yang tersedia juga bisa mendesain email menggunakan layout menggunakan editor. Keduanya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan template yang bisa disimpan dan digunakan untuk campaign selanjutnya.

3. Zoho Campaign

Pada dasarnya, Zoho merupakan platform customer relationship management (CRM) yang juga menawarkan solusi untuk kebutuhan bisnis lainnya. Zoho marketing menawarkan tools untuk sales, marketing, team management, dan finansial. Tersedia juga layanan email marketing dengan pre-built template dan kampanye.

Ada begitu banyak koleksi desain email yang ditawarkan Zoho. Bahkan bisa menggunakan lebih dari 190 template yang tersedia. Email dikelompokkan ke dalam beberapa kategori di bawah ini :

  • Email ulang tahun.
  • Email Bisnis.
  • Email natal.
  • Email liburan.
  • Thank you email.
  • Welcome email.
  • Email hadiah.
  • Email tahun baru.

Menariknya, layanan dari Zoho campaign bisa digunakan secara gratis. Namun, tentunya dengan email dan subscriber yang terbatas. Untuk bisa menikmati fitur seperti A/B testing, pilih layanan berbayar dengan harga yang pastinya terjangkau.

4. Mailchimp

Mailchimp begitu populer karena dikenal sebagai salah satu tools email dan marketing terbaik di dunia. Tersedia juga template email untuk para penggunanya. Bisa memilih template email marketing di Mailchimp berdasarkan layout dan fungsi.

Kategori tema untuk template email adalah: e-commerce, events, newsletter, featured, notifikasi, fotografi, dan stationary. Mailchimp merekomendasikan email berbeda untuk tujuan yang berbeda seperti untuk penjualan produk atau menyampaikan pengumuman.

Namun, template email marketing di Mailchimp hanya bisa diakses setelah melakukan akun upgrade. Jadi, pastikan sudah memilih plan yang menawarkan penggunaan template untuk kebutuhan email marketing.

5. Litmus

Litmus merupakan layanan email marketing yang memberikan tool untuk membuat dan mengelola kampanye. Ada lebih dari 30 template yang diakses dan edit menggunakan Litmus builder.

Saat mengakses perpustakaan template, bisa memilih salah satu dari template berikut :

  • Email undangan event.
  • Email kupon penjualan.
  • Email newsletter.
  • Email pemberitahuan produk.
  • Email postingan blog terbaru.
  • Personal note email.
  • Stationery email.

Bahkan juga bisa memanfaatkan template email tambahan untuk e-commerce dan manajemen akun. Akun Litmus Plus memungkinkan untuk mengintegrasikan Limtus dengan Mailchimp atau Campaign monitor.

Mengapa butuh Template Email Marketing?

Template email marketing penting bagi para pebisnis yang ingin mempromosikan produk atau layanannya melalui email. Selain karena lebih cepat untuk digunakan tanpa harus membuatnya dari awal terlebih dahulu sebelum memulai suatu kampanye email marketing, berikut adalah beberapa manfaat memiliki beragam template email marketing :

  • Menumbuhkan konsistensi

Contoh email marketing yang baik adalah konsisten. Template email marketing ini akan membantu memastikan bahwa semua komunikasi yang dilakukan melalui email akan konsisten entah itu dalam hal tata letak, desain, dan isi pesannya.

Konsistensi ini membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata pelanggan, dan memudahkan mereka untuk mengenali brand hanya dari email yang dikirim. Dengan kata lain, membantu branding.

  • Memperkuat identitas brand

Selanjutnya, template email marketing juga memungkinkan bisnis untuk memasukkan elemen-elemen penting dari merek seperti logo, warna, dan juga tipografi agar identitas brand semakin kuat di mata pelanggan.

  • Memberikan kesan profesional

Dengan menggunakan template email marketing juga turut memberikan kesan profesional pada email dan membuatnya lebih dipercaya oleh pelanggan. Alhasil, engagement juga akan turut meningkat.

  • Menghemat waktu

Template yang telah dirancang sebelum melaksanakan kampanye dapat menghemat banyak waktu dan sumber daya yang akan dihabiskan untuk membuat email baru dari awal.

Singkatnya, template email marketing adalah alat penting bagi bisnis dan pemasar karena menyediakan cara yang konsisten, profesional, dan efisien untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Ini dapat membantu membangun kepercayaan, meningkatkan engagement dan tentunya konversi.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

18 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

1 day ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago