HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

5+ Tips Membuat Company Profile yang Baik dan Menarik

Company profile merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan. Company profile adalah gambaran menyeluruh dari suatu perusahaan. Fungsi company profile adalah untuk memperkenalkan perusahaan, membangun citra perusahaan, dan sebagai media promosi dan partnership.

Untuk itu, dalam mengembangkan perusahaan, penting bagi kamu untuk membangun company profile. Tak perlu khawatir, karena untuk membuatnya sangatlah mudah. Adapun beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat company profile adalah sebagai berikut:

Tips Membuat Company Profile

1. Tentukan Gaya atau Ciri Khas Perusahaan

Cara kamu mempresentasikan perusahaan akan berdampak besar pada keberhasilan company profile kamu. Sangat penting bahwa gaya penyampaian memiliki keunikan yang sesuai dengan bidang industri perusahaan dan mendorong audiens untuk terlibat di dalamnya. Misalnya, kantor yang beroperasi di bidang akuntansi tetap menggunakan format tradisional.

Sementara itu, jika kamu berkecimpung dalam bisnis fashion atau pemasaran media sosial, ada baiknya untuk kamu selalu berkreasi dan memberikan visual yang menarik. Jangan takut untuk bereksperimen dan berani dengan ide-ide kamu selama ide tersebut sesuai dengan target audiens kamu.

2. Cari Media yang Tepat

Cara membuat company profile selanjutnya adalah dengan memilih media yang tepat untuk membuat dan menampilkannya. Kamu dapat memilih dari berbagai pilihan media, termasuk media cetak. Tentunya hal ini membutuhkan desain seperti buku yang berisi informasi detail tentang perusahaan. Namun, kamu juga bisa membuatnya hanya terdiri dari beberapa halaman.

Kemudian, kamu bisa menggunakan media elektronik. Ini adalah pilihan yang lebih populer dan efektif. Sebagian besar perusahaan telah mengalihkan company profile mereka dari media cetak ke dalam bentuk website atau format PDF.

3. Ceritakan Sejarah Singkat Perusahaan

Untuk membuat sejarah, kamu harus membuatnya secara kronologis. Jika tidak, pembaca tentu akan kebingungan. Kamu dapat membuatnya dalam format paragraf atau garis waktu.

Tips lain yang perlu diingat adalah “lebih sedikit tapi lebih banyak”. Tentu sangat menggoda untuk membagikan semua pencapaian perusahaan, tetapi tetaplah berpegang pada hal-hal yang paling penting agar pembaca tidak kewalahan.

4. Berikan Unique Selling Proposition Perusahaan

Penting untuk memberi tahu audiens kamu apa yang unik tentang perusahaan atau produk kamu. Jika perusahaan kamu memiliki banyak pesaing, Unique Selling Proposition (USP) inilah yang pada akhirnya membuat mereka tertarik untuk bekerja sama dengan perusahaan kamu.

5. Beritahu Produk Unggulan Perusahaan

Cara membuat company profile selanjutnya adalah dengan menjelaskan apa yang ditawarkan perusahaan kamu. Kamu dapat memilih beberapa produk atau layanan terbaik dari perusahaan kamu dan menjelaskannya secara detail.

6. Ceritakan Customer Story atau Testimoni

Beri tahu kepada audiens bahwa perusahaan kamu telah membantu menyelesaikan banyak masalah pelanggan dengan solusi yang diberikan oleh perusahaan kamu. Jika kamu adalah perusahaan B2C, cukup tambahkan beberapa kutipan terbaik dari pelanggan kamu. Namun, jika kamu adalah perusahaan B2B, tampilkan testimonial dari pelanggan yang paling terkenal yang pernah berbisnis dengan kamu.

7. Berikan Informasi Kontak yang Lengkap

Ini adalah salah satu bagian terpenting dari company profile. Seperti yang sudah dijelaskan, company profile antara lain berfungsi untuk promosi dan partnership. Sertakan semua kemungkinan cara prospek perusahaan kamu dapat menjangkaunya. Ini mungkin termasuk profil media sosial, alamat webiste, nomor telepon, alamat email perusahaan, dan alamat fisik.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat company profile  yang lebih baik dan menarik. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

10 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

15 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago