HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ketahui Berbagai Website untuk Membuat CV Online Gratis dengan Mudah!

Anda harus tahu bahwa HRD atau recruiter tidak hanya peduli dengan riwayat pekerjaan seseorang, tetapi juga format Curriculum Vitae (CV) yang benar. CV yang rapi, menarik dan jelas akan membuat HRD ingin membacanya secara detail. Oleh karena itu, Anda harus mulai meningkatkan dan mencoba membuat resume online gratis menggunakan rekomendasi situs web berikut.

Membuat CV Online Gratis

Membuat Resume Online Gratis Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa Curriculum Vitae (CV) Anda adalah dokumen penting tentang diri Anda yang mencakup pengalaman profesional dan akademis Anda. CV ini biasanya mencakup informasi seperti riwayat pekerjaan, prestasi, penghargaan, beasiswa, kursus, proyek penelitian, dan publikasi. CV terdiri dari dua hingga tiga halaman, namun mungkin lebih panjang untuk pelamar tingkat menengah atau senior karena memberikan gambaran tentang pencapaian karir seseorang.

Saat membuat CV Anda, pastikan resume tersebut memenuhi standar Applicant Tracking System (ATS). Pasalnya, saat ini sudah banyak karyawan yang menggunakan software ini untuk membantu melakukan proses rekrutmen karyawan. Namun, ada banyak situs web penulisan CV online gratis, jadi Anda tidak perlu lagi membuat CV ATS friendly secara manual.

Rekomendasi Website Pembuatan CV Online Gratis

Berikut beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV online gratis:

1. Canva

Situs web terpopuler saat ini untuk membuat resume online gratis adalah Canva. Canva tidak hanya gratis untuk digunakan, Canva juga menawarkan ratusan templat desainer yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV Anda.

Pilihan yang beragam dan unik ini berarti Anda dapat menyesuaikan CV Anda sesuai minat dan kebutuhan Anda. Templat CV ini memudahkan pembuatan CV Anda karena Anda hanya perlu memasukkan informasi pribadi Anda dalam format yang ditentukan nanti.

Canva tidak dirancang khusus untuk penulisan CV, namun situs web ini menawarkan beragam templat, layout, dan desain menarik untuk dipilih. Selain itu, Anda dapat memilih beberapa format unduhan agar CV Anda terlihat dan dapat diakses di ATS.

2. Indeed

Situs pembuatan CV online gratis selanjutnya yang ingin kami perkenalkan kepada Anda adalah Indeed. Situs web ini memungkinkan Anda membuat CV dengan cepat, mudah, dan simpel. Tidak hanya membuat CV, Anda juga dapat membagikannya secara otomatis langsung di Indeed atau mengirimkannya ke beberapa perekrut. Jadi, setelah Anda membuat CV online gratis di Indeed, segera unggah ke situs agar tersedia langsung bagi perekrut.

Templat yang dapat dipilih tidak sebanyak Canva, namun manfaat membuat CV Anda di Indeed adalah Anda dapat terhubung langsung dengan manajer perekrutan. Dan Anda tidak perlu login atau mendaftar sebelumnya untuk membuat CV online gratis di Indeed. Anda dapat langsung mengisi formulir informasi yang tersedia.

Selanjutnya tabel informasi tambahan lainnya cukup lengkap mulai dari penghargaan, sertifikasi, link, dan grup. Setelah Anda memasukkan semua data, Anda dapat memilih beberapa template desain dari 10 kategori sederhana dan minimalis.

3. Zety

Zety juga merupakan salah satu situs web terbaik untuk membuat CV online gratis karena memiliki beragam templat untuk dipilih. Memasukkan informasi ke dalam format CV dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Zety mudah digunakan, bahkan untuk pemula, dengan petunjuk langkah demi langkah. Untuk membuat CV dari situs Zety, cukup masukkan informasi Anda dan CV Anda akan dibuat dalam waktu singkat.

Jika Anda ingin menerima CV gratis, silakan klik “Download” pada tools di sebelah kiri. Saat Anda mencapai langkah terakhir, pilih plain text (.txt). Situs web untuk membuat CV online gratis ini juga menawarkan tips dan instruksi tentang cara mengisinya, serta opsi penyesuaian untuk melihat apakah CV tersebut memenuhi kebutuhan Anda.

4. Resume.com

Buat CV online gratis hanya dalam hitungan menit dengan Resume.com. Situs web penulisan CV gratis ini adalah pilihan yang bagus. Selain itu, situs web ini juga menawarkan templat populer untuk berbagai pekerjaan, sehingga Anda dapat membuat CV Anda menonjol dari pesaing Anda saat melamar pekerjaan.

Agar bisa menggunakannya secara gratis, kamu bisa lakukan hal ini saat berada di tahap akhir pembuatan CV. Jika muncul pop-up pembuatan akun, klik “skip for now” untuk menggantinya. Selanjutnya tinggal klik tombol download yang ada di pojok kanan atas.

5. Venngage

Berikutnya, ada website resume online gratis bernama Venngage. Venngage memiliki banyak alat pengeditan. Ini memudahkan pengaturan dan mengubah tata letak desain CV Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan grafik, diagram lingkaran, dan berbagai ikon ke CV Anda.

Anda dapat mengunduh CV Anda dalam format PDF atau PNG. Sayangnya untuk mengaksesnya secara online gratis, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

6. Bikin CV

Website yang direkomendasikan untuk membuat CV online gratis di Indonesia adalah Bikin CV. Hingga saat ini, 31,250 orang telah membuat CV online gratis melalui situs ini. Banyak orang lebih memilih situs web ini untuk membuat CV online gratis karena interface yang sudah user friendly. Selain itu, membuat CV online gratis sangatlah mudah, bahkan untuk pemula.

Sayangnya, situs web Bikin CV tidak memiliki banyak template desain. Pengguna cukup mengisi tabel dengan informasi penting, memilih desain yang sesuai dengan kebutuhannya, dan langsung mendownload file.

7. Standard Resume

Standard Resume juga merupakan salah satu situs CV online gratis terbaik karena mengambil beberapa informasi langsung dari LinkedIn dan menghemat waktu Anda. Selain itu, tersedia latar belakang putih dan beberapa fitur minimal sehingga Anda dapat fokus pada hal penting saat mengetik konten Anda.

Anda juga dapat mengganti opsi penulisan dan gaya serta melihat pratinjau file CV Anda terlebih dahulu sebelum mengunduhnya sebagai PDF. Keunggulan lain dari website penulisan CV gratis ini adalah responsif seluler sehingga Anda dapat dengan mudah melihat dan mengaksesnya di ponsel cerdas Anda.

8. CV Maker

Situs pembuatan CV online yang terakhir adalah CV Maker. Anda pasti menemukan template dengan desain sederhana. Selain itu, proses pembuatan CV mudah digunakan dan ramah pengguna. Proses pembuatannya hanya perlu mengisi formulir informasi, memilih desain, dan langsung mengunduh file CV Anda.

CV Maker menawarkan berbagai format file seperti PDF, HTML, dan TXT. Oleh karena itu, resume Anda mungkin lebih ATS friendly.

Tips Pembuatan CV Online 

Jika Anda ingin membuat CV online gratis menggunakan website yang direkomendasikan di atas, simak tips berikut ini:

1. Selalu Sertakan Tagline di CV

Buatlah CV yang menggambarkan keahlian Anda dan segera menarik perhatian perekrut. Salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan menyertakan slogan di awal CV Anda. Biasanya ditempatkan tepat di bawah nama Anda, pada dasarnya merupakan elevator pitch, atau hanya kalimat pendek yang merangkum pengalaman kerja Anda.

2. Gunakan Bahasa yang Sesuai

Anda juga harus berhati-hati dengan bahasa yang digunakan dalam CV Anda. Selain menggunakan frasa yang sesuai, sesuaikan juga nada suara Anda. Jenis bahasa yang Anda gunakan mungkin sedikit berbeda tergantung pada posisi yang Anda lamar.

Namun secara keseluruhan, bahasa CV Anda harus profesional, halus, dan ringkas. Ekspresi dan kalimat yang panjang dan terlalu rumit juga harus dihindari. Bahkan bisa dibilang bertele-tele.

3. Gunakan Urutan Kronologis yang Benar

Pengalaman kerja dan akademik juga harus ditulis dalam urutan kronologis yang benar. Hal ini memungkinkan perekrut melihat riwayat pekerjaan terbaru dan paling relevan.

4. Highlight Skill yang Kamu Miliki di Dunia Kerja

Pengusaha biasanya melihat keterampilan dan kualitas tertentu selain prestasi akademis Anda, karena ini dianggap sebagai kriteria yang cukup untuk pekerjaan yang Anda lamar.

5. Pastikan ATS Friendly

Terakhir, pastikan CV yang Anda buat sudah ATS friendly. Hal ini memudahkan CV Anda dilacak oleh sistem dan meningkatkan peluang Anda untuk diperhatikan oleh manajer perekrutan. Buat juga CV dengan tata letak dan konten informasi yang jelas dan detail.

Mulailah Membuat CV Online Gratis Anda Sekarang!

Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan ini secara manual dan memasukkan data satu per satu. Segalanya menjadi semakin mudah ketika Anda membuat CV online gratis menggunakan salah satu situs web yang kami rekomendasikan di atas. Buat CV online gratis hanya dalam hitungan menit. Beberapa website rekomendasi yang bisa diakses gratis antara lain Canva, Bikin CV, Standard Resume, Indeed, dan lain-lainnya.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

15 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

20 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago