HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ga Bakal Nyesel! Ketahuilah Apa Saja Keuntungan Menggunakan Subdomain

Nama domain merupakan bagian penting dari website. Kamu dapat menganggap domain sebagai alamat rumah yang ada di internet. Oleh karena itu, memilih nama domain tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ini karena nama domain kamu akan mempengaruhi bisnis kamu di platform online.

Dalam membuat website, kamu memerlukan banyak fitur dan komponen penting, seperti hosting dan lainnya. Ada beberapa fitur yang mungkin dianggap tidak terlalu penting oleh sebagian orang. Fitur tersebut adalah subdomain.

Perbedaan Domain dan Subdomain

Setiap pemilik website pasti mengetahui apa itu domain. Lalu, apa itu subdomain? Mungkin banyak pengguna internet bahkan pemilik website yang masih bingung apa itu subdomain dan betapa pentingnya menggunakan subdomain.

Subdomain bukanlah sebuah domain. Meskipun mirip dengan membuat website baru, namun subdomain tidak sama dengan domain utama. Perbedaan domain dan subdomain terletak pada nama domain yang nantinya akan dibuat. Artinya, subdomain hanyalah sebuah pembagian ruang, atau domain dimana domain induk tetap menjadi domain utama.

Subdomain biasanya dibuat ketika kamu ingin membagi website menjadi beberapa bagian. Misalnya, website yang menggunakan domain dan subdomain adalah detik.com. Detik.com merupakan domain utama website, namun website tersebut memiliki beberapa subdomain, seperti sport.detik.com, travel.detik.com, dan masih banyak lagi.

Meskipun domain dan subdomain berbeda, tetapi banyak pemilik website yang menggunakan nama subdomain untuk membuat website. Hal ini biasanya dilakukan untuk beberapa tujuan tertentu. Pasalnya, subdomain sendiri fungsinya sama seperti website pada umumnya.

Keuntungan Menggunakan Subdomain

Kamu mungkin bertanya-tanya untuk apa subdomain digunakan. Lagipula, domain utama sudah ada. Mengapa begitu banyak orang menggunakan nama subdomain sebagai nama website mereka? Jawabannya sangat jelas, itu karena subdomain memiliki banyak keuntungan.

Adapun keuntungan menggunakan subdomain adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan Fitur Serupa Website Asli

Kamu mungkin akan bertanya tentang fitur subdomain, ini karena bagaimanapun fitur  adalah bagian penting dari sebuah website. Tenang saja, fitur pada subdomain hampir sama dengan domain utama. Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam CMS, seperti WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

  • Website Versi Gratis

Subdomain memungkinkan kamu membuat website tanpa mengeluarkan biaya apa pun. Hal ini tentu saja sangat menarik karena kamu tidak perlu membayar apa pun.

Namun, perlu kamu tahu bahwa untuk mencapai tingkat kredibilitas yang tinggi, sebaiknya gunakan domain, bukan subdomain, jadi jangan jadikan subdomain kamu sebagai situs utama. Penggunaan subdomain sebagai nama domain akan dianggap tidak profesional.

  • Bagus untuk SEO

Keuntungan lain menggunakan subdomain adalah membantu SEO. Cara ini sering digunakan oleh para internet marketer dan pemilik website besar. Mereka memaksimalkan penggunaan kata kunci dengan menempatkan kata kunci di dalam domain.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan subdomain. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

17 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

22 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago