HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Membuat Website Gratis

Banyak orang mencari cara membuat website gratis. Salah satunya mungkin Anda, ya..? Untungnya, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan mengajarkan Anda cara buat website gratis dengan mudah.

Mengapa website penting? Karena, website adalah kunci untuk meningkatkan reputasi dan personal branding bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan uang dari internet melalui website.

Manfaat website juga jadi tambah penting sebab 56% orang tidak percaya pada bisnis yang tidak memiliki website. Kalau sudah begitu, apa iya Anda rela kehilangan pelanggan? Apalagi kalau penyebabnya sepele.

Itulah mengapa artikel ini akan membantu Anda untuk bisa membuat website gratis. Yuk simak tipe membuat website gratis di artikel ini sampai selesai!

Tips Membuat Website Gratis

Anda cukup melakukan enam langkah utama berikut sebagai tips membuat website gratis :

1. Tentukan jenis website yang ingin dibuat

Cara membuat website atau website development ini terdengar klise. Namun, menentukan jenis website tidak boleh Anda lewatkan. Anda akan menghemat banyak waktu ketika melakukannya.

Saat proses awal seperti desain website, Anda akan mendapati banyak pilihan. Contohnya, memilih faktor teknis seperti paket hosting, disk space, bandwidth, dan lainnya. Bahkan, memilih sisi desain dan fungsi seperti tema, plugin, slider, kolom, widget, langganan newsletter, dan sebagainya.

Semua tips desain website tersebut bisa jadi terlalu membingungkan saat membuat website gratis. Apalagi jika Anda tidak punya gambaran jelas jenis website macam apa yang bisa dibuat. Terutama ketika menggunakan WordPress yang merupakan platform populer.

Inilah beberapa jenis website yang umum Anda temui adalah :

  • Website Pribadi. Jenis website ini dimiliki oleh seseorang sebagai sebuah identitas online. Jenis website ini sering berisi opini pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari. Contohnya: Official Website Dewi Lestari dan Official Website Merry Riana.
  • Website Sekolah. Banyak sekolah yang saat ini membuat website untuk memudahkan akses informasi. Tidak hanya untuk mengetahui lokasi dan fasilitas yang dimiliki, website sekolah sering dimanfaatkan untuk menampilkan kegiatan belajar mengajar. Contohnya: SMK Telkom Jakarta, dan SMAN 2 Blitar.
  • Blog. Blog adalah jenis website ini menampilkan informasi yang selalu up-to-date. Ciri dari blog adalah menampilkan informasi terbaru paling atas. Blog bisa dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan. Contoh: Kobayogas, dan Hosteko.
  • Toko Online. Toko online atau Ecommerce adalah website yang digunakan untuk berjualan online. Mulai dari produk barang, produk digital hingga jasa. Toko online dilengkapi dengan fitur untuk memudahkan transaksi online dan mengamankan pembayaran.
  • Website Instansi. Jenis website ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dalam rangka keterbukaan informasi publik. Tidak hanya berisi kegiatan instansi tertentu, tapi juga terkait transparansi anggaran. Contoh: KPU dan Kominfo.
  • Website Berita. Sesuai namanya, website berita menampilkan berita terbaru. Lingkup berita yang ditampilkan bisa nasional, regional atau berdasarkan topik tertentu. Selain portal berita besar seperti Detik dan Kompas, Anda juga bisa membuat website berita Anda sendiri lalu mengikuti cara daftar Google News. Atau, Anda juga bisa menyimak panduan cara membuat website berita.
  • Website Komunitas. Jenis website ini diperuntukkan pada komunitas tertentu. Bisa berupa komunitas pembaca online seperti Goodreads atau penggemar otomotif seperti MyCarForum.
  • Website Desa. Website desa dimiliki oleh pemerintah desa untuk mendorong percepatan pembangunan desa. Website desaberisi informasi profil desa, kegiatan desa dan penggunaan anggaran desa.

Dengan banyaknya jenis website ini, penting untuk mengetahui website apa yang Anda inginkan dari berbagai contoh website yang ada.

Supaya lebih mudah, Anda bisa jadikan pertanyaan di bawah ini sebagai acuan membuat website :

  • Website seperti apa yang Anda inginkan? Blog? Toko online? Website company profile? Portofolio? Reservasi?
  • Bagaimana bentuk website yang Anda perlukan? Website statis yang tak banyak perubahan? Website dinamis yang kontennya selalu diupdate berkala?
  • Bagian apa yang perlu ditonjolkan dalam web? Gambar? Headline? Tulisan? Produk yang dijual?
  • Fitur apa yang harus dipunyai website? Slider? Kolom langganan newsletter? Video dan audio player? Ilustrasi interaktif?

Ketika Anda bisa jawab masing-masing pertanyaan di atas, berarti Anda sudah betul-betul tahu apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, mari lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pilih platform website

Cara selanjutnya buat website adalah memilih platform website. Platform untuk membuat website biasanya dikenal dengan sebutan Content Management System (CMS). Sebagai informasi, CMS adalah sistem pengelolaan untuk seluruh konten yang diperlukan untuk membuat sebuah website seperti template, gambar, video, logo, teks, dan sebagainya.

Software CMS ini dapat memungkinkan kamu untuk membuat sebuah website tanpa perlu pengetahuan teknis sama sekali.

Dalam proses pembuatan website, platform yang paling populer untuk digunakan adalah WordPress. Saat ini, WordPress menguasai pasar CMS dan telah digunakan oleh lebih dari 40% dari seluruh website di dunia.

Adapun beberapa CMS yang dapat digunakan, yakni Drupal, WordPress, Joomla, Shopify, Wix, Blogger, hingga Magento. Pada panduan ini, kami akan menggunakan CMS WordPress sebagai contoh. WordPress sendiri adalah sebuah CMS open-source yang dapat digunakan secara gratis.

3. Mengatur hosting dan domain gratis

Cara membuat website gratis yang selanjutnya adalah mengatur hosting dan domain gratis. Sebetulnya, pembuatan website yang gratis tidak dapat menggunakan nama domain, tetapi Anda akan diharuskan untuk menggunakan domain tambahan di depan penyedia website gratis.

Misalnya, Anda ingin membuat website gratis di WordPress.com, maka website Anda harus menggunakan TLD WordPress (namawebsite.wordpress.com). Selain itu, fitur kustomisasi tampilan dan pengaturan SEO juga sangat dibatasi sehingga Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari website Anda.

Untuk Anda yang baru saja mencoba membuat website, paket komplit cloud hosting Scout dari Hosteko dapat menjadi pilihan Anda.

Cukup dengan Rp 280 ribu per tahun, Anda dapat menggunakan website dengan domain pilihan Anda serta dukungan teknis 24/7 dari Hosteko. Lebih menariknya Anda juga bisa mendapatkan domain gratis jika Anda memilih durasi penyewaan selama minimal satu tahun.

4. Install dan pasang WordPress

Usai melakukan konfigurasi hosting dan domain selesai, cara bikin website yang selanjutnya adalah memasang WordPress sebagai CMS untuk website Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat meminta pemasangan WordPress otomatis pada proses pemilihan web hosting. Namun, jika Anda tidak sengaja melewatkannya, tidak perlu khawatir. Anda bisa menginstall WordPress melalui Softaculous Apps Installer.

Berikut cara membuat website gratis dengan menginstall WordPress :

  1. Buka cPanel. Caranya, akses alamat website diakhiri /cpanel. Contoh: namadomain.com/cpanel;
  2. Masukkan username dan password;
  3. Pada kolom pencarian ketikkan Softaculous Apps Installer dan klik dua kali;
  4. Selanjutnya ketikkan WordPress pada laman Softaculous;
  5. Setelah ketemu, klik Install
  6. Kemudian isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang diminta;
  7. Lanjutkan dengan klik tombol Install di bagian paling bawah halaman.

Seketika, cara membuat website gratis dengan WordPress berhasil dilakukan.

5. Atur tema dan tampilan

Website WordPress Anda sudah siap dan memiliki tema. Sayangnya, masih tema bawaan WordPress yang kurang unik. Nah, untuk mengubahnya, Anda bisa install template WordPress gratis melalui Dashboard WordPress secara langsung.

Untuk itu, Anda tinggal menuju ke Dashboard » Appearance » Themes. Kemudian klik tombol Add New di pojok atas halaman dan cari tema sesuai keinginan. Langsung klik tombol Install pada tema yang diincar.

Punya tema sendiri dari pihak ketiga? Anda tinggal upload tema tersebut dengan mudah.

Caranya, silahkan menuju  Dashboard » Appearance » Themes. Kemudian klik tombol Add New dan klik kembali tombol Upload Theme. Pilih tema file dalam ekstensi .ZIP kemudian klik Install Now.

Tunggu sebentar hingga tema terinstall sempurna. Lalu klik tombol Live Preview untuk melihat tampilannya. Ketika sudah mantap, Anda bisa aktifkan tema tersebut dengan tombol Activate.

Kini, Anda sudah punya website dengan tampilan yang apik.

5. Pasang plugin gratis sebagai pelengkap

Plugin WordPress membuat segalanya mungkin. Menambahkan fitur keamanan? Bisa. Menambahkan fitur chat? Ayo! Membuat website jadi mobile friendly? Gas! Mendesain halaman under construction?

Intinya, apapun tambahan fitur yang Anda inginkan bisa didapat lewat plugin. Mulai dari yang sifatnya teknis seperti enforce SSL dan maintenance, desain dan tampilan macam galeri dan page builder, sampai social media dan share button.

Untuk menginstall plugin, Anda bisa langsung menuju menu Plugins » Add New. Kemudian cari plugin yang dibutuhkan. Kemudian, klik tombol Install Now dan Activate.

Lakukan kustomisasi dan pengaturan sebentar, maka plugin siap berjalan di website Anda.

Punya file dari plugin dan ingin menginstallnya? Caranya sama, klik menu Plugins » Add New » Upload plugin. Kemudian pilih file dalam ekstensi .zip dan klik tombol Install Now.

6. Optimasi website

Pada dasarnya, dengan lima langkah cara membuat website di atas, website Anda sudah siap digunakan. Anda sudah bisa mengisinya dengan konten tulisan, foto dan video, portofolio, bahkan produk yang ingin Anda jual.

Namun, Anda juga perlu tahu bahwa website butuh optimasi. Baik dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari agar lebih optimal. Apa saja yang perlu dilakukan? Pertama, optimasi kecepatan. Kedua, optimasi SEO.

Optimasi kecepatan

Waktu adalah uang. Prinsip itulah yang juga dipegang dalam dunia website. Semakin cepat waktu loading website Anda, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat cuan.

Ini bukan sekedar isapan jempol. Sekedar 100 milisecond waktu load lebih lambat, kemungkinan pelanggan membeli produk berkurang sampai dengan 7%. Waktu loading selama 2 detik saja, punya persentase bounce rate sampai 9 persen. Persentase ini meningkat hingga 38 persen ketika waktu load bertambah menjadi 5 detik.

Data di atas disimpulkan oleh sebuah survei, 46 persen user tak suka menunggu terlalu lama untuk membuka website. Sebanyak 79 persen di antaranya, yang sedang berbelanja di toko online, mengaku takkan pernah lagi membuka website yang loading-nya lama.

Berikut ini beberapa cara mempercepat loading website WordPress :

  • Memilih format gambar yang tepat;
  • Menyesuaikan ukuran gambar;
  • Install Litespeed Cache;
  • dan lainnya.

Untuk tahu lebih lengkap soal optimasi kecepatan, Anda bisa download ebook.

Optimasi SEO

Selain belajar cara membuat website gratis, Anda juga perlu tahu cara melakukan optimasi SEO WordPress. Sebab, optimasi SEO dapat memudahkan website Anda dalam mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian.

Sehingga ketika seseorang mencari kata kunci berkaitan dengan bisnis Anda, misalnya: jual jaket bomber, website Anda bisa tampil di urutan paling awal.

Semakin tinggi posisi Anda di Google, semakin besar pula kemungkinan calon pelanggan untuk membeli di website Anda. Peringkat satu hasil pencarian di Google berhasil menguasai 32,5 persen trafik.

Kalau ranking satu nampaknya terlalu sulit, minimal Anda hanya perlu ada di halaman pertama hasil pencarian. Setidaknya di halaman pertama ini, ada  91,5 persen kemungkinan Anda untuk berbagi trafik dengan website lainnya.

Mengapa Harus Membuat Website Gratis dengan WordPress?

Anda sudah tahu cara membuat website gratis di atas. Namun, kenapa WordPress dipilih sebagai platformnya, ya? Bukankah ada banyak Content Management System (CMS) dan platform yang bisa dipilih?

Inilah yang membuat kami jatuh hati dengan WordPress :

  • Open-source dan gratis ━ WordPress mudah dimodifikasi dan bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya. Anda punya kesempatan memiliki performa web yang sama hebatnya dengan perusahaan kelas dunia.
  • Bisa dipakai untuk membuat segala jenis web ━ mulai dari yang statis sampai dinamis, dari yang full gambar HD sampai dengan tulisan, dari yang portofolio sampai toko online. Semua bisa dihandle oleh WordPress.
  • Mendukung semua jenis media ━ gambar, foto, video, audio, animasi interaktif, tulisan dengan berbagai formatting, dan segudang media lainnya.
  • Bisa personalisasi dan tampilkan keunikan brand di website ━ tema dan plugin membuat segala kustomisasi menjadi mungkin.
  • Ramah untuk pemula ━ user interface yang intuitif membuat siapapun bisa membuat, mengatur, dan mempublikasikan konten lewat WordPress.
  • SEO friendly ━ WordPress memiliki pengaturan bawaan yang memastikan website menjalankan prinsip-prinsip sesuai SEO. Dengan ini, kemungkinan Anda menempati halaman pertama di hasil pencarian Google makin besar.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago