HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kenali Istilah Programming dan Tips Terbaiknya!

Tentu saja, akhir-akhir ini kita sering mendengar kata programming. Terutama bagi mereka yang bekerja di startup. Jadi, apa itu programming? Sederhananya, programming adalah pembuatan program di komputer. Saat ini, bekerja di bidang programming merupakan salah satu bidang pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Artikel ini mengundang Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang programming.

Baca Keseluruhan Istilah Programming

Programming adalah

Apa itu programming? Menurut situs Coursera, programming mengacu pada proses teknis menginstruksikan komputer tugas apa yang harus dilakukan untuk memecahkan suatu masalah. Programming dapat dianggap sebagai kolaborasi antara manusia dan komputer. Manusia menciptakan instruksi (melalui kode) untuk diikuti komputer dalam bahasa yang dimengerti komputer.

Di Indonesia sendiri, istilah programming yang erat kaitannya disebut dengan coding. Apa itu coding? Tentu saja maksudnya sama seperti yang dijelaskan di paragraf pertama. Programming membuat banyak hal menjadi mungkin dalam hidup. Berikut beberapa contohnya:

  • Saat Anda menjelajahi website untuk mencari informasi, menghubungi penyedia layanan, atau melakukan pembelian, programming memungkinkan Anda berinteraksi dengan elemen di halaman situs, seperti  tombol daftar atau beli, form kontak, dan menu yang ada.
  • Programming di balik aplikasi seluler memudahkan Anda memesan makanan, memesan layanan, melacak kebugaran Anda, mengakses media, dan banyak lagi.
  • Programming membantu bisnis beroperasi lebih efisien melalui berbagai penyimpanan file, perangkat lunak otomatisasi, dan alat konferensi video yang menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

     

Mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara kerja programming atau coding? Pada dasarnya, programming adalah memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Pertama, seorang programmer membuat kode yang terdiri dari rangkaian huruf, angka, dan karakter lainnya. Kompiler kemudian menerjemahkan setiap baris kode ke dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Komputer kemudian memindai dan mengeksekusi kode untuk menyelesaikan tugas atau serangkaian tugas. Jadi bagaimana cara pemula belajar coding? Namun sebelum kita membahasnya, Anda perlu membaca lebih lanjut tentang programming.

Manfaat Belajar Programming

Mengembangkan Kemampuan Logika dan Problem Solving

Manfaat belajar pemrograman adalah mengembangkan kemampuan logika dan problem solving. Logika adalah penalaran manusia yang dilakukan menurut prinsip atau kaidah yang ketat. Logika programming adalah seperangkat prinsip yang menjelaskan bagaimana elemen disusun sehingga komputer dapat melakukan tugas tertentu.

Berpikir logis melibatkan penerapan prinsip-prinsip secara disiplin untuk mencapai hasil yang dapat diterima, baik terprogram maupun formal. Keterampilan berpikir logis menggunakan analisis progresif untuk menentukan pilihan yang tersedia dan memutuskan solusi terbaik setelah mempertimbangkan semua pro dan kontra.

Selain itu, berpikir logis adalah keterampilan yang dapat ditingkatkan dengan latihan. Semakin banyak kesempatan yang Anda miliki untuk melatih keterampilan ini, semakin baik pula keterampilan berpikir kritis Anda. Hal ini berlaku tidak hanya pada pemikiran logis secara umum, tetapi juga pada pemikiran logis dalam ilmu komputer.

Prospek Karir yang Baik

Bidang programming merupakan salah satu bidang yang memiliki prospek karir yang baik. Data menunjukkan bahwa prospek lapangan kerja di sektor ini akan meningkat antara tahun 2016 dan 2030. Permintaan akan semua keterampilan teknis, baik tingkat lanjut maupun dasar, akan meningkat secara signifikan. Teknologi canggih membutuhkan orang-orang yang memahami cara kerjanya dan mampu berinovasi, berkembang, dan beradaptasi.

Contoh Bahasa Programming yang Paling Umum Digunakan

Bahasa pemrograman yang berbeda memungkinkan programmer untuk menulis kode yang dapat dimengerti oleh komputer. Menurut penelitian, lima bahasa pemrograman teratas yang digunakan pengembang pada tahun 2022 adalah:

  • JavaScript, digunakan dalam 65,36%
  • HTML/CSS, digunakan dalam 55,08%
  • SQL, digunakan dalam 49,43%
  • Python, digunakan dalam 48,07%
  • TypeScript digunakan dalam 34,83%

Javascript

Bahasa ini digunakan oleh semua browser web utama. JavaScript memungkinkan Anda menambahkan fungsionalitas kompleks ke halaman web Anda, seperti pembaruan konten, peta interaktif dan grafik animasi, pengembangan game, dll.

Phyton

Pemrograman Python paling umum digunakan dalam pembelajaran mesin, pengembangan web, dan aplikasi desktop. Python adalah bahasa yang populer untuk pemula karena sintaksisnya relatif mudah dipelajari. Ini disebut bahasa pemrograman berorientasi objek.

SQL

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language dan digunakan untuk berinteraksi dengan database, termasuk memperbarui dan mengambil data..

HTML/CSS

Digunakan untuk membuat website dan aplikasi web. Anda dapat menggunakan HTML (HyperText Markup Language) untuk membuat struktur halaman web Anda dan CSS (Cascading Style Sheets) untuk menata gaya halaman Anda.

TypeScript

TypeScript adalah bahasa programming sumber terbuka yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai superset JavaScript. Digunakan untuk mengembangkan aplikasi skala besar.

Tips Belajar Programming

Setelah memahami penjelasan di atas, Anda pasti ingin mengetahui lebih banyak lagi tips belajar pemrograman. Mempelajari pemrograman bisa menjadi sebuah tantangan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai perjalanan pemrograman Anda.

Menentukan Fokus Saat Memprogram

Tips pertama saat belajar memprogram adalah menentukan fokus. Langkah pertama yang penting adalah memikirkan tujuan dan motivasi Anda. Ketika Anda sudah jelas tentang apa yang ingin Anda capai dan alasannya, Anda dapat mengambil tindakan untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Ikuti Kelas Atau Kursus

Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, ada baiknya Anda mencari kursus pemrograman yang memperkenalkan Anda pada bahasa pemrograman umum dan, tentu saja, apa yang Anda butuhkan.

Membangun Keterampilan Pemrograman yang Penting

Saat Anda mengikuti kursus, terutama jika tujuan Anda adalah mengejar karir baru atau meningkatkan karir Anda saat ini, kami ingin memastikan bahwa Anda mengembangkan keterampilan pemrograman yang penting dan dicari. Meskipun kursus yang Anda ikuti dapat memberi Anda gambaran tentang keterampilan pemrograman yang penting atau populer dan menyusun pengalaman belajar Anda sesuai dengan itu, mengetahui apa yang dicari perusahaan juga dapat membantu.

Berinteraksi dengan Programmer Lain

Tips belajar pemrograman adalah dengan berinteraksi dengan programmer lain. Berjejaring dan terhubung dengan pemrogram lain untuk mendapatkan wawasan tentang trend pemrograman, peluang, dan solusi terhadap tantangan yang lebih besar. Berikut cara terhubung dengan programmer lain:

  • Menghadiri konferensi teknologi atau acara networking
  • Mendaftar untuk bootcamp coding
  • Bergabunglah dengan komunitas online

Latihan Pemrograman

Menyelesaikan proyek adalah cara terbaik untuk menerapkan keterampilan Anda dan menemukan kemungkinan pemrograman. Di sini Anda dapat menemukan tutorial online untuk menyelesaikan proyek pemula seperti:

  • Membuat aplikasi seluler sederhana
  • Membuat aplikasi kalkulator
  • Membuat permainan sederhana
  • Memulai website sederhana seperti membuat dari

Menguasai Pemrograman Untuk Peluang Kerja Di Masa Depan 

Pemrograman adalah peluang luas untuk masa depan. Apa itu pemrograman? Pemrograman adalah proses teknis memberi tahu komputer tugas apa yang harus dilakukan untuk memecahkan suatu masalah. Pemrograman adalah bidang yang menjanjikan untuk karir masa depan.

Prospek lapangan kerja di sektor ini diperkirakan meningkat pada tahun 2016 hingga 2030. Permintaan akan semua keterampilan teknis, baik tingkat lanjut maupun dasar, akan meningkat secara signifikan. Mulailah belajar coding untuk memanfaatkan peluang masa depan.

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

8 mins ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

23 hours ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

23 hours ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago

Client-Server: Mahami Manfaat dan Cara Kerjanya

Client-server merupakan arsitektur jaringan komputer yang membagi tugas atau layanan antara penyedia layanan (server) dan…

2 days ago

Panduan Lengkap Apa Itu Bash Script Dan Bagaimana Penggunaannya

Sebagai salah satu alat scripting paling populer di Unix, Bash sangat berguna bagi pengguna Linux…

2 days ago