HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips SEO Google Featured Snippet Yang Membuat Bisnis Online Sukses

Pada artikel kali ini,kita akan menjelaskan mengenai tips-tips jitu untuk memaksimalkan konten agar lebih mudah masuk Featured Snippet Google.Kalian harus terus berinovasi menemukan cara agar olshop laris manis.Jika tidak,maka para calon konsumen potensial akan diambil semuanya oleh para kompetitor.Kalian tidak pernah tahu kapan kompetitor akan menyaingi kalian,jadi kalian harus selalu siap sedia.Salah satu cara agar bisnis online kalian laris saat ini yakni dengan memperoleh Featured Snippet Google.

Langsung saja,pada artikel ini kita bahas apa saja strategi Featured Snippet SEO yang ampuh untuk mendatangkan konsumen ke web olshop.

Tips Optimasi SEO Google Snippet Yang Menarik Minat Pembeli

Ada ratusan juta orang mengunjungi Google setiap harinya untuk mencari berbagai informasi online.Besarnya traffic Google membuka kesempatan besar untuk kalian memperkenalkan bisnis kepada semua orang setiap hari.

Namun,untuk menarik perhatian konsumen di Google cukup sulit.Ini karena kebiasaan masyarakat yang hanya berfokus klik website atau artikel di peringkat 1 saja.Kebanyakan orang cenderung malas scroll dan membaca info dari website pada peringkat 2,3 dan seterusnya.

Nah,itulah ketatnya persaingan kalian untuk menguasai peringkat satu Google.Hanya dengan cara itu kalian bisa mendominasi pasar dan mendapatkan keuntungan lebih besar.Namun tidak perlu cemas,sebab kita akan membahas cara-cara agar bisnis online sukses dengan mudah memakai Featured Snippet SEO.

1.Menulis Konten Voice Search Friendly

Sistem penelusuran Google sudah semakin canggih.Dulu,kalian hanya bisa menelusuri konten artikel atau website dengan cara mengetik kata kunci ke kolom pencarian Google,sekarang,kalian bisa mencari informasi semudah mengucapkan hal yang ingin dicari.

Teknik penelusuran berbasis suara tersebut dikenal dengan voice search. Strategi ini sangat praktis dan banyak digunakan masyarakat kekinian.Mereka hanya perlu memencet tombol mikrofon pada Google dan menyebut apa yang ingin diketahui.

Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan membuat konten artikel yang ramah atau cocok dengan metode penelusuran suara. Faktanya, hasil penelusuran suara lebih banyak ditampilkan sebagai content snippet daripada jawaban yang dicari dengan metode ketik keyword (pencarian teks).

2.Mengulas Topik Yang Relevan

Cara sederhana untuk masuk halaman 1 dan snippet Google adalah mengulas topik yang relevan dengan snippet google yang sudah ada.

Misal Google membuat snippet untuk topik “tutorial membuat akun bisnis online di Bukalapak”.Maka coba untuk menyajikan artikel dengan topik bahasan yang sama.Tidak hanya bahasan yang sama,kalian juga wajib memaksimalkan isinya dengan menulis fakta-fakta terbaru (update isi),menambah info yang belum ada di artikel lama dan mengoptimalisasi menurut strategi SEO terbaru.

3.Menggunakan Kata Kunci Yang Bisa DiSnippet

Ada kata-kata khusus yang berpotensi dijadikan featured snippet Google.Temuan luar biasa ini didapat dari hasil riset sebuah lembaga SEO bernama STAT.

Menurut laporan STAT,ada 7 kata yang powerful dan berpotensi besar untuk dikutip sebagai Featured Snippet Google.Kata-kata tersebut yakni :

  • Gaji (peluang dikutip snippet 77%) : kata kunci yang berkaitan pekerjaan,karir atau profesi.
  • Banyak (peluang dikutip 69%-72%) : kata kunci terkait jumlah satuan angka,berat massa dan ukuran kuantitatif lainnya.
  • Rata-Rata (peluang dikutip 78%) : kata kunci tentang perhitungan kisaran,misal untuk harga,waktu dan usia.
  • Bagaimana/kata kunci terkait tutorial (peluang dikutip 75%) : keyword untuk tutorial,pedoman,DIY, step by step melakukan sebuah aktivitas.
  • Apa/kata kunci pertanyaan (peluang dikutip 70%) : keyword umum terkait pertanyaan atas sesuatu hal, baik yang bersifat umum atau spesifik.
  • Tahun (peluang dikutip 70%) : kata kunci yang merujuk pada informasi terkait ukuran waktu,misal waktu program pendidikan,durasi melakukan aktivitas tertentu dan lain-lain.
  • Sering (peluang dikutip 74%) : keyword terkait seberapa sering kalian melakukan sesuatu alias frekuensi.Banyak orang mempertanyakan berapa sering sebaiknya melakukan aktivitas tertentu sehingga kata ini berpeluang besar dikutip sebagai snippet.

Kalian bisa menyelipkan kata-kata kunci di atas pada artikel sesuai kebutuhan.Jangan memaksakan keyword jika memang tidak relevan dengan topik.

4.Jumlah Kata Artikel Harus Sesuai

Menurut hasil penelitian featured snippet SEO Google terbaru,kalian menulis paragraf artikel sekitar 40-50 kata saja,ini kisaran jumlah ideal sebuah paragraf yang enak dibaca.

Selain itu,paragraf pendek cenderung lebih mudah “dikutip” oleh Google untuk dijadikan snippet.Jadi rubah cara penulisan artikel kalian mulai hari ini.Kalian harus usahakan menjawab keyword pertanyaan audiens dengan paragraf yang singkat dan jelas.

5.Membuat Halaman FAQ

Halaman tanya jawab FAQ terbukti sering dikutip sebagai content snippet Google.Halaman FAQ berisi semua pertanyaan umum terkait jasa,produk atau pelayanan bisnis kalian secara keseluruhan.Jawaban yang dimuat dalam FAQ juga cenderung singkat,sehingga mudah dikutip sebagai content snippet.

6.Mengulas Bagian “Orang Lain Juga Bertanya”

Kalian bisa menampilkan konten sebagai snippet dengan menjawab atau mengulas bagian “Orang Lain Juga Bertanya” dari Google.

Fitur ini selalu muncul ketika menelusuri sebuah kata kunci di Google.Misal kalian menelusuri keyword “Film Terbaru”, maka Google “menyarankan” lebih banyak penelusuran terkait topik tersebut seperti :

  • Rekomendasi Film Terbaru 2021.
  • Film terbaik.
  • Film romantis dan sebagainya.

Siapapun boleh menulis artikel terkait rekomendasi fitur “Orang Lain Juga Bertanya”.Artikel kalian pun berkesempatan besar dikutip snippet karena memuat informasi yang sesuai dengan pertanyaan audiens.

7.Mengoptimalkan Konten Yang Masuk Halaman 1 Google

Beberapa artikel kalian sudah lolos halaman pertama Google ? Kini kalian hanya perlu memaksimalkan konten-konten tersebut agar bisa dijadikan content snippet.

Salah satu syarat artikel lolos sebagai snippet Google adalah masuk halaman pertama Google.Artikel yang sukses menduduki ranking 1 SEO pasti akan dijadikan snippet oleh sistem Google.Cobalah untuk menganalisis ranking dari konten-konten kalian saat ini.Jika ada konten yang sukses masuk halaman 1 Google (ranking 1 sampai 10),kalian cukup mengoptimalisasinya dengan berbagai strategi SEO terbaru.

8.Membuat Konten Evergreen

Konten ini merupakan istilah bagi konten artikel yang ramah SEO serta sering diupdate berkala.Tujuan update rutin tersebut agar isi artikel selalu relevan dengan perkembangan zaman.

Rajin memposting konten evergreen merupakan strategi yang baik agar web milik kalian bisa menduduki peringkat pertama Google.Ini karena algoritma Google terbaru lebih menghargai website yang isinya terupdate,fresh dan faktual dengan situasi terkini.Hasilnya konten-konten evergreen selalu sukses meraih banyak traffic dan berpotensi 3 kali lebih besar dijadikan featured snippet Google.

9.Menggunakan Piramida Terbalik

Agar artikel promosi milik kalian sukses mendatangkan konsumen,maka isi dan susunannya harus diperhatikan.Banyak orang bingung bagaimana cara terbaik menulis artikel yang memikat pembaca.Kalian bisa mencoba format piramida terbalik sebagai panduan menulis.

Format piramida terbalik banyak digunakan sebagai struktur dasar tulisan artikel.Susunan format piramida yakni :

  • Judul tulisan.
  • Heading/lead (bagian pembuka artikel, berisi gambaran utama topik).
  • Isi teks (rincian informasi, penjabaran lengkap pembahasan).
  • Penutup (kesimpulan).

Padukan juga artikel kalian dengan unsur 5W + 1H,gambar ilustrasi pendukung,contoh-contoh terkait dan lainnya.

10.Membagi Artikel Dengan Format (Heading)

Heading bisa membuat kinerja artikel web kalian menjadi lebih optimal.Heading memudahkan Google melacak kata kunci informasi dan mengutipnya sebagai snippet.Selain itu,heading membantu pembaca menemukan letak jawaban dalam teks dengan mudah.Artikel kalian juga bisa tampak lebih rapi,menarik dan enak dibaca.

Beberapa bentuk heading pada artikel yakni :

  • Header H1 (judul).
  • Header H2 (sub judul).
  • Header H3 (poin sub dari sub judul).
  • Daftar bullet.
  • Tabel dan lainnya.

11.Mempelajari Artikel Pesaing di Featured Snippet

Jangan ragu mempelajari artikel milik kompetitor yang sudah masuk featured snippet.Ketika kalian menemukan artikel kompetitor yang sukses jadi content snippet,coba klik dan pelajari struktur penulisannya.

Cari tahu apa penyebab artikel milik mereka bisa lolos sebagai featured snippet.Kalian bisa mencoba menganalisis dengan tool-tool analisa SEO yang ada gratis di Google.

Coba untuk mencari tahu bagaimana tata letak penyusunan artikel mereka,cara menyajikan data dan elemen visual (foto atau video),kata kunci yang digunakan,formatting dan sebagainya.Belajar dari kompetitor yang sukses bisa menyempurnakan strategi SEO kalian.

Demikian pembahasan artikel Tips SEO Google Snippet ini.Selamat mempraktekkan tips featured snippet SEO di atas dan membuktikan hasilnya pada website bisnis kalian.Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

6 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago