HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

User Interface: Pengertian, Fungsi, dan Karakteristiknya

Persaingan media digital saat ini membuat berbagai perusahaan bersaing untuk membuat aplikasi bisnis atau website mereka memiliki tampilan dan fungsi yang semenarik mungkin. Aspek tampilan visual aplikasi atau website itulah yang disebut sebagai User Interface (UI) oleh developer dan desainer.

User interface merupakan bagian penting sekaligus strategi efektif untuk menyajikan web atau aplikasi sebaik mungkin sehingga User Experience (UX) lebih optimal. Ibaratnya, UI merupakan kesan pertama yang didapat pengguna dalam menggunakan suatu sistem.

User interface memiliki peran penting dalam eksistensi software di depan user sehingga perancang UI perlu merencanakan dan merancang bagian visual software dengan saksama dan hati-hati.

Nah, kali ini Hosteko akan menjelaskan informasi penting tentang UI, mulai dari pengertian, fungsi, karakteristik, dan contoh penerapannya. Yuk, langsung saja, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian User Interface (UI)

User interface adalah bagian yang memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan komputer, website, atau aplikasi, dengan tujuan agar pengalaman pengguna lebih mudah dan intuitif.

UI merupakan bagian integral dari UX, maka dari itu UI terdiri dari dua bagian utama. Yang pertama adalah visual design, yang membantu menyampaikan tampilan dan nuansa dari produk software. Yang kedua adalah interaction design, yang merupakan kumpulan elemen fungsional dan logis dari produk software. Dengan kata lain, UI adalah bagian visual desain yang berfokus pada tampilan untuk mewakili fungsionalitas sistem yang dapat dilihat pengguna.

UI biasanya mencakup elemen visual, seperti palet warna, animasi, tipografi, layout dan komposisinyai, gambar, ikon, dan elemen UI design material lainnya. Selain itu, faktor terpenting saat membuat UI adalah menyesuaikan tampilan dan tata letak sistem dengan rasio ukuran perangkat yang digunakan.

Jenis User Interface (UI)

Pada dasarnya UI dapat berupa hardware maupun software. UI dalam bentuk hardware, antara lain seperti keyboard, mouse, microphone, camera, monitor, speaker, printer, dan bentuk device lainnya.

Namun, jika dalam prinsip software atau website, jenis UI meliputi:

  • Form-based UI, merupakan tampilan antarmuka yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam program atau aplikasi yang menawarkan pilihan terbatas.
  • Graphical UI, merupakan perangkat input yang dapat menghasilkan output berupa visual, misalnya keyboard dan monitor.
  • Menu-driven UI, merupakan UI yang menggunakan daftar pilihan untuk menavigasi program atau web, misalnya pada mesin ATM.
  • Touch UI, merupakan antarmuka yang bisa dioperasikan dengan sentuhan. Jenis UI ini bisa dilihat pada sebagian besar smartphone, tablet, dan perangkat apapun yang menggunakan layar sentuh dengan input haptic.
  • Voice UI, merupakan bentuk perangkat yang menggunakan perintah auditori atau suara agar terjadi interaksi antara manusia dan mesin. Misalnya pada perangkat virtual assistant, talk-to-text, GPS, dan lain sebagainya.

Fungsi User Interface (UI)

Berdasarkan pengertiannya, tujuan utama UI adalah untuk menyajikan antarmuka depan suatu sistem dengan cara yang mudah digunakan dan efisien serta memberikan perasaan nyaman kepada pengguna saat berinteraksi dengan sistem. Dengan kata lain, UI sangat penting untuk memenuhi harapan pengguna agar aplikasi atau website berfungsi secara efektif.

Tidak dapat disangkal bahwa UI adalah arsitektur yang sama pentingnya dari kode program software untuk mendukung pengembangan teknologi yang mutakhir. Tanpa UI, aplikasi dan website sulit digunakan oleh pengguna sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, terutama bila digunakan oleh pengguna awam.

Peran UI sebenarnya tidak lepas dari penerapan Graphic User Interface (GUI) pada suatu program atau aplikasi smartphone. UI yang baik dapat memengaruhi traffic website karena bisa membuat banyak pengguna menghabiskan banyak waktu di situs web. Khusus untuk website bisnis, UI secara tidak langsung mendukung keberhasilan proses promosi bisnis.

Karakteristik User Interface yang Bagus

Fungsionalitas dan visual UI yang baik sangat penting untuk membangun brand dan interaksi dengan pengguna. Karena dapat meningkatkan loyalitas dan keyakinan pengguna bahwa produk yang kamu tawarkan lebih bermanfaat dibandingkan produk lain. Selain itu, peluang pengguna produk dengan desain visual terbaik kemungkinan besar akan merasa puas, terlepas dari fitur produk itu sendiri.

Adapun karakteristik dari UI, diantaranya yaitu:

  1. Valuable

Bukan fungsi yang sesuai dan tampilan yang estetik, hal terpenting dari UI adalah apakah produk memenuhi kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, sebagai pemilik produk (hardware atau software), kamu perlu mencari kecocokan pasar atau target audience yang tepat.

Yang terpenting, pastikan produk kamu memahami dan menyelesaikan masalah kelompok target audience sehingga mereka mau menggunakan produk kamu. Tidak perlu memikirkan detail dan spesifikasi produk terlebih dahulu hingga kamu bisa menentukan tujuan utama dan target audiens yang spesifik.

  1. Memuaskan

Pengguna mana yang tidak menyukai tampilan aplikasi atau software yang menarik dan menyenangkan? UI yang menarik dan konten desain yang menarik adalah hal terpenting ketika menggunakan suatu aplikasi atau software. Sehingga memungkinkan pengguna untuk membangun pengalaman yang baik dengan sistem dan bisa menjadi pengguna setia tanpa ragu-ragu. Untuk itu, kamu bisa mengunakan layout halaman yang unik, animasi, konten interaktif, desain grafis, serta pola dan warna yang menarik.

  1. Mudah Diakses

Jika ingin menjangkau banyak pengguna, buatlah produk dengan mempertimbangkan siapa target audiens yang akan mendapatkan manfaat paling besar dari penggunaan produk. Semua target pengguna harus didefinisikan dengan jelas, kategorikan target pengguna yang memiliki kebutuhan paling jelas dan spesifik. Setelah target pengguna utama puas, kamu dapat memperbarui atau mendesain ulang produk untuk menjangkau lebih banyak jenis target pengguna. Pastinya dengan prinsip bahwa UI adalah aspek penting pertama yang menentukan kepuasan pengguna lainnya. Dengan begitu, ini memungkinkan kamu untuk mengukur dan memahami kebutuhan berbagai pengguna sehingga aksesibilitas produk semakin optimal.

  1. Intuitif

Desainer produk hardware atau software perlu memikirkan bagaimana model interaksi antara pengguna dan produk. Hal ini dapat memastikan bahwa pengguna menyelesaikan penggunaan produk dengan benar. Sebab, saat pengguna berinteraksi dengan produk kamu, mereka tidak seharusnya memikirkan apa yang mereka lakukan. Namun, lakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan penggunaan produk.

  1. Jelas dan Ringkas

Karakteristik ini menunjukkan bahwa kesederhanaan UI itu penting. Tujuan UI harus dipahami dengan jelas melalui deskripsi singkat sehingga pengguna dapat dengan mudah mencapai tujuan penggunaan. Bila memungkinkan, buatlah elemen desain yang menghemat waktu pengguna dalam menggunakan produk dan menghindari informasi desain yang berlebihan.

  1. Konsisten

Sebuah aplikasi atau website selalu memiliki beberapa halaman tambahan selain halaman utama. Oleh karena itu, desain interface halaman utama dan halaman tambahan tidak boleh terlalu berbeda. Hal ini dapat menyebabkan software memberikan informasi yang ambigu atau tidak jelas. Dengan kata lain, buatlah desain antarmuka yang konsisten, atau setidaknya gunakan tata letak yang serupa.

Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan User Interface. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

4 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

7 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago