HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

VirtualBox : Pengertian,Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian VirtualBox

Merupakan aplikasi open source yang berkaitan dengan Virtualisasi,yang dimaksud adalah membuat mesin PC virtual yang bisa berjalan secara independen di atas sistem operasi utama.Segala bentuk hardware yang berkaitan dengan mesin virtual semuanya disimulasikan oleh host pc.Sehingga semua sumber daya perangkat keras tidak bisa melebihi sumber daya aslinya.

Dengan menggunakan VirtualBox,seolah-olah bisa memiliki berbagai macam perangkat PC dengan berbagai macam sistem operasi tanpa harus memiliki perangkat aslinya.

Sejarah Virtualbox

VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems.Menurut Wahidun cara menggunakan virtualbox (virtual mesin) mempermudah kita belajar komputer meski tidak memiliki komputer atau yang takut komputernya rusak karena salah oprek, teratasi dengan adanya virtualbox dan jenis virtual mesin /virtual box ini banyak ragamnya, seperti milik microsoft bernama virtualPC, ada lagi QEMU emulator, ada vmware dan banyak lagi yang lainnya.

Fungsi VirtualBox

Sebagai software virtualisasi,VirtualBox memiliki beberapa kegunaan,sebagai berikut :

  • Melakukan percobaan/eksperimen terhadap suatu sistem operasi

Distribusi Linux merilis update distribusi secara berkala setiap bulan,semester dan ada yang setiap tahun.Bagi user sistem operasi selain Linux yang ingin melakukan eksperimen terhadap update dari distribusi Linux tersebut dapat memanfaatkan VirtualBox sebagai media percobaan.

  • Penghematan biaya penggunaan listrik

VirtualBox dapat mensimulasikan perangkat PC hanya dalam sebuah jendela saja, hal ini tentu dapat mengurangi biaya konsumsi listrik.

  • Penghematan biaya investasi hardware

Tanpa harus membeli perangkat komputer baru,user dapat mengoperasikan sistem berbeda dalam satu layar.Dalam persepsi kebutuhan biaya untuk membangun sebuah perangkat komputer yang dirancang untuk server,keberadaan VirtualBox bisa memangkas biaya investasi hardware beberapa kali lebih hemat daripada harus membeli seperangkat hardware baru.

  • Memangkas biaya ruang media simpan untuk sistem

Kalian cukup menggunakan virtual hardisk dan mengelolanya di dalam jendela aplikasi VirtualBox.Tentu saja harus menyesuaikan dengan kapasitas hardisk di komputer host,semakin banyak sisa ruang hardisk host,maka semakin besar potensi jumlah hardisk virtual yang bisa dibuat.

  • Memangkas proses dan uji implementasi sistem

VirtualBox mampu melakukan cloning virtual hardisk dari sistem virtualisai OS yang sudah terkonfigurasi di dalam VirtualBox. Sehingga bila user ingin mengimplentasikan teknologi tertentu secara independen di setiap fresh install OS, user tidak perlu mengulang proses dari awal instal OS kembali. Menggunakan virtual hardisk yang sudah terinstal sebelumnya, cukup lakukan cloning, dan fresh OS siap digunakan.

  • Konfigurasi hardware virtual

Pengaturan hardware virtual di dalam VirtualBox meliputi virtual CPU,RAM,hardisk,display,soundcard,USB port dan LAN port.Semua perangkat virtual tersebut akan terinstal secara otomatis tanpa menginstal driver yang menggunakan setup file eksternal. Selanjutnya, setelah itu hanya memerlukan sedikit konfigurasi saja.

  • Deployment sistem virtual

User dapat melakukan cloning sistem sebanyak mungkin sesuai kapasitas hardisk pada komputer host.Semakin besar kapasitasnya,semakin banyak pula potensi virtual OS yang bisa dibuat salinannya.

  • Replacement sistem virtual

Ketika satu komputer host tidak lagi mampu menjalankan sejumlah perangkat virtual karena faktor spesifikasi ataupun masalah kapasitas hardisk, maka user dapat dengan mudah melakukan pemindahan/replacement perangkat virtual tersebut, cukup dengan menyalin hardisk virtualnya saja ke dalam komputer host yang lain yang lebih kompatibel, ditambah dengan sedikit konfigurasi.

  • Maintenance sistem virtual

Maintenance pada perangkat virtual tidak jauh berbeda dengan perangkat PC di dunia nyata,hanya saja bentuk maintenancenya hanya bisa dilakukan dari sisi software saja,sebab semua perangkat keras bentuknya virtual.

  • Media belajar bagi pemula IT

Bagi pemula di bidang IT,VirtualBox bisa dijadikan sebagai media belajar aman dari potensi kerusakan yang mungkin ditimbulkan.Karena kerusakan sistem pada sistem virtual tidak akan berdampak pada komputer host.Di sekolah menengah kejuruan komputer ataupun mata kuliah IT saat ini banyak yang sudah menerapkan penggunaan VirtualBox sebagai media belajarnya.

Kelebihan Virtualbox

  • Mudah digunakan dan menyediakan pengaturan-pengaturan lebih lanjut.
  • Gratis.
  • Lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Vmware.
  • Mendukung lebih banyak virtual hardisk.
  • Video memory (vga) dan performa cpu bisa diatur persentasenya.

Kekurangan Virtual Box

  • Tidak bisa mengakses perangkat yang membutuhkan koneksi USB dengan sempurna.
  • Beberapa game yang fullscreen tidak berjalan.
  • Membutuhkan memory yang besar dan harus pandai-pandai mengatur resource memory untuk setiap virtual machine ( jika beberapa virtual machine dijalankan sekaligus ),kekurangan memory dapat membuat semua virtual machine yang sedang running menjadi hang / crash.
  • Fitur drag n drop tidak berfungsi,pada banyak virtual machine.
  • Network ID untuk satu buah virtual machine, hanya 4 buah.

Cara kerja Virtual Box

Dalam konsep mesin virtual,sistem operasi utama (yang menjalankan VirtualBox) disebut dengan Host OS. Sedangkan sistem operasi tambahan yang berjalan secara virtual disebut dengan Guest OS.

Pada Gambar diatas,setiap mesin virtual yang kita simulasikan benar-benar terisolasi secara sempurna dari mesin virtual yang lainnya.Bahkan juga terisolasi dari Host OS itu sendiri.Itu semua membuat setiap mesin virtual aman dari mesin virtual yang lain : misal ada salah satu mesin virtual yang terkena virus, maka mesin virtual yang lain tidak terpengaruh.Kita juga bisa lihat pada Gambar bahwa setiap mesin virtual membutuhkan OS-nya sendiri,membutuhkan binary-nya sendiri dan juga membutuhkan aplikasi-nya sendiri.Oleh karena itu konsep virtualisasi seperti ini memakan sumber daya yang besar karena semuanya disimulasikan secara independen.

2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

12 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

13 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago