HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

WiFi Tiba-Tiba Hilang? Yuk Simak Berikut Ini Untuk Atasi Masalahnya

Internet kini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Internet memungkinkan Anda dengan cepat mengenali apa yang terjadi di lokasi terpencil. Faktanya, kemunculan Internet yang menakjubkan telah membuat dunia terasa lebih kecil. Saking pentingnya, silih berganti bermunculan hal-hal baru untuk menunjang kenyamanan pengguna internet.

Dari sekian banyak dukungan, salah satu yang paling terkenal adalah WiFi. Wi-Fi memungkinkan suatu perangkat mengirim sinyal dari perangkat lain untuk mengakses Internet. Namun saat ini ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh pengguna internet. Masalahnya ialah WiFi tiba-tiba hilang saat sedang menggunakannya.

Apakah Wifi Anda Tiba-Tiba Hilang Saat Digunakan ?

Hilangnya sinyal WiFi tentu membawa ketidaknyamanan bagi pengguna. Jika sinyal Wi-Fi Anda mati saat Anda bermain online, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan sementara yang akan hilang dengan cepat.

Namun, jika Anda kehilangan sinyal WiFi saat menggunakannya untuk tujuan penting, hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam jangka panjang. Jika hal ini terjadi terus-menerus, Anda sendiri mungkin akan merasa sangat cemas. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi masalah tersebut.

Check Driver Wifi

Jika sinyal WiFi Anda tiba-tiba hilang, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa driver WiFi Anda. Driver mungkin tidak diaktifkan atau mungkin ada masalah lain. Sebenarnya sangat mudah untuk memeriksanya.

Pertama, buka menu Start dan buka PC Properties. Untuk masuk, cukup klik kanan pada PC Anda dan pilih “Properties”. Pada tab yang terbuka, pilih “Device Manager” hingga tab baru terbuka dengan driver terinstal. Pilih menu Jaringan dan cari Wi-Fi di sana. Pastikan semuanya berjalan dengan baik dan driver WiFi Anda diaktifkan dengan benar.

Cari Shortcut Wifi

Jika Anda sudah menyelesaikan langkah pertama dan tidak ada masalah, sebaiknya lanjutkan ke langkah berikutnya. Meskipun ini hanya masalah teknis, koneksi WiFi sering terputus bahkan setelah menginstal driver.

Cara termudah untuk menemukan pintasan Anda adalah dengan membuka Panel Kontrol. Pilih “Network” dan “Internet” dari beberapa bilah. Bilah berikut ditampilkan. Di sana, pilih “Network and Sharing”. Jika sudah, cari “Adapter Setting” di sebelah kiri. Buka dan Anda akan melihat daftar adaptor.

Setelah Anda sampai di sana, pastikan semua adaptor dengan kata “enable”. Jika Wi-Fi masih terdisable, klik kanan dan pilih enable.

Ganti Wireless Card

Jika Anda masih tidak dapat menemukan masalah setelah melakukan dua poin di atas, maka Anda tahu bahwa masalahnya bukan pada perangkat lunak WiFi Anda. Bisa dipastikan masalahnya ada pada hardware atau wireless card itu sendiri.

Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti wireless card laptop Anda dengan yang baru. Anda dapat memastikan bahwa WiFi Anda berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah. Namun, jangan pernah sembarangan dalam memilih wireless card. Boleh saja punya harga mahal asal terbukti kualitasnya.

Karena produk inferior hanya bertahan sementara dan dapat rusak dalam waktu singkat. Dalam hal ini, Andalah yang menderita karena harus mengganti wireless card baru lagi.

Menginstal Ulang dan Update Driver WiFi

Salah satu penyebab Wifi tidak dapat terhubung adalah karena driver WiFi tidak diupdate. Solusinya adalah Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Solusi termudah adalah dengan menghapus driver lama dan menginstalnya kembali dari CD yang disertakan dengan laptop, atau mengupdate dan menginstal driver baru dari situs resmi laptop.

Cara Uninstall Driver Laptop

Jika laptop Anda sudah memiliki driver WiFi bawaan, Anda harus uninstall driver tersebut melalui Device Manager untuk memperbaiki kesalahan driver WiFi. Caranya:

  • Buka Device Manager, klik logo Windows, lalu ketik “Device Manager”.
  • Cari adaptor WiFi yang terpasang.
  • Lalu klik kanan dan klik Uninstall.
  • Jika sudah, restart laptop Anda dan periksa kembali WiFi.

Pastikan WiFi Laptop Anda Aktif

Masalah kecil ini terjadi pada beberapa orang dari waktu ke waktu. Status Wi-Fi berubah menjadi “disabled” atau “inactive” tanpa sepengetahuan Anda.Periksa apakah status WiFi aktif. Cara untuk ceknya sangatlah mudah.

  • Buka Control Panel
  • Buka Network and Internet.
  • Buka Network and Sharing Center.
  • Klik Change Adapter Settings (di sebelah kiri).
  • Periksa Driver WiFi, lalu klik Enable This Network Device
  • Ganti Channel Router
  • Dalam pengaturan router (terdapat di halaman admin) Anda dapat mengkonfigurasi sejumlah opsi, salah satunya adalah ‘Channel’.

Chanel di Router Penuh

Administrator router/WiFi biasanya membatasi jumlah pengguna yang menggunakan Wifi, jadi ada batasan jumlah pengguna Wifi di pengaturan router Anda. Misalnya batas penggunaan Wifi adalah 10 perangkat. Jadi jika 10 perangkat sudah menggunakan Wifi, maka perangkat ke 11 tidak bisa lagi terhubung ke Wifi. Ini biasanya penyebab WiFi tiba-tiba hilang.

Solusinya adalah mengubah pengaturan router untuk menambah jumlah pengguna. Misalnya, jika sebelumnya maksimum 10, Anda dapat meningkatkan batas maksimum pengguna menjadi 20.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

18 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

5 days ago