HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

WWW (World Wide Web): Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Saat berselancar di internet, misalnya saat menuliskan alamat suatu website, ada dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling terkait, yaitu World Wide Web (WWW) dan internet. Bagi kebanyakan orang awam, WWW dan Internet adalah hal yang sama. Namun, kenyataannya keduanya mempunyai arti dan fungsi yang berbeda.

WWW merupakan kumpulan dari berbagai website dan untuk mengakses website tersebut dibutuhkan jaringan internet. Dengan begitu, internet adalah koneksi yang memungkinkan kamu mengakses World Wide Web. Jika kamu tidak memiliki akses internet maka kamu tidak bisa mengakses WWW.

Ingin tahu lebih banyak tentang WWW, seperti apa itu WWW dan apa saja fungsi dari www itu sendiri? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini yang disusun khusus untuk kamu oleh Hosteko. Jadi, simak sampai akhir ya!

Apa itu WWW?

World Wide Web adalah kumpulan berbagai halaman website, video, gambar, konten online, dan berbagai sumber daya internet (FTP, Telnet, Usenet) yang disajikan melalui browser. WWW disebut juga dengan website yang dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989 dan hingga saat ini WWW terus berkembang.

Berikut beberapa definisi tentang apa itu www menurut para ahli:

  • Menurut McLeod, WWW adalah informasi yang berisi dokumen hypermedia atau file yang disimpan yang kemudian dapat diambil dan diakses kembali dengan menggunakan alamat unik yang telah ditentukan.
  • Menurut F. Budi Hardiman, WWW adalah fasilitas yang diberikan oleh internet untuk menghubungkan banyak dokumen baik dari lingkup lokal dan bahkan jarak jauh sekalipun.
  • Menurut Akbar Kaelola, WWW adalah media yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk saling berbagi dan bertukar informasi, seperti musik, gambar, film, video, dan dokumen. Bahkan, juga dapat digunakan dalam kegiatan jual beli jasa dan barang.
  • Menurut V. Djong, WWW adalah fasilitas yang dimiliki oleh internet untuk layanan website yang memanfaatkan protokol HTTP.

Dari beberapa penjelasan para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa WWW adalah kumpulan berbagai website yang memuat berbagai informasi, mulai dari gambar, video, film, musik, dan berbagai konten lain yang dapat diakses melalui browser dengan menggunakan standar HTTP dan TCP/IP. WWW ini tentunya bisa kamu akses dari berbagai perangkat digital, baik smartphone, komputer, tablet, hingga laptop.

Sejarah Singkat Perkembangan WWW

Di bawah ini adalah sejarah singkat perkembangan WWW yang telah menghiasi dunia digital selama beberapa dekade.

  • Tahun 1989

Pada tahun ini, Tim Berners-Lee pertama kali mengajukan ide untuk membuat sebuah protokol yang nantinya akan dijalankan sebagai sistem distribusi informasi di internet.

  • Tahun 1990

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menemukan tiga teknologi yang menjadi dasar adanya website. Ketiga teknologi tersebut adalah HTML (Hypertext Markup Language), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan URL (Uniform Resource Identifier).

  • Tahun 1991

Pada tahun 1991, Tim Berners-Lee merasa perlu menata arsip penelitiannya sedemikian rupa agar rapi dan mudah untuk dicari. Hal ini memunculkan ide untuk menciptakan World Wide Web (WWW) seperti yang kita kenal sekarang.

  • Tahun 1995

Pada tahun ini, terdapat sekitar 300.000 website di internet yang pada awalnya hanya berjumlah 50 website.

  • Tahun 2009

Pada tahun ini, Tim Berners-Lee berhasil mendirikan World Wide Web Foundation. Tujuan didirikannya WWW Foundation adalah agar masyarakat dunia bisa menggunakan open web.

Fungsi WWW

Dari penjelasan tentang apa itu www, mungkin sudah ada sedikit gambaran tentang fungsi dari WWW ini. Nah, agar kamu tidak menerka-nerka, berikut ini beberapa fungsi WWW yang perlu kamu ketahui.

  • Search Engine

Fungsi WWW adalah untuk memudahkan mesin pencari (search engine). Seperti yang kamu ketahui bahwa ada ribuan bahkan jutaan website di World Wide Web. Maka dari itu, diciptakanlah solusi untuk memudahkan pengguna internet menemukan informasi, yaitu mesin pencari. Beberapa mesin pencari yang populer, yaitu Google, Yahoo! dan Bing.

Untuk menggunakan mesin pencari, cukup masukkan kata kunci yang kamu cari. Selanjutnya, web browser kamu akan secara otomatis menampilkan website rekomendasi teratas yang dapat kamu buka berdasarkan apa yang kamu cari tadi.

  • Web Hosting

Fungsi WWW selanjutnya adalah web hosting. Apa itu web hosting? Web hosting adalah layanan yang memungkinkan sekelompok orang atau individu untuk mempublikasikan halaman website di internet dengan tujuan agar dapat diakses oleh banyak orang. Halaman website tersebut disimpan di komputer khusus yang sering disebut server.

Saat pengguna internet ingin membuka suatu website, mereka harus memasukkan nama domain dari website tersebut yang kemudian akan terkoneksi ke server dan website yang diminta akan ditampilkan melalui web browser.

Tapi, tahukah kamu apa itu domain? Domain adalah alamat unik yang dimiliki setiap website. Setiap kali kamu ingin membuat webiste, kamu memerlukan layanan web hosting yang andal dan nama domain yang unik agar website kamu memiliki kinerja yang baik dan mendapat peringkat teratas di mesin pencari.

  • Web Mail Service

Seperti beberapa perangkat lunak untuk mengelola email, seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird, web mail service juga memungkinkan penggunanya menerima, mengirim, dan membaca email melalui web browser.

Web mail service merupakan salah satu fungsi WWW yang sering digunakan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa layanan web mail service yang banyak digunakan, seperti Gmail, Yahoo! Mail, AOL Mail, dan Hotmail.

Seperti aplikasi email, web mail service juga memiliki fitur yang lengkap dan canggih. Hal ini tentu menjadi keunggulan yang ditawarkan karena memungkinkan pengguna menerima, mengirim, dan menyimpan pesan dengan mudah, bahkan ketika mereka tidak terhubung ke internet.

Untuk mengakses webmail, cukup dengan membuka browser dan masukkan alamat web mail kamu di kolom pencarian, kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi yang kamu atur sebelumnya.

  • Portal

Fungsi WWW yang terakhir adalah portal. Portal adalah lokasi pribadi di internet yang berfungsi sebagai jalur akses ke berbagai webiste dan informasi yang sudah tersedia di World Wide Web. Misalnya, Facebook.com, Twitter.com, Gmail.com, dan masih banyak lagi.

Contoh World Wide Web

Tentu saja para pengguna internet saat ini sudah tidak asing lagi dengan WWW. Bahkan, sebagian besar website di internet menggunakan World Wide Web.

Berikut beberapa contoh website populer yang menggunakan World Wide Web, diantaranya:

  • www.google.com
  • www.facebook.com
  • www.youtube.com
  • www.yahoo.com
  • www.instagram.com
  • dan masih banyak lagi.
5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

46 mins ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

4 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago